Instagram Marketing Untuk Pemasaran Bisnis Yang Optimal

instagram marketing

Instagram marketing saat ini tampaknya semakin banyak dilakukan oleh para pebisnis. Kegiatan marketing yang dilakukan melalui media sosial ini bernama Instagram ini bahkan dinilai bisa menjadi suatu aktivitas promosi yang bersifat efektif. Maka Anda tentu bisa mempelajarinya agar bisa memasarkan produk Anda hanya dengan menggunakan sarana internet.

Langkah-Langkah Instagram Marketing

Membangun feed guidelines

Sebuah guidelines pada dasarnya merupakan kerangka acuan yang bisa digunakan di setiap proses aktivitas. Maka tentunya feed guidelines perlu dibangun dengan baik dan menarik. Selain itu guidelines tulisan juga perlu lebih diperhatikan agar juga tampak menarik dan juga menyenangkan.

Follow calon konsumen

Strategi ini bisa menjadi salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menjalankan pemasaran melalui akun Instagram. Memang ada banyak sekali calon konsumen yang tersebar di media Instagram. Oleh akrena itu Anda perlu menerapkan beberapa trik untuk follow calon konsumen. Mungkin saja Anda bisa membuka akun pesaing anda dan kemudian melakukan follow beberapa audiens dari akun pesaing bisnis Anda.

Berinteraksi dengan audiens

Audiens sebenarnya merupakan elemen penting di dalam Instagram marketing. Maka sebaiknya Anda terus berinteraksi dengan para audiens tersebut. Bukalah selalu kesempatan untuk terus berinteraksi dengan para audiens. Maka nantinya anda akan mendapatkan hasil yaitu berupa peningkatan jumlah konsumen dan juga customer loyal.

Gunakan Instagram marketing content

Konten Instagram atau Instagram content pada dasarnya juga merupakan elemen yang penting dalam Instagram marketing. Jika sebelumnya foto produk merupakan hal yang diandalkan oleh penjual maka sekarang ini para pebisnis juga bisa mengandalkan konten. Dalam hal ini Anda bisa saja menggunakan fitur storytellingatau artikel dalam caption serta feed Instagram untuk membuat konten.

Manfaatkan fitur Instagram marketing

Sekarang ini Instagram memang memiliki fitur yang sangat beragam. Dengan adanya berbagai macam fitur dari Instagram yang mulai berkembang ini maka Anda bsia menjalankan bisnis dengan lebih baik. Beberapa fitur yang ada misalnya saja seperti fitur Instastory dan Highlight. Ada pula fitur lainnya seperti misalnya Instagram Ads dan Direct Purchase yang juga akan bermanfaat bagi para pebisnis.

Kirim DM

DM atau Direct Messages bisa menjadi salah satu hal yang efektif untuk mengembangkan bisnis anda di Instagram. Anda bisa mengirim DM ke ratusan orang untuk mengenalkan dan menawarkan produk Anda. Tentunya pengiriman DM ini akan memberikan hasil bagi perkembangan bisnis Anda.

Gunakan tagar

Tagar atau hastag tentu bukan merupakan hal asing bagi para pecinta Instagram. Bahkan pengguna Instagram biasanya tak  cukup bila hanya menggunakan dua tagar saja pada foto yang diunggahnya di media sosial tersebut. Demikian pula untuk bisnis Anda di Instagram. Anda bisa saja menyematkan lebih dari dua tagar atau hastag untuk produk Anda. Semakin banyak tagar atau hastag maka ketertarikan user Instagram terhadap produk Anda akan semakin bertambah.

Kolaborasi dengan influencer

Berkolaborasi dengan influencer menjadi hal yang patut untuk dipertimbangkan. Sebab hal ini dapat berpengaruh pada penjualan produk Anda. Dalam hal ini Anda boleh saja melakukan endorsement dengan beberapa artis yang mungkin mengoleksi produk sejenis dengan produk yang Anda jual.

Keuntungan Instagram Marketing

Promosi Instagram marketing lebih mudah

Akun bisnis Instagram akan mempermudah promosi dari berbagai produk Anda. Melalui akun bisnis ini maka Anda bisa mengenalkan produk Anda ke konsumen serta memperluas jaringan. Jadi Anda bisa menjalin kerja sama dengan berbagai pihak sehingga dapat mengiklankan produk Anda. Mungkin Anda harus membayar untuk melakukannya namun tentunya Anda dapat menjangkau lebih banyak konsumen dengan mengiklankan produk anda di media sosial ini.

Adanya wawasan

Fitur wawasan atau insight biasanya ada di akun bisnis pada Instagram. Wawasan ini bisa digunaka untuk mengawasi statistik jumlah pengikut akun bisnis Anda. Selain itu fitur wawasan ini juga bisa digunakan untuk mengawasi jumlah tayangan dan jumlah klik situs.

Jangkauan Instagram marketing lebih luas

Melalui akun bisnis Instagram maka jangkauan bisa lebih luas. Sebab akun bisnis Anda akan terlihat lebih profesional. Hal ini bisa tampak dari tujuan dan profil yang ada pada akun Anda. Dalamhal ini tentu saja akun bisnis milik Anda tidak akan bisa diubah kemode privat. Sebab akun bisnis memang dibuat dengan tujuan untuk bisa diakses secara lebih mudah oleh user internet.

Menampilkan informasi kategori bisnis

Profil bisnis pada dasarnya bisa menampilkan informasi mengenai kategori bisnis di bawah nama profil Anda. Dengan adanya kategori ini maka akun Anda akan tampak lebih profesional karena bidang bisnis yang sedang Anda jalani bisa diketahui oleh user internet dengan lebih mudah.

Fitur kontak dan alamat

Pada akun bisnis di Instagram juga akan ditemukan informasi mengenai kontak dan alamat bisnis Anda. Jadi kontak dan alamat ini bisa ditemukan tepatnya di bawah biodata profil Anda. Untuk hal ini maka Anda bisa mengubahnya di bagian pengaturan akun dan kemudian mengisinya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. bahkan alamat bisnis akan disertai pula dengan adanya petunjuk arah sehingga pengunjung akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis Anda.

Analisis target pasar

Sebenarnya analisis ini bisa dilakukan dengan mudah salah satunya adalah dengan menggunakan fitur wawasan. Analisis target pasar memang penting untuk dilakukan. Sebab melalui analisis inilah maka Anda bisa melihat dengan jelas data dari berbagai pengikut profil akun Anda sehingga Anda bisa lebih memaksimalkan manajemen konten.

Penggunaan Instagram Marketing

Instagram marketing tampaknya kini bukan lagi menjadi hal asing. Bahkan hampir setiap orang yang membangun usaha tampaknya memanfaatkan media sosial yang satu ini untuk memasarkan produknya. Instagram memang merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh kebanyakan masyarakat. Dengan melakukan kegiatan promosi dan pemasaran melalui Instagram maka setiap pebisnis berharap agar penjualan bisa meningkat. Di samping itu pebisnis juga berharap agar jaringan bisnisnya semakin meluas dan juga semakin banyak customer yang didapatkan. Namun tentunya kegiatan marketing perlu dilakukan dengan kontinyu agar bisa memberikan hasil terbaik dan semaksimal mungkin.

instagram marketing

Tips dan Trik Memasarkan Produk di Instagram yang Baik

Menjadikan soasial media sebagai jaringan untuk memasarkan produk merupakan hal yang marak terjadi saat ini, seperti instagram salah satunya. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda gunakan untuk dapat memasarkan produk bisnis anda menggunakan instagram dengan efektif.

Akun untuk Bisnis

Yang perlu anda lakukan pertama kali tentunya memiliki akun bisnis di instagram. Akun bisnis yang dimaksud adalah akun yang pengaturan profilnya diubah dalam bentuk profil bisnis. Anda dapat mengaturnya dengan membuka ikon pengaturan dan memilih ikon untuk mengalihkan akun anda menjadi profil bisnis. Mengubah profil akun menjadi profil bisnis tentu saja memiliki dampak besar bagi bisnis atau usaha anda.

Kelebihan setelah mengubah akun anda ke profil bisnis adalah dengan semakin memudahkan anda membuat pengiklanan terhadap produk anda di instagram. Anda dapat pula mencantumkan kontak anda pada akun anda, sehingga mempermudah pelanggan atau konsumen ketika ingin menghubungi anda diluar akun instagram.

Kelebihan lainnya yaitu berupa kemudahan yang anda dapatkan berupa insight, atau grafik analitik terkait jangkauan dari postingan anda. Dari sini kemudian anda dapat memperkirakan target dari pemasaran anda dan lebih memudahkan anda dalam membangun komunikasi dengan para konsumen.

instagram marketing

Manfaatkan Layanan Gratis Instagram

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, terdapat kelebihan-kelebihan yang anda dapatkan saat mengubah akun anda ke profil bisnis. Anda dapat menggunakan layanan-layanan tersebut dengan gratis dan memanfaatkannya dengan baik. Bahkan layanan bersifat gratis ini jika anda gunakan sebagik mungkin dapat menjadi alat yang berpengaruh terhadap bisnis atau usaha anda.

Layanan insight misalnya, layanan ini sangat berguna jika anda bisa memahaminya dengan baik. Statistik yang ditambilkan berupa demografi pengikut anda bahkan informasi usia, jenis kelamin dan waktu aktif mereka. Dari sini anda dapat mengetahui interaksi-interaksi yang terjadi pada postingan anda. Anda harus menyesuaikan postingan konten anda sedemikian rupa mungkin untuk menarik minat para konsumen lewat insight yang sebelumnya sudah anda pelajari.

Pasarkan Produk yang Menggoda Pembeli

Aturan pemasaran produk yang baik salah satunya yaitu menghindari adanya kesan pemaksaan dalam postingan produk kita. Banyak dari pengusaha yang melakukan promosi produk dengan terkesan lembut, yang membuat orang tergoda untuk membeli produk kita. Gunakan iklan yang terkesan lembut namun secara tidak langsung menaikan minat konsumen untuk membeli produk kita. Hal yang perlu anda lakukan misalnya seperti memberika diskon atau promo khusus terhadap produk yang anda pasarkan.

Cara lain yang dapat anda lakukan yaitu dengan membuat edisi khusus, misalnya dengan menyesuaikan variasi khusus terkait musim yang ada. Iklan atau postingan yang anda buat terkesan menggoda dan baik dari segi diskon, promo ataupun secara tampilan gambar produk yang di buat sebaik mungkin.

instagram marketing

Iklan Bersponsor

Untuk semakin mensukseskan produk anda, bisa dengan membuat iklan. Setlah produk anda berjalan dengan lumayan baik, anda tentu memerlukan batu loncatan untuk semakin memperbesar target pasar anda dan semakin mensukseskan bisnis anda. Dengan membuat iklan maka anda berkemungkinan untuk semakin memperbesar sasaran pasaran anda. Produk anda tidak hanya dinikmati oleh para pengikut anda, namun juga menambah kemungkinan besar konsumen baru yang sebelumnya tidak atau belum melihat produknya dan menjadi tertarik.

Yang perlu anda perhatikan disini adalah isi dari konten iklan anda. Sebisa mungkin anda membuat iklan dengan tampilan, kontras dan ide iklan yang sangat menarik konsumen. Bersamaan dengan psotingan iklnaanda, tentu saja tidak lupa anda juga harus rajin memposting produk-produk anda dengan baik dan semenarik mungkin untuk meyakinkan konsumen membeli produk anda.

Manfaatkan Layanan Stories

Selain lewat postingan dan iklan, tips dan trik yang bisa anda lakukan untuk memasarkan prosuk anda di instagram yaitu dengan melalui layanan stories. Berbeda dengan layanan postingan yang akan selalu ada dalam profil anda, layanan stories instagram yang bertahan sementara kurang lebih 24 jam dan lama durasi sekitar 15 detik. Anda dapat memanfaatkan layanan ini pula untuk membantu pemasaran produk anda.

Saat ini banyak sekali pengguna instagram yang saat ini lebih tertarik untuk melihat stories ketimbang lama menscrool timeline. Karena ini dengan memanfaatkan layanan stories ini untuk semakin menggaet konsumen. Kemudahan ditambahkan dalam layanan instagram, dalam membuat stories memang hanya bertahan 24 jam, namun jika sewaktu-waktu kita ingin menggunakannya kembali kita dapat mencarinya. Layanan stories juga menyediakan berbagai macam ikon untuk menambah kreatifitas anda seperti GIF, pena, filter dan juga stiker untuk mempercantik stories anda.

instagram marketing

Kerjasama dengan Influencer

Saat ini tentu saja istilah selebgram tidak asing lagi ditelinga kita. Selebgram atau influencer selain memiliki banyak sekali pengikut, mereka juga sering kali menggunakannya untuk kegiatan endorse. Tips dan Trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk memperluas jangkauan pasar dalam memasarkan produk anda yaitu dengan menjalin kerjasama dengan para influencer ini.

Dengan jumlah pengikut yang tidak sedikit, tentu saja endorse yang dilakukan oleh para influencer ini sangatlah berpengaruh. Anda dapat mencoba trik an tips ini untuk semakin memperluas jangakauan pasar yang tentunya akan berdampak pada penjualan produk anda. Mungkin memang dengan menjalin kerjasama dengan influencer dapat menaikkan penjualan anda dengan sekejap, meski tidak tidak berangsung begitu lama. Hal yang dapat anda lakukan dengan ini adalah dengan membangun kerjasama dengan influencer yang baik dan berkelanjutan tentu hasilnya akan lebih baik lagi.

Memanfaatkan Peran Konsumen

Konsumen atau pengguna tidak hanya berperan sebagai target pemasaran produk kita, namun kita juga bisa memanfaatkannya dengan membentuk komukinasi dan keterlibatan yang baik antara anda dengan konsumen.  Baik itu dengan testimoni produk dengan mereka atau dengan melibatkan mereka kedalam postingan pemasaran kita. Saat ini banyak sekali pengusaha yang kreatif dengan melakukan atau membuat postingan yang mengikut sertakan partisipasi konsumen.

Anda dapat membuat pengumuan kepada konsumen mengenai keterlibatan mereka dari produk anda, misalnya dengan berfoto dengan produk anda kemudian meminta mereka untuk menandai akun anda. Setelah itu anda dapat memposting ulang hasil kiriman konsumen tersebut dan secara tidak langsung menambah euforia mereka dan menarik minat konsumen lebih besar lagi.

Timing yang Tepat

Dengan membuat postingan semenarik mungkin tidak serta merta mendapat respon konsumen yang baik pula. Ada faktor lain yang juga harus diperhatikan dalam membuat postingan, yaitu timing  atau waktu anda memposting produk anda. Dalam memposting produk anda harus memperhatikan waktu dimana banyak konsumen anda sedang aktif di instagram. Untuk cakupan yang lebih besar lagi, anda dapat memperhatikan hari-hari saat memposting produk anda.

Dalam urusan jam posting misalnya, konsumen lebih banyak aktif di instagram pada waktu malam hari, karena di pagi sampai sore orang-orang akan cenderung disibukkan oleh pekerjaannya masing-masing. Untuk cakupan hari, anda bisa memilih hari-hari weekend untuk memposting produk anda, karena pada hari-hari weekend orang-orang memiliki waktu luang dan hari untuk bersantai lepas dari pekerjaan termasuk kemungkinan aktif di instagram lebih besar.

Berikut diatas adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk dapat memasarkan produk bisnis dan usaha anda di instagram dengan baik. Semoga bermanfaat bagi bisnis dan usaha anda.

Pemasaran lewat Instagram marketing ini sama halnya dengan pengaturan keuangan perusahaan yang memerlukan langkah supaya menjadi efektif serta efisien. Salah satunya dengan menggunakan produk berupa JojoExpense. Dengan produk yang satu ini maka tentunya perusahaan dapat mengelola keuangan lebih baik dan lebih mudah. Bukan hanya itu saja tapi juga menghindari resiko penipuan yang mudah terjadi di dalam keuangan perusahaan.

Semua ini dapat diperoleh berkat fitur andalan yang diberikan oleh JojoExpense sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu lagi. Yuk, segera daftar dan dapatkan coba gratisnya di perusahaan Anda sekarang juga.