Kenali Internet Marketing Sebagai Teknik Pemasaran Yang Efektif

Pada era sekarang, perkembangan teknologi sangatlah pesat tak hanya hubungan dengan orang lain yang semakin dimudahkan tetapi juga untuk berdagang, bagi para pedagang atau perusahaan, internet menjadi salah satu incaran para pebisnis untuk melebarkan usaha mereka ke dunia internet agar produk yang mereka jual bisa lebih dikenal masyarakat lokal maupun internasional.

Mencari uang pun bisa sangat mudah jika ada nya sarana internet. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, marketing jenis ini kian menarik para pebisnis untuk melakukan bisnis di internet. Ada beberapa pembahasan utama yang membuat orang tertarik dan memanfaatkan internet marketing, apa saja itu? Ayo kita cermati ulasan mengenai pengertian internet marketing dan manfaatnya.

Internet Marketing

Sebenarnya apa pengertian internet marketing itu? mudahnya internet marketing bisa diartikan sebagai sebuah teknik pemasaran online yang mengacu pada iklan dan upaya pemasaran dengan menggunakan web dan email untuk mendorong penjualan melalui perdagangan elektronik (e-commerce).

Marketing ini dinilai jauh lebih efektif dan efisien dibanding melakukan pemasaran tradisional, seperti promosi melalui radio, surat kabar atau majalah, hal tersebut dikarenakan biaya marketing ini sangat murah dan jauh lebih mudah mencari calon konsumen atau pembeli.

Secara garis besar Menurut Kotler dan Armstrong marketing jenis ini merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet. Bentuk pemasaran ini pada dasarnya merupakan situs publik yang sangat besar di jaringan komputer dengan berbagai tipe yang berbeda dan berasal dari berbagai negara di seluruh dunia satu sama lainya kedalam suatu wadah informasi yang sangat besar.

Menurut Mulia mengatakan bahwa marketing jenis ini adalah sarana untuk memasarkan produk atau jasa melalui internet. Sedangkan menurut Chaffey Et Al marketing jenis ini juga merupakan aplikasi dari internet dan teknologi-teknologi digital terkait untuk mencapai tujuan-tujuan pemasaran, teknologi-teknologi itu seperti media internet, kabel-kabel, satelit, perangkat keras, perangkat lunak yang diperlukan untuk keperluan internet marketing tersebut. Banyak sekali pengertian dari internet marketing sehingga kita bisa menyimpulkannya sendiri.

Jenis Internet Marketing

Internet marketing dapat dibagi menjadi beberapa jenis yang lebih khusus seperti web marketing, email marketing dan sosial media marketing:

Web Marketing

Web marketing adalah teknik pemasaran menggunakan media website. Ada berbagai macam contoh pemasaran menggunakan media website yang pastinya sering kita temui di internet, seperti salah satu contohnya adalah situs affiliate marketing atau situs yang menawarkan produk orang lain untuk dijual kembali.

Ciri khas dari situs affiliate marketing adalah tampilannya yang hanya 1 kolom, hal ini bertujuan untuk membuat pengunjung fokus pada inti artikel tersebut.

Email Marketing

Email marketing atau pemasaran melalui media email mungkin tak setenar atau tak sepopuler web marketing, meski demikian bukan berarti email marketing tidak efektif untuk menjaring pelanggan, anggapan tersebut sama sekali tidak benar, karena justru email marketing dinilai oleh para internet marketer profesional sebagai media promosi online terbaik.

Pernyataan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan, mengingat bahwa email merupakan salah satu media komunikasi online yang sifatnya cukup private, itu artinya pemasaran menggunakan email sangatlah tepat untuk melakukan penawaran secara personal atau bisa dibilang sebagai penawaran ekslusif.

Social Media Marketing

Social media merupakan salah satu contoh teknik pemasaran online yang cukup digemari oleh para internet marketers saat ini, alasan utamanya tak lain dan tak bukan adalah karena biaya promosi yang murah, bahkan jika semua dikerjakan manual, maka tidak akan ada biaya sama sekali alias gratis (diluar biaya kuota internet).

Kekuatan media sosial sebagai media promosi tentu tak bisa diragukan lagi, hal ini dikarenakan jumlah dari pengguna media sosial yang terlampau banyak, membuatnya sebagai tempat paling tepat untuk melakukan promosi online.

Tools Internet Marketing

Terdapat puluhan atau bahkan ratusan tools untuk mendukung aktifitas internet marketing yang kamu lakukan, namun tak semua tool tersebut bisa kamu gunakan secara gratis, sebagian besar memerlukan biaya yang bisa dibilang tidak murah.

Singkat saja, berikut beberapa tools marketing jenis ini gratis yang bisa kamu coba secara cuma-cuma.

Web Optimization Tools

Untuk mengoptimalkan kinerja website, Anda bisa menggunakan beberapa tools online gratis dibawah ini.’

Open Site Explorer : Open Site Explorer (OSE) adalah tools untuk meningkatkan SEO blog Kalian.

  • Google Analytic : Sesuai namanya, ini adalah tools buatan Google untuk mengecek aktifitas pengunjung di blog kalian.
  • Google Trends : Untuk mencari tahu apa yang menjadi trend di suatu negara.   

Email Marketing Tools

Untuk membantu kamu dalam melakukan promosi via email, silahkan gunakan tools marketing online berikut ini.

  • MailChimp : Mengirim ratusan email secara otomatis kepada subcriber kita.
  • HemingWay : Tools marketing online yang akan membantu kamuuntuk membuat penawaran yang menarik.

Social Management Tools

Memiliki ratusan akun sosial media tentu merepotkan bukan? untuk itu silahkan coba beberapa tools untuk mengelola akun media sosial Kalian.

  • Tweepi : Menyediakan berbagai fitur otomisasi akun Twitter.
  • HootSuite : Tool terbaik untuk melakukan management seluruh akun media sosial kamu.
  • Bitly : Untuk memendekkan URL dan juga memantau jumlah klik.

Manfaat Internet Marketing

Dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional, tentunya marketing jenis ini memiliki kelebihan tersendiri. Berikut merupakan manfaat internet marketing yang akan didapatkan oleh para internet marketer:

Tidak Lagi Ada Batasan Waktu

Perhatikan cara-cara orang melaksanakan marketing sebelum adanya internet. Rata-rata, pemasaran secara konvensional sangat terbatas oleh waktu. Iklan di televisi misalnya, tentu ketika mulai memasuki tengah malam berkurang keefektifan dan ketersampaian pada calon konsumen.

Berbeda dengan marketing jenis ini adalah, kapanpun setiap individu atau perusahaan mampu memasarkan produknya yang dapat dilihat 24 jam tanpa batasan waktu, apalagi didukung dengan meningkatnya pengguna jumlah smartphone masa kini.

Pasar yang Dijangkau Lebih Luas

Dunia kini berada di tangan kamu. Biaya untuk memasarkan produk pada konsumen lokal maupun konsumen yang berada di lain benua kini bisa dilakukan dengan harga yang sama. Semakin luasnya pasar yang dapat dijangkau sistem ini, maka semakin banyak pula calon konsumen yang berpotensi memiliki minat terhadap produk yang dipasarkan.

Menekan Biaya Pemasaran

Jika dahulu untuk memasarkan suatu produk dibutuhkan berbagai biaya seperti untuk mencetak brosur, spanduk, dan lain sebagainya, kini dengan internet marketing para pebisnis mampu menekan biaya pemasaran dan mengalihkannya ke ranah yang lebih efektif agar produk diketahui lebih banyak orang.

Sebagai Penghubung yang Efektif

Dengan adanya internet, setiap orang dapat berhubungan dengan orang lainnya walaupun terpisah jarak yang jauh. Begitu pula dengan marketing jenis ini, penjual barang mampu terhubung dengan orang-orang di luar pulau, luar negara, bahkan luar benua sekalipun dengan modal layar laptop atau smartphone dan internet saja. Sangat efektif dibandingkan komunikasi secara konvensional seperti surat yang tentu membutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan mingguan untuk sampai ke tujuan.

Nah, dalam kasus internet marketing ini kita bisa memanfaatkan fitur dari Jojonomic yaitu JojoPayroll. Karena dengan JojoPayroll kelola penggajian bulanan perusahaan menjadi mudah. Dimana Semua perhitungan telah disesuaikan dengan Kebijakan Perburuhan Indonesia, di mana basis data karyawan dapat diintegrasikan dengan pajak pribadi, asuransi, tunjangan, dan reimbursement. Ayo tunggu apa lagi? Buruan dicoba!