Kartu Kuning Online Beserta Fungsi Dan Manfaat Yang Diberikan

kartu kuning online

Kartu kuning online mungkin saat ini sendag menjadi sebuah trend di kalangan masyarakat. Jika dulu pembuatan kartu kuning ini bisa dilakukan dengan cara datang langsung di kantor Disnaker maka saat ini Anda bisa melakukannya dengan cara yang berbeda. Kini membuat kartu online bisa dilakukan dengan cara online yang tentunya lebih cepat dan lebih praktis. Sebab kehadiran layanan online memang pada dasarnya bersifat mempermudah masyarakat. kartu kuning sendiri sebenarnya sudah bukan merupakan hal asing bagi masyarakat umum. Sebab kartu kuning ini seringkali dicari dan dibuat oleh masyarakat untuk melamar pekerjaan. Memang kartu kuning sebenarnya merupakan kartu tanda pencari kerja dan biasanya disebut dengan istilah kartu AK1.

Fungsi Kartu Kuning Online

Melamar kerja

Kebanyakan orang tentunya sudah tahu dengan jelas apa fungsi dari sebuah kartu kuning. Kartu kuning pada dasarnya dibuat bila seseorang ingin mendapat pekerjaan. Jadi Anda bisa membuatnya jika hendak melamar suatu pekerjaan. Sebab terkadang beberapa perusahaan memberikan syarat bagi pelamarnya untuk bisa membuat kartu kuning. Oleh karena itu membuat kartu kuning sangat dianjurkan bagi Anda sekalian yang ingin melamar pekerjaan. Namun kini Anda bisa membuatnya dengan cara online sehingga Anda bisa melakukan pendaftaran kapan saja.

Mengetahui data pencari kerja

Saat seseorang melakukan pendaftaran untuk membuat kartu kining maka saat itu juga data dirinya masuk ke Disnaker atau Dinas Tenaga Kerja. Jadi pendaftaran yang Anda lakukan untuk membuat kartu kuning ini menjadi sebuh informasi tersendiri bagi Disnaker. Informasi ini tidak lain mengenai jumlah orang yang sedang mencari kerja. Disnaker sendiri memang memiliki peranan dalam proses pendataan para pencari kerja di suatu wilayah tertentu. Maka setiap pendaftar kartu kuning tentu akan menambah jumlah pencari kerja yang datanya disimpan oleh Disnaker.

Melayani masyarakat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa kartu kuning seringkali menjadi salah satu syarat yang diwajibkan oleh perusahaan. Kartu kuning ini menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja. Maka tak heran bila banyak orang yang berbondong-bondong menyerbu kantor Disnaker hanya untuk membuat kartu kuning. Namun hal ini bisa terjadi dengan cara yang berbeda terutama di masa kini. Sekarang ini Anda bisa membuat kartu kuning dengan menggunakan fasilitas online saja. Tentu hal ini lebih mudah untuk dilakukan. Sebab Anda hanya tinggal membuka internet dan menuju laman pendaftaran kartu kuning. Ajdi dnegan adanya layanan online ini maka masyarakat bisa lebih mudah melakukan pendaftaran untuk pembuatan kartu kuning.

Mempermudah proses

Proses pembuatan kartu kuning yang mudah tentu menjadi salah satu keunggulan dari adanya layanan kartu kuning online. Bayangkan saja Anda hanya tinggal duduk manis dan mengakses laman pendaftaran kartu kuning darti layar PC atau smartphone Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Melakukan pendaftaran dengan menggunakan layanan online memang melalui proses yang sangat mudah. Bahkan proses pendaftaran online ini bisa dibilang sangat praktis dan bisa berlangsung dalam waktu yang cukup singkat.

Membuat Kartu Kuning Online

Buka situs resmi Disnaker

Membuat kartu kuning secara online kini bukan lagi sebuah hal yang hanya terjadi di bayangan saja. Sebab sekarang ini Anda memang bisa melakukannya dengan mudah. Membuat kartu kuning kini bisa dilakukan secara online sehingga hal ini akan semakin mempermudah Anda. Untuk membuatnya secara online maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuka halaman situs resmi Disnaker. Anda bisa mencari situs ini di mesin pencari dan kemudian masuk ke situs tersebut.

Masukkan email

Setelah Anda masuk ke halaman situs resmi maka selanjutnya Anda bisa memasukkan alamat email Anda. Selain email rupanya Anda juga bisa menambahkan nomer telepon milik Anda yang bisa dihubungi. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bisa memasukkan password atau kata sandi. Jangan lupa pula untuk klik tombol Pancari kerja jika Anda memang mendaftar dengan tujuan untuk mencari kerja.

Klik tombol Daftar

Jika hal di atas sudah selesai Anda lakukan maka Anda bisa berlanjut ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya yaitu klik tombol daftar. Setelah itu Anda bisa masuk ke dalam dashboard. Jangan lupa pastikan bahwa Anda telah memasang pasfoto yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Isi data

Langkah selanjutnya yaitu mengisi data diri pada kolomyang telah disediakan di halaman situs tersebut. Anda bisa mengisi data diri Anda dengan benar. Selain itu Anda juga bsia mengisi kolomketrampilan dan pendidikan serta kolom keahlian. Isilah data dengan sebenar-benarnya. Selain itu Anda juga bisa mengisi secara detail mengenai jenis pekerjaan yang Anda minati. jadi Anda harus menjawab sejumlah pertanyaan sesuai dengan kondisi diri Anda yang sebenarnya.

Klik tombol Simpan

Jika semua data yang dibutuhkan sudah diisi secara online maka Anda bisa klik tombol Simpan. Dengan menekan klik pada tombol tersebut maka data Anda akan tersimpan dengan sendirinya. Dalam hal ini data Anda akan tersimpan di Disnaker.

Ambil kartu kuning

Untuk tahap terakhir tentunya Anda bisa mengambil kartu kuning yang sudah dicetak. Untuk mengambilnya maka Anda perlu mendatangi kantor Disnaker. Setelah kartu kuning Anda dicetak maka kartu kuning tersebut akan dilegalisasi. Jadi kartu kuning Anda sudah dilegalkan dan siap untuk digunakan demi kepentingan melamar kerja.

Pemanfaatan Kartu Kuning Online

Kartu kuning online yang kini sudah tidak lagi menjadi hal baru memang perlu dipahami oleh masayarakat. Sebab di masa modern seperti sekarang ini tentu segala sesuatunya dilakukan dengan menggunakan sistem komputasi. Sistem komputasi ini sendiri selalu memiliki kaitan dengan jaringan internet. Tentunya hal ini sesuai dengan apa yang terjadi di masa kini yang cenderung mengarah ke era digital. Media internet tampaknya smeakin berkembang baik fiturnya maupun pemanfaatannya. Termasuk pulamanfaatnya untuk membuat kartu kuning secara online. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin membuat kartu kuning kini tak perlu repot lagi datang ke kantor Disnaker. Sebab Anda bisa melakukannya secara online.

Hal ini sama mudahnya dengan penggunaan sistem absensi yang terbaik. Misalnya yaitu melalui penggunaan JojoTimes. Tentunya dengan produk ini maka absensi karyawan jauh lebih baik dan lebih mudah. Karyawan bisa melakukan absensi secara akurat kapan saja dan dimana saja. Perusahaan juga mudah untuk melakukan monitoring.

Semua berkat beberapa fitur yang ada pada JojoTimes. Misalnya fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, tarif lembur yang dapat disesuaikan, terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance. Sehingga tidak perlu ragu untuk menggunakan produk ini. Daftar segera dan dapatkan coba gratis selama 14 hari sekarang juga.