Pentingnya Membangun Hubungan dan Interaksi Karyawan dengan Baik

rapat

Hubungan dan interaksi karyawan yang baik dalam perusahaan tentu akan memberikan dampak baik bagi keseluruhan. Tak hanya bagi karyawan itu sendiri, namun juga bagi perkembangan perusahaan ke depannya.

Untuk itu dalam sebuah lingkungan kerja, interaksi karyawan harus terjaga dengan baik dan komunikasi yang terjalin haruslah berkualitas. Sebab konflik yang terjadi dalam dunia kerja dapat berdampak buruk terhadap produktivitas antar pekerja. Di mana mereka tidak akan nyaman untuk menjalani rutinitasnya bahkan hingga mempengaruhi kualitas pekerjaan yang dihasilkan.

Maka dari itu, dari pihak perusahaan harus memastikan bahwa seluruh ekosistem di dalam kantor saling terhubung dan terkoordinasi dengan baik. Termasuk perusahaan juga harus memastikan bahwa tidak ada perselisihan atau konflik yang terjadi antar karyawan. Jika pun ada, perusahaan harus menjadi pihak penengah yang baik serta memandang sesuatu dari sisi yang netral.

Seberapa Penting Perusahaan Membangun Hubungan dan Interaksi Karyawan?

Seberapa Penting Menjalin Interaksi Karyawan?

Pertanyaan tersebut mungkin muncul di benak Anda saat membaca artikel ini. Seberapa penting membangun dan menjaga hubungan baik antar karyawan maupun karyawan dengan perusahaan? Jawabannya tentu saja sangatlah penting!

Karena seperti yang telah disebutkan di awal, kondisi atmosfer kantor dapat mempengaruhi kualitas kinerja seorang karyawan. Misalnya suasana di kantor seru dan menyenangkan, karyawan satu dengan yang lain saling berbaur dan berteman dekat sebagai rekan kerja. Hal ini akan membangun keterikatan di antara mereka sehingga dapat berkolaborasi serta bekerja sama dengan baik untuk mengembangkan perusahaan tempatnya bekerja.

Suasana hati yang senang juga akan membuat seseorang menikmati atau bahkan mencintai pekerjaannya. Di mana mereka tak akan peduli lagi terhadap tekanan yang ada karena diimbangi dengan keseruan yang ada dalam lingkup pekerjaan. Tingkat stres dalam bekerja pun dapat ditekan dengan hiburan dan interaksi karyawan yang terjalin dengan baik.

Hal ini juga berlaku sebaliknya, apabila suasana kantor terasa tegang dan sangat kental dengan persaingan. Tekanan yang ada dalam perusahaan tersebut tentu akan sangat terasa. Bahkan bisa memberatkan para karyawan yang menanggungnya. 

Akibatnya, muncul perasaan tidak nyaman berada di tempat tersebut hingga membuatnya sulit untuk fokus pada satu pekerjaan. Jika hal ini berlangsung terus menerus, bukan tidak mungkin perusahaan akan kehilangan karyawan yang potensial.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Terlebih jika terdapat karyawan yang berselisih dan saling menjelekkan satu sama lain. Hubungan kolega yang beracun seperti ini, jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan perpecahan bahkan merugikan perusahaan. Karena mereka akan sulit bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang sudah ditentukan perusahaan sebelumnya.

Selain itu, perselisihan antar karyawan tersebut juga akan mempengaruhi kinerja pegawai lain yang tidak terlibat. Karena energi negatif dari perselisihan antar karyawan dapat mendominasi ruangan kantor hingga membuat beberapa orang menjadi tidak nyaman bahkan tidak dapat berkonsentrasi.

Perusahaan Memegang Peranan Besar dalam Menjaga Hubungan antar Karyawan

Peranan penting perusahaan dalam Menjaga hubungan karyawan

Dari sekilas penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui seberapa penting peran perusahaan dalam menjaga hubungan baik antar karyawan. Maka dari itu, jika ingin mengembangkan sebuah bisnis bersama-sama, Anda harus bisa memastikan bahwa seluruh pihak yang terlibat di dalamnya sanggup bekerja sama tanpa harus berselisih satu sama lain.

Perbedaan pendapat tentu merupakan hal yang wajar dalam lingkungan kerja. Maka dari itu, perusahaan berhak menjadi penengah untuk melihat suatu masalah dari berbagai sudut pandang. Tujuannya adalah untuk memberikan solusi terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat.

Dalam prakteknya, keputusan apapun yang nantinya dipilih pasti tetap akan ada pihak yang merasa tersakiti atau kurang adil. Namun demikian, pihak dari perusahaan bisa memberikannya penjelasan agar masalah tersebut tidak berlarut-larut.

Selain itu, perusahaan yang membantu menjaga hubungan antar karyawan agar tetap terjalin baik dan terhindar dari perselisihan akan membuat setiap pekerja merasa diperhatikan. Loyalitas mereka pun akan tumbuh semakin besar seiring berjalannya waktu. Tak hanya itu, kualitas pekerjaan yang mereka berikan tentunya juga akan lebih berkualitas dan dapat memancing lebih banyak produksi maupun tingkat penjualan.

Cara Perusahaan Menjaga Hubungan dan Interaksi Baik dengan Karyawan

Cara Menjaga Hubungan dan Interaksi Karyawan

Ada begitu banyak cara yang bisa dilakukan dalam menjaga hubungan baik antar karyawan maupun karyawan dengan perusahaan. Namun di bawah ini Jojonomic akan memberikan tips cara menjaga hubungan dan interaksi yang baik antara perusahaan dengan karyawannya. Penasaran apa saja yang bisa dilakukan?

1. Ciptakan transparansi kebijakan

Karyawan menyukai kebijakan yang bersifat transparan. Untuk itu tak ada salahnya jika perusahaan membuat sebuah kebijakan tertentu dengan melibatkan seluruh lapisan karyawan. Berikan mereka kesempatan untuk menyumbang kritik maupun saran yang berguna bagi perkembangan perusahaan ke depannya. Hal ini akan membuat setiap karyawan merasa dihargai dan dianggap keberadaannya. 

2. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan karyawan

Ada kalanya pemimpin perusahaan harus berlaku down to earth. Meluangkan sedikit waktu untuk menjalin komunikasi yang baik dengan mereka. Mendengarkan setiap keluhan terkait pekerjaan maupun kehidupan pribadinya. Hal ini akan membuat karyawan merasa diperhatikan dan menjalin ikatan personal dengan masing-masing dari mereka.

Bahkan Anda sebagai pimpinan perusahaan juga dapat turut merayakan ulang tahun karyawan, berpartisipasi dalam memberikannya kejutan, menjenguknya saat sakit atau sedang berduka dan masih banyak lagi lainnya. Pimpinan yang mau terjun dan mendekatkan dirinya dengan karyawan akan mendapatkan tempat khusus di hati setiap pekerjanya. 

3. Berlaku adil tanpa membeda-bedakan

Berikutnya, untuk menjalin hubungan dan interaksi baik dengan karyawan dapat dilakukan dengan berlaku adil pada mereka. Berikan perlakuan yang sama antara satu karyawan dengan yang lain. Sebab dalam prakteknya seringkali seorang atasan memiliki karyawan favorit yang dianak emaskan. Hal ini tentu saja akan memicu timbulnya rasa iri pada karyawan lain.

Selain dapat memancing timbulnya konflik juga dapat mempengaruhi kinerja karyawan lain yang tidak maksimal. Karena Anda hanya akan fokus terhadap kelebihan dari karyawan favorit sampai mengabaikan prestasi atau pencapaian dari karyawan yang lain.

4. Berikan target yang masuk akal

Hindari memberikan target yang tidak masuk akal pada karyawan. Misalnya, Anda memberikan target penjualan tiap bulan harus di angka Rp 500 juta. Padahal untuk saat ini, penjualan tiap bulan bahkan belum bisa mencapai Rp 100 juta.

Tentu target tersebut akan sangat memberatkan bagi karyawan. Karena gap yang terlalu besar. Anda sendiri pun jika berada pada posisi mereka belum tentu bisa melakukannya. Untuk itu, Anda bisa melakukan tolok ukur terlebih dahulu kira-kira berapa target penjualan yang masuk akal.

Jika bulan ini omzet penjualan ada di angka Rp 100 juta. Maka bulan depan Anda bisa menaikkan targetnya di angka Rp 125 juta. Jumlah tersebut jauh lebih masuk akal dan masih bisa diusahakan. Kemudian perlahan namun pasti, Anda bisa meningkatkan target bulanannya.

Penutup

Jojo payroll

Nah, itulah tadi artikel mengenai pentingnya membangun hubungan dan interaksi karyawan dengan baik. Sebagai pelaku usaha, Anda harus bisa merangkul seluruh karyawan tanpa membeda-bedakan posisi atau jabatannya. 

Bahkan petugas cleaning service yang ada di perusahaan Anda juga layak untuk diperhatikan dengan cara merayakan ulang tahunnya atau mengajaknya makan siang bersama dan masih banyak lagi cara yang lain. Dengan demikian, setiap karyawan akan mengingat Anda sebagai pimpinan perusahaan yang baik dan berkesan. 

Untuk meningkatkan jalinan hubungan yang baik dengan karyawan juga bisa dilakukan lewat memberikan gaji tepat waktu. Jojo Payroll bisa dijadikan andalan dalam hal tersebut. Di mana aplikasi ini dapat membantu Anda dalam menggaji karyawan dengan cara yang lebih praktis dan efisien.

Hanya dengan sentuhan jari, Anda dapat menggaji karyawan dalam waktu 5 menit saja. Tak perlu khawatir soal perhitungan gaji karena seluruhnya dilakukan otomatis oleh aplikasi Jojo Payroll. Sehingga sangat minim risiko terjadinya kesalahan atau salah perhitungan.

Jojo Payroll juga dapat diintegrasikan dengan perangkat absensi dalam perusahaan Anda. Tak hanya itu, perhitungan pajak PPh 21, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, tunjangan, THR dan lain-lain juga dapat dihitung secara otomatis oleh aplikasi ini. Menarik sekali, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Payroll dan permudah cara Anda dalam menggaji karyawan sekarang juga!