Inilah Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Aplikasi Sales Pipeline Terbaik – Dalam sebuah perusahaan, sales pipeline merupakan elemen penting dalam dunia per salesan. Dimana sales pipeline ini dapat membantu meningkatkan sebuah penjualan produk atau jasa pada perusahaan tersebut.

Mungkin bagi Anda yang bekerja di bidang sales sudah tidak asing lagi dengan istilah sales pipeline. Akan tetapi, bagi yang masih awam terkait sales pipeline ini maka tidak perlu khawatir karena pada penjelasan kali ini kami akan membahas mengenai sales pipeline dan aplikasi terbaiknya. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Sales Pipeline?

Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Sales pipeline adalah sebuah gambaran proses penjualan yang sedang dan sesudah dilakukan oleh tim sales. Sales pipeline sangat dibutuhkan oleh seorang sales representative dan sales manager. Lantas apa alasan dibutuhkannya sales pipeline?

Sebenarnya untuk mengetahui jawabannya cukup sederhana yaitu sales pipeline adalah untuk mengawasi atau memonitoring penjualan yang sedang dan yang sudah dilakukan. Hal ini sesuai dengan definisi pipedrive yang menyatakan bahwa sales pipeline merupakan cara visual yang terorganisasi mengawasi jumlah pembeli yang potensial.

Selain itu, dengan membuat sales pipeline maka akan mudah untuk mengetahui bagaimana progress calon pelanggan hingga akhirnya mereka membeli produk tersebut. Karena semakin banyak prospek yang ada didalam sales pipeline maka akan semakin mudah untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Tahap Sales Pipeline

Tahap proses sales pipeline memang tidak selalu sama. Hal ini tergantung dari jenis usaha yang dijalani. Selain itu, jumlah dan jenis tahapan sales pipeline juga dipengaruhi oleh beberapa fkator seperti cara mencari, menghubungi prospek dan lain sebagainya. Namun, seacra umum ada beberapa tahap sales pipeline yang perlu diketahui, berikut diantaranya:

Prospecting

Prospec merupakan tahap awal untuk menemukan calon pelanggan yang membutuhkan produk atau jasa yang dijualnya. Dalam tahap ini setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda tergantung pada klien, produk dan struktur organisasi perusahaan itu sendiri.

Qualifying

Di tahap qualifying merupakan tahap dimana sales harus mampu memilih prospek yang tepat agar tidak membuang-buang waktu mereka. Dengan melakukan kualifikasi pada prospek tentu memerlukan tenaga ekstra karena paling tidak Anda harus melakukan survey dan wawancara pribadi dengan pelanggan.

Contacting

Contacting merupakan tahap untuk memulai hubungan target dengan pelanggan. Dalam proses ini ada banyak cara yang bisa dilakukan sales untuk menghubungi prospek seperti memulai dengan panggilan telepon, email atau melalui media sosial.

Building Relationship

Tahap building relationship adalah tahap membangun hubungan yang bertujuan untuk meyakinkan calon pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan. Di tahap ini sales akan berusaha membangun kepercayaan kepada pelanggan untuk mendapatkan respon baik dari pelanggan.

Poposal Mode

Pada tahap ini adalah tahap dimana sales memberikan proposal untuk pelanggan. Di tahap ini lebih menjelaskan produk apa yang ditawarkan, manfaat, harga dan mengapa produk itu lebih baik daripada produk pesaing.

Closing

Closing merupakan tahap membangun hubungan yang baik serta memberikan proposal yang menjadi tahap akhir dari perjuangan sales. Setelah proses menunggu jawaban dari calon pelanggan maka disini seorang sales akan segera tahu keputusannya. Jadi, jika dia tertarik maka dia akan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Cara Membuat Sales Pipeline

Berikut merupakan langkah-langkah membuat sales pipeline:

Perhatikan Langsung Calon Pelanggan

Sebelum membuat sales pipeline, hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengetahui siapa target pelanggan. Anda bisa membuat daftar dengan mengumpulkan kontaknya sehingga akan memudahkan Anda saat melakukan tahap contacting.

Siapkan Rencana Kegiatan Penjualan

Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa khawatir adalah dengan merencanakan kegiatan penjualan. Hal ini bertujuan agar setia[ anggota tim dapat fokus pada kegiatan penjualan. Untuk itu, rencana kegiatan penjualan harus dibuat dengan efektif agar berdampak baik bagi tim dan membantu dalam penjualan.

Menyempurnakan Tahapan Sales Pipeline Secara Berkala

Setelah dilakukannya uji coba dengan membuat beberapa tahapan dan dirasa kurang efektif, maka Anda bisa sempurnakan lagi dengan cara meyakinkan pelanggan.

Pastikan Sales Pipeline Selalu Di Update

Perlu diperhatikan bahwa Anda harus paham dengan memberikan informasi ter update pada setiap tahap kegiatan di sales pipeline. Dengan demikian Anda bisa tahu berapa prospek yang telah dibuhungi, diberikan proposal atau sedang menunggu keputusan.

Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Dalam artikel ini, terdapat 5 aplikasi sales pipeline terbaik yang bisa menjadi referensi Anda yang membutuhkan aplikasi sales pipeline, berikut diantaranya:

Qontak.com

Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Qontak.com merupakan aplikasi sales pipeline gratis di Indonesia yang sistemnya digunakan untuk mengelola dan melacak tim penjualan, sales lapangan, aktivitas tim dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan sales dalam melakukan kegiatannya mulai dari menyajikan data yang lengkap, melacak proses bisnis yang sedang berlangsung, fitur GPS untuk melacak lokasi secara offline sekalipun, memberikan otomatisasi dokumen, dan lain sebagainya.

Canvasser

Canvasser merupakan aplikasi yang memudahkan sales dalam mencatat semua pesanan dari pelanggan menggunakan smartphone. Aplikasi Canvasser diciptakan oleh Accurate Online yang berlokasi di Kota Jakarta, Indonesia. Dengan aplikasi ini, maka pengguna mendapatkan berbagai fitur yaitu:

  • Melakukan cek stock aplikasi tanpa harus mengontak tim yang ada dikantor
  • Membuat orderan baru secara langsung
  • Mengetahui status pesanan pada aplikasi
  • Mencatat informasi pelanggan secara langsung
  • Mengetahui kinerja sales

eOrder – Salesman Order App

eOrder merupakan aplikasi sales pipeline yang diciptakan khusus untuk para distributor. Dengan aplikasi ini maka pesanan yang datang dari pelanggan dapat langsung dicatat menggunakan smartphone kemudian diteruskan ke pihak pengemasan dan pengiriman barang secara real time. Selain itu, ada fitur lain dalam aplikasi ini yaitu dapat mencatat stock barang sehingga dapat mengatasi kesalahan dalam pencatatan stock barang.

Delta Sales App

Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Delta sales app merupakan aplikasi sales pipeline yang dirancang untuk manajer penjualan, distributor dan produsen. Banyak fitur pendukung dalam aplikasi ini mulai dari melacak GPS karyawan sales, manajemen dan pelaporan pesanan sales, manajemen kehadiran, cuti dan lain sebagainya.

App4Sales

Seperti namanya, aplikasi ini merupakan aplikasi sales pipeline yang digunakan untuk menelusuri catalog, mendaftarkan nama pelanggan baru, menambah item ke pesanan dan lain sebagainya. Aplikasi ini dapat digunakan gratis hanya dengan mengunduhnya di playstore.

Dalam JojoExpense, ada banyak fitur yang menarik untuk bisa membantu mengatur dan memantau keuangan perusahaan sepenuhnya. Misalnya saja sebagai berikut:

  • Mobile Approval
  • Budget Controlling
  • Cash Advanced
  • Auto Reimbursement
  • Real Time Direct transfer
  • Dan lain sebagainya

Dengan memanfaatkan fitur-fitur Jojonomic, maka tentu akhirnya perusahaan bisa lebih fleksibel dalam melakukan pemantauan kapan saja dan dimana saja. Selain itu tidak perlu membuat susah tim keuangan perusahaan karena semua telah berjalan secara otomatis. Sehingga akhirnya didapatkan sistem dalam perusahaan yang lebih stabil dan baik, mudah terpantau termasuk bisa dikontrol. tunggu apa lagi? Yuk coba gratis JojoExpense di perusahaan Anda.