Karyawan Difabel Dengan Gaji Setara

Bukan hal yang aneh apabila menyaksikan karyawan difabel dalam sebuah perusahaan, ini adalah bukti kesetaraan mereka dengan orang normal. Bahkan banyak yang menyediakan gaji setara dengan pegawai normal, selain hasil kerja yang dihasilkan juga sama karyawan dengan keterbatasan tetap memiliki hak serta kewajiban sama.

Difabel ini berasal dari bahasa inggris yaitu different ability yang berarti kemampuan berbeda. Berbeda disini adalah penyelsaian pekerjaan mereka akan lain dengan karyawan normal, karena mereka memiliki kondisi tubuh yang terbatas.

Orang indonesia lebih mengenal difabel dengan disabilitas, menerima karyawan difabel  juga adalah hal terpuji karena membantu mensejahterakannya. Nasib difabel di Indonesia sudah mulai membaik dengan dibangun berbagai sarana dan prasarana untuk mempermudah ruang gerak mereka.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tapi masih banyak juga yang menggunakan keadaan difabel sebagai alasan untuk mengemis. Tentu ini akan mengurangi nilai disabilitas di mata  orang-orang, sering kali difabel dipandang sebelah  mata karena banyaknya oknum tidak bertanggung jawab dengan mengemis dan berasalan dengan kondisi disabilitasnya.

Mereka Juga  Manusia Dan Patut Mendapat Kesetaraan

Apabila membahas karyawan difabel dan dunianya akan selalu menarik, alasan utamanya adalah bisa membuat anda selalu bersyukur atas keadaan tubuh normal yang  diberikan tuhan. Penyandang disabilitas juga adalah manusia sehingga mereka patut diperlakukan denga hormat.

Para difabel ini juga berhak mendapatkan upah pekerjaan yang layak dan dengan jumlah setara pegawai normal. Keterbatasan fisik sebenarnya bukanlah alasan untuk menggapai impian, karena keunggulan dari manusia adalah ia memiliki akal dan dengannya menggapai mimpi bisa sangat mungkin terjadi. Terlepas dari bagaimana kondisi tubuh maupun keadaan finansial anda.

Seorang ilmuwan seperti Stephen Hawking bahkan memiliki tubuh  yang hampir sepenuhnya cacat, tapi itu tidak menghalanginya untuk menjadi seorang ilmuwan terkenal. Masih banyak orang-orang terkenal dengan kondisi disabilitasnya.

Serta tidak menutup kemungkinan bahwa karyawan difabel juga bisa memberikan kontribusi yang lebih baik daripada pegawai normal. Kenapa?, jawabannya sederhana karena mereka cenderung memiliki fokus pekerjaan yang kuat dan lebih menghargai dalam mengerjakan kewajibannya dalam perusahaan.

Apa Saja Yang Termasuk Kedalam Difabel

Golongan difabel bisa bermacam-macam tergantung kondisi anggota tubuhnya yang memiliki fungsi kurang baik. Contohnya seperti tunanetra dengan kekurangan mata yang buta, lalu tunarungu dikenal dengan tuli pendengarannya terganggu, tunawicara tidak memiliki kemampuan untuk bicara lebih dikenal dengan bisu, yang terkahir adalah tunadaksa memiliki cacat tubuh.

Kesempatan untuk meraih karir yang sudah bukan hanya dimiliki oleh pegawai normal saja karyawan difabel juga memiliki hak untuk mencapainya. Tapi kadang kondisi lingkungan kerja yang kurang baik membuat semangat juang dari kaum difabel didalam pekerjaan terkesan padam.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ini sering terjadi karena mereka kerap kali tidak terlalu dihargai atau bahkan dilecehkan. Stigma kepada difabel memang masih sangat sering terjadi, kekurangan mereka kerap kali menjadi bahan ejekan atau bullying. Sebanarnya para pelaku yang tega berbuat jahat kepada penyandang difabel bisa dikenakan hukuman.

Karena pada undang-undang nomor 8 tahun 2016, para penyandang disabilitas sudah dilindungi keberlangsungan hidupnya. Mereka juga memiliki kedudukan dengan warga negara Indonesia pada umumnya  sehingga hak dan kewajibannya mesti terpenuhi.

HAM atauk hak asasi manusia juga sangat melindungi kehidupan para penyandang disabilitas ini, jadi untuk karyawan difabel tidak usah takut atau merasa malu ketika berkerja. Terima kekurangan dan rubah menjadi sebuah semangat untuk mencapai kesuksesan.

Apakah Penyandang Disabel Memiliki Tunjangan juga ?

Sudah sangat jelas sebagai karyawan sebuah perusahaan pegawai dengan keadaan disabilitas juga harus mendapatkan tunjangan. Ini berdasarkan undang-undang yang  berlaku di Indonesia, serikat buruh juga memberikan dukungan bagi para  karyawan difabel yang menginginkan pekerjaan.

Ada sebuah kisah unik tapi penuh dengan manfaat, dulu saya pernah berkerja disebuah apotik, disana ada seorang difabel tunawicara atau bisu. Ia berkomunikasi melalui bahasa isyarat, walaupun terkesan  aneh tapi sebenarnya mereka itu sangat baik dan memang butuh teman.

Tak lama waktu pembagian gaji tiba, sang owner apotik itu memberikan gaji kepada setiap karyawan, setelah pembagian kami penasaran  berapa besar gaji yang diterima oleh si difabel ini. Ternyata besarnya sama dengan kami plus ia mendapatkan uang lembur lebih banyak karena selalu mengambil jam lebih.

Dari pengalaman pribadi itu saya bisa mengambil intisari bahwa difabel memiliki kemampuan serta  keahliannya sendiri, seperti sering kita lihat ada seorang pelukis yang menggunakan mulut atau kakinya. Uniknya adalah hasil lukisannya sangat menakjubkan tidak kalah dengan lainnya.

Hal ini tentu menjadi bukti nyata bahwa disabilitas bukanlah penghalang untuk menggapai impian,  penghalang sebenarnya adalah pikiran negatif dari diri kita sendiri. Selalu berpikir bahwa anda tidak mampu maka hasilnya akan seperti apa yang dipikirkan.

Mengendalikan pikiran kita sendiri adalah tugas yang paling berat, karena manusia memang cenderung untuk selalu berpikir negatif sehingga segala kekurangan kita akan menjadi senjata utama penghalang menuju impian. Sadari bahwa karyawan difabel juga termasuk saudara setanah air Indonesia dan kita harus menyayanginya serta menjaganya.

Siapa tau kelak nanti apabila diri kita berguna baginya dimasa depan mungkin ia bisa menolong, karena kehidupan manusia akan selalu berputar. Keadaan tidak akan selalu sama ada kalanya dalam kesusahan lalu sebaliknya dimasa mendatang bisa menikmati indahnya kesuksesan.

Semua yang terjadi didunia saling berkaitan satu sama lain, untuk itu selalu berbuat baik tidak peduli kepada siapapun. Termasuk kepada karyawan difabel didalam perusahaan anda, apabila tidak terlalu merepotkan anda bisa sekedar mengobrol agar menciptakan kesan ramah dalam pekerjaan.

Karyawan Difabel Juga Merupakan Aset Perusahaan

Layaknya pegawai lain karyawan difabel juga merupakan aset perusahaan yang harus dilindungi dan diberikan kesejahteraan. Pemberian upah kerja yang layak serta tunjangan pendukung aktifitas pekerjaan mereka juga akan sangat dibutuhkan.

Lalu bagaimana cara efektif untuk merancang finansial karyawan yang beragam antara difabel dan normal. Tentu perhitungan gajinya akan sedikit berbeda, ataupun tunjangan yang diterima memiliki perbedaan tersendiri.

Yaitu dengan menggunakan jojopayroll, software multi guna untuk kebutuhan perancangan gaji karyawan anda. Dengan software ini anda bisa dengan mudah melakukan perhitungan biaya gaji yang akan diterima oleh setiap karyawan dengan mudah serta secara otomatis.

Banyak komponen atau tunjangan yang harus ditambahkan? Tidak usah takut, menggunakan jojopayroll anda bisa menambahkan berbagai komponen itu dan lagi fitur-fitur yang telah terpasang dapat dibongkar apabila tidak terpakai lagi.

Penyimpanan digital dengan basis cloud membuat semua data penting anda akan sangat aman terjamin. Rasakan banyak kemudahan setelah memakai software ini, untuk awal anda bisa mencoba demo dari jojopayroll dengan mendownloadnya di jojonomic secara gratis.

Buat pekerjaan anda menjadi passion dan ciptakan lingkungan kerja yang lebih sehat serta ceria dengan software jojopayroll.