Jenis Serta Mekanisme Inkaso Dalam Aktivitas Perbankan

inkaso

Inkaso tentu sudah tidak asing lagi di dunia perbankan. Istilah ini mengacu pada suatu jenis layanan bank. Layanan ini lebih tepatnya berupa pembayaran tagihan berbagai surat atau dokumenberharga terhadap pihak ketiga yang berada di kota lain. Surat atau dokumen berharga tersebut bisa diproses dalam beraneka ragam bentuk. Berbagai bentuk tersebut misalnya saja seperti wesel atau cek dan giro serta kwitansi dan akseptasi. Jadi bisa dibilang bahwa inkaso merupakan layanan jasa dari bank yang berupa penagihan sejumlah uang pada pihak lain di luar kota atas petunjuk dari orang yang memberi amanat.

Mekanisme Inkaso

Mekanisme inkaso via bank sendiri

Jenis mekanisme yang satu ini dikatakan terjadi bila bank yang ditunjuk berada di lokasi yang sama dengan bank yang digunakan oleh pihak pembeli. Tentu saja hal ini akan mempermudah nasabah termasuk dalam melakukan penagihan pada berbagai pihak yang berada di lokasi jauh.

Mekanisme inkaso via bank koresponden

Untuk mekanisme jenis yang kedua disebut terjadi dengan melibatkan adanya pihak lain. Namun pada dasarnya mekanisme ini disebut terjadi jika bank yang ditunjuk ternyata tidaklah memiliki cabang di wilayah atau tempat pemberi dana menabung. Jadi proses yang ahrus dijalani dalam mekanisme ini bisa saja lebih rumit daripada jenis mekanisme yang sebelumnya. Selain lebih rumit rupanya mekanisme jenis ini bisa terjadi dalam waktu yang lebih lama daripada mekanisme yang sebelumnya.

Mekanisme inkaso bila dilakukan antar cabang bank sendiri

pada mekanisme yang terakhir ini rupanya bisa dinilai lebih mudah. Disebut lebih mudah karena layanan ini sama-sama melibatkan satu bank induk yang sama. Hanya saja bank tersebut bisa berbeda lokasi atau mungkin berbeda cabang.

Jenis Inkaso

Inkaso masuk

Salah satu jenis inkaso adalah inkaso masuk. Inkaso jenis ini merupakan suatu tagihan yang masuk atas beban rekening nasabah. Tagihan juga bisa atas warkat yang diterbitkan oleh nasabah. kemudian hasilnya nanti akan dikirimkan ke bagian cabang pemrakarsa. Maka hasil tersebut bisa ditujukan untuk keuntungan pihak ketiga.

Inkaso keluar

Jenis lainnya yaitu inkaso keluar. Untuk jenis yang satu ini merupakan suatu inkaso atas instruksi nasabah sehingga penagihan dapat dilakukan ke pihak ketiga. Penagihan bisa dilakukan dengan melalui cabang sendiri ataupun melalui cabang yang ada di luar kota. Dalamhal ini inkaso yang ditagih akan dikirimkan ke rekening pemberi amanat tentunya di bank pemrakarsa tepatnya setelah dana dicairkan.

Objek Inkaso

Wesel atau draft

Objek yang satu ini merupakan suatu perintah tanpa syarat. Perintah ini dikeluarkan oleh bank penerbit untuk bank koresponden dengan tujuan untuk melakukan pembayaran uang. Tnetunya pembayaran uang ditujukan kepada pihak yang tercantum di draft atau di wesel tepatnya di waktu yang sudah ditujukan. Pembayaran uang bisa dilakukan baik kepada pihak perorangan maupun kepada sebuah badan atau perusahaan.

Travelers check

Objek travelers check cenderung mengacu kepada sejenis kertas berharga. Kertas berharga ini umumnya digunakan oleh masyarakat terutama masyarakat internasional. Bahkan kertas yang berharga ini digunakan sebagai suatu alat tukar atau alat pembayaran yang bisa dibilang sah. Maka Anda tak perlu ragu untuk menggunakan layanan jenis ini. Sebab layanan ini akan semakin memudahkan Anda.

Treasury check

Satu lagi jenis objek inkaso yaitu treasury check. Untuk jenis objek treasury check mungkin sudah dikenal oleh beberapa orang. Treasury check ini sebenarnya merupakan suatu cek yang dikeluarkan oleh duta besar dari suatu negara tertentu. Maka tentu saja cek ini dapat pula digunakan oleh masyarakat internasional.

Manfaat Inkaso Bagi Bank

Adanya pendapatan komisi

Memberikan layanan jasa yang baik untuk nasabah tentu menjadi salah satu tugas dari sebuah lembaga bak. Dalam hal ini termasuk pula layanan atau jasa penagihan utang bagi orang atau badan di kota lain. Dengan menjalankan layanan ini maka pihak bank akan mendapatkan komisi. Maka layanan ini berarti bisa menambah keuntungan bagi bank berupa peningkatan pendapatan.

Menjadi sarana promosi

Bank juga tentu ingin melakukan aktivitas promosi sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas. Dengan demikian maka jumlah nasabah akan semakin bertambah banyak. Maka dengan adanya layanan pemberian jasa untuk penagihan utang pada orang atau badan di wilayah lain maka bank akan semakin dikenal oleh masyarakat luas. 

Manfaat Inkaso Bagi Nasabah

Menghemat biaya

Para nasabah tentu bisa menggunakan layanan dari bank berjenis ini untuk menagihkan warkat yang sudah dimilikinya. Dengan menggunakan jasa ini maka biaya yang harus dikeluarkan tentu saja jauh lebih rendah daripada bila Anda harus menagihnya sendiri. Maka dari itu layanan inkaso ini dinilai bisa lebih menghemat biaya.

Menghemat waktu

Selain biaya rupanya jasa layanan tagihan dari bank berjenis ini juga bisa lebih menghemat waktu. Sebab tentunya melakukan penagihan yang dilakukan sendiri akan memerlukan waktu. Bahkan waktu yang dibutuhkan bisa saja sangat banyak sebab pihak yang ditagih berada di luar kota. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan layanan inkaso untuk melakukan penagihan dengan lebih menghemat waktu.

Menghindari kehilangan

Jasa penagihan yang diberikan oleh bank juga bisa memberikan manfaat lain bagi Anda selaku nasabah. Manfaat lainnya yaitu Anda sebagai nasabah akan terhindar dari segala macam resiko yang bisa saja terjadi. Termasuk pula resiko kehilangan yang bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Resiko kehilangan ini antara lain meliputi kehilangan yang disebabkan oleh adanya perampokan atau mungkin disebabkan oleh hal lainnya.

Peran Inkaso

Inkaso sebenarnya sangat membantu Anda. Dengan adanya layanan jasa dari bank jenis ini maka masalah tagihan antarkota bisa segera terselesaikan. Sebab inkaso memang ditujukan untuk melakukan penyelesaian tagihan pada seseorang atau suatu badan atau institusi yang berada di luar kota. Tentu saja penagihan dengan cara ini akan menjadi lebih efektif untuk dilakukan. Selain itu cara penagihan seperti ini juga lebih bersifat efisien. Bahkan pelanggan akan selalu memiliki reputasi yang baik dan juga lebih jelas.

Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan memilih sistem keuangan perusahaan yang paling sesuai. Salah satunya dengan mempercayakan pada JojoExpense. Dimana produk ini tentu dapat membantu pemantauan pengeluaran dan pemasukan perusahaan yang lebih efektif. Selain itu juga bisa membantu menghindari resiko penipuan dalam keuangan perusahaan.

Tentunya semua ini berkat beberapa fitur andalan dari JojoExpense. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Oleh karena itu jangan ragu untuk memilih JojoExpense. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan kehebatan produk yang satu ini. Yuk, tunggu apa lagi?