Jaringan Komputer : Pengertian, Topologi, dan Manfaatnya

jaringan komputer

Mungkin Anda sering mendengar istilah “LAN” atau “WAN”. Tahukah Anda bahwa mereka adalah jaringan komputer? Pada artikel kali ini, kita akan memulai pembahasan dari pengertian, jenis dan topologi jaringan komputer.

Pengertian Jaringan Komputer

jaringan komputer

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan komputer berkomunikasi satu sama lain dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan. Pihak yang meminta / menerima layanan disebut klien, dan pihak yang menyediakan / mengirim layanan disebut server.

Desain ini disebut sistem klien-server dan digunakan di hampir semua aplikasi jaringan komputer. Kemudian dua komputer dengan kartu jaringan digunakan sebagai media transmisi data melalui kabel atau koneksi nirkabel, dan sebuah perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk jaringan komputer sederhana. Jika Anda ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas, Anda memerlukan perangkat lain, seperti hub, jembatan, sakelar, router, dan gateway sebagai perangkat interkoneksi.

Pahami topologi jaringan komputer

jaringan komputer

Topologi adalah struktur atau tata letak antar perangkat yang terhubung dalam jaringan komputer dan terdiri dari beberapa jenis, berikut adalah jenis-jenis topologi jaringan:

Topologi bus

Adalah topologi dengan satu kabel atau pusat yang menghubungkan setiap workstation dan server. Keuntungan dari topologi bus adalah tidak akan mengganggu workstation lain saat mengembangkan jaringan atau menambah workstation baru. Kekurangan dari topologi bus adalah ketika terjadi masalah pada kabel sentral maka seluruh jaringan akan terganggu.

Topologi cincin

Topologi ring atau topologi ring adalah topologi yang terbentuk bila semua perangkat yang terhubung mirip dengan pola cincin atau lingkaran. Setiap workstation atau server dalam topologi ini akan menerima informasi dan menyebarkannya dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Jika alamat yang dimaksud sudah sesuai maka pesan akan diterima, jika tidak pesan akan terkirim.

Keuntungan dari topologi ring adalah tidak akan terjadi kolusi atau konflik data, karena hanya satu node yang dapat mengirimkan data pada satu waktu. Pada saat yang sama, kurangnya topologi ring berarti ketika salah satu node mengalami masalah, seluruh jaringan akan terputus.

Topologi bintang

Topologi star adalah topologi dimana setiap workstation memiliki jalur / kabel yang terhubung langsung ke server atau hub. Keunggulan dari topologi star adalah ketika salah satu workstation mengalami gangguan maka tidak semua workstation yang ada di jaringan komputer mengalami gangguan, karena setiap workstation memiliki jalurnya masing-masing.

Karena memiliki jalur sendiri maka bandwidth atau lebar jalur komunikasi pada kabel akan semakin lebar sehingga mempengaruhi beban kerja jaringan. Kekurangan dari topologi star adalah lebih mahal karena membutuhkan kabel yang lebih besar dibandingkan dengan topologi lainnya sehingga mengakibatkan biaya yang lebih tinggi.

Topologi pohon

Ini merupakan gabungan dari topologi bus dan topologi star. Topologi ini mirip dengan metode pemotongan akar pohon, sehingga disebut topologi pohon. Anda dapat mengatakan bahwa hanya perangkat hub yang terhubung langsung ke pohon bus, dan setiap hub bertindak sebagai akar dari pohon perangkat.

Untuk kelebihan dan kekurangan dari topologi tree sama dengan kelebihan dan kekurangan dari bus dan topologi tree, namun karena adanya percampuran antara struktur bus dan star maka mendukung kemudahan perluasan jaringan lebih baik daripada menggunakan topologi bus Atau topologi bintang.

Topologi kisi

Topologi mesh ini biasanya digunakan ketika tidak ada hubungan komunikasi yang benar-benar terputus antar node dalam jaringan komputer. Oleh karena itu, satu perangkat akan langsung terhubung ke perangkat lain di jaringan.

Keunggulan dari topologi mesh ini adalah komunikasi antar komputer lebih cepat dan aman, karena komunikasi yang terjadi langsung diterima oleh target client. Jika ada masalah dengan salah satu perangkat, jaringan tidak akan terpengaruh oleh interferensi.

Kerugian dari topologi mesh pada jaringan komputer adalah harganya yang lebih mahal karena membutuhkan lebih banyak kabel. Apalagi jumlah kabel yang digunakan begitu banyak sehingga sulit untuk mengatur dan menata kabelnya, dan tentunya dibutuhkan ruang tambahan.

Manfaat jaringan komputer

jaringan komputer

Jaringan komputer dibutuhkan untuk mendukung berbagai keperluan. Mulai dari penggunaan pribadi, institusi lokal seperti sekolah dan rumah sakit, hingga perusahaan multinasional, semuanya membutuhkan jaringan untuk mendukung kegiatan operasional. Anda dapat melihat beberapa manfaat jaringan dalam daftar di bawah ini.

Bagikan file melalui jaringan komputer

Dokumentasi adalah bagian penting dari bisnis organisasi mana pun. Untuk memaksimalkan produktivitas, pembuatan dan pengiriman dokumen antar departemen harus diselesaikan seefisien mungkin. Di sinilah jaringan komputer berperan penting. Dengan menggunakan Internet, staf di ruang bawah tanah dapat mengirim file ke orang lain di lantai 5 dalam beberapa detik. Jika tidak ada jaringan, bayangkan berapa banyak waktu yang terbuang hanya untuk mengirim dokumen.

Menjaga kerahasiaan data

Baik individu maupun organisasi pasti memiliki data rahasia yang harus dilindungi dengan baik. Kebocoran data rahasia akan merugikan pemiliknya. Dengan menggunakan jaringan komputer, proses pengiriman data dapat diselesaikan dengan aman. Melalui jaringan area lokal (LAN), Anda dapat bertukar data rahasia tanpa khawatir disadap atau dicuri oleh dunia luar. Bahkan jika Anda perlu mengirim data melalui Internet, Anda juga dapat menggunakan berbagai fungsi keamanan jaring-an komputer untuk memastikan bahwa data mencapai tujuannya dengan aman.

Berkomunikasi dengan mudah

Dalam organisasi mana pun, komunikasi antar departemen akan menentukan efektivitas dan efisiensi kerja. Kecepatan komunikasi dapat dicapai melalui teks, panggilan suara dan video, semuanya tergantung pada kualitas jaringan. Dengan bantuan jaring-an komputer, seluruh manajer cabang di berbagai kota dapat saling berkomunikasi untuk mengatasi kendala yang dihadapi perusahaan.

Para eksekutif juga dapat memantau kondisi perusahaan secara real time melalui data yang dapat diakses dari jarak jauh, tanpa harus datang langsung ke kantor. Sekali lagi, semua ini terjadi melalui komunikasi antar komputer di jaringan.

Penyebaran informasi

Jaring-an komputer memungkinkan siapa saja untuk membuat, berbagi, dan mengakses informasi terbaru kapan pun dan di mana pun, tidak hanya kota, negara, dan benua. Bagi instansi dan perusahaan, kecepatan memperoleh informasi sangatlah penting. Semakin cepat dan lengkap informasi yang diperoleh, dan semakin banyak informasi yang dapat dipertimbangkan dari berbagai sudut, semakin matang dan masuk akal keputusan yang akan diambil.

Kesimpulan

Oleh karena itu, kami mulai dengan pengertian jaring-an komputer, manfaat, jenis dan jenis perangkat jaring-an komputer yang biasa digunakan, dan menulis artikel singkat tentang jaring-an komputer. Semoga informasi ini bermanfaat untuk semua orang, dan bagi anda yang sedang membutuhkan software JojoExpense untuk mengelola keuangan perusahaannya.

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%
Dengan JojoExpense, Anda dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan finansial, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan Anda sepenuhnya. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!