Tips Memilih Jam Tangan Pintar atau Smartwatch yang Berkualitas

Di era yang serba digital ini dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, fungsi jam tangan pun kini ikut bergeser, bukan hanya sekadar sebagai penunjuk waktu, jam tangan kini juga dilengkapi dengan ragam fitur canggih mendekati fungsi smartphone. Smartwatch, begitulah sebutan jam tangan pintar ini.

Salah satu fungsi utama jam tangan pintar adalah untuk mendukung berbagai aktivitas dan gaya hidup atau lifestyle sehat para penggunanya. Anda akan memakainya sepanjang hari, baik saat menjalani kegiatan harian, olahraga, dan bahkan saat tidur.

Dan pada artikel kali ini Jojonomic akan memberikan tips bagaimana cara memilih jam tangan pintar yang berkualitas, dan pastinya yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya, Anda juga akan mengetahui sejarah, manfaat dan fungsi dari sebuah jam tangan pintar. So simak terus artikel dibawah ini ya!

Awal Mula Kemunculan Smartphone

Long Before Most, Intel Chased The Smart Watch : All Tech Considered : NPR

1970: Intel & Microma

Intel dan Microma Universal Tahun 1970 dipercaya sebagai tahun awal kemunculan Smartwatch. Intel menjadi salah satu perusahaan yang menghadirkan Smartwatch dengan membeli sebuah perusahaan jam bernama Microma Universal. Menurut Co-Founder Intel Gordon Moore, mereka adalah perusahaan yang pertama kali merilis arloji pertama dengan layar jenis LCD (liquid crystal display). Namun, Smartwatch  yang diluncurkan oleh Intel & Microma terhitung gagal karena minimnya teknologi yang diadopsi pada Smartwatch.

1982 Seiko

SmartWatch – septianragil

Pada masa awalnya, jam pintar ini hanya bisa untuk menyimpan data sebanyak 24 digit, yang diproduksi oleh Seiko, berseri Pulsar NL C01. Seiring dengan perkembangan, pada tahun 1983, Seiko meluncurkan Pulsar seri D409 dengan kemampuan menampilkan papan ketik pertama yang mampu mengadopsi 2000 karakter dengan layar dot matrix.

1990 Kemampuan Smartwatch Berkembang Pesat

The original smartwatches: Casio's history of wild wrist designs - The Verge

Perlahan dan pasti. Jam pintar semakin pintar. Dari hanya sekadar menyimpan data, jam pintar mulai memiliki kemampuan menghitung, terhubung dengan komputer melalui kabel, pengaturan waktu dunia, membuat memo, dan sudah bisa berfungsi pula sebagai pager. Kemampuan-kemampuan ini tercipta pada tahun 1990.

Manfaat dan Fungsi Smartwatch

Best smartwatch 2021: Top picks for every budget | Tom's Guide

Liburan Menjadi Semakin Praktis

Jika Anda gemar berpetualang dan bepergian keluar negeri, jam pintar dapat menjadi teman setia kalian. Selain mampu menunjukkan boarding pass secara praktis, kebanyakan smartwatch memiliki fitur waterproof yang dapat kalian gunakan hingga kedalaman  50 meter. Smartwatch juga cocok bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung karena dapat dengan mudah menavigasi jalan dengan GPS, altimeter, barometer dan kompas.

Memantau Kesehatan Tubuh

Smartwatch secara berkala akan mencatat dan mengawasi tekanan darah dan detak jantung, sehingga saat terjadi perubahan tekanan serta detakan, smartwatch mampu memperingati pengguna untuk mengunjungi dokter secepatnya. Selain kesehatan tubuh, smartwatch mampu mengukur tingkat stres yang Anda alami dan merekomendasikan solusi yang tepat.

Menjaga Asupan Nutrisi

Awasi asupan nutrisi yang Anda konsumsi dengan aplikasi pada smartwatch. Aplikasi ini akan menyarankan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Selain kalori, nutrisi lain seperti protein, serat dan gula akan diawasi jumlahnya. Jika, jumlah yang dikonsumi kurang atau melewati batas, smartwatch akan memberikan peringatan.

Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Smartwatch

Coronavirus vs. High Tech: Round 1 - Smartwatches

Membeli Sesuai Tujuan dan Kebutuhan

Apakah Anda termasuk orang yang mobile karena punya banyak kegiatan? Kalau iya, Anda perlu banget punya jam tangan smartwatch. Selain buat menunjang penampilan Anda dengan beragam bentuknya yang keren, alat ini juga bisa banget mempermudah kehidupan Anda. Mulai dari lihat notifikasi, membalas pesan, bermain game, sampai tetap update dengan berita-berita terkini.

Smartwatch Mempunyai Kompatibilitas yang Berbeda-beda

Misalnya Anda punya smartphone berbasis Android, Anda tidak usah beli smartwatch keluaran Apple. Percuma, soalnya tidak bisa dipakai juga. Pun dengan Anda yang punya iPhone, pastikan smartphone Anda sudah menggunakan iOS 10 ke atas. Hal ini penting banget untuk Anda ketahui sebelum memutuskan untuk beli smartwatch.

Kapabilitas Smartwatch

Sebelum memutuskan untuk membeli, ingatlah akan hal dasar ini. Seberapapun harganya, teknologi terkini yang digunakan apabila smartwatch tersebut tidak nyaman digunakan, maka tidak ada artinya. Jadi, pastikan jam pintar kita nyaman dipakai dan ukurannya tidak terlalu besar.

Selain itu, fungsi dari smartwatch harus menunjang aktifitas sehari-hari. Maka, perhatikan pula masa pakai baterai dari smartwatch tersebut, umumnya daya tahan dapat berkisar dari satu hari hingga beberapa hari, tergantung pemakaiannya.  Pastikan pula smartwatch yang kita pilih termasuk yang tahan air atau tidak. Sebab, sebagian besar jam tangan pintar tidak tahan air. Hal ini karena teknologi yang berada di dalamnya tidak memungkinkan untuk berada di dalam air. 

Tips Memilih Smartphone Berkualitas

Best smartwatches in 2020 - PhoneArena

Telah Mendukung Notifikasi

Smartwatch dengan notif email, panggilan telepon hingga pesan teks adalah smartwatch yang sebaiknya Anda pilih. Fitur-fitur ini tentu akan sangat menunjang kegiatan sehari-hari Anda. Apa lagi jika Amda adalah seorang pekerja kantoran, fitur tersebut penting untuk ada di smartwatch, agar penggunaan yang lebih efisien.

Perhatikan Sistem Operasi

Berikutnya, Anda perlu menyesuaikan sistem operasi (OS) yang berjalan pada jam dengan smartphone yang saat ini Anda miliki, sehingga keduanya dapat terkoneksi secara baik. Sebisa mungkin, pilih jam pintar yang mendukung sistem operasi terpopuler, yaitu Android dan iOS. Sehingga jika Anda berganti ponsel, Anda tak perlu berganti jam.

Pelajari Spesifikasinya

Ketahui juga spesifikasi dari smartwatch pilihan Anda. Sebelum membeli sebaiknya Anda melakukan riset kecil untuk mencari tahu spesifikasi dari smartwatch yang menjadi pilihan Andasecara lengkap. Pelajari pula fungsi fitur seperti GPS, NFC, heart rate monitor, pedometer, fitness tracker, quantitied self, dan lainnya.

JojoExpense, untuk Menunjang Efisiensi Perusahaan Anda

Jojo Expense merupakan sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk memudahkan kinerja Anda dalam manajemen keuangan dan pengeluaran. Aplikasi ini efektif dalam meningkatkan efisiensi pekerjaan hingga 76 persen.

Jojo Expense

Selain itu, fitur pendukungnya pun cukup lengkap. Mulai dari Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online hingga Transfer Antar Bank secara Real Time. Tak hanya itu, Jojo Expense juga dilengkapi dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!