Kenali Definisi Karakteristik Wirausaha dan Macam-macamnya

Karakteristik wirausaha

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan tentu bukanlah perkara yang mudah. Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan dikorbankan dalam proses menuju sukses berbisnis. Salah satunya adalah terkait modal, ide hingga target pasar yang akan dijadikan sasaran penjualan.

Tak hanya itu, seorang entrepreneur juga dituntut untuk memiliki sifat atau karakteristik wirausaha yang baik. Karena hal ini akan berperan banyak dalam perjalanan orang tersebut untuk mengembangkan bisnis atau usaha yang sedang dirintisnya. 

Salah satu karakteristik yang harus dimiliki oleh setiap pelaku wirausaha adalah tekad yang kuat serta sifat yang pantang menyerah. Karena dalam proses mendirikan sebuah bisnis atau usaha akan ada banyak sekali rintangan yang membentang. Kegagalan pun mungkin akan menjadi hal biasa yang sering ditemui. Namun dengan karakteristik pengusaha yang kuat tersebut, hal-hal seburuk apapun akan dapat dilewati dengan baik selama mereka mau melakukan introspeksi dan mengoreksi kesalahannya.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk membahas lebih banyak mengenai karakteristik wirausaha, lengkap mulai dari definisi hingga macam-macamnya yang wajib atau harus dimiliki oleh para pelaku usaha. 

Mengenal Karakteristik Wirausaha

Mengenal Karakteristik wirausaha

Secara sederhana, karakteristik dapat didefinisikan sebagai kualitas atau ciri khas khusus yang melekat pada diri seseorang dan mempengaruhi perilaku maupun watak yang dimilikinya. Hal ini juga akan membantu seseorang dalam mengidentifikasi cara mereka memecahkan suatu permasalahan atau menemukan solusi terbaik.

Nah, dari definisi singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa karakteristik wirausaha ini berkaitan erat dengan sifat, sikap, watak atau perilaku yang harus dimiliki oleh para pengusaha. Dalam hal ini adalah karakter positif mereka yang jika dipertahankan atau dikembangkan dapat membantu mengatasi setiap permasalahan dalam perjalanan suatu bisnis.

Karakteristik yang Harus Dimiliki oleh Wirausaha

Karakteristik yang harus dimiliki wirausaha

Lantas, apa saja karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang pelaku usaha ketika menjalankan bisnisnya? Berikut beberapa di antaranya:

1. Disiplin

Sifat disiplin wajib dimiliki oleh para pengusaha agar dapat memberikan contoh pada pekerjanya. Disiplin yang dimaksud di sini adalah dengan ikut menaati setiap aturan yang ada dalam perusahaan dengan tujuan agar dapat menjadi role model bagi karyawan yang lain. Salah satu contohnya adalah dengan datang tepat waktu ke kantor, melakukan tanggung jawab sesuai dengan tugasnya, mengikuti semua aturan perusahaan yang dia buat, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Kuat dan pekerja keras

Tentu menjadi seorang wirausaha haruslah memiliki karakter yang kuat dan pekerja keras. Sebab kemajuan bisnis Anda terletak pada bagaimana cara Anda memimpinnya. Jika Anda adalah orang yang mudah terpuruk saat gagal dan mudah menyerah, maka bisa dipastikan bisnis Anda tidak akan mengalami perkembangan yang signifikan.

Alih-alih menghabiskan waktu untuk meratapi kegagalan Anda, lebih baik menggunakan waktu tersebut untuk melakukan evaluasi dan introspeksi diri. Cari tahu kesalahan apa yang telah Anda perbuat dan membawa Anda dalam situasi tersebut. Kemudian cari solusi terbaik untuk memecahkan permasalahan yang Anda hadapi. Dengan demikian, Anda tak hanya akan menjadi seorang pengusaha yang kuat, kerja keras namun juga solutif dalam setiap permasalahan.

Karena seorang pemimpin harus menjadi panutan bagi anggotanya. Sehingga Anda tak boleh terpuruk terlalu lama ketika mengalami kegagalan dalam berbisnis, bagaimana pun karyawan Anda menggantungkan hidup mereka di usaha yang Anda rintis.

3. Kreatif dan inovatif

Kreativitas dan inovasi adalah komponen vital dalam menjalankan sebuah bisnis. Karena hal ini akan berperan penting dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang dijalankan ke depannya. 

Dengan berpikiran kreatif serta mau untuk selalu berinovasi, sebuah bisnis dapat tetap bersaing di tengah pasar yang semakin ketat bahkan bisa saja memenangkan persaingan pasar tersebut. Namun jika tidak ada inovasi, maka akan sangat sulit untuk mengembangkan bisnisnya karena produk yang Anda jual tak ada bedanya dengan kompetitor yang lain.

Untuk itu, seorang pengusaha harus memiliki pemikiran yang jauh lebih jauh dibandingkan pekerjanya. Mereka dituntut untuk berpikiran out of the box agar dapat menciptakan inovasi produk yang berbeda namun dibutuhkan oleh konsumen. Tentunya inovasi tersebut harus dikemas dalam bentuk yang menarik agar peluang untuk memenangkan persaingan terbuka semakin lebar.

4. Komitmen yang tinggi

Selesaikan apa yang telah Anda mulai. Kalimat tersebut cukup untuk mewakili sikap atau karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Di mana dalam hal ini Anda dituntut untuk memiliki komitmen tinggi dengan tujuan agar ketika mengalami masalah di tengah jalan, Anda dapat segera bangkit dan melanjutkan perjalanan bisnis tersebut.

Sebab seringkali para pelaku usaha berhenti menjalankan bisnisnya lantaran mereka sering terjatuh di tengah jalan. Padahal Anda tidak pernah tahu kapan kesuksesan itu akan datang. Bisa saja setelah kegagalan Anda yang sekarang, Anda akan mendapatkan kebahagiaan lewat bisnis yang sukses dijalankan. 

Untuk itu jika Anda memutuskan terjun menjadi seorang pelaku usaha, pastikan bahwa Anda sudah berkomitmen di awal untuk siap menghadapi kegagalan dan tidak takut untuk bangkit berapa kali pun. Selalu percayalah terhadap mimpi atau impian Anda dan berusaha keraslah untuk mencapainya.

5. Realistis

Seorang pengusaha juga harus memiliki sikap yang realistis. Anda diperbolehkan untuk idealis sesekali namun juga harus mempertimbangkan kondisi realitanya. Buatlah target yang rasional atau masuk akal sehingga Anda dapat fokus untuk mengejarnya. Jangan terlalu keras terhadap diri Anda sendiri karena semua orang memiliki batasannya.

Selain itu dalam menjalankan sebuah bisnis, Anda juga pasti akan dihadapkan pada beberapa keputusan sulit. Maka di sinilah sikap realistis yang Anda miliki akan berguna. 

6. Sikap yang tenang dan dapat mengendalikan emosi

Sebagai seorang wirausaha, Anda juga harus dapat mengendalikan emosi dengan baik. Tujuannya adalah agar setiap kali dihadapkan pada situasi sulit, Anda tetap bisa tenang dan mengambil keputusan yang terbaik serta rasional.

Bagaimana pun emosi Anda sebagai pemimpin akan sangat berpengaruh terhadap karyawan. Loyalitas mereka pun juga dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengontrol emosi serta menghadapi situasi-situasi tersulit dalam bisnis.

Penutup

Jojo Expense

Nah, itulah tadi beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh setiap pelaku wirausaha. Tak hanya modal berupa material saja yang dibutuhkan, namun juga mental serta psikis yang kuat agar ketika menghadapi kerasnya dunia bisnis Anda dapat beradaptasi dengan mudah.

Selain itu, dalam pengelolaan sebuah bisnis, Anda juga harus dituntut untuk mengelola keuangannya dengan baik. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana arus kas keuangan perusahaan tersebut.

Dengan Jojo Expense, Anda dapat dengan mudah melakukan pencatatan serta melacak apa saja transaksi keluar yang dilakukan. Aplikasi ini dapat memudahkan Anda dalam mengelola manajemen pengeluaran dengan cara yang lebih simple dan praktis bahkan dapat menghemat waktu Anda hingga 76 persen.

Jojo Expense dilengkapi dengan fitur Control Budgeting, Cash Advance, Reimbursement Online, Capture Expense dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga dibekali teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan perusahaan dapat terhindar dari risiko fraud financial. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!