Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas di Pegadaian

emas pengadaian

Investasi di era milenial ini merupakan ajang pencarian uang tambahan yang menggiurkan. Anak-anak muda banyak yang berinvestasi misalnya saja berinvestasi dengan emas di pegadaian. Lalu apa saja sih produk-produk yang ditawarkan oleh investasi emas di pegadaian? Berikut ini di artikel ini akan dijelaskan mengenai kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas di pegadaian. Simak yuk artikel ini! Agar kamu lebih mengetahui lagi mengenai investasi emas di pegadaian.

Produk Investasi Emas di Pegadaian

Adapun produk layanan investasi emas yang ditawarkan Pegadaian sebagai berikut:

Mulia

Pertama ada mulia, mulia sendiri adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai, angsuran, kolektif atau secara arisan dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. Di layanan ini, tersedia pilihan emas batangan dengan berat mulai dari 5 gram sampai dengan 1 kilogram.

Oops! We could not locate your form.

Untuk pembelian emas secara angsuran, uang muka mulai dari 10 persen sampai 90 persen dari nilai logam mulia. Jangka waktu angsuran mulai dari 3 bulan sampai 36 bulan.

Untuk pembelian secara tunai, nasabah cukup datang ke Outlet Pegadaian (Galeri 24) dengan membayar nilai Logam Mulia yang akan dibeli. Untuk pembelian secara angsuran, nasabah dapat menentukan pola pembayaran angsuran sesuai dengan keinginan.

Mulia Arisan atau Kolektif

Untuk dua produk ini, pembayarannya dalam bentuk angsuran yang melayani investor antar kelompok atau beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang. Pilihan investasi emas pada kedua produk ini pun sama seperti Mulia, yang dimulai dari berat 1 gram hingga 1 kilogram. untuk Mulia Arisan, syaratnya kamu wajib memiliki perangkat identitas yang berlaku untuk masing-masing anggota.

Nantinya, pembayaran uang muka bisa dimulai dari 10 persen. Penetapan harga dilakukan di awal arisan dan memiliki pilihan waktu pembiayaan yang fleksibel hingga 36 bulan.

Pembayaran angsuran pun dapat dilakukan secara online, melalui ATM, atau di outlet Pegadaian. Sedangkan untuk transaksi Mulia Kolektif, layanan emas batangan secara angsuran terbuka untuk komunitas dengan proses yang cepat dan mudah. Tiap-tiap anggota wajib menyerahkan bukti KTP atau kartu identitas lainnya yang berlaku serta menkamutangai akad pembiayaan per orang.

Jika Mulia Arisan melakukan pembayaran uang muka mulai dari 10 persen, maka untuk Mulia Kolektif pembayarannya dimulai dari 20 persen. Masing-masing anggota bisa menentukan pilihan keping emas dan memiliki buy back yang kompetitif.

Tabungan Emas

Tabungan emas adalah layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas. Dengan uang sebesar Rp 6.000, kini Kamu sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan.

Para nasabah baru bisa mencairkan saldo tabungan emasnya saat saldo emas setara dengan berat 1 gram. Adapun syarat untuk bisa menabung emas di Pegadaian ini cukup ringan, yaitu menyerahkan fotokopi kartu identitas resmi berupa KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Konsinyasi Emas

Konsinyasi Emas adalah layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah, oleh sebab itu juga emas yang dimiliki lebih produktif.

Skema investasi pada Konsinyasi Emas sedikit berbeda dengan skema investasi lainnya. Di sini, skema yang diambil merupakan titip-jual. Sebagai contoh, jika Kamu menitipkan emas di Pegadaian lewat layanan Konsinyasi Emas, maka emas kamu akan dijual kembali oleh pihak Pegadaian untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang lain.

Kemudian, jika dari penjualan tersebut ada keuntungan yang didapat, maka keuntungan tadi akan diperuntukkan bagi Kamu. Lalu, emas Kamu akan diganti oleh pihak Pegadaian dengan kadar dan berat yang sama. Sehingga, emas Kamu tetap utuh seperti sedia kala. Nantinya, keuntungan dari hasil pejualan emas diberikan kepada nasabah sehingga emas yang dimiliki jadi lebih produktif.

Mengapa Banyak Orang yang Berinvestasi Emas?

Emas merupakan logam mulia yang kuantitasnya terbatas. Harganya pun stabil dan cenderung naik tiap tahunnya.

Tercatat dari bulan Januari 2016 hingga Agustus 2016, harga emas telah meningkat sebanyak 18%. Tidak seperti investasi saham yang fluktuatif dan memiliki risiko tinggi.

Bila kamu menabung uang di bank, uang tersebut bisa jadi akan berkurang nilainya karena inflasi. Misalnya uang satu juta sekarang tidak akan sama dengan uang satu juta sepuluh tahun yang akan datang.

Tapi tidak begitu dengan emas, emas yang kamu beli sekitar enam tahun lalu bisa dua kali lipat harganya saat dijual sekarang ini.

Bisa dibayangkan, jika saat itu kamu membeli lebih banyak logam kuning itu, tentu semakin banyak untung yang didapat.

Nah sebelum menyesal, lebih baik kamu mulai mempertimbangkan berinvestasi jangka panjang dengan emas.

Tapi sebelum melihat kelebihan dan kekurangan produk tabungan Emas dari Pegadaian, pelajari dahulu dasar-dasar berinvestasi emas!

Kelebihan Tabungan Emas di Pegadaian

Bagi yang tidak memiliki dana untuk menaruh membeli emas, kini bisa mengikuti program menabung emas di Pegadaian.

Pegadaian selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuat produk untuk mencari orang-orang yang ingin menabung tetap dengan cara menabung emas. Produk ini dinamakan tabungan Emas.

Tabungan Emas merupakan suatu layanan pembelian dan penjualan Emas, dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau yang dibuat oleh Pegadaian.

Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mulai berinvestasi emas.

Ingin tahu keunggulan Tabungan Emas dari Pegadaian? Simak penjelasannya berikut ini:

Pembelian Emas Dengan Harga Terjangkau

Walaupun uang kamu pas-pasan, kamu bisa tetap menyisihkan sebagian dana cadangan untuk berinvestasi di emas.

Kamu bisa memulai menabung emas mulai dari Rp5.000, di mana setiap kamu setor tunai maka langsung terkonversi ke dalam bentuk gram di dalam buku rekening.

Setelah mencapai minimal 1 gram emas, tabungan Emas k`amu bisa dicairkan.

Inilah keuntungan investasi emas yang wajib kamu ketahui sebelum berinvestasi emas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Kamu Bisa Memilih Emas Bersertifikasi

Bagi orang awam, membedakan emas asli atau tidak akan sulit. Belum lagi, memastikan berapa gram emas tersebut.

Untuk menghindari tertipu, pastikan kamu membeli emas yang sudah bersertifikat, seperti produk Antam atau Pegadaian.

Mudah dan Cepat Dicairkan

Tabungan emas bersifat likuid. Artinya, mudah dicairkan dan digunakan ketika kamu membutuhkan.

Skala kemudahan pencairan emas bahkan lebih tinggi ketimbang jenis investasi lain seperti tanah atau properti.

Saat kamu sudah mendapatkan emas secara fisik, dalam arti tabungan kamu sudah mencukupi dan emas menjadi milik kamu, maka kamu bisa kembali menjual atau menggadaikan emas tersebut.

Kamu bisa menjaminkan atau menggadaikan emas tersebut ke Pegadaian. Nantinya, kamu akan mendapatkan nominal harga taksir dan jual yang sesuai dengan kebijakan pegadaian.

Lebih Aman

Untuk berinvestasi emas batang, kamu perlu menyimpannya di tempat aman seperti safety deposit box di bank.

Kamu tidak perlu pusing soal keamanan dalam menyimpan sendiri emas kamu bila menggunakan tabungan Emas dari Pegadaian, karena emas kamu akan disimpan dengan aman oleh Pegadaian.

Kemudahan Transaksi

Kamu tidak perlu datang langsung untuk menabung emas, karena bisa dilakukan dengan cara transfer bank.

Top up saldo tabungan emas dapat dilakukan melalui ATM ataupun secara online melalui channel perbankan, seperti internet Banking BRI, BNI M-Banking, Mandiri Internet, dan Mandiri Mobile. Sehingga tidak perlu repot membuang tenaga dan waktu untuk antre.

Bebas Pajak dan Aturan

Untuk saat ini, tidak ada nominal pajak yang akan dibebankan kepada kamu atas kepemilikan tabungan emas.

Sebanyak dan seberat apapun emas yang kamu punya, tidak akan ada pajak maupun peraturan (undang-undang) yang mengikat kamu.

Hal ini tentulah berbeda dengan tabungan berbentuk uang tunai. Bukan hanya pajak, kamu juga diwajibkan menanggung beban administrasi setiap bulannya.

Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian

Berikut ini adalah kekurangan dari tabungan emas di Pegadaian:

Ada Berat Minimal untuk Dicairkan

Untuk mencetak atau mengambil emas batangan yang sudah Kamu tabung, Kamu harus memiliki saldo dengan jumlah minimal emas batangan 5 gram.

Selain itu ada minimal saldo untuk membuka tabungan, yakni 0,1 gram.

Terdapat Kurs Beli dan Kurs Jual

Di Pegadaian terdapat kurs beli dan kurs jual emas, sehingga bila kamu menjaminkan tabungan emas maka akan terjadi selisih yang dikarenakan perbedaan antara kurs beli dan kurs jual.

Program Ini Belum Ada di Semua Cabang Pegadaian

Untuk mendaftar atau memulai memiliki tabungan emas di Pegadaian, Kamu harus datang terlebih dahulu ke cabang pegadaian di kota kamu dengan membawa KTP lalu registrasi.

Tapi sayang, belum semua cabang Pegadaian memiliki program tabungan Emas.

Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa cabang Pegadaian di kota kamu sudah bisa melayani tabungan Emas.

Untuk mengetahui cabang Pegadaian yang sudah melayani tabungan Emas, silakan cek di laman Pegadaian.co.id/jaringan-cabang.php.

Selain itu untuk mencairkan atau mencetak tabungan emas untuk saat ini hanya bisa dilakukan di tempat kamu pertama kali melakukan registrasi. Sehingga perlu diperhatikan tempat kamu melakukan registrasi.

Ada Biaya Administrasi dan Biaya Fasilitas Titipan

Kamu akan dikenakan biaya administrasi awal sebesar Rp10.000 dan biaya fasilitas titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000.

Dan juga jika kamu ingin memiliki emas dalam bentuk fisik, maka kamu akan dikenakan biaya cetak.

Belum Bisa Daftar Secara Online

Saat ini, bila kamu ingin membuka tabungan Emas kamu harus mengunjungioutlet Pegadaian secara langsung. Belum ada fasilitas daftar secara online.

Namun pendaftarannya mudah, cukup membawa fotokopi identitas diri (KTP/SIM/Paspor) yang masih berlaku.

Investasi emas di pegadaian tampaknya saat ini menjadi suatu hal menarik. Investasi ini dinilai lebih menggiurkan sehingga semakin banyak peminatnya. Dengan melakukan investasi emas maka setiap orang yang melakukannya berharap agar bisa memperoleh keuntungan di masa depan. Karena itu investasi emas ini sekarang semakin dilirik termasuk salah satunya melalui pegadaian semakin banyak diburu orang.

Investasi emas yang dilakukan di pegadaian dinilai bisa memberikan keuntungan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Maka tak heran bila saat ini semakin banyak orang tertarik datang ke pegadaian untuk melakukan investasi emas. Namun sebelum melakukan investasi tersebut sebaiknya cara melakukan investasi sudah diketahui dan dipahami sehingga nantinya tidak akan terjadi kendala dan kesulitan saat melakukan proses investasi.

Cara Investasi Emas di Pegadaian Offline

Datang ke kantor pegadaian

Untuk melakukan investasi emas secara offline di pegadaian tentu yang bersangkutan perlu datang ke kantor pegadaian terlebih dahulu. Atau bisa juga datang ke agen pegadaian yang terdekat dari kawasan tempat tinggal. Dengan demikian maka setiap ornag akan mengetahui secara lebih pasti mengenai apa saja yang ahrus dipersiapkan untuk melakukan proses investasi.

Mengisi formulir

Tahap selanjutnya yang akan dilalui untuk bisa melakukan investasi atau tabungan emas adalah mengisi formulir. Jadi pengisian formulir ini dilakukan dengan mengisi data pribadi secara lengkap. Tentunya pengisian data pada formulir ini haruslah dilakukan sesuai dengan nama asli yang tertera di KTP. Untuk itu diperlukan pula fotokopi identitas diri seperti misalnya KTP atau passpor atau lainnya.

Membayar biaya pembukaan rekening

Jika memang pengisian formulir telah dilakukan maka setiap orang yang ingin berinvestasi emas di pegadaian bsia melakukan hal berikutnya. Hal berikutnya yaitu melakukan pembayaran atas biaya pembukaan rekening. Biaya yang dikenakan untuk pembukaan rekening ini sekitar 10 ribu rupiah saja sehingga sangat terjangkau. Namun masih adapula biaya lain yang juga harus dipenuhi yaitu biaya fasilitas titipan yang biasanya berlaku selama 12 bula. Biaya fasilitas titipan ini kurang lebih sekitar 30 ribu rupiah saja.

Proses pembelian emas

Tahap terakhir yang bisa dilakukan untuk mengakhiri proses investasi emas adalah membeli emas. Proses pembelian emas ini bisa dilakukan dengan kelipatan 0,01 gram. Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses pembelian emas tentunya disesuaikan dengan harga emas terkini. nantinya emas yang telah dibeli ini bisa disimpan di pegadaian atau bisa pula dijualkembali kepegadaian. Namun untuk melakukan buyback atau proses penjualan kembali ke pegadaian dibutuhkan emas dengan berat minimal 1 gram.

Cara Investasi Emas di Pegadaian Online

Unduh aplikasi

Melakukan investasi emas di pegadaian rupanya kini juga bisa dilakukan secara online. Jadi siapapun bisamelakukannya kapan saja dan dengan langkah yang lebih mudah serta praktis. Untuk pendaftaran online maka unduhlah terlebih dahulu aplikasi pegadaian digital. Aplikasi ini tentu bbisa ditemukan di Playstore ataupun Appstore. Jika telah memiliki aplikasi tersebut maka proses pendaftaran untuk investasi emas bisa dilanjutkan.

Mengisi formulir

Selanjutnya setelah mengunduh aplikasi pegadaian digital maka kamu bisa beralih ke pengisian formulir. Dalam hal ini formulir yang diisi adalah formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas. Sebenarnya proinsipnya hampir sama dengan proses pendaftaran secara offline. Bedanya dalam hal ini hanyalah proses pendaftaran dilakukan secara online dengan menggunakan media digital.

Cetak buku tabungan

Jika memang pendaftaran telah dilakukan serta buku tabungan emas telah siap maka bisa dilakukan proses cetak buku tabungan emas. Namun untuk melakukan proses pencetakan tentunya pemilik tabungan atau investasi emas haruslah pergi ke outlet pegadaian. Jangka waktu cetak buku tabungan adalah maksimal 6 bulan sejak dilakukan pembukaan aplikasi pegadaian.

Tips Investasi Emas di Pegadaian

Lakukan survei

Sebelum melakukan investasi emas maka sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Survey ini dilakukan tidak lain untuk mengetahi harga emas terutama di hari ini. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui harga emas misalnya dengan membuka situs online. Adanya harga emas yang tertera bisa menjadi bahan acuan untuk melakukan pembelian emas. Umumnya harga emas di pegadaian dinilai  lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga emas yang dipatok oleh PT Antam. Bahkan harga emas di pegadaian ini lebih tinggi hingga mencapai 3%.

Sesuaikan dana

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk melakukan investasi emas adalah sesuaikan dengan dana yang dipersiapkan untuk membeli emas. Atau bisa juga dibilang sesuaikan dengan budget. Jadi pastikan terlebih dahulu berapa dana yang dimiliki. Dengan dana yang sedemikian besarnya maka pilihlah berat emas yang dapat dibeli. Biasanya di pegadaian terdapat emas dengan berbagai macam pilihan berat. Mulai dari berat 5 gram hingga kelipatannya dan bahkan ada pula yang beratnya mencapai 1 kg.

Lakukan pendaftaran

Jika memang Anda ingin melakukan investasi atau menabung meas maka lakukan pendaftaran. Sebab tidak mungkin investasi emas ini dilakukan atas nama orang lain. Oleh karena itu lakukan pendaftaran sehingga kepemilikan emasnya nantinya atas nama diri kamu sendiri.

Dalam melakukan pendaftaran tentunya ada banyak syarat yang harus dipenuhi sehingga seluruh syarat tersebut harus dipersiapkan agar bisa terpenuhi. Pilihlah pula sistem pendaftaran yang akan diajukan apakah offline ataukah online. Pengisian data atau formulir juga harus dilakukan secara lengkap.

Disiplin menabung emas

Tips selanjutnya adalah melakukan proses menabung emas dengan disiplin. Tentunya kedisiplinan menabung emas harus dilakukan agar nantinya Anda bisa mendapatkan keuntungan dari proses investasi ini. Hal mendasar yang perlu dipahami bahwa harga emas umumnya selalu mengalamikenaikan di tiap tahun. Bahkan jarang sekali harga emas mengalami penurunan. Oleh karena itu lakukan proses menabung secraa rutin agar investasi ini nantinya bsia membuahkan hasil.

Tabungan emas yang lunas

Bila tabungan atau investasi emas sudah selesai maka lakukan hal selanjutnya. Misalnya dengan mencetak emas dalam bentuk fisik sehingga nantinya bisa dijual. Tentu tabungan emas yang dilakukan selama ini bsia memberikan keuntungan besar. Namun jika emas ingin disimpan juga bisa sebab pihak pegadaian akan menyimpannya dengan baik sehingga nantinya tidak perlu khawatir akan keberadaan emas tersebut.

Kemudahan Investasi Emas di Pegadaian

Investasi emas di pegadaian yang tadinya mungkin cukup sulit dilakukan kini tampaknya semakin mudah. Siapa saja bisa melakukan investasi ini dengan mudah. Bahkan pendaftaran untuk membuka rekening tabunganjuga kini bisa dilakukan secara online. Hal ini tentu menjadi berita yang disambut hangat oleh masyarakat. Sebab setiap orang bisa melakukan investasi atau tabungan emas kapan saja.

Dengan adanya program ini maka diharapkan agar setiap ornag bisa memiliki tabungan atau investasi yang bisa berguna untuk masa depan. Maka kesejahteraan masyarakat bisa dicapai melalui adanya program investasi emas ini.

Setelah mengetahui investasi emas di pegadaian adakah teman-teman ingin berinvestasi emas di Pegadaian? Setelah ini ada salah satu produk Jojonomic yaitu software HR terbaik di Indonesia. Misalnya, produk JojoPayroll. JojoPayroll ini sudah ada terintegrasi dengan PPH 21, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, kamu sebagai HR tak perlu lagi menghitung penggajian karyawan secara manual dengan excel. Jika ingin mencoba demonya klik link ini ya JojoPayroll.