Apa saja yang termasuk investasi Online?

Apakah Anda sedang memiliki rencana untuk melakukan investasi? Saat ini terdapat banyak pilihan jenis investasi. Jika Anda baru masuk di dunia investasi, terdapat beberapa jenis investasi online yang direkomendasikan untuk Anda. Tujuan orang melakukan investasi tentu saja berbeda-beda tergantung dari keinginan mereka. Namun, sebagian besar orang melakukan investasi yaitu bertujuan untuk menerima keuntungan.

Melakukan investasi memang dapat memberikan keuntungan jika Anda benar dalam memilih jenis investasi. Kini, sudah banyak penawaran produk investasi baik dengan return rendah, sedang hingga tinggi. Selain return, pada saat melakukan investasi Anda harus memperhatikan juga risiko yang melekat pada produk investasi yang akan dipilih. Oleh karena itu, melakukan investasi bukanlah hal yang sulit tetapi juga bukan berarti Anda menggampangkannya. Saat ini investasi online dan offline sudah tersedia di pasaran untuk menjangkau minat investator pemula yang kian hari kian meningkat saja. Salah satu alasan mengapa hadirnya investasi online sangat membantu masyarakat, adalah memangkas proses investasi yang dulunya masih konvensional menjadi digital.

Sebelum munculnya platform investasi online seperti sekarang, jika masyarakat investor pemula ingin berinvestasi reksa dana, emas, dll, mereka harus menunggu cukup lama. Untuk mengantre di tempat Manajer Investasi (MI) dan perusahaan manajemen aset yang bersangkutan.

 

 

analisis laporan keuanganNamun berbeda halnya dengan menggunakan platform investasi online. Kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja. Untuk membuka akun investasi online kamu dan memilih jenis investasi online,yang cocok untuk disesuaikan dengan kriteria kamu. Berikut 5 jenis investasi online yang direkomendasikan untuk Anda yang baru ingin memulai investasi.

Emas

Seperti yang kita tahu bahwa emas memiliki karakteristik harganya yang cukup stabil sehingga untuk Anda sebagai pemula jika melakukan investasi pada emas ini akan aman. Selain itu, risiko berinvestasi emas juga tidak terlalu tinggi. Untuk jangka panjang, return-nya juga lebih stabil. Oleh karena itu untuk pemula, investasi emas sangat cocok.

Terdapat dua cara jika Anda ingin berinvestasi emas, yakni secara offline dan online. Jika Anda ingin melakukan dengan cara offline maka Anda harus membeli emas di toko emas ataupun lembaga milik pemerintah yang ditunjuk untuk menjual emas. Jika Anda ingin melakukan investasi emas secara online, maka Anda dapat menggunakan lembaga atau perusahaan investasi yang menyediakan platform online. Jangan lupa untuk memastikan tempat investasi yang aman.

Reksadana

Jenis investasi online yang direkomendasikan kedua adalah produk reksadana. Seiring dengan kemajuan teknologi, kini banyak perusahaan keuangan dan investasi yang menawarkan investasi pada reksadana secara online. Untuk memastikan investasi yang Anda lakukan aman, carilah informasi perusahaan yang legal dan aman pada website OJK. Jika Anda berinvestasi pada reksadana maka pengelolaannya dapat Anda kelola sendiri ataupun Anda serahkan pada manajer investasi.

Valuta Asing

Valas atau valuta asing adalah bentuk investasi digital berupa perdagangan mata uang yang melibatkan mata uang suatu negara dengan mata uang dari negara yang lain. Investasi ini juga disebut forex. Mengingat fluktuasi mata uang antar negara yang tidak menentu, investasi semacam ini cukup berisiko. Namun, jika berhasil, keuntungan yang didapat jauh lebih besar, dibanding investasi jenis lain.

Saham

Rekomendasi selanjutnya adalah Anda dapat melakukan investasi online pada saham. Berinvestasi pada saham ini bukanlah hal yang mudah. Anda harus mengetahui dan memahami dengan baik tentang dunia saham. Selain itu, Anda juga dapat berlatih terlebih dahulu dengan melakukan simulasi investasi saham. Saham memiliki risiko yang cukup tinggi, sehingga return-nya juga tinggi. Melakukan investasi saham tidak dapat Anda lakukan sendiri, untuk pemula Anda akan dibantu oleh broker. Investasi saham dapat dikatakan sebagai jenis investasi investasi populer. Investasi saham biasanya berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Bila Anda memiliki saham di perusahaan, maka Anda berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan.

Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Akan tetapi, saham akan bersifat high risk, high return.

Investasi jenis ini berisiko tinggi untuk dijalankan, harga saham dapat naik dan turun sangat drastis dalam jangka waktu yang cepat.

Investasi saham juga dikategorikan dalam dua macam, yaitu saham dividen dan saham pertumbuhan.

Saham pertumbuhan adalah saham di perusahaan yang berkembang pesat. Namun, pertumbuhan saham tidak akan membayarkan penghasilan perusahaan kepada para investor. Perusahaan lebih suka menggunakan pendapatan mereka untuk mengembangkan bisnis, sehingga satu-satunya cara untuk mendapatkan keuntungan adalah dengan menjual saham Anda.

Sedangkan, dividen saham justru sebaliknya. Perusahaan akan membayar para pemegang saham dari pendapatan perusahaan. Semakin banyak saham dividen yang Anda miliki, maka semakin besar juga porsi dividen yang akan didapatkan.

Properti

Jenis inverstasi ini merupakan sebuah penanaman modal yang berupa aset tanah dan bangunan. Sistem investasi yaitu membeli sebuah rumah lengkap dengan tanahnya secara online. Lalu, dipasarkan agar ada pembeli yang bersedia membayar dengan harga lebih tinggi dari modal sedangkan sistem yang kedua adalah menyewakan bangunan tersebut kepada orang lain. Memiliki fungsi yang serupa dengan nilai properti umumnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini seringkali membuat properti menjadi salah satu pilihan dari berbagai jenis investasi populer yang berjangka panjang.

Namun perlu diketahui bahwa selain keuntungan, kerugian melakukan investasi properti juga terlihat sangat mencolok. Salah satunya adalah dimana Anda akan mengeluarkan biaya yang tinggi dan membutuhkan banyak uang untuk membeli sebuah properti.

Di samping itu, properti yang dibeli tentunya juga akan membutuhkan perawatan untuk menjaganya agar memiliki nilai jual yang tinggi pada jangka waktu beberapa tahun kedepan. Jika Anda memilih properti sebagai bentuk investasi, maka Anda memiliki dua pilihan untuk dapat memperoleh keuntungan.

Pertama, Anda dapat menunggu sampai nilai properti naik dan kemudian Anda menjualnya. Kedua, properti yang dimiliki dapat disewakan, dimana passive income akan menjadi suatu keuntungan yang sangat menggiurkan tentunya.

Namun, pastikan juga Anda telah siap dengan risiko kerusakan yang mungkin akan timbul setelah masa sewa usai.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah deposito bank dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa. Salah satu jenis investasi populer ini memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas. Jika Anda ingin mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan, maka tentunya akan ada penalti yang diberikan. Akan tetapi, jika deposito Anda memang sudah memasuki tanggal jatuh temponya, maka Anda memiliki hak untuk mencairkan dana tanpa adanya denda yang harus dibayarkan.

Semakin lama ataupun semakin besar Anda mendepositokan uang, maka semakin banyak juga bunga yang akan didapatkan dari hasil deposito. Deposito berjangka seringkali dianggap sebagai salah satu bentuk investasi yang memiliki risiko rendah dan terbilang cukup aman. Di samping itu, untuk melakukan deposito juga terbilang cukup mudah dan tidak rumit, sehingga banyak investor pemula yang memulai investasinya dengan deposito.

Peer-to-Peer Lending

Bentuk investasi dari peer-to-peer lending, misalnya seperti KoinWorks, yang merupakan sebuah online platform di mana pinjaman dana dari pendana yang akan diberikan kepada UKM yang menjadi borrower. Setiap pendana akan mendapatkan suku bunga efektif yang sangat kompetitif, hampir mencapai 21.32% per tahun.

Investasi jenis ini juga memungkinkan investor untuk dapat memilih sendiri, tingkatan risiko yang mampu diterima, mulai dari low risk, medium, hingga high risk. Setiap jenis risiko biasanya memiliki bunga kompetitifnya masing-masing.

 

JojoExpense untuk Investai Online anda. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot. Gunakan, JojoExpense sekarang juga!