Istilah-Istilah yang Digunakan dalam Ekonomi

tujuan ekonomi syariah

Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah ekonomi. Ya, ekonomi adalah suatu ilmu sosial yang mempelajari tentang kegiatan manusia yang berkaitan dengan aktivitas produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.

Lebih ringkasnya, ekonomi adalah semua yang berhubungan dengan upaya dan daya manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya untuk mencapai suatu tingkatan kemakmuran.

Lalu, tahukah kamu apa istilah dari ekonomi? Dan apa saja istilah-istilah yang digunakan dalam ekonomi? Berikut ini akan kita jabarkan secara luas.

Oops! We could not locate your form.

Istilah Ekonomi

Istilah “Ekonomi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Oikos” yang artinya keluarga atau rumah tangga. Dan “Nomos” yang artinya peraturan atau hukum. Sehingga arti Ekonomi secara harfiah adalah suatu manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga.

Istilah-Istilah dalam Ekonomi

Kali ini akan membahas tentang istilah-istilah yang digunakan dalam ekonomi, yang mana pada artikel diatas kita sudah membahas tentang pengertian ekonomi, tujuan, dan prinsip, maka berikut ini adalah istilah-istilah dalam ekonomi.

Agregate Supply

Merupakan total nilai barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan dalam suatu periode tertentu

Agregate Demand

Istilah ekonomi ini menggambarkan jumlah belanja yang direncanakan atau diinginkan dalam suatu perekonomian secara keseluruhan dalam suatu perekonomian selama periode tertentu.

Aktivitas Investasi

Istilah ekonomi ini dikenal sebagai perolehan dan pelepasan aset jangka panjang serta investasi lain yang tidak termasuk setara kas.

Aktivitas Operasi 

Merupakan sebuah aktivitas penghasil utama pendapatan entitas (principal revenue producing activities) dan aktivitas lain yang bukan merupakan aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

Aktivitas Pendanaan (Financing)

Selanjutnya, digambarkan sebagai aktivitas yang mengakibatkan perubahan dalam jumlah serta komposisi kontribusi modal dan pinjaman entitas.

Akun

Istilah ini sering muncul dalam dunia ekonomi. Sering dikenal sebagai catatan individu mengenai kenaikan atau penurunan masing-masing pos dalam golongan aset, kewajiban dan ekuitas pemilik.

Akuntansi

Dalam perekonomian, istilah ini juga sering disebut, bahkan memiliki cabang ilmu tersendiri. Sering disebut sebagai suatu seni pencatatan, pengklasifikasian, dan pengikhtisaran dengan cara yang sepatutnya dan dalam satuan uang atas transaksi dan kejadian.

Setidak-tidaknya sebagian mempunyai sifat keuangan serta penginterpretasian hasil pencatatan tersebut.

Amortisasi

Istilah ekonomi ini mungkin jarang kamu dengar. Amortisasi memiliki arti sebagai alokasi sistematis jumlah tersusutkan suatu aset tidak berwujud selama masa manfaatnya.

Anggaran Berimbang

Kemudian ada anggaran berimbang yang disusun sedemikian rupa sehingga total belanja sama dengan total penerimaan.

Anggaran Struktural

Aggaran ini akan terjadi pada saat perekonomian bekerja pada output

Apresiasi

Ada juga istilah yang menunjukkan naiknya mata uang dalam negeri terhadap valuta asing di pasar valuta asing. Atau sering disebut dengan apresiasi

Arbitrase

Dikenal juga sebagai spekulasi tanpa resiko

Arus Kas

Bisa juga disebut sebagai arus masuk dan arus keluar kas atau setara kas.

Aset

Merupakan sumber daya yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat peristiwa masa lalu dan manfaat ekonomis di masa depan dari aset tersebut diharapkan diterima oleh entitas.

Aset ini terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

Aset Kontinjensi

Dikenal juga sebagai aset potensial yang timbul dari peristiwa masa lalu dan keberadaannya menjadi pasti dengan terjadi atau tidak terjadinya satu peristiwa atau lebih pada masa datang yang tidak sepenuhnya berada dalam kendali entitas.

Aset Korporat

Akan menjadi aset selain goodwill yang berkontribusi terhadap arus kas masa depan baik dari unit penghasil kas yang sedang ditelaah maupun unit penghasil kas lain.

Aset Moneter

Yaitu kas dimiliki dan aset yang akan diterima dalam bentuk kas yang jumlahnya pasti atau dapat ditentukan.

Aset Tidak Berwujud

Dikenal sebagai suatu aset nonmoneter yang dapat diidentifikasi tanpa wujud fisik.

Aset Tetap

Merupakan golongan aset dengan perhitungan umur ekonomis lebih dari satu tahun seperti tanah, mesin, bangunan, peralatan , dan kendaraan.

Average Product

Kemudian ada produk rata-rata, yaitu produk total atau output total dibagi oleh kuantitas dari satu jenis input.

Average Revenue

Ada juga penerimaan rata-rata, yaitu penerimaan total dibagi oleh jumlah unit total yang dijual yaitu penerimaa unit

Balance of Trade

Dikenal juga sebagai Neraca Perdagangan, yaitu bagian dari neraca pembayaran yang merinci impor dan ekspor barang berwuju

Bank Komersial

Merupakan sebuah lembaga perantara keuangan yang fungsi utamanya yaitu menerima simpanan giro.

Bank Sentral

Adalah sebuah badan atau instansi pemerintah yang bertanggung jawab terhadap pengendalian peredaran uang dan kondisi perkreditan nasional.

Barter

Isitlah ekonomi ini memperlihatkan cara perdagangan dimana barang ditukar dengan barang.

Biaya Bunga

Sering juga disebut dengan Interest Cost, yaitu kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti yang timbul selama suatu periode karena periode tersebut semakin dekat dengan penyelesaian.

Biaya Jasa Kini 

Istilah ekonomi ini sering disebut dengan (Current Service Cost). Yaitu kenaikan nilai kini kewajiban imbalan pasti atas jasa pekerja dalam periode berjalan.

Biaya Marjinal

Merupakan tambahan dalam jumlah biaya yang diperlukan untuk menghasilkan satu tambahan unit output.

Biaya Minimum

Istilah ekonomi selanjutnya, memiliki arti sebagai biaya per unit terendah yang mungkin dicapai.

Budget Line

Dikenal sebagai garis di suatu grafik yang sumbu-sumbunya menggambarkan kombinasi barang yang bisa dibeli oleh konsumen.

Bursa Efek

Merupakan sebuah tempat diperjualbelikan efek-efek atau tempat bertemunya pihak yang menawarkan dan pihak yang memrlukan dana jangka panjang.

Cadangan Bank

Adalah bagian atas simpanan masyarakat di bank yang harus disimpan di bank sentral tanpa menerima bunga.

Clearing Market

Merupakan suatu pasar dimana harga-harga cukup fleksibel untuk menyeimbangkan penawaran dan permintaan dalam waktu singkat.

Debit

Istilah ekonomi ini mungkin sudah sering kamu kenal. Sering diketahui sebagai suatu pertambahan dalam aktiva atau pengurangan dalam pasiva.

Deflasi

Istilah ekonomi ini juga sudah sangat sering disebut dalam perekonomian. Memiliki arti sebagai penurunan tingkat harga secara umum.

Deposito Berjangka

Merupakan dana yang disimpan di bank dan hanya dapat ditarik kembali setelah suatu jangka waktu tertentu.

Giro

Adalah simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, surat perintah pembayaran lainnya, atau dengan cara pemindah bukuan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Goodwill

Dikenal sebagai suatu aset yang mencerminkan manfaat ekonomi masa depan yang timbul dari aset lainnya yang diperoleh dalam kombinasi bisnis yang tidak dapat diidentifikasi secara individual dan diakui secara terpisah.

Harga Pokok Penjualan

HPP merupakan jumlah biaya yang terjadi untuk memperoleh suatu pendapatan atau memproduksi barang yang akan dijual , termasuk biaya angkut.

Kebijakan Akuntansi

Yaitu prinsip, dasar, konvensi, peraturan dan praktik tertentu yang diterapkan entitas dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan.

Kewajiban 

Sering disebut dengan liability, yaitu kewajiban kini entitas yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya diperkirakan mengakibatkan pengeluaran sumber daya entitas.

Kliring

Istilah ekonomi ini cukup jarang didengar. Memiliki arti sebagai transaksi lalu lintas pembayaran yang dimaksudkan untuk memudahkan penyelesaian hutang piutang antar bank yang timbul dari transaksi giral.

Kredit

Adalah penggunaan dana orang lain sebagai imbalan dari janji akan membayar dikemudian hari.

Laba Ditahan

Merupakan tambahan modal yang berasal dari laba bersih periode sebelumnya yang tidak dibagikan sebagai deviden kepada para pemegang saham.

Laba Rugi

Istilah ekonomi ini cukup sering digunakan, terutama dalam dunia akuntansi. Merupakan total pendapatan dikurangi beban, tidak termasuk komponen-komponen pendapatan komprehensif lain.

Mark Up

Adalah jumlah yang ditambahkan pada biaya untuk menentukan harga.

Mata Uang Asing

Merupakan suatu mata uang selain mata uang fungsional suatu entitas.

Material

Istilah ekonomi ini sering diartikan sebagai suatu kelalaian pencantuman atau kesalahan-penyajian item (omissions or misstatements of item). Yaitu material jika hal tersebut, secara individual atau kolektif, mempengaruhi keputusan ekonomi pemakai yang diambil berdasarkan laporan keuangan.

Metode Ekuitas

Adalah metode akuntansi di mana investasi pada awalnya diakui sebesar biaya perolehan dan selanjutnya disesuaikan untuk perubahan pasca perolehan dalam bagian investor atas aset neto investee.

Di mana, laba atau rugi investor meliputi bagian investor atas laba atau rugi investasi.

Neraca

Merupakan laporan keuangan yang menunjukan kekayaan perusahaan dan kewajiban terhadap kekayaan pada saat tertentu.

Opportunity Cost

Istilah ekonomi ini dikenal juga sebagai biaya peluang. Yaitu biaya penggunaan sumber daya untuk tujuan tertentu yang diukur oleh manfaat yang diberikan dari tidak digunakannya sumber-sumber tersebut dalam alternatif penggunaan yang paling baik.

Pajak

Kamu tentu sering mendengar istilah ekonomi ini. Pajak dikenal juga sebagai pungutan yang dikenakan oleh pemerintah atas keuntungan perusahaan, pendapatan individu, dan nilai jual suatu barang.

Pendapatan

Kamu tentunya juga sudah sangat sering mendengar istilah ini, bukan? Pendapatan sering disebut juga sebagai arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul dari aktivitas normal entitas selama suatu periode. 

Di mana, arus masuk tersebut mengakibatkan kenaikan ekuitas, yang tidak berasal dari kontribusi penanam modal.

Periode Vesting

Sering disebut juga dengan Vesting Period. Yaitu periode dimana semua kondisi vesting yang ditentukan dalam perjanjian pembayaran berbasis saham harus dipenuhi.

Risiko Likuiditas

Istilah ekonomi ini, menggambarkan sebuah risiko di mana suatu entitas menghadapi kesulitan dalam memenuhi kewajiban terkait dengan kewajiban keuangannya

Saving

Sering dikenal dengan sebutan tabungan. Merupakan seluruh pendapat disposibel yang tidak digunakan untuk konsumsi barang dan jasa.

Selisih Kurs

Merupakan selisih yang dihasilkan dari penjabaran sejumlah tertentu satu mata uang ke dalam mata uang lainnya pada nilai tukar yang berbeda.

Siklus Akuntansi

Istilah ekonomi ini, berisikan langkah-langkah dalam pekerjaan akuntansi mulai dari mencatat transaksi, mengklasifikasitransaksi kedalam akun-akun yang sesuai.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK)

Istilah ini sudah pernah kami bahas sebelumnya. DIkenal sebagai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan (ISAK) dan produk standar lain yang dikeluarkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan – Ikatan Akuntan Indonesia (DSAK – IAI).

Surplus Konsumsi

Adalah selisih antara nilai total yang ditempatkan konsumen pada semua unit komoditi tertentu yang dikonsumsi.

Subsidi

Merupakan bantuan dalam bentuk barang atau uang kepada produsen ataupun konsumen untuk mengurangi biaya produksi atau mengendalikan harga.

Total Laba Rugi Komprehensif

Dikenal sebagai perubahan ekuitas selama satu periode yang dihasilkan dari transaksi dan peristiwa lainnya. Selain perubahan yang dihasilkan dari transaksi dengan pemilik dalam kapasitasnya sebagai pemilik.

Uang Jaminan

Merupakan dana yang diterima oleh penjual dari pembeli sebagai jaminan pelaksanaan pembayaran harga barang yang dibeli di masa yang akan datang.

Utang Dagang

Merupakan utang yang timbul karena pembelian barang dagang, jasa, atau aktiva lainnya yang dilakukan secara kredit atau angsuran. Serta sudah harus dilakukan penyelesaiannya dalam satu masa perputaran usaha.

Utang Hipotik

Merupakan suatu jenis pinjaman jangka panjang dengan jaminan benda-benda tidak bergerak.

Wesel Bayar

Yaitu kewajiban yang dinyatakan dalam bentuk surat kesanggupan membayar (promes). Atau dalam bentuk surat perintah membayar (wesel) yang telah diakseptasi oleh debitur.

Wesel Pinjam

Merupakan hutang wesel yang terjadi akibat adanya transaksi peminjaman uang dari nasabah kepada lembaga keuangan. Di mana pihak peminjam menyatakan kesanggupan untuk membayar pinjaman tersebut pada lembaga keuangan.

Dari beberapa istilah di atas, mungkin akan sulit untuk dipahami jika tidak melihat bagaimana penerapan dan aplikasinya secara langsung. Oleh sebab itu ada baiknya mencoba untuk melihat kira-kira bagimana penerapan istilah-istilah tersebut. Terutama yang berkaitan dengan bisnis dan usaha di Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa contoh penerapan istilah-istilah ekonomi tadi secara nyata. Khususnya untuk istilah yang populer dan banyak dilakukan oleh pengusaha mulai dari yang kecil, menengah hingga besar.

Penerapan Istilah Ekonomi Aktivitas Pendanaan

Saat ini ada banyak bisnis yang aktif mencari pendanaan dari berbagai macam hal, termasuk mencari dari berbagai macam cara. Salah satunya yang sedang banyak dipilih yaitu bisa dengan pendanaan dari bank maupun dengan pendanaan online maupun crowd funding. Pastinya banyak orang awam merasa bingung apa yang dimaksud dengan kedua hal tersebut dan bagaimana mekanismenya. Jadi, yuk bahas satu-persatu supaya jelas!

Mulai dari pendanaan bank, hal ini merupakan aktivitas pendanaan yang dilakukan dengan jalan mengajukan pinjaman kepada pihak bank. Contohnya jika membutuhkan suntikan modal untuk membuka gerai usaha baru. Maka bisa saja pemilik mengajukan sejumlah pinjaman sesuai besaran dana yang diperlukan untuk memastikan bahwa bisnis yang ingin dilakukan bisa berjalan lancar. Nah, biasanya untuk bisa mendapatkan pendanaan dengan jalan seperti ini, maka ada banyak persyaratan yang akan diminta oleh pihak bank, termasuk umumnya dilakukan survei dalam hal keuangan untuk memastikan apakah sanggup atau tidak untuk dapat mengembalikan pinjaman sesuai kurun waktu yang ditentukan.

Selanjutnya bisa pula dengan pengajuan pinjaman online yang akhir-akhir ini cukup marak dijalankan. Bahkan pemilik usaha dapat dengan mudah mendapatkan dana bernilai jutaan hingga belasan juta dengan cara yang sangat mudah. Tentunya hal ini cocok sekali bagi yang ingin memulai usaha atau bisnis kecil rumahan. Dengan modal kecil dan waktu pengembalian yang singkat, maka bisnis dapat diwujudkan dengan cepat dan mudah.

Tak kalah lagi saat ini juga ada istilah crowd funding, yaitu aktivitas pendanaan yang dilakukan dengan menghimpun sejumlah pemodal melalui berbagai macam mekanisme. Salah satunya yang paling populer yaitu dengan jalan menawarkan saham, atau banyak dikenal dengan nama equity crowdfunding. Sehingga banyak yang dapat terlibat untuk berinvestasi dan memudahkan pemilik usaha untuk mengembalikan dana berupa deviden atau keuntungan perusahaan sesuai skema yang ditawarkan.

Penerapan Istilah Ekonomi Barter

Siapa yang tidak paham dengan istilah barter? Istilah ini sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan pada jaman sebelum mata uang ditemukan, maka aktivitas ekonomi dan perdagangan dilakukan dengan menggunakan sitem barter tersebut. Yang paling sering dipilih dalam dunia perdagangan yaitu dengan jalan barter menggunakan emas di masa lampau, namun kini hal semacam itu telah tergantikan dengan sistem penggunaan mata uang.

Akan tetapi bukan berarti aktivitas barter tidak dilakukan sama sekali. Saat ini masih banyak komunitas yang menggunakan sistem barter dengan jalan melakukan pertukaran barang sejenis dengan nilai yang kurang lebih sama. Namun tentu saja bukan hal yang umum dan harus bersifat tertentu. Sehingga dalam hal ini pihak yang saling membutuhkan harus dapat berkomunikasi dan memberikan informasi pertukaran yang hendak dilakukan. Contohnya barter produk seperti kamera atau produk seperti headset. Cukup banyak komunitas khusus yang menggunakan cara ini untuk dapat mencoba berbagai macam barang dengan cara yang lebih efisien.

Penerapan Istilah Ekonomi Debit

Nah, pasti banyak yang sudah paham betul jika bicara tentang kata debit. Apalagi di jaman sekarang ini perputaran uang cash terasa lebih minim dibandingkan dahulu kala. Kebanyakan orang lebih banyak menggunakan sistem uang elektronik, atau yang banyak disebut juga dengan menggunakan kartu debit.

Umumnya kartu debit ini dikeluarkan oleh pihak tertentu yaitu dalam hal ini bank yang bersangkutan. Baik itu bank swasta maupun bank dari pemerintah. Sehingga untuk bisa mendapatkan kartu debit tentunya seseorang harus memenuhi persyaratan yang diajukan untuk kemudian mendapatkan kartu debit yang dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi.

Penggunaan kartu debit sendiri bisa dikatakan sudah cukup umum dan luas. Apalagi jika melakukan transaksi di pusat perbelanjaan besar seperti mall. Dengan hal ini maka pelanggan tidak perlu membawa sejumlah uang cash. Apalagi jika berencana untuk membayar dalam jumlah besar secara lebih praktis dan juga lebih aman. Menggunakan kartu debit dirasa paling tepat dan sesuai serta mudah untuk dilakukan. Bahkan banyak juga transaksi dunia maya yang sudah memberikan fasilitas berupa penggunaaan kartu debit tersebut. Sehingga proses jual beli lebih cepat dan jauh lebih mudah.

Penerapan Istilah Ekonomi Kredit

Lain halnya dengan debit, maka ada pula istilah ekonomi kredit. Istilah yang satu ini juga banyak ditemukan di dunia bisnis. Mulai dari kredit kecil-kecilan hingga yang berskala besar. Misalnya saja kredit untuk pembelian barang untuk peralatan rumah tangga. Ada banyak toko yang saat ini memfasilitasi pelanggan dengan sistem kredit tersebut. Sehingga dapat membeli barang dalam rupa cicilan menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank.

Selain itu ada pula bentuk kredit untuk pembelian produk yang lebih besar harganya. Sebut saja kredit untuk pembelian kendaraan bermotor atau bahkan kredit untuk kepemilikan rumah. Semua memiliki persyaratan sendiri-sendiri serta memiliki bunga dan besaran cicilan yang berbeda-beda. Tergantung kesepakatan yang dilakukan oleh pihak penerima kredit dan pemberi kredit. Pemberi kredit juga bermacam-macam, bisa melalui pihak bank, namun saat ini juga banyak menggunakan jasa perantara leasing untuk kendaraan bermotor. Sehingga proses jual beli lebih mudah dan tidak harus bergantung pada sejumlah uang yang dimiliki pada saat itu.

Penerapan Istilah Ekonomi Subsidi

Terakhir yang akan kita bahas yaitu istilah ekonomi subsidi. Ini merupakan hal yang juga umum diberikan, biasanya diberikan oleh pihak pemerintah terhadap warganya di bidang tertentu. Salah satu contohnya yaitu pada bisnis jual beli rumah sederhana yang diberikan melalui program pemerintah. Disini pemerintah memberikan subsidi harga rumah untuk rakyat yang tidak mampu sehingga dapat memiliki tempat tinggal sesuai kemampuan dan besaran pendapatan rakyat tersebut. Namun pasti ada sejumlah persyaratan penting yang harus dipenuhi dalam hal ini. Sehingga dapat menerima subsidi sepenuhnya.

Ada pula subsidi yang diberikan sebagai tunjangan pada beberapa profesi, contohnya saja subsidi untuk para guru dari pemerintah. Sehingga dalam hal ini para pendidik ini berhak untuk mendapatkan beberapa macam subsidi seperti misalnya transportasi dan kebutuhan sejenis lainnya. Dari sini maka secara tidak langsung subsidi merupakan salah satu program yang diberikan oleh pemerintah untuk kepentingan kesejahteraan rakyat. Sehingga tentunya rakyat tetap dapat hidup sejahtera dan sebisa mungkin tidak berkekurangan melalui adanya pemberian subsidi tersebut.

Sudah banyak istilah dari ekonomi yang kamu ketahui, bukan? Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

JojoExpense

Untuk pengelolaan keuangan perusahaan kamu dapat menggunakan JojoExpense, karena membantu kamu mengelola pengeluaran perusahaan dengan lebih efisien dan hemat waktu.

Dengan JojoExpense, pengeluaran perusahaan tercatat dengan baik dan terhindar dari penipuan keuangan. Selamat mencoba!