Inilah Jenis-Jenis Sales Pipeline Yang Wajib Diketahui

Jenis-Jenis Sales Pipeline – Dalam perusahaan, sales pipeline merupakan salah satu elemen terpenting dalam dunia persalesan. Namun, manakah yang lebih penting dalam sebuah penjualan, fokus pada pencapaian akhir atau fokus pada peningkatan kemampuan dalam proses penjualannya?

Mungkin sebagian besar mengatakan lebih baik fokus pada hasil akhir. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa sebagian perusahaan mengatakan fokus kepada keduanya merupakan hal yang penting, dan beragam alasan lainnya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan kami bahas lebih jauh tentang sales pipeline dan jenis-jenisnya, berikut penjelasannya.

Pengertian Sales Pipeline

Sales pipeline adalah sebuah gambaran beserta tahapan dari proses penjualan yang sedang dan sesudah dilakukan oleh tim sales. Sales pipeline dapat mengetahui prose pemindahan dari tahap konsumen sampai ke tahap berikutnya dalam proses penjualan.

Penggunaan sales pipeline seringkali disamakan dengan sales funnel, dan bahkan sales pipeline juga sering digambarkan dengan pipa yang lebih lebar di depan dan semakin mengecil pada tahap-tahap berikutnya.

Memang tidaklah salah karena dalam proses penjualan akan terjadi pengurangan jumlah dalam setiap tahapannya sehingga secara spesifik sales funnel jauh berbeda dengan sales pipeline. Hal ini dikarenakan sales funnel lebih berfokus pada menunjukkan rasio konversi melalui proses penjualan sedangkan sales pipeline lebih fokus pada apa yang harus dilakukan salaam proses penjualan dalam setiap tahapannya.

Itu artinya, konsep sales pipeline akan memungkinkan penjual untuk melakukan tracking atau pelacakan status dari setiap transaksi dan bisa memahami apakah distribusi transaksi tersebut sudah sesuai untuk memenuhi target penjualan atau belum.

Tahap Sales Pipeline

jenis sales pipeline

Perlu diketahui bahwa ada banyak sekali bentuk sales pipeline, adapun diantaranya sebagai berikut:

  • Contact, Qualification, Meeting, Proposal dan Closing
  • Prospecting atau Lead Generation, Qualification, proposal, Post Proposal, Commitment, Sales
  • Impression, Lead, Prospect, Potential, Closeable, Sales

Selain itu, sebuah penjualan tidak dapat terjadi begitu saja melainkan ada beberapa proses untuk mengawalinya. Terlebih jika produk-produk yang digunakan high involvement, yaitu dimana harus dilakukan penjelasan yang bersifat teknis beebrapa kali serta perlu adanya bentuk penawaran berupa proposal.

Tidak hanya itu saja, bahkan ada beberapa produk yang mengharuskan sales melallui proses tender sampai akhirnya pelanggan yakin dan mau membeli produk yang ditawarkan. Sehingga target penjualannya adalah indikator dari keberhasilan seorang sales. Dengan begitu, proforma yang tinggi adalah ketika seorang sales berhasil mencapai taregtnya.

Akan tetapi, kembali lagi bahwa penjualan merupakan proses yang memiliki berbagai indikator setiap tahapan. Jadi, jika concern dengan proses tersebut maka sales akan lebih mudah untuk mencapai dan melewati targetnya sendiri.

Hasil akhir memanglah penting, itu sebabnya banyak perusahaan yang hanya fokus pada hasil akhir. Namun, proses tidak kalah penting, dengan memberikan perhatian yang sesuai pada setiap prosesnya, maka tingkat konversi yang terjadi bisa lebih ditingkatkan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa secara garis besar, sales pipeline terbagi atas empat bagian yaitu:

  • Lead
  • Prospect
  • Potential
  • Closeable

Pentingnya Sales Pipeline

Berikut merupakan beberapa alasan mengapa sales pipeline cukup penting, berikut diantaranya:

  1. Dengan menerapkan sales pipeline secara efektif, maka akan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan
  2. Perusahaan yang menerapkan sales pipeline biasanya memiliki rata-rata pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan dengan perusahaan yang tidak menerapkan konsep sales pipeline
  3. Dengan menerapkan sales pipeline maka perusahaan memiliki tahap proses penjualan yang tertata rapi dan jelas
  4. Memudahkan untuk mengerti posisi pada setiap tahapan, alokasi waktu, pengawasan dan sumber daya yang cukup untuk fokus pada setiap proses yang disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas
  5. Sales pipeline dapat memberikan forecasting yang lebih akurat karena aktivitasnya berfokus pada step dengan memperhatikan seberapa dekat hasil yang dicapai dibandingkan dengan targetnya
  6. Dengan sales pipeline maka akan memiliki manajemen sales yang efektif
  7. Dapat melakukan tracking dan identifikasi atas setiap treatment yang dilakukan

Jenis-Jenis Aplikasi Sales Pipeline Terbaik

Dalam artikel ini, terdapat 5 aplikasi sales pipeline terbaik yang bisa menjadi referensi Anda yang membutuhkan aplikasi sales pipeline, berikut diantaranya:

Qontak.com

proses payroll

Qontak.com merupakan sebuah aplikasi sales pipeline bauatn Indonesia yang dapat digunakan secara gratis dan sistemnya dapat digunakan untuk mengelola dan melacak tim penjualan, sales lapangan, aktivitas tim dan lain sebagainya. Qonta.com memiliki banyak fitur yang memudahkan seorang sales dalam melakukan kegiatannya seperti menyajikan data yang lengkap, melacak proses bisnis yang sedang berlangsung, aplikasi ini juga memiliki fitur GPS untuk melacak lokasi secara offline sekalipun, memberikan otomatisasi dokumen, dan lain sebagainya.

Canvasser

Canvasser merupakan sebauh aplikasi yang memudahkan sales untuk mencatat semua pesanan dari pelanggan menggunakan ponselnya. Aplikasi ini diciptakan oleh Accurate Online. Dengan aplikasi ini, maka pengguna mendapatkan berbagai fitur yaitu melakukan cek stock produk, membuat orderan, mengetahui status pesanan, mengetahui kinerja sales.

eOrder – Salesman Order App

Pertanyaan Interview untuk Posisi Sales dan Jawabannya

eOrder merupakan suatu aplikasi sales pipeline yang khusus diciptakan untuk para distributor. Dengan aplikasi ini, maka setiap pesanan yang datang dari pelanggan bisa langsung dicatat menggunakan smartphone selanjutnya diteruskan ke bagian pengemasan dan pengiriman barang secara real time. Fitur dalam aplikasi ini yaitu dapat mencatat stock barang sehingga dapat mengatasi kesalahan dalam pencatatan stock barang.

Delta Sales App

jenis sales pipeline

Delta sales app merupakan sebauh aplikasi sales pipeline yang dirancang khusus untuk manajer penjualan, distributor dan produsen. Ada banyak fitur pendukung dalam aplikasi ini seperti melacak GPS karyawan sales, manajemen dan pelaporan pesanan penjualan, manajemen kehadiran, pengajuan cuti karyawan dan lain sebagainya.

App4Sales

App4Sales merupakan aplikasi sales pipeline yang digunakan khusus untuk menelusuri catalog, mendaftarkan nama pelanggan baru, menambah daftar item ke pesanan dan lain sebagainya. Aplikasi ini juga dapat digunakan gratis hanya dengan mengunduhnya di playstore.

perusahaan perlu menyimpan dan memastikan dokumen tersebut dengan baik dan benar. Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mampu meningkatkan performa perusahaan. Seperti contohnya fitur Mobile Leave Request and Approval, Secured Cloud Based Storage, maupun Import and Export Employee Data.

Dengan aplikasi ini akan mempermudah perusahaan menyimpan dan mengatur data-data karyawan. Dimana akses terhadap data-data tersebut dapat dicek kapan dan dimana saja. Sehingga perusahaan kinera akan lebih efektif, efisien dan rapi. Percayakan permasalahan ini dengan JojoTimes dari jojonomic. Ayo segera coba dan buktikan manfaatnya!!!. Percobaanya gratis lho…!!!