Invoice Template Dan Jenis-Jenis Lengkapnya

Invoice template mungkin sudah sering didengar oleh Anda yang sedang menjalankan usaha atau bisnis. Istilah ini sebenarnya tidaklah asing terutama bagi beberapa orang yang pernah mempelajari ilmu ekonomi atau mungkin bagi orang yang bekerja di perusahaan. Namun mungkin juga istilah invoice template masih jarang didengar oleh masyarakat awam. Istilah ini mungkin terasa asing bagi sebagian orang sehingga perlu dipahami lebih lajut. Beberapa orang mungkin saja menyamakan invoice dengan faktur walaupun sebenarnya invoice dan faktur itu berbeda. Faktur lebih mengacu kepada daftar kiriman barang yang lengkap dengan format tertentu. Kegunaan faktur dan invoice pada dasarnya adalah berbeda.

Invoice sendiri sebenarnya merupakan suatu dokumen tertulis yang berisi surat penagihan hutang. Biasanya sebuah invoice diberikan oleh penjual kepada pembeli sebagai pihak penghutang. Dengan kata lain pembeli yang masih belum melunasi pembayaran dan masih menghutang bisa saja menerima invoice dari penjual. Sebenarnya sebuah invoice memiliki format yang tidak jauh berbeda dengan faktur. Jadi sebuah invoice berisi tentang nama produk dan harga yang harus dibayar serta tanggal pembelian barang. Invoice ini biasanya dibuat rangkap tiga dengan tujuan yang berbeda. Invoice yang asli akan menjadi arsip perusahaan. Sedangkan ketiga hasil copy dari invoice yang telah dibuat diberikan pada masing-masing pihak yang bersangkutan.

Salah satu copy invoice tersebut akan diberikan kepada pembeli sedangkan satunya lagi akan diberikan kepada penjual. Copy yang terakhir akan dijadikan sebagai arsip keuangan. Sebuah invoice pada dasarnya memang digunakan untuk berbagai transaksi yang dibayar dalam bentuk angsuran atau kredit. Jadi invoice sudah seharusnya selalu disediakan oleh perusahaan agar bisa digunakan sewaktu-waktu pada saat terjadi pembelian dengan sistem pembayaran angsuran atau kredit.

Namun sekarang Anda tak perlu bingung lagi dalam membuat invoice. Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi seperti sekarang ini maka sebuah invoice bia didapatkan pada template yang umumnya terdapat di beberapa aplikasi. Anda bisa menemukan dokumen atau file dengan format khusus termasuk pula dengan format invoice. Tentu kini Anda bisa membuat invoice dengan memanfaatkan teknologi komputer yang ada dan menggunakan invoice template. Anda bisa membuat invoice lebih mudah sebab formatnya telah tersedia di komputer Anda. Membuat invoice kini bisa dilakukan dengan langkah yang lebih mudah.

Fungsi Invoice Template

Hadirnya invoice template tentu akan semakin mempermudah Anda dalam membuat invoice. Invoice yang dijadikan sebagai dokumen atau bukti dari adanya pembelian bisa dibuat dengan mudah. Selain itu invoice yang juga berfungsi sebagai surat penagihan hutang pembelian kini bisa didapatkan contohnya dengan lebih mudah. Invoice memang berfungsi sebagai informasi tagihan yang harus dibayar. Dalam hal ini pihak yang menerima informasi tagihan adalah pihak pembeli yang masih menghutang barang yang dibelinya. Jadi pada sebuah invoice terdapat beberapa kumpulan data mengenai produk barang atau jasa yang telah dibeli oleh konsumen. Dengan kata lain invoice bisa dijadikan sebagai sebuah rujukan yang bersifat sah terutama jika produk barang atau jasa yang telah dibeli tersebut akan dijual lagi.

Invoice memang diperlukan pada sebuah perusahaan karena fungsinya yang penting bagi perusahaan. Dengan adanya invoice maka sebuah perusahaan bisa saja teringat kembali mengenai siapa saja pembeli yang masih belum melunasi produknya. Bahkan invoice ini juka menjadi bagian penting dalam pembukuan atau laporan keuangan perusahaan. Invoice bisa dijadikan sebagai rekomendasi saat Anda menambahkan transaksi yang berhubungan dengan keuangan perusahaan ke pembukuan. Karena fungsinya yang penting bagi perusahaan maka tentunya kehadiran invoice template akan sangat membantu bagi perusahaan. Dengan adanya invoice template maka sebuah perusahaan akan menjadi lebih mudah dalam membuat surat penagihan hutang pembelian.

Jenis Invoice Template

Dokumen invoice pada dasarnya terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu sebagai berikut:

  • Invoice jenis pertama adalah invoice biasa. Invoice ini merupakan suatu dokumen penagihan hutang yang paling sering dibuat. Invoice jenis ini sangat sering dijumpai karena merupakan jenis invoice yang paling umum. Biasanya invoice biasa digunakan sebagai dokumen untuk transaksi yang sederhana. Tentu saja format invoice ini sangatlah simple dengan format yang berisi nama barang dan harga jualnya saja.
  • Selain invoice biasa rupanya ada pula jenis lainnya. Salah satunya yaitu invoice proforma yang biasa disebut juga dengan istilah invoice sementara. Umumnya jenis invoice yang satu ini diberikan kepada pihak pembeli ketika suplai produk yang dipesan atau dibeli masih belum lengkap dan belum diselesaikan dengan sempurna. Invoice proforma ini memiliki ciri tersendiri yaitu diberikan kepada pihak pembeli secara bertahap. Adanya invoice ini cukup membuktikan bahwa sebagian produk telah dikirimkan atau diberikan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli.
  • Jenis invoice yang terakhir adalah invoice konsuler. Invoice jenis konsuler ini merupakan invoice yang paling eksklusif. Biasanya invoice ini digunakan pada transaksi besar seperti misalnya transaksi yang terjadi antarnegara.

Ketiga jenis invoice yang ada tentu akan sangat berguna bagi sebuah perusahaan. Masing-masing jenis invoice memang memiliki fungsinya sendiri. Namun inti format dan tujuan dari adanya invoice adalah sama yaitu sebagai bukti adanya pembelian dengan sistem kredit. Kini Anda tak perlu bingung mencari format untuk membuat invoice dengan berbagai jenis. Sebab format invoice ini telah tersedia dan bahkan invoice template bisa Anda temukan hanya dengan menatap layar komputer saja.

Kehadiran invoice template memang sangat membantu karena Anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu. Memang Anda perlu membuat format di tahap awal hingga format tersebut menjadi titik awal bagi aplikasi invoice perusahaan. Namun setelahnya Anda bisa menggunakannya tanpa harus membuat formatnya kembali. Anda bisa menggunakan berbagai jenis invoice template setiap saat sesuai dengan kebutuhan perusahaan sehingga jalannya bisnis tetap lancar.

Invoice template sering kali dibutuhkan perusahaan untuk memastikan jalannya keuangan yang lancar. Demikian halnya setelah itu dibutuhkan pula pengaturan keuangan perusahaan yang optimal dan efisien. Salah satunya melalui penggunaan program yang tepat, seperti misalnya penggunaan JojoExpense. Dengan produk yang satu ini pasti ada banyak manfaat dalam sistem keuangan perusahaan Anda. Mulai dari sistem keuangan yang bisa diakses secara mobile, proses approval yang cepat, hingga pencatatan detil keuangan yang akurat sehingga dapat menghindari resiko terjadinya pemalsuan dan penipuan keuangan.

Tentu saja aneka manfaat menarik ini bisa didapatkan berkat adanya aneka fitur menarik dari JojoExpense termasuk di antaranya yaitu Mobile Approval, Capture Expenses, Budget Controlling, Reimburse via App & Web, Cash Advanced, serta masih banyak lagi fitur lainnya. Sehingga dari berbagai macam keuntungan tersebut, maka tidak perlu merasa khawatir. Segera saja beralih pada JojoExpense dan dapatkan coba gratis di perusahan Anda sekarang juga. Jangan ambil resiko hingga keuangan Anda mengalami masalah yang besar, gunakan segera JojoExpense.