Infographic, Jenis Dan Perancanaannya

Infographic sebenarnya mengacu pada setiap data yang dibuat secara visual. Hal yang satu ini sebenarnya bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi yang lengkap kepada setiap pembaca sehingga pembaca dapat memahami informasi tersebut dengan lebih cepat dan mudah. Infographic sendiri mengalami suatu proses pembuatan yang biasanya disebut dengan data visualization. Selain itu proses pembuatannya juga melibatkan information design atau information architecture. Dalam hal ini berbagai macam data sebelum disampaikan akan dikumpulkan terlebih dahulu. Setelah data terkumpul barulah kemudian dibuat sebuah konsep yang sesuai dengan apa yang telah disampaikan. Jika berbagai hal ini telah selesai dilakukan maka barulah dibuat infografis yang berdasarkan pada berbagai data tersebut.

Sebenarnya menyampaikan informasi dapat dilakukan dengan berbagai cara baik melalui visual atau gambar maupun melalui tulisan atau teks. Jika biasanya seseorang memperoleh informasi melalui sebuah teks maka dalam hal ini berarti seseorang memperoleh informasi melalui gambar atau secara visual. Sebenarnya penyampaian informasi secara visual sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Bahkan hal ini sudah dilakukan sejak zaman purba dulu kala. Jika dipelajari berdasarkan sejarah maka Anda bisa tahu dengan jelas bahwa pada zaman dahulu rupanya manusia telah menyampaikan berbagai pesan berupa beberapa coretan. Biasanya manusia purba memberikan coretan di dalam goa ataupun di permukaan berbagai benda lainnya. Melalui berbagai coretan tersebut rupanya mereka ingin menggambarkan suatu peristiwa atau kejadian.

Dengan adanya pengetahuan ini maka dapat diketahui bahwa penyampaian informasi melalui gambar sudah dilakukan di zaman sebelumnya. Demikian pula hingga di masa sekarang ini penyampaian informasi secara visual juga masih dilakukan. Tentu saja penyampaian informasi dalam bentuk visual ini dilakukan dengan metode dan sistem yang semakin berkembang seiring dengan semakin berkembangnya zaman. Berkembangnya zaman memang mendorong adanya perkembangan di bidang teknologi canggih. Penyampaian informasi melalui gambar yang pada awalnya mungkin dilakukan secara sederhana kini sudah tentu semakin berkembang dan menggunakan bantuan dari teknologi canggih. Bahkan kini penyampaian informasi visual dilakukan dengan sistem komputasi sehingga hasilnya bisa menjadi lebih maksimal.

Keuntungan Infographic

Infographic diketahui sebagai proses penyampaian informasi melalui adanya data visual. Jadi dalam hal ini informasi disampaikan melalui data berupa gambar. Sebenarnya penyampaian informasi secara visual lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan penyampaian informasi yang dilakukan melalui teks. Sebab penyampaian informasi secara visual bisa langsung diproses oleh otak manusia. Akibatnya informasi ini menjadi lebih mudah dimengerti dan dipahami karena bisa diterima dengan lebih mudah oleh otak. Berbeda dengan informasi yang disampaikan melalui tulisan. Informasi berupa tulisan dapat dimengerti setelah orang membaca setiap kalimat dalam teks tersebut. Untuk bisa memahami tiap kalimat maka tiap orang harus membaca kalimat tersebut mulai dari awal hingga akhir kalimat. Oleh karena itu diperlukan waktu untuk mencerna dan memahami isi dari tiap kalimat. Maka dari itu adanya penyampaian informasi berupa gambar atau secara visual sebenarnya lebih menguntungkan karena informasi yang ditangkap secara visual oleh oleh seseorang dapat diproses sekaligus oleh otak.

Jenis-jenis Infographic

Ada beberapa jenis dari infographic itu sendiri, antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Infographic statis

Jenis ini tertuang dalam bentuk gambar yang tidak bergerak. Misalnya saja seperti pada media cetak dan pada sebuah website. Tentu Anda pernah melihatnya di berbagai macam media. Pada dasarnya jenis statis ini merupakan jenis infographic yang paling umum digunakan sehingga Anda bisa dengan mudah menemukannya.

2. Infographic animasi

Untuk jenis yang satu ini biasanya tertuang dalam bentuk video animasi. Jenis ini juga biasa disebut dengan istilah animated infographic. Animasi terdiri dari dua jenis yaitu 2 dimensi dan 3 dimensi. Anda bisa menemukan jenis ini misalnya pada televisi atau pada media online seperti di Youtube atau di Vimeo. Sebenarnya video animasi tampil secara lebih menarik bila dibandingkan dengan gambar biasa. Sebab video animasi selain menggunakan elemen visualjuga menggunakan motion atau pergerakan. Selain itu sebuah video animasi juga mengandung audio atau musik dan sound effect yang akan semakin memperkuat informasi atau pesan yang ingin disampaikan. Tentunya untuk membuat sebuah video animasi diperlukan beberapa jenis keahlian yang beragam. Misalnya saja seperti director dan animator. Pembuatan video animasi ini juga membutuhkan ilustrator serta artis music dan voice ocer. Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak jenis keahlian atau ketrampilan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah video animasi sehingga hasilnya menjadi tampak menarik.

3. Infographic interaktif

Untuk jenis interaktif biasa ditampilkan pada website. Melalui infographic jenis ini maka Anda bisa berinteraksi dengan informasi yang ditampilkan melalui user interface yang sengaja telah didesain oleh pembuat website. Jadi Anda dapat mengeksplorasi informasi yang ingin didapatkan sesuai dengan keinginan Anda. Tentu saja pembuat desain bisa merancang tampilan pada website agar menarik dan bisa tampil secara efektif sesuai dengan perilaku user. Namun untuk membuat jenis interaktif ini diperlukan keahlian khusus seperti misalya keahlian desainer dan ilustrator serta programmer. Bahkan keahlian programmer sangatlah dibutuhkan agar hal yang telah dibuat pada sebuah website ini dapat dfungsikan dengan baik dan secara maksimal.

Cara Membuat Infographic

Untuk membuat sebuah infographic tentunya diperlukan beberapa keahlian dan ketrampilan seperti misalnya keahlian desain. Tidak hanya itu saja tetapi masih banyak jenis keahlian lainnya yang juga diperlukan dalam membuat penyampaian informasi secara visual. Termasuk pula keahlian berupa analisis informasi dan story telling. Dengan adanya tiga keahlian atau ketrampilan tersebut maka Anda tentu akan bisa menghasilkan suatu karya tersebut secara maksimal. Untuk mempermudah proses pembuatannya maka Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan online yang bisa diakses melalui internet. Layanan online yang telah tersedia tersebut umumnya dibuat dengan tujuan untuk memproduksi hal tersebut sehingga bisa digunakan oleh para user.

Infographic adalah salah satu sarana penting yang dapat dimanfaatkan dalam dunia usaha. Demikian pula memanfaatkan produk yang tepat dalam perusahaan untuk mengatur pemasukan serta pengeluaran. Yang mana hal tersebut bisa dengan mudah diwujudkan bersama JojoExpense. Produk ini sudah pasti akan dapat membantu memberikan manfaat mulai dari sistem rembus yang cepat dan akurat, menghindari resiko penipuan keuangan perusahaan, hingga sistem kas perusahaan yang lebih terkontrol dan terawasi dengan baik.

Tentu semua manfaat ini berkat adanya fitur yang diandalkan oleh JojoExpense. Misalnya saja fitur Cash Advanced with Flexible Verification Flow, Cash Advance Partial Reporting, Restriction Policies for Cash Advance Request, Cash Advance Account Receivable Receipt, serta masih banyak fitur menarik yang lainnya. Jadi jangan khawatir, segera coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan berbagai manfaat menarik penggunaan produk ini untuk keuangan perusahaan yang lebih sehat, dijamin!