Inovatif Adalah Proses untuk Menjadi Lebih Baik Untuk Bisnis Terbaik

Inovatif adalah proses membuat sesuatu yang baru atau lebih baik yang dapat melayani bisnis dengan lebih baik. Ini dapat mencakup produk atau layanan baru, peningkatan alur kerja, atau apa pun yang meningkatkan bisnis dengan cara baru.

Berikut adalah beberapa contoh inovasi bisnis, dan daftar beberapa negara paling inovatif di dunia.

Pengertian Inovatif Adalah

Pada tingkat paling dasar, inovasi muncul dengan cara baru untuk melakukan sesuatu. Dalam hal inovasi bisnis , cara-cara baru dalam melakukan sesuatu diperkenalkan dengan tujuan menghasilkan lebih banyak uang bagi bisnis.

Di luar definisi dasar itu, inovasi bisnis adalah konsep umum yang dapat diterapkan pada berbagai produk, layanan, upaya, dan kebijakan. Ini dapat mencakup produk baru yang akan melayani pelanggan dengan lebih baik atau program baru yang akan membantu karyawan berkomunikasi dengan lebih baik tentang proyek yang mereka kerjakan.

Dalam dunia bisnis, inovasi sering digunakan sebagai sinonim untuk penelitian dan pengembangan (R&D). Namun, R&D adalah istilah yang cukup terbatas yang biasanya mengacu pada pengembangan produk baru. Inovasi bisnis adalah istilah yang lebih luas yang menggambarkan semua jenis inovasi yang terjadi dalam konteks bisnis.

Poin Penting

  • Inovasi bisnis adalah proses menciptakan cara baru atau lebih baik dalam menjalankan bisnis.
  • Inovasi bisnis dapat mengambil berbagai bentuk, dari taktik pemasaran baru hingga alur kerja yang diubah, hingga produk baru.
  • OECD mendefinisikan empat jenis inovasi bisnis: inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi.
  • Grup biasanya melacak inovasi nasional sebagai cara untuk mengukur ekonomi, pertumbuhan, dan masyarakat suatu negara secara keseluruhan.

Memahami Inovatif Adalah

Inovasi keuangan adalah istilah umum dan dapat dipecah menjadi kategori tertentu berdasarkan pembaruan ke berbagai bidang sistem keuangan. Meskipun berikut ini bukan daftar yang lengkap, inovasi keuangan utama telah hadir dalam peningkatan modal ekuitas, pengiriman uang, dan perbankan seluler.

Urun dana investasi mulai terbuka dan membuat proses peningkatan modal ekuitas menjadi lebih demokratis. Sementara berinvestasi di perusahaan tahap awal dan pertumbuhan dulu disediakan untuk segelintir orang (umumnya investor institusional), infrastruktur baru telah memungkinkan investor ritel individu untuk berinvestasi dalam proyek yang mereka sukai dan / atau memiliki koneksi lain dengan jumlah kecil. Individu menerima saham perusahaan baru yang sepadan dengan jumlah yang mereka investasikan.

Platform Populer Inovatif Adalah

Dua platform populer untuk crowdfunding ekuitas adalah SeedInvest dan FundersClub. Selain itu, platform pinjaman mikro seperti LendingClub dan Prosper memungkinkan pembiayaan hutang crowdfunded. Dalam kelas aset ini, alih-alih memiliki bagian dari perusahaan, individu menjadi kreditor dan menerima pembayaran bunga reguler sampai pinjaman tersebut akhirnya lunas

Pengiriman uang adalah bidang lain yang sedang diubah oleh inovasi keuangan. Pengiriman uang adalah dana yang dikirim kembali oleh ekspatriat ke negara asalnya melalui kawat, surat, atau transfer online. Mengingat volume transfer ini di seluruh dunia, pengiriman uang secara ekonomi signifikan bagi banyak negara yang menerimanya. Pada awal tahun 2000-an, Bank Dunia membuat database, di mana orang dapat membandingkan harga berbagai layanan transfer. Gates Foundation kemudian mulai melacak pengiriman uang pada tahun 2011. Western Union dan Moneygram pernah memonopoli pengiriman uang; namun, dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan rintisan seperti Transferwise dan Wave telah bersaing dengan aplikasi berbiaya rendah.

Terakhir, perbankan seluler telah membuat inovasi besar bagi pelanggan ritel. Saat ini, banyak bank seperti TD Bank menawarkan aplikasi komprehensif dengan opsi untuk menyetorkan cek, membayar barang dagangan, mentransfer uang ke teman, atau menemukan ATM secara instan. Penting bagi pelanggan untuk membuat koneksi yang aman sebelum masuk ke aplikasi mobile banking untuk menghindari informasi pribadinya disusupi.

Bagaimana Inovatif Bisnis Bekerja?

Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) menguraikan empat cara inovasi bisnis dapat terwujud: inovasi produk, inovasi proses, inovasi pemasaran, dan inovasi organisasi.

Inovatif produk

Mengacu pada produk baru atau produk yang ditingkatkan secara signifikan. Inovasi tersebut dapat mencakup membuat produk yang sama dengan komponen yang lebih baik atau produk baru yang lebih ramah pengguna.

Inovatif proses

Mengacu pada cara-cara baru suatu bisnis dapat memberikan produk atau layanannya. Ini dapat mencakup perubahan teknik, peralatan, atau perangkat lunak.

Inovatif pemasaran

Berkaitan dengan cara produk atau layanan ditampilkan kepada pelanggan. Ini termasuk kemasan baru atau kampanye iklan, tetapi juga termasuk perubahan harga.

Inovatif organisasi

Mengacu pada perubahan gambaran besar yang dapat dilakukan bisnis untuk meningkatkan kinerja. Ini bisa berupa perubahan internal pada praktik bisnis atau perubahan eksternal pada hubungan bisnis dengan entitas lain.

Manfaat Inovatif Bisnis

Pada 2019, Northeastern University meringkas manfaat inovasi bisnis menjadi tiga konsep utama:

  • Pertumbuhan yang lebih baik

Tanpa fleksibilitas, Anda mungkin menghambat pertumbuhan bisnis Anda. Bisnis dengan modal yang cukup mungkin dapat membeli pesaing dan tumbuh dengan cara itu, tetapi bagi banyak bisnis, pertumbuhan mereka akan terbatas pada seberapa banyak mereka dapat berinovasi dan menemukan cara baru untuk menarik pelanggan dan menumbuhkan pangsa pasar mereka.

  • Relevansi yang lebih

Era digital telah mengantarkan era pertumbuhan dan perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sekitar 90% dari total data dunia dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan ratusan situs web lainnya bermunculan setiap menit. Mereka yang tidak dapat mengikuti perubahan kemungkinan akan tersingkir dalam lingkungan yang terus berkembang ini.

  • Membantu membedakan bisnismu

Inovasi berarti melakukan sesuatu secara berbeda dari yang telah dilakukan sebelumnya. Oleh karena itu, semakin banyak bisnis Anda berinovasi, semakin unik jadinya. Berdiri keluar dari kelompok membantu memastikan bahwa bisnis Anda dapat bertahan dari bisnis baru yang membanjiri pasar.

Melacak Inovatif Adalah Secara Nasional

Sementara inovasi bisnis terjadi pada tingkat organisasi, beberapa kelompok melacak inovasi total di berbagai negara untuk membandingkan inovasi nasional.

Salah satu pelacak ini adalah Indeks Inovasi Global, yang diterbitkan bersama oleh Cornell University, INSEAD, dan Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia. Metrik mencakup kualitas bisnis seperti R&D dan investasi modal, tetapi juga mencakup ukuran inovasi sosial yang lebih luas seperti lingkungan politik dan penyebaran pengetahuan.

Berikut 10 negara inovasi teratas, yang diukur oleh Global Innovation Index pada 2019:

  1. Swiss
  2. Swedia
  3. Amerika Serikat
  4. Belanda
  5. Britania Raya
  6. Finlandia
  7. Denmark
  8. Singapura
  9. Jerman
  10. Israel

Tentu saja, organisasi lain memiliki metrik yang berbeda untuk mengukur inovasi nasional. Itulah mengapa sangat membantu untuk membandingkan daftar yang dibuat oleh berbagai organisasi.

Berikut adalah 10 negara inovasi teratas, sebagaimana ditentukan pada awal tahun 2020 oleh Indeks Inovasi Bloomberg:

  1. Jerman
  2. Korea Selatan
  3. Singapura
  4. Swiss
  5. Swedia
  6. Israel
  7. Finlandia
  8. Denmark
  9. Amerika Serikat
  10. Perancis

Sama halnya dengan melakukan inovasi pada cara ataupun sistem kerja perusahaan. Inovasi semacam ini bukan hanya bisa menghemat sumber daya, tapi juga membuat bisnis lebih unggul. Dengan demikian, suatu perusahaan bisa memiliki ciri khas tertentu, baik dalam hal produk ataupun identitasnya.

Inovasi adalah

Meski tidak mudah, tapi sebenarnya inovasi bukan hal yang mustahil untuk dilakukan apalagi bagi perusahaan yang tengah merintis kesuksesan.

Jika ingin lebih mudah dalam melakukan inovasi pada perusahaan, coba gunakan aplikasi JojoExpense yang bisa membantu kamu dalam mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu.