Sering Merasa Insecure? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya

insecure adalah

Insecure adalah momok yang sering kali membuat banyak orang merasa tidak nyaman dan bahkan berada dalam zona ketakutan yang begitu besar. Banyak orang akhir-akhir ini mengalami emosional dan psikologi semacam ini terutama di masa pandemi yang berlangsung. Dimana sering kali terdapat ketidak pastian terhadap karir, pendapatan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Namun demikian bukan berarti tidak ada jalan keluar yang bisa diberikan dalam menghadapi dilema tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa informasi tentang insecure, penyebab dan bagaimana cara mengatasinya terutama di masa-masa sekarang.

Penyebab Datangnya Rasa Insecure

Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang merasa insecure dan merasa takut secara berkepanjangan. Mulai dari hal yang terlihat sepele dan sederhana, hingga penyebab yang cukup besar di dalam kehidupan seseorang. Namun secara umum rasa insecure ini datang akibat beberapa hal berikut ini.

Kondisi Karir Seseorang

Saat ini karir merupakan hal yang paling ditakutkan oleh kebanyakan orang. Terutama pada masa pandemi ada banyak karyawan yang dirumahkan dan juga ada banyak bisnis yang mengalami kemunduran dan kekurangan omzet. Sehingga banyak orang merasa was-was jika kehilangan karir dan pekerjaan secara mendadak. Tentu saja kebutuhan hidup mutlak sangat penting berjalan setiap hari, sehingga kehilangan karir dan pekerjaan menjadi sesuatu hal yang menkhawatirkan akhir-akhir ini.

Hubungan Dengan Orang Lain

Perasaan insecure adalah bisa datang saat sedang dalam hubungan dengan orang lain. Baik itu dalam keluarga maupun dengan pasangan. Ketakutan adanya persoalan di dalam keluarga dan rumah tangga sering kali membuat seseorang berpikir yang tidak-tidak tentang keluarga dan pasangannya tersebut. Apalagi saat ini banyak faktor yang memicu timbulnya permasalahan pada keluarga, mulai dari resiko narkoba, resiko orang ketiga, dan masih banyak lagi. Otomatis hubungan dalam keluarga juga menjadi kurang baik dan tidak harmonis. Sehingga malah berakhir pada hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Resiko Rasa Insecure Adalah Berkepanjangan

Rasa insecure bila dibiarkan tumbuh secara berkepanjangan tentu tidak baik efeknya. Terutama dalam hal ini berkaitan dengan mental dan psikologi orang tersebut. Dengan timbulnya rasa takut terus menerus, maka hal ini bisa mempengaruhi pikiran dan membuat kondisi psikologis yang makin memburuk ke depannya. Bahkan hal inilah yang umumnya memicu terjadinya gangguan mental ringan pada seseorang yang kemudian menyebabkan gangguan pada kejiwaan.

Tidak hanya gangguan psikologis secara internal, tetapi hubungan dengan orang lain dalam hal ini juga terganggu. Rasa takut yang tidak beralasan sering kali membuat seseorang berpikir negatif terhadap orang lain. Sehingga membuat hubungan sosial menurun dan bahkan memburuk. Kecenderungan bersifat introvert makin tinggi sehingga sosialisasi memudar atau bahkan hilang.

Mengatasi Insecure Dengan Efektif

Rasa insecure yang berakhir tidak baik ini harus diatasi dengan berbagai cara. Ada banyak hal yang sebenarnya dapat dicoba dilakukan jika mulai merasa takut akan sesuatu. Entah itu pada karir, hubungan, kehidupan sehari-hari, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi hal ini biasanya berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan atau dipilih.

  • Mencari kegiatan positif, inilah hal yang sangat penting dalam mempertahankan pikiran positif, contohnya dengan olah raga secara teratur untuk menyehatkan jiwa maupun pikiran.
  • Mencari alternatif karir, jika ancaman terjadi pada karir maka carilah jalan keluar dengan jalan mempelajari sesuatu hal yang baru. Sehingga resiko untuk kehilangan karir yang satu akan membantu untuk mengembangkan karir yang lainnya.
  • Saling mempercayai dalam keluarga, timbulkan pikiran positif dan semangat yang baik untuk masing-masing anggota keluarga. Dalam kondisi terburuk juga harus dapat saling mendukung satu dengan yang lain dan menyatakan dukungan tersebut secara nyata.
  • Berhenti berpikir buruk tentang orang lain, percayalah bahwa pada dasarnya semua orang memiliki niatan yang baik pada awalnya. Saat merasa positif terhadap semua orang otomatis perlakukan kita juga positif dan membuat orang lain merasa nyaman terhadap hal tersebut.
  • Mencari kekuatan dalam diri sendiri dan menumbuhkan rasa percaya diri. Jangan pernah merasa buruk terhadap diri sendiri dan selalu berpikir yang terbaik. Carilah kelebihan dalam diri sendiri untuk dikembangkan sehingga secara tidak langsung timbul rasa percaya diri yang tinggi dan menghindari resiko adanya rasa takut termasuk insecure tadi.

Mencegah Insecure Adalah Hal Yang Penting

Tentunya rasa insecure adalah hal yang paling sering muncul yaitu pada kondisi karir maupun hubungan seseorang. Rasa takut kehilangan zona nyaman adalan sesuatu yang paling sering terjadi baik pada pria maupun wanita. Terutama pada masa sekarang ini yang mana adanya pandemi menambah kekhawatiran pada sejumlah orang. Ketidak pastian akan pekerjaan dan karir sudah menjadi hal yang lazim akhir-akhir ini. Demikian juga pada kesehatan dan merambat pada hubungan personal antara orang yang satu dengan yang lain. Seperti misalnya bawahan dan atasan yang bersitegang, atau hubungan antara sesama rekan kerja yang berusaha mempertahankan karir di masa sekarang.

Tentu hal ini bukan hal yang sehat, sehingga harus dilakukan beberapa pencegahan terhadap kejadian tersebut. Salah satunya dengan jalan bersikap dan berpikir positif. Meskipun bukan hal yang mudah, tetapi setiap harinya seseorang harus memiliki pikiran yang positif tentang kehidupan karir dan hubungannya. Sehingga dengan demikian maka perlakuan terhadap orang lain juga menjadi lebih baik. Dengan sendirinya rasa takut tentu bisa diusir dan digantikan dengan rasa tenang.

Hal lain yang bisa membantu mencegah rasa insecure yaitu dengan mencari kesibukan lain ataupun memikirkan langkah karir pengganti atau sampingan. Sehingga dengan demikian maka perhatian menjadi teralihkan. Bahkan ada kesempatan baru yang bisa dijadikan alternatif saat karir yang sudah terbentuk saat ini mengalami resiko dan ancaman karena situasi yang terjadi saat ini.

Tentu saja hal ini seperti halnya kekhawatiran terhadap sistem payroll perusahaan yang dibutuhkan sebagai salah satu sistem yang memudahkan seluruh aktifitas pembayaran payroll. Sering kali perusahaan merasa takut adanya sistem payroll yang tidak lancar atau salah perhitungan. Maka dari itu sebaiknya pertimbangkan penggunaan sistem yang sudah teruji keberhasilannya. Contohnya dengan beralih menggunakan JojoPayroll.

Produk yang satu ini terbukti dapat membantu pembayaran payroll karyawan secara otomatis. Tidak hanya itu saja, slip gaji juga bisa tercetak lebih praktis dan juga perhitungan payroll dapat dilakukan secara otomatis juga. Tentunya hal ini berkat beberapa fitur andalan yang bisa diperoleh di dalam JojoPayroll. Mulai dari fitur sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis, Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis, serta integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini dan Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu tidak perlu merasa ragu jika ingin beralih pada produk tersebut. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dan rasakan perbedaan serta manfaat yang diberikan oleh produk andalan ini.