Karir adalah Peningkatan Status Pekerjaan yang Wajib Direncanakan

karir adalah

Karir adalah serangkaian perilaku maupun sikap yang berhubungan dengan pengalaman sekaligus aktivitas individu dalam periode waktu tertentu. Bisa dikatakan juga, karir merupakan suatu kondisi yang menunjukkan peningkatan status pekerjaan dalam suatu organisasi.

Selain itu, beberapa orang berpendapat bahwa karir adalah posisi yang diisi oleh individu selama masa jabatannya. Karir juga bisa menunjukkan peningkatan serta pengembangan individu pada tingkat yang dicapai selama pekerjaan tersebut di suatu organisasi.

Apa itu perencanaan karir?

Secara umum, perencanaan karir merupakan suatu proses di mana seseorang mampu mengidentifikasi sekaligus mengambil langkah yang tepat untuk tujuan karirnya. Perencanaan karir seperti ini memungkinkan setiap orang untuk mengevaluasi kembali keterampilan dan juga minat mereka sehingga bisa mempertimbangkan berbagai karir yang diinginkan ataupun memiliki karir alternatif. Perencanaan karir juga bisa membantu dalam penetapan tujuan karir.

Pada dasarnya, perencanaan karir ini merupakan suatu rencana yang nantinya memengaruhi kemampuan individu dalam mengikuti setiap proses pekerjaan berdasarkan persyaratan posisi sesuai keterampilan masing-masing.

Ada beberapa alasan mengapa perencanaan karir dianggap penting, di antaranya:

  • Mencapai sesuai yang dianggap sebagai sumber kebahagiaan.
  • Mendapatkan sesuatu yang dianggap berharga dalam hidup.
  • Kesempatan untuk mempelajari hal-hal baru di luar kebiasaan.
  • Mengembangkan sekaligus melatih keterampilan diri.
karir adalah

Bentuk pengembangan karir secara umum

Berikut ini beberapa bentuk pengembangan karir secara umum yang perlu diketahui lebih lanjut, di antaranya:

  • Pendidikan dan pelatihan

Bentuk pengembangan karir yang pertama adalah berupa pendidikan dan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengalaman, dan perilaku karyawan berdasarkan kebutuhan perusahaan.

  • Promosi

Pengembangan karir yang berikutnya adalah transformasi posisi dari fase rendah ke yang lebih tinggi. Umumnya, transformasi ini disertai dengan pengembangan tanggung jawab sosial individu terhadap hak dan posisinya.

  • Mutasi

Bentuk yang terakhir adalah mutasi. Pengembangan karir satu ini merupakan bagian dari proses bisnis yang bisa meningkatkan posisi di suatu organisasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tipe kepribadian yang memengaruhi karir

Ada beberapa tipe kepribadian yang mampu memengaruhi karir seseorang. Berikut ini uraiannya.

  • Realistik

Umumnya, tipe kepribadian karir realistik sangat mencintai pekerjaannya dan memiliki berbagai keterampilan teknis dan juga fisik. Jenis karir realistik juga sangat fokus pada kekuatan, status, dan praktik, serta sedikit toleransi.

  • Investigatif

Tipe kepribadian investigatif sangat suka pada tantangan dan teka-teki. Individu tersebut sangat menyukai matematika dan juga sains. Kemampuan analisisnya nyaris sempurna dengan cara berpikir yang kompleks sekaligus abstrak.

  • Artistik

Berikutnya ada tipe kepribadian artistik yang cenderung sangat mencintai seni, baik berupa lagu ataupun tulisan. Individu tersebut sangat kreatif, mencintai kebebasan, terbuka, dan mampu mengekspresikan dirinya dengan baik.

  • Sosial

Tipe kepribadian yang memengaruhi karir selanjutnya adalah tipe sosial yang sangat peduli pada sekitarnya. Individu satu ini paling suka membantu dan berdiskusi ataupun bekerja dalam kelompok. Meski demikian, kepribadian sosial ini sangat banyak bicara, memiliki keterampilan verbal dan sosial yang mumpuni, tapi tetap sederhana dan berpegang pada nilai-nilai idealis.

  • Enterprising

Kepribadian satu ini penuh dengan ambisi, mudah bergaul, dan mampu memengaruhi orang lain. Selain itu, tipe enterprising juga sangat tegas, ingin dikenal, dan percaya diri. Namun sayangnya, individu enterprising cenderung kurang sabar.

  • Konvensional

Tipe satu ini cenderung menilai sesuatu dengan uang dan bergantung pada orang lain, tetapi sangat bisa diandalkan serta mampu mengikuti instruksi sekaligus peraturan dengan baik.

Persyaratan karir dibutuhkan untuk mencapai posisi tertentu

Persyaratan karir sangat diperlukan untuk mencapai posisi karir tertentu sesuai jenis pekerjaan yang dilakukan. Beberapa di antaranya adalah persyaratan pendidikan dan juga pelatihan yang meliputi persyaratan pelatihan kejuruan formal, kursus, pengalaman industri minimum, dan pelatihan tambahan.

Selain itu, ada juga persyaratan kualitatif yang meliputi persyaratan secara fisik dan juga psikologis sesuai kebutuhan pekerjaan. Misalnya, suatu pekerjaan mengharuskan kondisi dan kekuatan fisik secara maksimum, tetapi tidak harus memiliki bakat atau kondisi kecerdasan yang baik.

karir adalah

Prinsip karir pada individu di segala bidang

Menurut beberapa ahli, pengembangan karir mencakup kegiatan dalam hal mempersiapkan seseorang demi kemajuan jalur karir yang telah direncanakan sebelumnya. Meski begitu, ada berbagai prinsip dalam pengembangan karir yang perlu dipahami lebih lanjut. Salah satunya adalah pemahaman bahwa pekerjaan itu sendiri memiliki dampak cukup besar pada pengembangan profesional.

Apabila setiap hari dianggap sebagai bentuk tantangan yang berbeda, apa yang dipelajari di tempat kerja justru jauh lebih penting ketimbang kegiatan rencana pembangunan secara formal.

Selain itu, bentuk pengembangan kompetensi mana yang diperlukan sangat tergantung pada permintaan di tiap pekerjaan. Pengembangan ini hanya terjadi, saat seseorang belum memiliki keterampilan yang memenuhi persyaratan pekerjaan yang digeluti.

Konsep karir adalah

Karir adalah bentuk pengembangan dari teori yang mengatakan bahwa kerja merupakan perwujudan konsep diri. Hal ini berarti, bahwa setiap orang memiliki citra diri dan mencoba menerapkannya dengan memiliki pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kepribadian masing-masing.

Berdasarkan pemahaman tersebut, pilihan karir adalah masalah kecocokan setiap individu. Tentu saja, ada perubahan ritme kehidupan yang turut memengaruhi realisasi dari citra diri ini.

Cara memilih karir yang tepat bagi millennial

Bagi kamu para fresh graduate yang mungkin saat ini sedang disibukkan dengan kegiatan mencari pekerjaan, ketahuilah ada banyak pilihan profesi untuk menopang kehidupan di masa depan. Agar keputusan dalam memilih karir ini bisa kamu lakukan secara tepat, ada beberapa hal yang patut dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

  • Menilai diri sendiri

Penilaian terhadap diri sendiri sangat penting dilakukan sebelum kamu memilih karir yang tepat. Pahami bakat, minat, dan keterampilan diri yang dimiliki. Pasalnya, ketika kamu bisa menilai diri, maka kamu bakal tahu profesi dan industri seperti apa yang paling pas untuk kamu geluti.

  • Membuat daftar pekerjaan impian

Setelah kamu berhasil memahami dan menilai diri sendiri, selanjutnya adalah membuat daftar pekerjaan yang paling cocok dengan kepribadian, bakat, dan juga ketrampilan. Kemudian, pilah lagi daftar tersebut sesuai dengan minat kamu. Poin satu ini merupakan kunci untuk meraih kesuksesan dalam karir.

  • Memahami detail pekerjaan dan tanggung jawab

Selanjutnya adalah mencari tahu deskripsi pekerjaan tersebut. Jangan lupa juga mencari tahu soal persyaratan pendidikan untuk melamar posisi tersebut dan berapa pasaran gaji yang biasanya ditawarkan.  

  • Mengidentifikasi tujuan yang hendak diraih

Jika pekerjaan dan profesi telah ditentukan secara pasti, maka selanjutnya adalah mengidentifikasi tujuan jangka pendek sekaligus jangka panjang.

Ketahuilah, tujuan jangka panjang biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 tahun untuk mencapainya. Sementara tujuan jangka pendek hanya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan hingga 3 tahun untuk mencapainya. Setiap tujuan yang telah ditetapkan di awal akan membantu kamu meraih kesuksesan dalam karir yang dipilih.

karir adalah

JojoTimes membantu meningkatkan produktivitas karyawan

Perlu digarisbawahi, karir dan jabatan tidak selalu terkait dengan uang atau pendapatan. Di luar segala macam materi tersebut, kamu juga membutuhkan kesempatan untuk sekadar mengembangkan sekaligus mengaktualisasi diri.

Apakah perusahaan tempat kamu melamar kerja tersebut mampu memberikan kesempatan kepada para karyawannya untuk berkembang ke arah yang lebih baik? Apakah nantinya kamu akan mendapatkan pelatihan yang mendukung setiap aspek pekerjaan kamu? Sebaiknya, cari tahu sebesar apa kesempatan yang diberikan oleh perusahaan tersebut dalam perkembangan karir setiap karyawan yang dimiliki.

Salah satu bentuk kesempatan emas yang diberikan perusahaan adalah menyediakan berbagai software ataupun aplikasi yang mampu meningkatkan produktivitas karyawannya. Apalagi, di era serba canggih seperti saat ini semakin banyak aplikasi yang saling berlomba-lomba menghadirkan fitur-fitur menarik dalam dunia kerja.

Nah, di antara sekian banyak aplikasi tersebut, JojoTimes hadir dengan teknologi terkini dan paling mutakhir untuk membantu perusahaan meningkatkan kinerja tim. Aplikasi yang jadi bagian dari Jojonomic ini mampu memonitor seluruh aktivitas karyawan hingga menghasilkan laporan kehadiran bulanan secara otomatis.

JojoTimes juga bisa dijadikan aplikasi terpercaya untuk menyimpan database berbasis cloud seluruh karyawan perusahaan.  Bahkan, kamu juga bisa menetapkan aturan custom yang berkaitan dengan cuti ataupun lembur.

Dengan kata lain, JojoTimes benar-benar memudahkan seluruh pekerjaan HR karena bisa dioperasikan cukup dengan satu sentuhan melalui smartphone. Jadi, tunggu apalagi? Buruan unduh aplikasi JojoTimes sekarang juga dan rasakan sendiri kecanggihannya!