Daftar Investor Ternama di Indonesia, dan Cara Mendekatinya

investor

Umumnya perusahaan startup membutuhkan suntikan dana dari pemodal. Dalam artikel ini akan dijelaskan apa itu pemodal, investee, jenis-jenis pemodal berdasarkan resikonya, kemudian ada 8 pemodal ternama di Indonesia, jenis modal pinjaman dari pemodal pribadi, serta 6 cara jitu mendapatkan pemodal untuk modal. Bagaimana topik-topiknya menarik bukan? Yuk, dibaca bersama artikelnya.

Definisi Investor

Investor adalah seseorang yang memasukkan uang ke dalam sesuatu hal untuk mendapatkan keuntungan finansial tertentu. Pemodal biasanya melakukan analisis teknis maupun analisis fundamental untuk menentukan peluang investasi yang paling menguntungkan dan mereka pada umumnya akan lebih memilih untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan resiko.

Sebuah berbagai kendaraan investasi yang ada untuk mencapai tujuan, termasuk (namun tidak terbatas pada) saham, obligasi, komoditas, reksa dana, dana yang diperdagangkan di bursa (ETF), pilihan , futures, valuta asing, emas, perak, rencana pensiun, dan perumahan. Pemodal dapat menganalisis peluang dari berbagai sudut, dan umumnya lebih suka meminimalkan risiko sambil memaksimalkan pengembalian.

Seorang pemodal biasanya berbeda dari seorang pedagang. Seorang pemodal menempatkan modal untuk digunakan untuk keuntungan jangka panjang, sementara seorang pedagang berusaha menghasilkan keuntungan jangka pendek dengan membeli dan menjual sekuritas berulang kali.

Investor biasanya menghasilkan keuntungan dengan menggunakan modal sebagai investasi ekuitas atau hutang. Investasi ekuitas memerlukan kepemilikan saham dalam bentuk saham perusahaan yang dapat membayar dividen selain menghasilkan capital gain. Investasi hutang dapat berupa pinjaman yang diberikan kepada individu atau perusahaan lain, atau dalam bentuk pembelian obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan yang membayar bunga dalam bentuk kupon.

POIN PENTING

  • Pemodal menggunakan instrumen keuangan yang berbeda untuk mendapatkan tingkat pengembalian untuk mencapai tujuan dan sasaran keuangan.
  • Sekuritas investasi termasuk saham, obligasi, reksa dana, derivatif, komoditas, dan real estat.
  • Investor dapat dibedakan dari pedagang di mana pemodal mengambil posisi strategis jangka panjang di perusahaan atau proyek.
  • Pemodal membangun portofolio baik dengan orientasi aktif yang mencoba mengalahkan indeks benchmark atau strategi pasif yang mencoba melacak indeks.
  • Pemodal mungkin juga berorientasi pada strategi pertumbuhan atau nilai.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memahami Investor

Investor bukanlah kelompok yang seragam. Mereka memiliki toleransi risiko , modal, gaya, preferensi, dan kerangka waktu yang berbeda-beda . Misalnya, beberapa pemodal mungkin lebih memilih investasi berisiko sangat rendah yang akan menghasilkan keuntungan konservatif, seperti sertifikat deposito dan produk obligasi tertentu. Investor lain, bagaimanapun, lebih cenderung untuk mengambil risiko tambahan dalam upaya untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Para pemodal ini mungkin berinvestasi dalam mata uang, pasar negara berkembang, atau saham, sambil berurusan dengan roller coaster berbagai faktor setiap hari.

Perbedaan juga dapat dibuat antara istilah “investor” dan “pedagang” di mana pemodal biasanya memegang posisi selama bertahun-tahun hingga beberapa dekade (juga disebut “pedagang posisi” atau “investor beli dan tahan”) sementara pedagang umumnya memegang posisi untuk periode yang lebih pendek . Pedagang kulit kepala, misalnya, menahan posisi hanya dalam beberapa detik. Pedagang ayunan , di sisi lain, mencari posisi yang ditahan dari beberapa hari hingga beberapa minggu.

Investor institusional adalah organisasi seperti firma keuangan atau reksa dana yang membangun portofolio yang cukup besar dalam saham dan instrumen keuangan lainnya. Seringkali, mereka dapat mengakumulasi dan mengumpulkan uang dari beberapa pemodal kecil (individu dan / atau perusahaan) untuk melakukan investasi yang lebih besar. Karena itu, pemodal institusional sering kali memiliki kekuatan dan pengaruh pasar yang jauh lebih besar atas pasar daripada pemodal ritel perorangan.

Investor - Definition, Investing, Individual vs. Institutional Investors

Jenis-jenis Investor

1. Investor Aktif

Sesuai dengan namanya, pemodal aktif harus terus memantau kinerja investasinya dalam kegiatan investasi ini. Memang, pemodal aktif seringkali membutuhkan bantuan para ahli yang bertindak sebagai manajer portofolio mereka.

Saham adalah contoh dari tipe pemodal ini. Investor harus selalu memperhatikan tren saham dan membaca dengan cermat data dan kondisi saat membeli, menerbitkan atau memelihara sekuritas.

Tentunya dalam hal ini intuisi dan skill sangat penting untuk menentukan berhasil tidaknya pemodal dalam melakukan aktivitas investasinya.

Selain itu, pemodal yang meminjam dana dari peminjam melalui pinjaman FintechP2P juga termasuk dalam kategori pemodal aktif. Dengan memperhatikan setiap perubahan kinerja peminjam, investor dapat sepenuhnya mengontrol keputusan untuk memberikan pinjaman kepada peminjam yang ingin mencapai hasil yang diharapkan.

2. Investor Pasif

Berbeda dengan investor aktif, di antara pemodal aktif, pemodal pasif tidak berpartisipasi secara langsung, sehingga mereka menginvestasikan banyak energi untuk mengaktifkan alat investasi mereka. Biasanya alat pilihan merupakan alat jangka panjang yang dapat menghasilkan keuntungan lebih tinggi dengan cara meminimalkan biaya jual beli. Singkatnya, mereka tidak memiliki target keuntungan dalam waktu dekat.

Orang dengan kecenderungan defensif dan konservatif umumnya lebih memilih pemodal pasif daripada pemodal aktif. Anda tidak perlu mendapatkan laba atas investasi dalam fase yang relatif cepat dan berisiko.

Cara termudah untuk berinvestasi adalah emas dan real estate, terutama tanah. Tren harga emas meningkat setiap tahun, jika tidak terlalu signifikan. Pada saat yang sama, tanah dan properti seringkali memiliki potensi yang lebih besar.

Dengan pertumbuhan penduduk dan lahan yang terbatas, real estat adalah salah satu alat investasi pasif yang paling menguntungkan dan menguntungkan.

3. Investor Strategis

Investor strategis adalah perusahaan besar yang ingin berinvestasi karena mereka percaya bahwa memulai teknologi sejalan dengan arah jangka panjang perusahaan.

Misalnya, bank yang menganalisis prospek perusahaan teknologi tinggi dianggap sebagai pemodal strategis karena bersedia memberikan dukungan nilai strategis satu hari kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

Hal yang sama berlaku untuk pasar online yang berinvestasi dalam startup chatbot atau rantai restoran yang mendukung startup dalam pengiriman makanan. Ketika pemodal strategis menjadi perusahaan yang mapan, selain memberikan keterampilan di bidang tertentu, mereka juga dapat menyediakan sumber daya perusahaan yang luas.

4. Investor Keuangan

Selain itu, ini adalah pemodal keuangan paling umum dalam ekosistem teknologi dan kewirausahaan. Anda ingin berinvestasi di perusahaan start-up dengan pertumbuhan tinggi, perusahaan dapat menghasilkan pengembalian sepuluh kali lebih tinggi, seratus kali lebih tinggi.

Biasanya melalui akuisisi, dan dalam kasus yang jarang terjadi melalui IPO. Juga diharapkan pengusaha yang bekerja secara eksternal harus bekerja sama dengan pemodal keuangan, yang dapat membantu Anda mempercepat peristiwa likuiditas.

5. Investor Dampak Sosial

Investor dengan pengaruh sosial adalah perusahaan yang melayani kesejahteraan sosial. Misalnya, cakupannya mungkin luas untuk mendukung perusahaan yang mempekerjakan pekerja yang kurang beruntung dan meningkatkan keterampilan mereka, atau mungkin sangat spesifik, misalnya, untuk mendukung perusahaan rintisan yang mengejar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB 2030.

Penting untuk dicatat bahwa pemodal dengan pengaruh sosial tidak menggurui investasi, tetapi ingin melihat hasil. Pengusaha harus menghubungi pemodal hanya jika mereka bersedia memenuhi kedua kriteria tersebut, ini tidak mudah.

Investor yang berpengaruh secara sosial tidak terlalu menyukai solusi start-up yang biasa, tetapi mereka menginginkan indikator keuangan yang andal, meskipun hanya karena profitabilitas berarti mereka dapat memenuhi misi sosial mereka secara lebih berkelanjutan.

Jenis Investor Berdasarkan Resikonya

Jenis investor berdasarkan preferensinya terhadap resiko terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

Risk Averse

Investor jenis ini pada umumnya memilih jenis investasi yang mempunyai resiko yang rendah walaupun tingkat keuntungan yang didapatkan juga relative kecil.

Risk Medium

Investor tipe ini cenderung akan melihat resiko secara proporsional. Mereka akan memilih jenis investasi yang memiliki tingkat resiko yang sedang dan berharap mendapatkan keuntungan yang tidak terlalu tinggi atau pun tidak terlalu rendah.

Risk Taker

Ini adalah jenis pemodal yang berani ambil resiko. Pemodal jenis ini sama sekali tidak takut kehilangan seluruh uangnya. Mereka akan mengambil investasi yang mempunyai keuntungan cukup tinggi tanpa mempedulikan resiko yang melekat pada instrumen investasi tersebut.

Benefits of Investors to Local Housing Markets

Tugas Utama Investor

  1. Hitung pengembalian dan resiko peluang investasi
  2. Mengevaluasi investasi yang dilakukan secara teratur
  3. Menerapkan rencana investasi
  4. Carilah peluang investasi sebanyak mungkin.

Crowdfunding Offers Alternative to Bank Loans and Angel Investors -  Greenfield Advisors

Manfaat dari Investor

  1. Dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasar.
  2. Memenuhi kebutuhan pensiun jangka panjang.
  3. Dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarga lainnya, seperti membiayai sekolah anak
  4. Menghasilkan uang untuk menghasilkan lebih banyak uang tanpa khawatir.
  5. Sasaran dapat dicapai dengan lebih baik di akhir periode yang ditentukan.

What Investors Should Look For In AI Startups? - Analytics India Magazine

Tujuan Investor

  1. Eksploitasi (penguasaan) properti perusahaan ketika lebih banyak saham dipegang.
  2. Jika lembaga menjamin penjualan saham dalam jangka waktu tertentu, penjamin emisi akan menerima dana yang diminta oleh penerbit.
  3. Saham dijual kembali dengan harga tinggi, yang berarti operasi ini dapat menghasilkan keuntungan dari pembelian dan penjualan saham.
  4. Dapatkan dividen. Penerbit membayar bunga atas keuntungan yang dihasilkan dalam bentuk dividen.

Investor Relations | Sumitomo Corporation

Fungsi dari Investor

  • Mengawasi dan mengembangkan emiten
  • Sebagai perusahaan investasi
  • Pantau pembayaran bunga dan obligasi utama
  • Menilai aset penerbit
  • Siapkan surat penerbit untuk pemegang saham
  • Bertindak sebagai agen pembayaran
  • Buat laporan yang diperlukan
  • Bertindak sebagai perantara perdagangan sekuritas
  • Menganalisis kapabilitas penerbit
  • Membantu penerbit dalam menangani masalah emisi
  • Menyusun daftar pemegang saham
  • Perusahaan perdagangan saham
  • Penanggung (penjamin).

8 Investor Ternama di Indonesia

Bagi perusahaan rintisan atau kini kerap disapa startup, investasi merupakan hal terpenting dalam langkah awal menjalankan berbagai ide kreatifnya. Kehadiran investasi ini tak semata karena dukungan saluran dana saja, melainkan dibutuhkannya peranan ide agar perusahaan tersebut dapat terus berkembang. Maka tak heran jika startup yang terus bermunculan saat ini tak luput dari sokongan pemodal dengan jejak pengalaman yang mumpuni.

East Ventures

Dimulai dari pemodal ternama yang seringkali terlibat dalam pendanaan beberapa startup besar di Indonesia, yakni East Ventures. Perusahaan penyokong dana dan ide pengembang bisnis ini diketahui telah berpartisipasi lebih dari 192 pendanaan startup Tanah Air. Beberapa startup tersebut adalah Tokopedia dengan pendanaan sebesar US$ 1,1 milliar, Traveloka dengan pendanaan US$ 350 juta, Kudo, Loket, dan lain-lain. Dengan track record yang baik selama ini, tak heran jika East Ventures menjadi salah satu daftar pemodal yang diminati para pelaku startup saat ini.

Cyber Agent Ventures (CAV)

Sedangkan perusahaan pemodal startup satu ini datang dari negara Jepang, yakni Cyber Agent Ventures (CAV). Bahkan saat ini, tercatat bahwa CAV telah menggelontorkan dana ke beberapa perusahaan di seluruh Asia. Menarik lagi, beberapa perusahaan tersebut berhasil mencapai kesuksesan saat ini. Untuk di Indonesia sendiri, beberapa startup yang pernah disokong antara lain Touchten, Tokopedia, Bilna, Kurio, HarukaEdu, dan masih banyak lagi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Golden Gate Ventures

Mulai berinvestasi pada perusahaan startup potential sejak 2011 silam, Golden Gate Ventures berfokus pada pemberian dana dalam lingkup seluruh Asia Tenggara, seperti Singapore, Indonesia, Malaysia, Korea, Thailand, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk jenis industrinya sendiri, Golden Gate Ventures banyak berinvestasi pada jenis e-commerce, marketplace, platform SaaS, dan lain-lain. Anda penasaran startup apa saja yang pernah menjadi bagian kesuksesannya? Beberapa diantaranya adalah Carousell, CodaPay, AloDokter, Duit Pintar, hingga Indo Trading.

Gobi Partners

Perusahaan ventura satu ini cukup lama bertandang di industri penanaman modal Asia, yaitu sekitar 15 tahun lamanya. Sepanjang perjalanannya, tentu saja telah banyak daftar perusahaan yang berhasil disokong dana di seluruh kawasan Asean. Fokus Gobi Partners di industri Indonesia sendiri lebih berfokus pada startup yang bergerak di bisnis cloud computing, e-commerce, fin tech, hingga startup muslim. Beberapa startup Indonesia yang tercatat pernah bekerja selama ini, yaitu Travelio, Time Voyager, Sale Stock, TripVisto, dan lain-lain.

Ventura Capital

Sedangkan perusahaan modal ventura di bawah naungan Lippo Group ini masuk dalam salah satu satu pemodal besar dan ternama di Indonesia. Cukup banyak jenis startup di Indonesia yang tercatat telah bekerja sama demi membangun usaha yang semakin maju. Venturra Capital sendiri menyatakan bahwa tujuannya berinvestasi bukan semata melihat model bisnis, melainkan lebih tertarik untuk menjadi bagian dari pertimbangan gagasan yang diajukan pendiri. Beberapa startup yang pernah menjadi bagian diantaranya Kfit, Zilingo, Carro, MatahariMall, RuangGuru, dan lain-lain.

500 Startups

Tak boleh tertinggal, 500 Startups termasuk salah satu deretan pemodal ternama yang menghiasi bisnis rintisan di Indonesia. Bahkan pada tahun lalu sempat diketahui bahwa 500 Startups menggelontorkan sebesar Rp 650 milliar juta ke total 250 perusahaan startup di Asia Tenggara. Jumlah fantastis ini tentu menjadi angka yang begitu tinggi dan patut disebut sebagai perusahaan ventura raksasa. Pihak 500 Startups sendiri mengungkapkan bahwa mereka ingin mengambil peran dalam ekosistem dan berkontribusi membantu para startup pemula agar tumbuh dan menciptakan generasi kreatif. Beberapa startup yang didukung oleh perusahaan ini diantaranya Qraved, Fabelio, Happy Fresh, Pomelo, KFIT, dan lain-lain.

Wavemaker

Setiap perusahaan atau startup yang didukung oleh perusahaan modal ventura ini dinamakan dengan Wavemakers. Sehingga dengan begitu pemodal ini terlihat sangat mendukung pertumbuhan bisnis dan ide kreatif. Fokus industri startup yang banyak digeluti Wavemakers diantaranya industri Adtech, FinTech, dan solusi enterprise. Sedangkan deretan startup yang di-support dari segi dana adalah Glints, Zap, Moka, Zilingo, dan lain-lain.

Convergence Ventures

Berdiri pada akhir tahun 2014, Convergence Ventures sekejap menjadi perusahaan pemodal besar dan diminati oleh para pelaku usaha baru. Bahkan Convergence Ventures terus membuka kesempatan bagi perusahaan yang ingin didukung dari segi dana dan ide kreatif. Hingga saat ini beberapa perusahaan yang sempat ditunjang dananya adalah Garena, Female Daily, Qraved, Nida Rooms, Yes Boss, Seekmi, dan lain-lain. Beberapa nama startup tersebut tentunya sudah telah memiliki nama yang besar bagi setiap kalangan masyarakat.

Jenis Modal Pinjaman dari Investor Pribadi

Ada beberapa jenis modal pemodal pribadi yang bisa diajukan, yaitu:

Bagi Hasil

Sistem bagi hasil bisa diterapkan antar peminjam dan pemodal pribadi, dimana dalam kontrak, pemodal bisa mendapat pembagian hasil keuntungan untuk periode tertentu.
Karena sifatnya bukan kepemilikan usaha, pemodal hanya mendapat keuntungan bagi hasil sampai periode yang ditetapkan dalam kontrak habis.

Perkongsian

Ini adalah sistem kerjasama dimana Anda menggabungkan modal pribadi dengan uang dar investor pribadi. Dalam hal ini, perjanjian biasanya menyerahkan sekian persen keuntungan pada si investor, sebagai ganti bantuannya. Akan tetapi, perlu jalinan kepercayaan yang cukup baik untuk menerapkan sistem ini.

Kerjasama Antar Pemilik Usaha

Ini bisa dilakukan jika ada investor yang juga berniat atau sudah mendirikan usaha yang sama. Bentuk kerjasamanya bisa beraneka ragam, mulai dari bekerjasama dalam hal permodalan, operasional, hingga promosi.

6 Cara Jitu Mencari & Mendapatkan Investor untuk Modal

Bagi seorang pemula, untuk menjalankan sebuah usaha tidak selalu berhasil karena banyaknya kompetitor yang ada dan modal usaha yang terbatas. Ada banyak calon-calon pengusaha yang memiliki banyak ide kreatif untuk memulai sebuah bisnis yang sukses tetapi mereka tidak berani mengambil risiko yang tinggi. Sebenarnya ide-ide tersebut bisa berjalan dengan lancar jika bisa mendapatkan modal dari investor, tetapi mencari seorang investor tidaklah mudah. Perlu dilakukan beberapa cara agar bisa mendapatkan seorang  investor yang tertarik dengan bisnis Anda dan berani menanamkan modalnya. Di bawah ini akan kita diskusikan cara mendapatkan modal usaha dari investor.

Mengajukan Proposal

Proposal merupakan sebuah jembatan bagi perusahaan untuk mencari tambahan modal usaha baik untuk mencari investor ataupun untuk meminjam dana. Proposal yang menarik dan sesuai dengan situasi usaha akan memberikan dampak yang besar terhadap penilaian perusahaan. Oleh karena itu, buatlah proposal semenarik mungkin untuk menarik hati calon investor. Proposal ini harus berisi secara detail terkait visi dan misi perusahaan yang Anda jalani, mencantumkan posisi arus kas perusahaan, dan rencana usaha yang akan datang.

Presentasi yang Menarik

Untuk mencari seorang investor, Anda juga perlu mempresentasikan proposal yang telah Anda buat. Meskipun calon investor telah membaca proposal tersebut, presentasi yang tepat memberikan pengaruh yang sangat besar. Buatlah slide presentasi yang simpel, tidak terlalu banyak tulisan, dan tambahkan sedikit animasi, sehingga calon investor akan memperhatikan dengan seksama penjelasan Anda. Jelaskan secara detail tentang manajemen keuangan, prospek usaha, dan tim kerja perusahaaan Anda.

Jelaskan Risiko Usaha

Setiap usaha pasti akan mengalami sebuah risiko, untuk itu Anda juga perlu menjelaskan risiko yang akan dialami pada calon investor. Jangan menyembunyikan risiko tersebut pada calon investor jika ingin mendapatkan tambahan modal usaha. Investor perlu tahu hambatan apa yang akan dialami perusahaan dan mungkin saja bisa memberikan solusi untuk mengurangi risiko usaha tesebut. Investor juga lebih memilih pengusaha yang jujur dan bisa dipercaya untuk diajak bekerja sama.

Mengikuti Pameran dan Kompetisi

Mengikuti pameran dan kompetisi dalam bidang bisnis, juga termasuk salah satu jalan untuk mencari investor dan mendapatkan modal. Anda yang sudah memiliki usaha, bisa mengikuti pameran dan kompetisi karena di tempat itu akan ada banyak investor yang melihat. Mereka akan datang untuk melihat konsep bisnis yang menarik dan bersedia menanamkan modal untuk usaha tersebut.

Membuat Strategi Usaha

Setiap pengusaha pasti menginginkan bisnis yang berkembang sehingga diperlukan tambahan modal usaha dalam mencapainya. Ketika Anda mencari seorang investor, Anda perlu membuat strategi usaha yang tepat dalam mengembangkan bisnis. Calon investor selalu menanyakan strategi apa yang Anda gunakan, sehingga Anda perlu menyiapkannya dengan sempurna. Strategi usaha yang baik akan mencerminkan prospek usaha yang besar di kemudian hari.

Merapikan Laporan Neraca

Ketika seorang investor telah setuju untuk menanamkan modalnya pada perusahaan Anda, investor tersebut berharap bisa mendapatkan profit dari usaha tersebut. Sebelum memutuskan hal tersebut tentunya mereka sudah mempertimbangkan dengan matang kerugian apa yang akan mereka dapat. Mereka akan mengamati perjalanan arus kas perusahaan Anda melalui neraca keuangan. Oleh karena itu, sebelum mencari investor, Anda perlu merapikan neraca tersebut. Anda bisa membuat neraca yang rapi dengan perhitungan kas, utang, aktiva lancar, dan aktiva tetap secara terpisah dan detail.

Nah, kita telah membahas mengenai investor. Memang investor penting untuk mengembangkan perusahaan kita, tapi ada yang paling penting lagi nih, yaitu software HR yang bisa membantu kinerja HR. Produk dari Jojonomic adalah software HR terbaik di Indonesia. Salah satu produknya adalah JojoPayroll. JojoPayroll adalah software HR yang melakukan penggajian online. JojoPayroll ini sudah terintegrasi dengan PPH21, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, cuti, izin sakit, lembur dll. Dan JojoPayroll ini bisa dikonfigurasi sesuka perusahaan kalian jika ada tambahan kebijakan. Usaha