Jenis jenis Domain : Mengenal Apa itu Domain dan Manfaatnya

bisnis tanpa modal

jenis jenis domain sebagian besar bisnis mereka secara online, dan bisnis yang tidak menggunakan eCommerce dibiarkan berebut untuk membuat kehadiran online.

Pada akhir tahun, penjualan eCommerce  diperkirakan akan melampaui setengah triliun dolar dengan sekitar tiga dari empat orang melakukan setidaknya satu pembelian online per tahun. Tampaknya pertumbuhan e-commerce yang berkelanjutan tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Karena semakin banyak bisnis yang beralih ke online, tentu saja akan ada lebih banyak persaingan untuk nama domain. Nama domain Kamu mewakili dan merek bisnis online Kamu, jadi mari pelajari lebih lanjut tentang mereka sehingga Kamu dapat memilih domain terbaik untuk kebutuhan Kamu.

Memahami berbagai jenis nama domain

Jadi, jika Kamu sedang membangun sebuah situs web , salah satu pilihan terberat dan paling penting yang pada akhirnya harus Kamu ambil adalah memilih nama domain situs web yang ideal.

Memilih nama yang tepat nama yang tersedia, sesuai anggaran Kamu, ramah SEO , dan yang membantu membangun merek Kamu dapat membuat atau menghancurkan kinerja online bisnis Kamu.

Tahukah Kamu bahwa ada lebih dari satu jenis nama domain? Sebelum Kamu mencari nama domain dan ekstensi nama domain yang tersedia dan sesuai dengan merek Kamu, penting bagi Kamu untuk menemukan semua jenis yang berbeda dan memahami aplikasinya secara keseluruhan.

Apa itu domain?

Jadi, mari kita mulai dengan apa itu nama domain situs web. Pada intinya, nama domain adalah apa yang ada di antara tkamu protokol (HTTP://) dan garis miring pertama di URL atau alamat web.

Untuk URL: https://www.domain.com/hosting/, nama domainnya adalah: domain.com . Apa yang mungkin tidak Kamu sadari adalah bahwa domain ini adalah stand-in yang mewakili alamat IP komputer atau situs web.

Setiap perangkat yang menggunakan internet diberikan alamat IP. Alamat IP tersebut adalah pengenal khusus yang berasal dari perangkat yang tidak dapat digunakan oleh perangkat yang berbeda secara bersamaan.

Untuk membentuk buku alamat virtual yang belum sempurna, ilmuwan komputer menciptakan Sistem Alamat Protokol Internet. Mereka memberi komputer dan situs web string angka unik 32-bit atau 128-bit yang dikenal sebagai Alamat IP yang dapat membedakan mereka dari yang lain.

Meskipun sistem awal ini berhasil, masih rumit bagi ilmuwan komputer untuk berkomunikasi secara efektif, apalagi bagi orang yang kurang paham komputer. Ilmuwan komputer kemudian menciptakan sistem nama domain, di mana pemilik situs web dapat mendaftarkan nama unik yang bertindak sebagai sinonim atau pengganti untuk alamat IP.

jenis jenis domain

Sistem Nama Domain (DNS)

The Domain Name System fungsi dengan mengubah nama domain menjadi karakter set alamat IP, melalui server Domain Name System. Sistem ini terletak di jutaan server di seluruh dunia tetapi bertindak sebagai satu kesatuan database.

Saat Kamu mengetik nama domain di browser pencarian Kamu, browser kemudian berkomunikasi dengan server nama untuk menemukan alamat IP yang cocok dengan nama itu.

Jika Kamu belum menentukan ekstensi domain, permintaan itu akan melalui server yang diurutkan berdasarkan hierarki Sistem Nama Domain, dimulai dengan ekstensi tingkat atas dan kemudian bergerak ke bawah. Tidak mengherankan, ini membuat web di seluruh dunia jauh lebih mudah dinavigasi, yang mendorong lebih banyak orang untuk memanfaatkan layanannya.

Nama domain mencapai tiga hal:

  • Ciptakan kesan pertama yang bertahan lama

Nama domain adalah hal pertama yang akan dilihat calon pelanggan dari situs Kamu dan merupakan interaksi awal mereka dengan merek Kamu. Nama domain yang unik atau mudah diingat akan sesuai dengan keinginan mereka dan melekat di kepala mereka. Sebuah domain yang tidak sesuai, di sisi lain, dapat mematikan calon pelanggan.

  • Tentukan merek Kamu

Nama domain dapat digunakan untuk langsung berbicara dengan merek Kamu, memberi tahu pelanggan siapa Kamu dan apa yang Kamu jual. Nama domain yang relevan dapat membantu memasukkan pelanggan Kamu ke dalam produk Kamu, atau nama domain yang unik dapat membuat tautan yang mengaitkan nama Kamu dengan produk Kamu.

  • Optimalkan SEO

Optimisasi mesin pencari menggunakan kata kunci untuk membantu peringkat SEO Kamu. Domain yang sama persis tidak diperlukan, tetapi akan sangat membantu jika menggunakan domain yang mirip.

jenis jenis domain

Jenis Jenis Domain

Seperti disebutkan, ada hierarki dalam registri nama domain yang membedakan domain satu sama lain.

1.      Domain Tingkat Atas (TLD)

Pada tahun 1985, The Internet Assigned Numbers Authority (IANA) merilis enam nama domain tingkat atas. Domain tingkat atas (TLD) ini dikenal sebagai ekstensi nama domain dan mewakili tingkat tertinggi dalam hierarki Sistem Nama Domain. Mereka termasuk:

  • .com : singkatan untuk komersial, .com adalah domain tingkat atas pertama yang umum digunakan. Sementara .com awalnya dibuat untuk digunakan oleh organisasi komersial, pembatasan ini tidak ketat. Pada pertengahan 1990-an, .com telah menjadi jenis domain tingkat atas yang paling populer dan umum digunakan untuk bisnis, situs web, dan email.
  • .net : singkatan untuk jaringan, .net dibuat khusus untuk lembaga yang mengambil bagian dalam teknologi jaringan seperti penyedia layanan internet atau perusahaan infrastruktur. Seperti halnya .com, pembatasan yang dimaksudkan untuk membatasi .net untuk tujuan jaringan tidak pernah ditegakkan dan itu menjadi salah satu domain tingkat atas yang lebih populer, dengan banyak yang melihatnya sebagai yang kedua setelah menggunakan domain tingkat atas .com.
  • .edu: singkatan untuk pendidikan, .edu dibuat untuk lembaga pendidikan. Meskipun ditujukan untuk universitas di mana-mana, TLD .edu hanya dikaitkan dengan pusat pendidikan di Amerika. Sekolah dari negara lain akan menggunakan .edu bersama dengan domain tingkat negara mereka. Yang akan kita bahas di bagian selanjutnya di bawah.
  • .org : singkatan untuk organisasi, .org dibuat untuk organisasi nirlaba. Seperti yang telah kita lihat dengan domain tingkat atas lainnya, niat seperti itu sering kali tidak ditegakkan atau ditegakkan dari waktu ke waktu. Saat ini .org digunakan sebagai domain tingkat atas oleh organisasi nirlaba, bisnis nirlaba, sekolah, dan komunitas.
  • .mil: singkatan untuk militer, .mil dibuat secara tegas untuk cabang militer AS. Berbeda dengan berbagai jenis domain tingkat atas lainnya, pembatasan ini masih berlaku. Sekarang, sangat umum bagi .mil untuk menggunakan domain tingkat kedua dan ketiga bersama dengan .mil TLD.
  • .gov: singkatan dari government, .gov, seperti .mil, dibatasi hanya untuk badan pemerintah federal Amerika dan penggunaan personel. Saat ini .gov digunakan oleh lembaga pemerintah, program, kota, negara bagian, kota kecil, kabupaten, dan suku asli Amerika.

2.      Domain tingkat atas kode negara (ccTLD)

Untuk membedakan satu negara dari negara lain, domain dua huruf dibuat dan dikaitkan dengan negara atau lokasi geografis; .uk dan .au, misalnya, masing-masing mewakili Inggris dan Australia.

Ketika ccTLD awalnya dibuat, ccTLD dimaksudkan untuk pendaftaran dan penggunaan oleh penduduk negara tersebut. Namun, negara tertentu telah mengizinkan pihak luar mendaftarkan nama domain menggunakan kode negara mereka.

3.      Domain tingkat atas kode negara yang diinternasionalkan (IDN ccTLD)

Ini adalah nama tingkat atas dengan format yang disandikan yang memungkinkan set karakter non-Latin atau karakter khusus lainnya digunakan.

Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mampu meningkatkan performa perusahaan. Seperti contohnya fitur Mobile Leave Request and Approval, Secured Cloud Based Storage, maupun Import and Export Employee Data.

Dengan aplikasi ini akan mempermudah perusahaan menyimpan dan mengatur data-data karyawan. Dimana akses terhadap data-data tersebut dapat dicek kapan dan dimana saja. Sehingga perusahaan kinera akan lebih efektif, efisien dan rapi.