Jenis Saham : Investasi, Jenis, dan Indeks Saham yang Perlu diketahui

Jenis Saham

Menurut teori ahli keuangan terkenal Kiyosaki, dalam bukunya “Rich Dad and Poor Dad”, ia membagi pekerjaan menjadi empat bagian, yaitu karyawan, karyawan individu, bisnis dan investor. Buku ini telah menginspirasi banyak orang untuk mencapai level pekerjaan tertinggi, yaitu menjadi seorang investor dengan jenis saham nya.

Tetapi banyak orang juga percaya bahwa untuk menjadi seorang investor, Anda harus sukses dan memiliki banyak uang, dan untuk menjadi seorang investor, Anda harus kaya terlebih dahulu. Namun, pakar investasi terkemuka dunia mengatakan bahwa “investasi akan membuat Anda kaya, bukan sebaliknya.”

Berinvestasi dalam beberapa bentuk jenis saham

Jenis Saham

Contoh investasi saham, memiliki saham sama dengan memiliki perusahaan. Yang dimaksud dengan saham adalah bukti bahwa seseorang turut serta atau memiliki suatu perseroan atau perseroan terbatas. Jika Anda memiliki saham, Anda juga bisa disebut sebagai pemilik atau pemilik perusahaan, tergantung seberapa besar bagian kepemilikan Anda.

Bentuk saham adalah secarik kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan, yang menyatakan bahwa pemilik kertas yang tercantum dalam surat tersebut adalah pemilik perusahaan, sesuai dengan proporsi penyertaan dalam perusahaan atau proporsi penyertaan.

Jika perusahaan sehat maka saham tersebut akan memiliki nilai jual yang tinggi karena dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Di sinilah menarik investasi dalam bentuk saham, baik itu sebagian kecil kepemilikannya atau Anda adalah pendiri dan pemegang saham utama perusahaan.

Jenis saham dalam hal cara mentransfer

Saham pembawa

Secara fisik, nama pemilik tidak tertulis pada saham tersebut. Ini dirancang untuk dengan mudah berpindah dari satu investor ke investor lainnya. Banyak investor memegang saham ini untuk tujuan perdagangan. Investor tidak perlu khawatir, karena secara hukum, siapa pun yang memegang saham diakui sebagai pemilik dan berhak mengikuti rapat umum pemegang saham (RUPS).

Saham nosional (saham tercatat)

Berbeda dengan saham yang dipajang, saham atas nama pemegang saham tertulis jelas di kertas saham, dan cara pemindahannya juga harus melalui prosedur tertentu.

Jenis saham dalam hal kinerja perdagangan

Jenis Saham
  • Chip biru
    Jenis saham ini banyak diminati investor karena berasal dari perusahaan bergengsi, merupakan eksekutif senior di industri, dan memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam hal dividen.
  • Saham pendapatan
    Keuntungan lain dari jenis saham ini adalah dapat membayar dividen yang lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya. Kemampuan untuk menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dan membagikan dividen tunai secara teratur menjadi daya tarik tersendiri bagi investor.
  • Pertumbuhan saham
    • (Terkenal)
      Serupa dengan saham blue chip, jenis saham ini memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi dan berada pada posisi terdepan di industri sejenis, serta dikenal sebagai perusahaan dengan reputasi yang baik.
    • (Sedikit diketahui)
      Meski bukan orang dalam industri, saham ini tetap memiliki karakteristik growth stock. Biasanya saham perusahaan daerah, yang tidak terlalu populer di kalangan emiten.
  • Saham spekulatif
    Investor dengan risiko tinggi dapat mencoba jenis saham ini. Saham dapat menghasilkan keuntungan yang tinggi di masa depan, tetapi tidak dapat terus menghasilkan pendapatan dari tahun ke tahun.
  • Saham countercyclical
    Jenis saham ini paling stabil dalam kondisi ekonomi yang bergejolak karena tidak terpengaruh oleh kondisi makroekonomi atau kondisi bisnis secara umum. Misalnya, jika terjadi resesi ekonomi, harga saham akan tetap tinggi dan emiten dapat memberikan deviden yang tinggi. Hal ini mungkin disebabkan oleh kemampuan emiten untuk memperoleh pendapatan yang tinggi selama krisis ekonomi.

Jenis saham dalam hal klaim atau kemampuan untuk mengklaim

Jenis Saham

Saham biasa

Ciri khas dari jenis saham ini adalah dapat mengklaim kepemilikan atas seluruh pendapatan dan aset perusahaan. Namun, pemilik atau pemegang saham jenis ini hanya menanggung kewajiban terbatas. Keuntungannya adalah jika risiko terburuk terjadi, seperti kebangkrutan perusahaan, kerugian maksimum yang ditanggung pemegang saham adalah jumlah saham yang diinvestasikan.

Saham preferen

Jenis saham ini dirancang sebagai kombinasi antara obligasi dan saham biasa. Beberapa investor menyukai jenis saham yang dapat menghasilkan pendapatan yang stabil (seperti bunga obligasi). Secara umum, saham preferen memiliki karakteristik yang sama dengan saham biasa.Saham biasa dapat mewakili ekuitas, dan tanggal jatuh tempo tidak disebutkan dalam daftar saham pada saat penerbitan, dan dividen dibayarkan. Pemegang saham ini juga dapat mengklaim keuntungan dan aset sebelumnya, dividen tetap tidak berubah selama jangka waktu saham, dan memiliki hak penebusan dan dapat dikonversi bersama dengan saham biasa. Inilah yang membuat saham ini mirip dengan obligasi dan menarik banyak investor.

Indeks saham

Bursa menjelaskan bahwa indeks saham adalah indikator statistik yang mencerminkan perubahan harga secara keseluruhan dari sekelompok saham yang dipilih dan dievaluasi secara berkala menurut standar dan metode tertentu. Sasaran/pengembalian indeks saham meliputi:

  • Mengukur sentimen pasar,
  • Digunakan sebagai produk investasi pasif, seperti reksa dana indeks dan ETF indeks serta produk turunannya,
  • Tolok ukur portofolio investasi aktif,
  • Agen yang mengukur dan memodelkan pengembalian investasi, risiko sistemik, dan kinerja yang disesuaikan dengan risiko, dan
  • Agen kelas aset untuk alokasi aset.

Indeks LQ45

Berisi daftar saham yang hanya terdiri dari 45 saham yang dipilih sesuai dengan kriteria pemilihan, yaitu saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang merupakan jumlah keseluruhan saham di Bursa Efek Indonesia. Dan mendapatkan dukungan fundamental perusahaan yang baik. Pemilihan daftar saham LQ45 dilakukan setiap 6 bulan sekali.

kualitas BEI 30

Diluncurkan pada 10 Agustus 2020
Indeks yang mengukur kinerja harga dari 30 saham dengan profitabilitas yang relatif tinggi, solvabilitas yang baik, pertumbuhan laba yang stabil, likuiditas perdagangan yang baik, dan kinerja keuangan yang baik dalam sejarah.

Jakarta Islamic Index 70 (JII70)

Indeks yang mengukur kinerja harga dari 70 saham syariah dengan kinerja keuangan yang baik dan likuiditas perdagangan yang tinggi.

Jakarta Islamic Index (JII)

Indeks yang mengukur kinerja harga 30 saham syariah dengan kinerja keuangan yang baik dan likuiditas perdagangan yang tinggi.

Kesimpulan Jenis Saham

Yuk, mulai investasi saham. Ada banyak cara untuk menjadi kaya dan makmur secara finansial. Berbagai jenis investasi juga diberikan kepada masyarakat. Tidak perlu bingung lagi berinvestasi saham, Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal terjangkau melalui program tabungan saham, mulai dari Rp100.000. Semoga jenis saham dan informasi karakteristik yang dipaparkan di atas dapat dijadikan referensi bagi Anda untuk menemukan jenis saham yang sesuai dengan data dan kemampuan pribadi Anda. Semangat investasi saham!

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial.

Cobalah sebelum Anda membeli dengan uji coba gratis atau minta penawaran demo untuk menemukan opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tersedia melalui berbagai macam opsi harga, JojoPayroll menyediakan benefit khusus yang dibutuhkan bisnis Anda: waktu implementasi yang lebih cepat, kemampuan rapid innovation, dan kelincahan bisnis yang luar biasa. Manfaatkan aplikasi terbaik yang dikembangkan melalui kemitraan dengan ribuan perusahaan terkemuka di setiap industri, di seluruh Indonesia. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”