Instagram Content Marketing: Definisi, Tujuan dan Cara Melakukannya

Instagram content marketing

Instagram content marketing tentu sudah tak asing lagi di telinga para digital marketer. Istilah ini merujuk pada sebuah aktivitas pemasaran menggunakan konten yang dipublikasikan melalui platform Instagram untuk menarik engagement dari audiens yang melihatnya.

Seperti halnya strategi pemasaran yang lain, instagram content marketing juga membutuhkan perencanaan untuk memulainya. Anda tak bisa membuat konten pada akun sosial media bisnis dengan informasi yang asal-asalan.

Semua ide konten harus ditentukan terlebih dahulu sejak awal dan menggunakan riset data yang mendalam akan membuat konten yang Anda angkat menjadi lebih berisi dan informatif bagi audiens. Konten yang menarik memiliki kemungkinan besar untuk menarik pengikut baru. Orang yang mengikuti akun Instagram bisnis Anda artinya mereka memiliki ketertarikan terhadap produk yang Anda jual. Sehingga ke depannya Anda hanya perlu mengkonversikan jumlah followers menjadi trafik penjualan.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mengenai definisi instagram content marketing hingga tujuan dilakukannya. Pada artikel berikut ini, Jojonomic akan memberikan informasi secara lengkap mengenai hal tersebut. Simak lengkap artikelnya hingga tuntas, ya.

Apa Itu Instagram Content Marketing?

Apa itu instagram content marketing?

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Instagram content marketing merupakan sebuah aktivitas atau strategi pemasaran yang menggunakan konten sebagai media penyampaian pada calon konsumen. Konten ini tak hanya terpaku pada foto saja namun juga dapat berupa video atau animasi yang bisa diunggah pada akun Instagram.

Pada dasarnya, konten yang akan disajikan pada audiens harus dipertimbangkan terlebih dahulu mulai dari ide, desain konten, cara penyampaian hingga caption dan hashtag yang akan digunakan. Tujuannya agar nanti konten tersebut dapat memiliki jangkauan yang luas dan bisa menjadi pemicu munculnya pengikut-pengikut yang baru.

Dalam proses pembuatannya, Anda harus memastikan bahwa konten tersebut dikemas sesuai dengan kriteria target market bisnis Anda. Misalnya, Anda mengelola akun Instagram khusus brand fashion pria yang pangsa pasarnya mayoritas adalah milenial. Maka dari itu, konten yang Anda buat harus mencerminkan anak muda baik dari segi desain maupun cara berkomunikasi dengan mereka.

Selain itu, Anda harus memberikan konten informasi yang relevan atau berkaitan dengan bisnis Anda. Misal dengan contoh brand fashion pria di atas, Anda bisa membuat konten berupa rekomendasi mix & match pakaian yang kekinian.

Tujuan dari Instagram Content Marketing

Tujuan Instagram Content Marketing

Dalam prakteknya sendiri, instagram content marketing memegang peranan yang cukup krusial. Mengingat platform yang satu ini menjadi salah satu sosial media yang memiliki banyak pengguna. Sehingga bisa dibilang market pada Instagram terbuka sangat lebar bagi para pelaku usaha yang ingin melebarkan sayap ke media daring. 

Bagi Anda yang masih penasaran kira-kira apa saja tujuan dari Instagram content marketing. Berikut beberapa di antaranya yang telah kami rangkumkan:

1. Meningkatkan brand awareness

Dengan banyaknya pengguna Instagram di Indonesia maupun mancanegara, membuat platform yang satu ini sangat potensial untuk digunakan sebagai media promosi maupun branding. Bayangkan Indonesia memiliki 70 juta pengguna Instagram aktif tiap bulannya. Jumlah ini terbilang cukup besar untuk sebuah pasar yang terbuka lebar.

Bayangkan jika Anda berhasil menjangkau 70 juta orang tersebut dan memperkenalkan bisnis Anda pada mereka. Sudah pasti angka penjualan yang terjadi pun tidak main-main. Namun tentu saja agak mustahil untuk menjangkau 70 juta orang sekaligus. 

Anda tak harus menjangkau seluruhnya. Cukup targetkan orang-orang yang memiliki ketertarikan terhadap brand atau produk yang Anda tawarkan. Sehingga ke depannya mereka pun bisa dikonversikan pada penjualan.

2. Meningkatkan penjualan

Seperti yang telah disebutkan pada poin sebelumnya, selain meningkatkan brand awareness atau kesadaran merek sebuah produk. Content marketing yang Anda buat juga dapat digunakan sebagai peningkat trafik penjualan dalam bisnis.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kuncinya terletak pada seberapa menarik konten yang Anda sajikan pada pelanggan. Semakin menarik maka semakin besar pula peluang orang-orang mengikuti akun Instagram bisnis yang Anda kelola dan semakin besar juga peluang mereka untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

3. Mendekatkan diri dengan konsumen

Menjalankan strategi instagram content marketing juga membuat Anda akan lebih mudah terhubung dengan pelanggan. Mereka bisa menghubungi atau mengajukan pertanyaan seputar produk maupun bisnis Anda kapan pun. Tak perlu repot-repot lagi harus menelpon contact service secara konvensional. Lewat direct message (DM) atau komentar, orang-orang bisa mengajukan pertanyaan dan berkomunikasi dengan brand favorit mereka dengan lebih mudah.

4. Menghemat biaya

Selain menawarkan kemudahan dalam hal implementasinya, Instagram content marketing juga bisa dibilang lebih hemat biaya jika dibanding Anda harus melakukan promosi secara konvensional. Selain itu, iklan yang digunakan pada sosial media bisa Anda targetkan secara spesifik pada orang-orang tertentu mulai dari jenis kelamin, rentang usia, minat atau hobi dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Paling Mudah Membuat Instagram Content Marketing

Cara Mudah membuat Instagram content marketing

Setelah membahas mengenai definisi hingga tujuan dari penerapan content marketing. Berikutnya, Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara yang tepat membuat konten untuk disampaikan pada audiens. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kunci utama dari content marketing adalah informasi yang menarik yang disampaikan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda selalu memiliki ide serta pembahasan yang menarik bagi akun brand bisnis Anda.

Nah, untuk membuat strategi content marketing yang tepat, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Pastikan akun Instagram yang Anda gunakan dalam status publik

Hindari mengunci akun Anda dan membuatnya menjadi private karena hal ini hanya akan membatasi engagement yang akan Anda dapatkan nantinya. Selain itu, orang-orang yang semula tertarik dengan akun Anda mungkin akan mengurungkan niatnya untuk mengikuti akun tersebut karena tidak memiliki sesuatu yang dapat dinilai dalam pandangan pertama.

2. Ubahlah akun tersebut menjadi Instagram Business

Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi “Pengaturan” atau “Setting” dan klik “Beralih ke Akun Profesional” atau “Switch to Professional Account”. Lewat akun ini, nantinya Anda bisa mengakses insight setiap konten yang Anda posting ke akun tersebut.

3. Gunakan foto profil yang menarik

Usahakan untuk menggunakan logo yang simple dari brand Anda sebagai foto profil Instagram Bisnis tersebut. Tak lupa juga lengkapi bio serta kontak yang dapat dihubungi.

4. Maksimalkan seluruh fitur dalam Instagram Bisnis tersebut

Mulai dari mempelajari Insight hingga jam-jam tertentu yang cukup potensial untuk mempublish sebuah konten. Jadwalkan setiap konten secara berkala untuk menjaga kesehatan algoritma pada akun Instagram Anda.

5. Buatlah konten dengan desain yang menarik dan eye-catching

Tentunya hal ini disesuaikan dengan target market Anda tadi. Apabila Anda menargetkan milenial dari berbagai kalangan baik laki-laki ataupun perempuan, maka Anda bisa membuat desain yang muda, simple dan kekinian. Sedangkan jika Anda hanya menargetkan pangsa pasar wanita, Anda bisa menggunakan desain yang femini mulai dari pemilihan warna, icon, font dan lain-lain.

6. Maksimalkan penggunaan hashtag yang relevan

Jangan sampai Anda melakukan spam hashtag untuk tagar yang tidak diperlukan. Cukup gunakan yang berkaitan dengan postingan maupun brand Anda. 

7. Anda juga bisa mengajak kerja sama influencer ternama

Mereka memiliki peran yang cukup besar dalam kesuksesan sebuah strategi pemasaran digital. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk menggaet salah satu influencer di antaranya. Dengan demikian, pengikut influencer tersebut akan mengetahui keberadaan brand Anda dan juga kemungkinan besar akan membeli produk yang Anda jual. 

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai Instagram content marketing yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca informasi di atas, kini Anda sudah siap untuk mengimplementasikannya pada akun Instagram bisnis Anda. Tak perlu takut atau khawatir apabila engagement yang didapat tidak sesuai dengan ekspektasi Anda semula. Namun demikian, teruslah mencoba dan berinovasi dengan cara Anda sendiri agar dapat mengembangkan akun Instagram bisnis tersebut.

Selain dari segi pemasaran bisnis yang harus Anda kelola dengan baik. Kondisi keuangan perusahaan pun juga perlu diatur dengan cara yang tepat. JojoExpense dapat dijadikan sebagai salah satu andalan dalam memudahkan manajemen pengeluaran perusahaan Anda.

Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap dalam membantu pengelolaan keuangan perusahaan. Mula dari Mobile Approval, Cash Advance, Online Reimbursement, Budget Controlling dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, JojoExpense juga dilengkapi dengan teknologi canggih berupa Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging yang memungkinkan Anda terhindar dari risiko fraud financial atau penipuan keuangan. Menarik sekali, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, coba GRATIS JojoExpense sekarang juga dan perpanjang kapan pun setelahnya!