Cara Daftar Kartu Pra kerja Indonesia dengan Mudah

Kartu Pra kerja merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung perekonomian Indonesia di masa pandemic Covid-19. Seperti yang kita ketahui, bahwa hampir di seluruh dunia terkena dampak dari Covid-19, dimana Indonesia juga terkena dampaknya. Untuk itu, Presiden Indonesia Joko Widodo meluncurkan tindakan dan inisiatif untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dari Covid-19 dengan meluncurkan Program Kartu Pra kerja.

Presiden Joko Widodo juga memutuskan untuk mempercepat program yang dijanjikannya yaitu program pembagian Kartu Pra kerja Indonesia lebih cepat dari rencana awal. Percepatan pengadaan ini tidak lain ntuk mengatasi banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja/ PHK yang terjadi di banyak perusahaan akibat pandemic Covid-19 ini.

Untuk lebih memudahkan Anda dalam mendaftar Kartu Pra kerja. Ada beberapa syarat yang harus Anda perhatikan berikut ini.

Manfaat Mendaftar Kartu Prakerja

Mengingat dampak pandemi Covid-19 ini yang sebagian besar dirasakan masyarakat. Maka pemerintah berharap dengan hadirnya Kartu Pra kerja ini akan memberikan manfaat besar bagi seluruh masyarakat Indonesia yang kehilangan pekerjaan atau yang belum mendapatkan pekerjaan.

  • Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pihak pekerja dan perusahaan.
  • Mampu mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan
  • Mendorong keberkejaan seseorang lewat pengurangan mismatch
  • Menjadikan komplemen dari pendidikan formal

Syarat dan Benefit Kartu Pra kerja

Berikut adalah beberapa Syarat dan Benefit mendaftar Program Kartu Prakerja :

  1. Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan kerja yang dibiayai oleh pemerintah.
  2. Minimal berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah / kuliah dapat mendaftar.
  3. Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan mendapatkan insentif dalam bentuk biaya setiap bulannya. Adapun total yang didapatkan sebesar Rp 3.550.000 dengan bentuk terdiri dari Biaya pelatihan sebesar Rp 1 Juta, Insentif Pasca pelatihan sebesar Rp 600 Rb / Bulan selama 4 Bulan, dan insentif survey keberkerjaan dengan total Rp 150 rb
  4. Informasi Lengkap syarat dan ketentuan bisa cek di https://www.prakerja.go.id/syarat-ketentuan
  5. Dalam mensukseskan program pemerintah ini, maka Pemerintah Indonesia juga menggaet beberapa mitra yang bekerja sama untuk program Kartu Pra kerja mulai dari Tokopedia, Skill Akademi, Pintaria, Bukalapak, Kemenaker, dan lainnya. Diantara beberapa mitra tersebut, Anda bisa memilih tempat pelatihan untuk dapat meningkatkan skill dalam mengembangkan kemampuan dalam menghadapi dunia kerja.

Syarat Mendaftar Kartu Prakerja Indonesia 2020

Pendaftaran online program Kartu Pra kerja di tahun 2020 akan segera dibuka pada bulan April ini meski pemerintah belum menentukan tanggal tetapnya. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menjelaskan dan mengabarkan bahwa para pendaftar  dapat membuka laman resmi prakerja.go.id untuk mendaftar dan mendapat keterangan seputar Kartu Pra kerja lebih lanjut.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh para pendaftar yang berminat untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini adalah harus membuat akun terlebih dahulu di laman website https://www.prakerja.go.id/ dengan menggunakan email dan nomor seluler yang aktif. Untuk syarat mendaftar Kartu Pra kerja adalah sebagai berikut :

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Berusia diaatas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Selain itu, bagi pekerja formal maupun informal yang terkena dampak Covid-19 juga dipersilakan untuk mendaftarkan diri mereka mulai pekan kedua bulan april 2020. Kartu Prakerja ini adalah bantuan pemerintah untuk membiayai peningkatan kompetensi pekerja untuk semua masyarakat Indonesia.

Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan Kartu Pra kerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka. Dengan banyaknya pendaftar ini nantinya diharapkan akan mampu menaikan dan mendongkrak perekonomian Indonesia yang sedang lemah akibat pandemic Covid-19 ini.

Cara Daftar Kartu Pra kerja Indonesia

Jika pemohon atau pendaftar telah memenuhi syarat dan ketentuan dasar diatas seperti mempunyai akun yang telah terverifikasi dengan email dan nomor telepon yang aktif, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa langsung mendaftar untuk mendapatkan bantuan dan Kartu Prakerja.

1.      Membuat akun Kartu Prakerja

Berikut ini adalah langkah untuk membuat akun Kartu Prakerja di website prakerja.go.id

  • Buka laman website prakerja.go.id
  • Masukkan email atau nomor ponsel Anda
  • Klik Daftar
  • Selanjutnya pilih metode verifikasi
  • Masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan via email atau SMS
  • Pendaftaran berhasil
  • Pendaftar telah berhasil membuat akun Kartu Prakerja

Pendaftaran dan Tes Kartu Prakerja

Setelah Anda berhasil membuat akun, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan diri Anda untuk masuk ke dalam program- program Kartu Prakerja dengan mengikuti cara berikut.

  • Buka laman website prakerja.go.id
  • Login masuk akun
  • Klik Daftar Kartu Pekerja
  • Isi formulir pendaftaran
  • Klik Selanjutnya
  • Lakukan dan ikuti tes kemampuan dasar
  • Klik Selesai
  • Setelah menyelesaikan pendaftaran dan mengisi formulir dan mengisi tes dasar, selanjutnya Anda akan menerima sebuah notifikasi dari akun Anda

Tes akan dilakukan langsung saat proses pendaftaran, maka sebaiknya peserta telah bersiap jauh sebelumnya baik dalam kesiapan menjawab tes maupun sinyal internet yang stabil. Peserta yang telah diterima dalam program Kartu Prakerja hanya bagi mereka yang telah lolos tes yang dijalankan di situs resmi Kartu Prakerja saja dan mendapatkan kuota dari batch yang peserta tersebut pilih sebelumnya.

Manfaatkan Pelatihan Keterampilan Hingga Magang dengan Kartu Pra Kerja

Sesuai dengan tujuan pemerintah, maka dalam program Kartu Pra kerja ini Pemerintah berharap untuk para pencari kerja agar bisa mengasah dan menambah skill mereka. Karena pemerintah sudah menyusun program-program khusus yang bisa dimanfaatkan ketika Anda sudah memiliki Kartu Pra kerja ini. Akan ada program-program khusus yang dapat dimanfaatkan ketika Anda memiliki Kartu Pra Kerja ini, di antaranya adalah:

Program Khusus Asah Skill untuk Fresh Graduate. Diharapkan para fresh graduate mampu mengasah skill mereka agar lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

Program Upskilling untuk Pekerja Eksisting. Dalam program ini, diharapkan pemilik kartu dapat meningkatkan kemampuanya untuk beradaptasi dengan pasar saat ini.

Program Reskilling untuk korban PHK. Dengan Kartu Pra Kerja, korban PHK dapat melakukan reskilling dimana mereka akan dipersiapkan untuk mendapatkan pekerjaan kembali. Mereka juga bisa alih profesi dengan program ini, lho.

Fokuskan tenaga dan waktu berharga Anda pada hal yang benar-benar penting. Serahkan setiap proses pengajuan cash advance dan reimbursement pada JojoExpense dan biarkan prosesnya berjalan otomatis, tanpa kehilangan kendali dengan custom approval flow dan policy.

Tidak ada lagi tenaga dan waktu berharga yang terbuang sia-sia. Anda tidak perlu lagi khawatir pada penipuan keuangan.

JojoExpense dapat memperingatkan Anda mengenai percobaan penipuan dalam reimbursement dan cash advance, berkat Intelligence OCR dan Real-Time Geotagging.

Tunggu apalagi coba gratis JojoExpense sekarang dan rasakan kemudahan mnegelola bisnis secara otomatis!