Apa itu Kalkulator Investasi? Yuk Simak Penjelasannya

Menginvestasikan dana tentu harus dilakukan dengan perencanaan yang matang. Salah-salah bisa jadi investasi yang direncanakan agar untung malah berubah buntung. Di langkah awal, keputusan untuk memilih instrumen investasi jadi bagian penting yang harus dipertimbangkan. Lalu masuk kepada pelaksanaan, penghitungan jumlah dana investasi juga tak kalah penting. Maka untuk memudahkan anda, penghitungan semacam ini dapat dilakukan dengan kalkulator investasi.

Seperti kalkulator pada umumnya, fungsi utama kalkulator investasi tentu untuk menghitung suatu kombinasi perhitungan. Namun, perhitungan pada kalkulator ini lebih memberikan informasi spesifik berkaitan dengan pola hitung investasi. Hasil perhitungan pun ikut dipengaruhi oleh variabel-variabel pendukung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan anda sehingga memberikan gambaran relevan.

Rasanya, istilah kalkulator investasi cukup asing di telinga investor awam. Maka bagi anda yang baru mencoba berinvestasi, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu artikel ini. Tidak hanya sekadar tahu, anda pun dapat lebih mengerti bagaimana mekanisme kalkulator ini saat menggunakan nanti.

Akan tetapi, apakah anda penasaran bagaimana kalkulator investasi bisa mempengaruhi prosentase keuntungan? Simak selanjutnya ulasan di bawah ini, ya.

Apa Itu Kalkulator Investasi?

Kalkulator Investasi

Kalkulator investasi merupakan alat hitung otomatis yang khusus diperuntukkan bagi calon investor atau investor saat akan menanamkan dananya. Umumnya berbagai penyelenggara kalkulator ini hanya menyediakan sebagai sarana simulasi investasi. Sehingga pengguna setidaknya memiliki gambaran bagaimana dana investasi kedepannya bertumbuh dan diperoleh.

Namun, tetap ada satu hal yang menjadi catatan penting saat menggunakan layanan ini. Pahamilah bahwa seluruh hasil perhitungan tersebut bukanlah suatu nilai yang akurat dan relevan di setiap waktu. Maksudnya di sini adalah meskipun hasil hitungan akurat secara matematis, namun belum tentu akurat bagi kondisi setiap investor. Belum lagi dengan variabel lainnya seperti profil risiko yang masih menggunakan rata-rata kinerja sebelumnya.

Dengan demikian, hasil perhitungan tidak merepresentasikan hasil investasi aktual yang anda peroleh nanti. Sehingga sangat salah jika menjadikan kalkulator sebagai patokan atau tolok ukur pasti. Informasi ini sangat tegas dicantumkan oleh setiap penyelenggara. Biasanya pada bagian setelah kalkulator terdapat disclaimer yang mengingatkan hasil kalkulator hanya bersifat sebatas estimasi.

Dimana Kalkulator Investasi Dapat Ditemukan?

Kalkulator Investasi

Kalkulator ini bukanlah semacam kalkulator fisik ataupun benda yang harus didapatkan di kantor penyelenggara seperti bank atau perusahaan sekuritas. Dengan kemudahan digital, kini anda bisa dapatkan akses perhitungan langsung secara online. Cukup ketikkan ‘kalkulator investasi’ pada search engine, nantinya akan muncul berbagai platform yang menyediakan layanan kalkulator.

Masing-masing platform menawarkan faslitas perhitungan dengan jenis yang bervariasi. Setiap variasi tentu tak ada salahnya untuk anda coba sebagai perkiraan kasar potensi investasi.

Di samping itu, perlu ketelitian saat memutuskan memilih kalkulator investasi suatu platform. Pastikan terlebih dahulu platform tersebut milik institusi terdaftar OJK. Meski telah disebutkan hasil hitungan tidak mencerminkan potensi masa depan, namun setidaknya perhitungan dilakukan oleh penyelenggara yang kredibel.

Jenis-Jenis Kalkulator Investasi

Kalkulator Investasi

Terdapat beberapa macam kalkulator yang bisa anda manfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Berdasarkan riset, beberapa diantara platform memiliki jenis kalkulator perhitungan yang berbeda dari yang lainnya. Dan sebagian lain mengoperasikan jenis-jenis kalkulator investasi pada umumnya. Namun, secara garis besar di bawah ini adalah beberapa jenis kalkulator dalam kalkulator investasi. Juga tidak menutup kemungkinan adanya jenis lain yang anda temukan di luar jenis di bawah ini.

Penghitungan investasi akhir

Jangan bingung ketika beberapa platform tidak menyebut istilah demikian. Karena justru sebutan ‘nilai investasi masa depan’ atau ‘target nilai investasi’ lah yang mungkin digunakan. Terlepas dari istilah yang dipakai, pada dasarnya ketiganya adalah sama sehingga tak perlu khawatir.

Kalkulator ini tentunya memberikan perkiraan nilai hasil investasi yang akan diperoleh. Umumnya muncul dari perhitungan dana awal investasi, pemilihan jangka waktu (apakah bulanan atau tahunan), serta pemilihan profil risiko. Dan pada beberapa platform lain mengharuskan pengguna mencantumkan prosentase inflasi per tahun.

Penghitungan investasi bulanan

Penghitungan secara bulanan ini memiliki dua macam pengertian. Pertama, terdapat kalkulator yang memang mencari berapa jumlah dana investasi yang diperlukan setiap bulan. Dan lainnya dimaksudkan pada pengisian data variabel dana investasi bulanan yang dimiliki saat ini agar ditemukan hasil investasi akhir. Jenis kalkulator ini akan memudahkan anda yang memprioritaskan fase investasi secara rutin.

Penghitungan dana yang harus disiapkan

Pada jenis ini penghitungan sengaja dilakukan untuk mencari seberapa besar dana yang perlu investor siapkan untuk sekali investasi di awal. Variabel hitung lainnya tidak berbeda dari satu jenis ke jenis lainnya. Dengan begini, tentu nilai yang muncul akan lebih besar dibandingkan nilai investasi bulanan.

Periode

Memiliki sejumlah dana dengan proyeksi nilai investasi akhir namun belum tahu berapa lama anda harus berinvestasi? Sebaiknya pilihlah kalkulator yang lengkap dengan penghitungan periode investasi. Setelah melengkapi kolom variabel yang disediakan, perkiraan jangka waktu tahunan otomatis muncul tanpa harus menghitung manual.

Isi Profil Risiko Dalam Kalkulator Investasi Dengan Tepat

Kalkulator Investasi

Profil risiko merupakan salah satu variabel ukur yang mempertimbangkan kemampuan anda dalam menerima risiko. Kolom ini biasanya terdapat dalam kalkulator investasi yang disediakan bank. Namun mungkin juga ada dalam kalkulator penyelenggara lainnya. Bagi pemula, cari tahu terlebih dahulu masing-masing kriteria profil risiko anda supaya hasil perhitungan mendekati.

Sangat konservatif

Tujuan utama pada jenis ini sebetulnya hanya ingin memperoleh dana pokok setiap saat. Artinya investor sangat memperhitungkan nilai pokok investasi yang utuh serta tidak begitu memprioritaskan keuntungan besar investasi.

Konservatif

Di tingkat ini, investor tidak mempermasalahkan return investasi yang kecil dengan catatan dana awal yang ditempatkan tetap utuh. Imbasnya investor akan lebih tertarik berinvestasi dengan produk berisiko kecil atau justru tanpa risiko.

Moderat

Tahap ini investor sudah lebih fleksibel lagi dalam menerima kemungkinan risiko. Namun tetap sambil mengukur-ukur agar risiko yang diterima tidak terlalu besar berdampak. Sehingga instrumen yang tepat berada pada kategori yang tergolong cukup aman.

Agresif

Jika anda memilih profil agresif dalam perhitungan kalkulator, maka bisa dipastikan anda adalah pemain lama dalam pasar bursa. Jenis ini artinya investor sudah terbiasa dengan nilai saham yang fluktuatif sehingga dapat beradaptasi sangat baik bahkan disaat keadaan mengkhawatirkan sekalipun. Ini juga berarti investor terbuka untuk menempatkan dana pada instrumen berisiko tinggi.

Kesimpulan

Siapapun anda, apakah itu calon investor perorangan atau perusahaan, semuanya tetap bisa menggunakan kalkulator investasi sebagai hitungan perkiraan. Layanan ini akan sangat membantu terlebih bagi anda yang belum memahami bagaimana perhitungan investasi saham bekerja. Selain mengetahui perkiraan hasil investasi, jangan lupa untuk selalu perhatikan faktor eksternal yang mempengaruhi, seperti tingkat inflasi setiap waktu. Dengan demikian setidaknya estimasi bersih investasi anda telah terukur dengan mempertimbangkan segala faktor.

Secara tidak langsung, sebetulnya hasil perhitungan akan mempengaruhi sugesti anda tentang peluang keuntungan yang diperoleh nanti. Namun, bagi sebuah bisnis, hasil yang muncul tetap harus didukung dengan data rasional yang tercatat, khususnya jejak keuangan bisnis. Nah, agar semua data tercatat secara terstruktur dan informatif, tak ada salahnya mencoba fasilitas Jojo Expense yang praktis digunakan.

Jojo Expense

Menyusun data keuangan tidak perlu lagi kesulitan apalagi khawatir hilang karena banyaknya arsip. Cukup dengan fasilitas Real-Time Reporting dan Data Analytics, bukti transaksi hingga laporan keuangan akan langsung ter-organize dalam sistem secara teratur. Artinya, inilah waktunya tinggalkan cara mencetak data keuangan dan menunggu approval yang menghabiskan waktu. Karena didukung dengan fitur Mobile Approval, seluruh proses menjadi lebih cepat dalam sekali sentuh. Meskipun tidak sedang di kantor, Jojo Expense memudahkan anda memeriksa dan menerima laporan seperti biasanya.

Dengan begini, kesempatan-kesempatan menguntungkan bagi bisnis tidak akan terlewat begitu saja bukan? Ini dia saatnya anda jemput keuntungan yang lebih besar dengan proses super cepat, efisien, dan fleksibel dari Jojo Expense!