Indikator Kepuasan Pelanggan dan Alasan Mengapa Penting Untuk Dilakukan

indikator kepuasan pelanggan
Sumber : blog.talkbase.com

Indikator Kepuasan Pelanggan – Banyak perusahaan atau pebisnis yang sudah aware tentang pentingnya sebuah kepuasan pelanggan. Dimana kepuasan pelanggan merupakan kunci untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan dari perusahaan itu sendiri.

Hal inilah yang membuat perusahaan berlomba – lomba untuk menentukan sikap dan merancang aksi terbaik dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Perusahaan akan selalu berupaya untuk membuat produk atau jasa yang paling digemari oleh calon pembeli itu sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan metode enchantment dengan pelanggan atau dengan meningkatkan hubungan yang lebih dalam dengan pembeli. Namun pertanyaannya, apakah pembeli merasa puas dengan segala upaya yang telah anda atau perusahaan lakukan?

Satu – satunya cara untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah dengan menggunakan indikator kepuasan pelanggan.

Artikel kali ini akan menjawab pertanyaan – pertanyaan seperti :

  • Apa saja tantangan – tantangan yang mampu diselesaikan dengan Indikator Kepuasan Pelanggan?
  • Metode apa yang dapat diterapkan untuk mengukur indicator kepuasan pelanggan secara efisien?

4 Alasan Mengapa Indikator Kepuasan Pelanggan Penting Diperhitungkan

Kepuasan pelanggan merupakan derajat suatu produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan bisa sesuai dengan ekspektasi yang diinginkan oleh pembeli. Dalam kata lain, kepuasan pelanggan merupakan tingkat kepuasan seorang pelanggan setelah selesai melakukan suatu bisnis dengan perusahaan atau organisasi. Indicator kepuasan pelanggan tidak hanya sekedar mengukur seberapa Bahagia pelanggan anda, tapi juga pengalaman apa saja yang mereka alami selama menggunakan produk atau jasa tersebut.

indikator kepuasan pelanggan
Sumber : dwkujuq9vpuly.cloudfront.net

Berikut adalah empat alasan mengapa indikator kepuasan pelanggan wajib untuk dilakukan, antara lain adalah :

Pelanggan yang Tidak Puas Itu Mahal

Impact atau hasil yang didapat ketika seorang pelanggan merasa tidak puas dengan barang atau jasa yang anda tawarkan akan secara langsung atau tidak langsung berpengaruh terhadap biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Mari mulai dengan biaya langsung. 91% pelanggan yang tidak puas menyatakan bahwa mereka tidak akan membeli produk atau jasa yang sama lagi dari perusahaan atau organisasi tersebut. Bahkan, mereka beranggapan bahwa lebih baik mencoba produk atau brand lain alih – alih berharap mendapatkan produk terbaik dari merk atau perusahaan anda.

Kerugian bersih tersebut secara langsung akan mempengaruhi omset perusahaan. Namun terlebih lagi, hal ini juga akan berpengaruh terhadap biaya tidak langsung dari perusahaan itu sendiri. seperti biaya tidak langsung untuk menghadapi keluhan pelanggan dan sebagainya.

Dengan adanya indikator kepuasan pelanggan, perusahaan akan mampu mengidentifikasi faktor – faktor dari ketidakpuasan itu sendiri. Dengan melakukan hal yang demikian, perusahaan atau organisasi akan mampu mengimplementasikan kegiatan – kegiatan yang dibutuhkan sebelum pelanggan lain akan meninggalkan produk anda.

indikator kepuasan pelanggan
Sumber : www.framestr.com

Lebih Mudah Mendapatkan Untung Dengan Loyalitas Pelanggan Daripada Mencari Pelanggan Baru

Mendapatkan pelanggan baru memerlukan upaya dan tingkat marketing berbiaya tinggi. Untuk beberapa perusahaan, mengurangi biaya akuisisi pelanggan adalah prioritas utama.

Solusi jitu dari permasalahan tersebut adalah dengan meningkatkan costumer retention.

Jika seorang kostumer membeli lebih banyak barang atau jasa secara regular atau berkesinambungan, pelanggan tersebut akan menambah nilai untuk perusahaan. Terlebih lagi, dengan costumer retention, perusahaan tidak pelru mengeluarkan biaya enam sampai tujuh kali lebih mahal hanya untuk mendapat pelanggan baru.

Hubungan antara tingkat kepuasan pelanggan dengan costumer retention itu sendiri jauh lebih rumit dari yang bisa anda bayangkan. Namun garis besarnya, apabila seorang pelanggan merasa puas tentu ia berkemungkinan besar akan membeli produk anda lagi.

Ketidakpuasan Pelanggan Akan Merusak Citra Image Merk yang Dijual

Hampir smeua orang akan sangat lihai menyebar komentar ketidakpuasan mereka mengenai suatu produk atau jasa apabila dinilai sudah keterlaluan. Pelanggan bisa membagikan mketidakpuasan mereka melalui berbagai cara. Mulai dari hanya sekedar berbincang dengan saudara hingga membagikan postingan di sosial media.

Sebuah komentar negative bisa menghancurkan image brand anda. Bahkan ampuh untuk membuat opini – opini positif yang ada bagaikan hilang ditelan bumi. Pun cara mengembalikan kepercayaan public pada brand anda pasti membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit.

Hal terpenting untuk menjaga image perusahaan anda adalah dengan melakukan Tindakan prefentiv. Atau melakukan reaksi yang cepat tanggap sebelum komentar negative tersebut berhasil di –‘luncurkan’.

Bagaimana ?­

Yaitu dengan mengukur indikator kepuasan pelanggan serta cara meningkatkannya.

Sumber : stockandladder.com

Menggukur Indikator Kepuasan Pelanggan Dapat Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Ketidak puasan pelanggan bisa saja terjadi karena : kwalitas dari produk atau jasa itu sendiri, atau karena kurangnya hubungan yang dalam antara penjual dan pembeli.

Dengan mengukur berbagai eleman yang berbeda, sebuah panorama yang komplit tentang daerah yang harus di tingkatkan akan terlihat dengan jelas. Hal ini akan membuat perusahan mampu meningkatkan tawarannya dan mengajukan produk yang lebih baik untuk kepuasan pelanggan. Indikator kepuasan pelanggan juga mampu mengukur dan mengevaluasi sebuah tingkat efisiensi dari sebuah costumer relationship.

Yang terakhir, dengan adanya indikator kepuasan pelanggan, perusahaan akan mampu meninjau kembali impact dari usaha yang telah dilakukan dalam upaya perbaikan tersebut untuk bis adikatakan berhasil atau gagal. Hal ini tentunya akan memperjelas jalan mana yang harus dilalui dan mana yang jangan sampai dilewati untuk sampai ke titik yang diinginkan.

Untuk mengukur indikator kepuasan pelanggan, beberapa aspek tingkat kepuasan yang berbeda – beda juga harus dimasukkan kedalam perhitungan. Tingkat kepuasan pelanggan pun telah menjadi aspek yang esensial dan diukur secara berkala demi mencapatkan tingkat kecocokan yang tepat dengan bisnis yang anda lakukan. Sangat penting bagi anda untuk mengerti indikator – indikator tradisional seperti NPS,CSAT, CES, satisfaction rates dan intensi pelanggan untuk membeli sebuah produk atau jasa lagi.

Kesimpulan

Dengan adanya sebuah sistem lingkungan persaingan bisnis yang luar biasa brutal, banyak sekali perusahaan yang tidak mampu bertahan bahkan hingga gulung tikar. Beberapa studi juga menyebutkan bahwa dengan iklim ganas tersebut, suatu perusahaan atau organisasi akan kehilangan nyaris separuh dari total pelanggannya setiap lima tahun. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Anda bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dengan proses produksi yang lancar. salah satunya yaitu dengan melibatkan karyawan untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dimana dengan cara tersebut Anda dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan baik dan seharusnya.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu anda memantau kerja karyawan adalah aplikasi Keuangan dan HR dari Jojonomic yang bernama JojoTimes. Aplikasi ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi keuangan lainnya.

Aplikasi JojoTimes telah dipercaya banyak pihak mampu menjadi solusi sistem HR termudah dan tersimple untuk memantau kehadiran karyawan kapan saja dan di mana saja. Selain itu aplikasi JojoTimes juga terkenal mampu meningkatkan kinerja perusahaan hingga mencapai 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan itu sendiri. Lewat pengelolaan sistem administrasi yang telah otomatis dalam memonitor karyawan.