Jenis Penelitian Sesuai Dengan Data Yang Hendak Dianalisa

jenis penelitian

Jenis penelitian yang akan digunakan oleh seorang peneliti terkadang masih ragu. Kepastian penggunaan suatu jenis penelitian mungkin masih belum muncul karena berbagai macam hal. Karena itu sebaiknya pemahaman mengenai berbagai macam penelitian perlu diperdalam atau diketahui secara lebih detail.

Jenis Penelitian Berdasarkan Analisis Data

Penelitian kuantitatif

Untuk penelitian ini tentunya sudah sangat sering didengar. Penelitian jenis ini lebih menekankan proses analisis data yang dihadirkan berupa numerik atau angka. jadi pengolahan data cenderung dilakukan dengan menggunakan metode statistika. Biasanya metode kuantitatif ini digunakan dengan tujuan untuk menguji suatu teori ataupun menguji suatu hipotesis.

Penelitian kualitatif

Selain metode kuantitatif tentu ada pula metode kualitatif. Penelitian ini juga sudah tentu melekat bagi kebanyakan orang terutama bagi para kaum profesional dan akademis. Untuk metode kualitatif ini rupanya lebih menekankan adanya wawancara mendalam dengan nara sumber sehingga fenomena yang sedang dikaji bisa ditelusuri secara lebih lanjut dan juga bahkan secaralebih mendalam serta lebih detail.

Jenis Penelitian Berdasarkan Kedalaman Analisis

Penelitian deskriptif

Berdasarkan kedalaman analisis maka salah satu jenis penelitian yang bisa digunakan adalah penelitian deskriptif. Metode ini hanyalah melakukan analisis hingga sampai pada taraf deskripsi saja. Maka melalui hasil analisis inilah nantinya akan disajikan sebuah fakta yang dihadirkan secara sistematis sehingga bisa lebih mudah untuk dipahami dan juga untuk disimpulkan.

Penelitian inferensial

Jenis yang kedua adalah penelitian inferensial yang melakukan analisis terhadap hubungan antarvariabel. Jadi analisis dilakukan dengan tujuan untuk melakukan pengujian terhadap suatu hipotesis. Jadi secara sekilas penelitian ini hampir sama dengan penelitian jenis kuantitatif. Namun pada metode inferensial ini bsia diketahui lebih lanjut mengenai besarnya peluang bagi terjadinya suatu kesalahan terutama dalam hal pengambilan kesimpulan.

Jenis Penelitian Berdasarkan Karakteristik Masalah

Penelitian deskriptif

Pada dasarnya jenis yang digunakan saat penelitian juga bisa dibagi dengan didasarkan pada karakteristik masalahnya. Salah satu jenisnya adalah penelitian deskriptif yang mernggambarkan fakta secara akurat dan sistematis. Selain itu karakter mengenai suatu hal pada penelitian jenis ini juga akan digambarkan sehingga situasi dan kondisi yang terjadi bisa digambarkan dengan jelas.

Penelitian perkembangan

Untuk penelitian berjenis perkembangan dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari pola dan juga urutan perubahan. Hal ini akan dilakukan secara sejalan dengan berlangsungnya perubahan waktu. Penelitian jenis ini sebenarnya terpusat pada suatu studi yang berkaitan dengan beberapa variabel dan juga perubahannya tentunya dalam suatu periode tertentu.

Penelitian lapangan

Untuk jenis yang satu ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari secara lebih lagi mengenai suatu satuan sosial secara lebih lagi. Penelitian lapangan umumnya berhubungan pula engan studi kasus yang merupakan suatu penyelidikan secara mendalam mengenai unit sosial tertentu. Hingga akhirnya diharapkan agar dapat dihasilkan gambaran mengenai unit sosial tersebut secara baik dan secara lengkap.

Penelitian korelasional

Sesuai dengan namanya maka penelitian korelasional dilakukan dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan terhadap variasi dari suatu variabel. Jadi pada metode ini dilakukan penyelidikan secara lebih lagi mengani sampai sejauh mana variasi dari suatu variabel berkaitan dengan variasi pada variabel yang lain. Hal ini tentunya dilakukan dengan didasarkan pada koefisien korelasi.

Penelitian kausal komperatif

Untuk jenis selanjutnya yaitu penelitian dengan kausal komperatif umumnya dilakukan untuk menyelidiki hubungan sebab dan akibat. Hubungan sebab akibat ini akan diselidiki melalui adanya pengamatan yang ditujukan untuk melihat ulang seluruh data sekaligus mengamatikonsekuensi yang sudah terjadi. melalui pengamatan ini akan diselidiki pula beberapa hal yang sekiranya menjadi faktor penyebab hingga timbul konsekuensi tertentu.

Penelitian eksperimental murni

Penelitian dengan metode eksperiental murni pada umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mengadakan penelitian mengenai kemungkinan adanya hubungan sebab akibat tepatnya di antara beberapa variabel. Tindakan ini dilakukan dengan cara menghadapkan suatu kelompok eksperimental di beberapa macam kondisi yang menerima perlakuan. Kemudian akibatnya dibandingkan dengan beberapa kelompok kontrol yang lainnya terutama yang tidak menerima perlakuan.

Penelitian eksperiental semu

Sebenarnya metode eksperiental semu ini hampir mirip dengan penelitian jenis eksperiental murni. Hanya saja penelitian jenis ini memiliki keterbatasan misalnya pengendaliannya tidak sepenuhnya bisa dilakukan oleh pihak peneliti. Maka bisa digunakan metode kontrol parsial dengan berdasarkan pada jenis identifikasi secara lebih cermat.

Menentukan Jenis Penelitian

Lihat kembali topik yang diangkat

Pada saat menetukan jenis penelitian yang akan digunakan tentunya seorang peneliti perlu melihat kembali topik yang diangkat. Peneliti harus tahu benar mengenai tema penelitian sehingga segala persiapan menuju tindakan penelitian bisa dilakukan dengan baik. Jadi pastikan dengan benar topik penelitian yang akan diangkat.

Ketahui dan pahami jenis data

Setelah mengetahui dengan benar topik atau tema penelitian maka selanjutnya tentukan pula bagaimana data yang akan digunakan dan akan dianalisis. Dengan melihat ketersediaan data tersebut maka Anda akan lebih mudah mengetahui penelitian seperti apakah yang akan dipilih. Tentu hal ini akan mempermudah pihak peneliti dalam melakukan penelitian mulai daritingkat perisapan hingga pengambilan data.

Cek referensi dan dokumen jenis penelitian sebelumnya

Sebelum melakukan tindakan penelitian maka biasanya setiap peneliti telah melihat atau mengecek beberapa hasil laporan penelitian yang sudah pernah ada sebelumnya. Maka sebaiknya lihat dan tinjaulah secara lebih lanjut apakah saran dari peneliti yang sebelumnya. Apakah laporan hasil penelitian yang dibaca perlu utnuk dilanjutkan ataukah Anda sebagai pihak peneliti perlu mencari topik lain.

Sesuaikan jenis penelitian dengan kemampuan

Kemampuan setiap peneliti pada dasarnya berbeda antara yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu dalam melakukan penelitian sebaiknya pilihlah jenis yang sekiranya mampu untuk dilakukan dan diselesaikan dengan baik. Sesuaikan pula dengan berbagai hal lainnya seperti misalnya budget atau mungkin waktu dan hal lainnya.

Penerapan Jenis Penelitian

Jenis yang sesuai utuk sebuah penelitian yang akan diterapkan oleh seorang peneliti akan menjadi tepat jika memang sesuai dengan tujuan. Maka dari itu berbagai persaiapan sebelum penelitian haruslah dilakukan dengan matang. Hingga nantinya hasil penelitian bisa memuaskan dan bisa berguna untuk selanjutnya. Dengan demikian tentunya tujuan dari penelitian itu sendiri dapat dicapai dengan baik. Serta memberikan hasil sesuai yang diharapkan.

Demikian juga saat mencari sistem absen karyawan yang paling sesuai. Ada baiknya mencoba untuk menggunakan aplikasi JojoTimes yang diberikan oleh Jojonomic. Sebagai aplikasi absensi yang baik, maka produk ini dapat memberikan manfaat mulai dari membantu melakukan absen kapan saja dan dimana saja, hingga membantu pelaporan absensi karyawan setiap harinya secara otomatis. Sehingga tentunya perusahaan dapat memperoleh informasi absen karyawan secara akurat dan efektif.

Hal ini karena beberapa fitur di dalam JojoTimes. Mulai dari fitur geo-locator untuk mengetahui posisi dan keberadaan karyawan saat melakukan absensi, hingga fitur integrasi dengan HRIS yang mempermudah pelaporan absensi. Maka dari itu jangan ragu, yuk coba aplikasi absen besutan Jojonomic ini dan dapatkan demo selama 14 hari di perusahaan Anda secepatnya.