Kanban Adalah Salah Satu Cara Efektif Dalam Menyelesaikan Pekerjaan

kanban adalah

Kanban adalah sebuah kosakata yang memiliki arti sama dengan kata sinyal. Istilah kanban ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa jepang yang bisa diartikan sebagai sinyal visual atau bisa pula diartikan sebagai kartu. Jadi dalam metode ini Anda bisa menggunakan kartu yang bisa Anda lihat dengan mudah sebagai pengingat diri Anda.

Mungkin Anda bisa memasang beberapa sticky notes yang ditempel pada meja kerja atau pada sisi di dekat Anda yang bisa dilihat kapan saja. Pada note tersebut terpampang tulisan mengenai pekerjaan Anda. Dengan kata lain melalui metode kartu ini Anda bisa membuat jadwal kerja dan melakukan pekerjaan dengan baik.

Tujuan Kanban Adalah Seperti Ini

Memberi tanda

Pada dasarnya kanban adalah suatu strategi atau metode yang dilakukan dengan tujuan untuk memberikan tanda tertentu. Dengan adanya tanda ini maka Anda bisa mengerti setiap tugas yang perlu dilakukan. Dengan adanya metode sinyal visual ini maka Anda akan lebih mudah dalam memberi tanda pada setiap proses yang harus dijalani.

Mempermudah komunikasi

Strategi atau metode kanban juga seringkali digunakan dengan harapan agar komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jadi sistem yang bersifat visual ini akan mempermudah Anda dan tim untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Melalui jalinan komunikasi ini maka diharapkan agar Anda dan tim dapat bekerja sama dengan baik. Diharapkan pula agar Anda dan tim juga bisa memahami secara lebih jelas mengenai tugas yang harus diselesaikan.

Menjadi petunjuk

Adanya kanban juga akan menjadi ptunjuk bagi Anda untuk melangkah terutama dalam menjalankan seluruh tugas yang telah dijadwalkan. Dengan adnaya kanban ini maka Anda bisa mengerti tentang apa saja yang harus dilakukan dalam menjalankan proses kerja. Selain itu sistem kanban juga akan memudahkan Anda dan tim untuk mencari acuan atau pedoman dalam bekerja.

Mencapai target

Pada akhirnya metode kanban yang digunakan dalam bekerja diharapkan dapat membantu Anda untuk memberikan hasil kerja terbaik. Hasil kerja ini didapatkan melalui proses yang efektif dan efisien. Hasil kerja yang terbaik juga bisa diperoleh karena adanya petunjuk mengenai kapan pekerjaan harus selesai dan bagaimana Anda dan tim harus menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Prinsip Utama Kanban Adalah Berikut Ini

Visualisasi pekerjaan

Prinsip pertama yang perlu Anda ketahui dalam hal penggunaan metode kanban adalah visualisasi pekerjaan. Memang pada dasarnya metode ini menekankan adanya suatu model visual dari semua atau seluruh pekerjaan yang harus dilakukan oleh masing-masing karyawan di sebuah perusahaan. Jadi nantinya alur kerja Anda beserta seluruh karyawan lainnya bisa dipahami secara lebih jelas.

Apa yang harus Anda kerjakan akan terlihat sehingga Anda juga bisa memperkirakan apa saja yang sekiranya kan menjadi penghambat bagi proses pekerjaan Anda nantinya. Tentu Anda akan berupaya semaksimal mungkin untuk bisa menghindari berbagai kendala atau hambatan yang mungkin saja akan datang. Oleh karena itu dalam hal ini kanban bisa difunsikan sbeagai media yang sekiranya dapat meningkatkan komunikasi bagi pekerja. Tidak hanya itu saja tetapi kanban juga dapat meningkatkan adanya kolaborasi di antara seluruh staf perusahaan.

Batasan pekerjaan

Dengan melihat kartu atau sinyal visual yang tertera maka Anda bisa melihat lebih lanjut seluruh jenis pekerjaan Anda. Baik pekerjaan yang berat maupun ringan tentunya semua bisa Anda cek melalui model visual ini. Jadi melalui sistem kanban maka Anda bisa memberikan batasan terhadap seluruh pekerjaan Anda. Batasan yang diberikan terhadap seluruh pekerjaan Anda ini bisa dilakukan dengan memperkirakan proses yang akan dijalani.

Misalnya berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu jenis pekerjaan dan menyelesaikannya dalam waktu yang paling cepat. Jadi Anda juga bisa memberikan batasan pekerjaan yang sekiranya belum dapat terselesaikan. Anda juga bisa memperkirakan adanya beberapa hal mendadak yang tak dapat dihindari dan harus dikerjakan namun tidak sampai menunda penyelesaian pekerjaan Anda yang telah diprioritaskan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pemusatan fokus

Pemusatan fokus yang dimaksud dalam hal ini adalah pemusatan fokus terhadap alur atau jalannya proses saat Anda melakukan tugas dan kegiatan Anda. Untuk melakukan hal ini maka Anda bisa menggunakan beberapa metode agar Anda dapat bekerja sama dengan tim. Kerja sama tentu diperlukan dalam mengemban tugas agar tugas dapat terlaksana dengan baik.

Selain itu Anda juga bisa memaksimalkan penggunaan sistem kanban untuk lebih memperlancar alur kerja. Melalui adanya pemusatan fokus ini tentunya Anda juga bsia melakukan analisis terhada alur kerja Anda serta alur proses yang akan dijalani. Bahkan Anda juga bisa mendapatkan gambaran mengenai masalah yang bisa saja muncul di masa mendatang tentunya dengan melakukan analisa terhadap aliran kerja ini.

Peningkatan berkelanjutan

Peningkatan yang terjadi secara berkelanjutan atau continous improvement juga bisa terjadi karena adanya penerapan sistem kanban di suatu perusahaan. Anda yang menggunakan metode kanban atau sinyal visual ini tentu akan melakukan upaya perbaikan secara terus-menerus. Upaya perbaikan ini tentunya dilakukan dengan harapan agar Anda dan tim dapat melakukan segala pekerjaan secara lebih efektif.

Tentunya efektivitas kinerja Anda dan tim bisa diukur dengan melakukan pemantauan terhadap segala hal yang sekiranya berkaitan dengan proses pekerjaan yang akan dilakukan. Anda bisa melakukan analisa tyerhadap seluruh hal yang berkaitan dengan tugas dan pekerjaan Anda demi melakukan peningkatan efektivitas kerja secara berkelanjutan.

Penerapan Kanban Adalah Dengan Cara Berikut

Kanban adalah suatu metode yang cukup unik namun tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda. Pada metode ini tentu Anda akan membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum bertindak. Jadi segala hal yang Anda kerjakan untuk mencapai tujuan tertentu akan Anda lakukan dengan mengacu pada perencanaan yang telah dibuat. Tampaknya sistem ini merupakan suatu strategi yang bagus dan bisa mebantu membuat kinerja Anda menjadi lebih optimal.

Pekerjaan akan dilakukan secraa lebih efektif sehingga hasilnya akan memuaskan. Itu sebabnya metode ini kini semakin banyak digunakan di beberapa perusahaan ternama demi peningkatan efektivitas kerja. Tidak hanya itu saja tetapi kaban juga diterapkan di perusahaan untuk mewujudkan suatu hasil kerja yang maksimal.

Sama seperti saat menentukan sistem payroll yang sesuai untuk perusahaan. Sebaiknya percayakan saja pada JojoPayroll. Dengan produk ini maka pembayaran payroll dapat direncanakan secara otomatis. Bukan hanya itu saja, tetapi juga bisa membantu perhitungan otomatis yang terintegrasi dengan kehadiran karyawan setiap harinya.

Pastinya seluruh manfaat tersebut berkat beberapa fitur andalan pada JojoPayroll. Misalnya saja yaitu fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini.

Jadi, segera beralih pada JojoPayroll. Dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dengan mendaftar sekarang juga.