Instagram Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Yang Optimal

instagram marketing

Instagram marketing saat ini tampaknya semakin banyak dilakukan oleh para pebisnis. Kegiatan marketing yang dilakukan melalui media sosial ini bernama Instagram ini bahkan dinilai bisa menjadi suatu aktivitas promosi yang bersifat efektif. Maka Anda tentu bisa mempelajarinya agar bisa memasarkan produk Anda hanya dengan menggunakan sarana internet.

Langkah-Langkah Instagram Marketing

Membangun feed guidelines

Sebuah guidelines pada dasarnya merupakan kerangka acuan yang bisa digunakan di setiap proses aktivitas. Maka tentunya feed guidelines perlu dibangun dengan baik dan menarik. Selain itu guidelines tulisan juga perlu lebih diperhatikan agar juga tampak menarik dan juga menyenangkan.

Follow calon konsumen

Strategi ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjalankan pemasaran melalui akun Instagram. Memang ada banyak sekali calon konsumen yang tersebar di media Instagram. Oleh akrena itu Anda perlu menerapkan beberapa trik untuk follow calon konsumen. Mungkin saja Anda bisa membuka akun pesaing anda dan kemudian melakukan follow beberapa audiens dari akun pesaing bisnis Anda.

Berinteraksi dengan audiens

Audiens sebenarnya merupakan elemen penting di dalam Instagram marketing. Maka sebaiknya Anda terus berinteraksi dengan para audiens tersebut. Bukalah selalu kesempatan untuk terus berinteraksi dengan para audiens. Maka nantinya anda akan mendapatkan hasil yaitu berupa peningkatan jumlah konsumen dan juga customer loyal.

Gunakan Instagram marketing content

Konten Instagram atau Instagram content pada dasarnya juga merupakan elemen yang penting dalam Instagram marketing. Jika sebelumnya foto produk merupakan hal yang diandalkan oleh penjual maka sekarang ini para pebisnis juga bisa mengandalkan konten. Dalam hal ini Anda bisa saja menggunakan fitur storytellingatau artikel dalam caption serta feed Instagram untuk membuat konten.

Manfaatkan fitur Instagram marketing

Sekarang ini Instagram memang memiliki fitur yang sangat beragam. Dengan adanya berbagai macam fitur dari Instagram yang mulai berkembang ini maka Anda bsia menjalankan bisnis dengan lebih baik. Beberapa fitur yang ada misalnya saja seperti fitur Instastory dan Highlight. Ada pula fitur lainnya seperti misalnya Instagram Ads dan Direct Purchase yang juga akan bermanfaat bagi para pebisnis.

Kirim DM

DM atau Direct Messages bisa menjadi salah satu hal yang efektif untuk mengembangkan bisnis anda di Instagram. Anda bisa mengirim DM ke ratusan orang untuk mengenalkan dan menawarkan produk Anda. Tentunya pengiriman DM ini akan memberikan hasil bagi perkembangan bisnis Anda.

Gunakan tagar

Tagar atau hastag tentu bukan merupakan hal asing bagi para pecinta Instagram. Bahkan pengguna Instagram biasanya tak  cukup bila hanya menggunakan dua tagar saja pada foto yang diunggahnya di media sosial tersebut. Demikian pula untuk bisnis Anda di Instagram. Anda bisa saja menyematkan lebih dari dua tagar atau hastag untuk produk Anda. Semakin banyak tagar atau hastag maka ketertarikan user Instagram terhadap produk Anda akan semakin bertambah.

Kolaborasi dengan influencer

Berkolaborasi dengan influencer menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan. Sebab hal ini dapat berpengaruh pada penjualan produk Anda. Dalam hal ini Anda boleh saja melakukan endorsement dengan beberapa artis yang mungkin mengoleksi produk sejenis dengan produk yang Anda jual.

Keuntungan Instagram Marketing

Promosi Instagram marketing lebih mudah

Akun bisnis Instagram akan mempermudah promosi dari berbagai produk Anda. Melalui akun bisnis ini maka Anda bisa mengenalkan produk Anda ke konsumen serta memperluas jaringan. Jadi Anda bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga dapat mengiklankan produk Anda. Mungkin Anda harus membayar untuk melakukannya namun tentunya Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan mengiklankan produk anda di media sosial ini.

Adanya wawasan

Fitur wawasan atau insight biasanya ada di akun bisnis pada Instagram. Wawasan ini bisa digunaka untuk mengawasi statistik jumlah pengikut akun bisnis Anda. Selain itu fitur wawasan ini juga bisa digunakan untuk mengawasi jumlah tayangan dan jumlah klik situs.

Jangkauan Instagram marketing lebih luas

Melalui akun bisnis Instagram maka jangkauan bisa lebih luas. Sebab akun bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Hal ini bisa tampak dari tujuan dan profil yang ada pada akun Anda. Dalamhal ini tentu saja akun bisnis milik Anda tidak akan bisa diubah kemode privat. Sebab akun bisnis memang dibuat dengan tujuan untuk bisa diakses secara lebih mudah oleh user internet.

Menampilkan informasi kategori bisnis

Profil bisnis pada dasarnya bisa menampilkan informasi mengenai kategori bisnis di bawah nama profil Anda. Dengan adanya kategori ini maka akun Anda akan tampak lebih profesional karena bidang bisnis yang sedang Anda jalani bisa diketahui oleh user internet dengan lebih mudah.

Fitur kontak dan alamat

Pada akun bisnis di Instagram juga akan ditemukan informasi mengenai kontak dan alamat bisnis Anda. Jadi kontak dan alamat ini bisa ditemukan tepatnya di bawah biodata profil Anda. Untuk hal ini maka Anda bisa mengubahnya di bagian pengaturan akun dan kemudian mengisinya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. bahkan alamat bisnis akan disertai pula dengan adanya petunjuk arah sehingga pengunjung akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Analisis target pasar

Sebenarnya analisis ini bisa dilakukan dengan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan fitur wawasan. Analisis target pasar memang penting untuk dilakukan. Sebab melalui analisis inilah maka Anda bisa melihat dengan jelas data dari berbagai pengikut profil akun Anda sehingga Anda bisa lebih memaksimalkan manajemen konten.

Penggunaan Instagram Marketing

Instagram marketing tampaknya kini bukan lagi menjadi hal asing. Bahkan hampir setiap orang yang membangun usaha tampaknya memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk memasarkan produknya. Instagram memang merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Dengan melakukan kegiatan promosi dan pemasaran melalui Instagram maka setiap pebisnis berharap agar penjualan bisa meningkat. Di samping itu pebisnis juga berharap agar jaringan bisnisnya semakin meluas dan juga semakin banyak customer yang didapatkan. Namun tentunya kegiatan marketing perlu dilakukan dengan kontinyu agar bisa memberikan hasil terbaik dan semaksimal mungkin.

Pemasaran lewat Instagram marketing ini sama halnya dengan pengaturan keuangan perusahaan yang memerlukan langkah supaya menjadi efektif serta efisien. Salah satunya dengan menggunakan produk berupa JojoExpense. Dengan produk yang satu ini maka tentunya perusahaan dapat mengelola keuangan lebih baik dan lebih mudah. Bukan hanya itu saja tapi juga menghindari resiko penipuan yang mudah terjadi di dalam keuangan perusahaan.

Semua ini dapat diperoleh berkat fitur andalan yang diberikan oleh JojoExpense sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu lagi. Yuk, segera daftar dan dapatkan coba gratisnya di perusahaan Anda sekarang juga.