Karyawan Freelance dan Kelebihan Kekuranganya

cara menghitung prorate
karyawan freelance

Apa Itu Karyawan Freelance ?

Adakalanya dalam suatu perusahaan membutuhkan karyawan sementara waktu untuk mengerjakan suatu hal. Hal ini akan menguntungkan perusahaan untuk merekrut karyawan freelance dalam kondisi tersebut. Karyawan freelance atau biasa disebut dengan pekerja lepas yaitu orang melakukan bisnis untuk kepentingan diri mereka sendiri. Karyawan freelance mengusai bidang tertentu dan memiliki banyak pengalaman dalam bidang tersebut.

Untuk mendapatkan pekerjaan, freelancer akan menawarkan jasanya kepada prusahaan atau orang yang sedang membutuhkan kemampuannya tersebut. Pekerjaan freelance banyak tersedia pada situs online. Salah satu keuntungan freelancer yaitu mereka dapat bekerja pada lebih dari 1 perusahaan dalam 1 waktu.

Seorang freelancer dapat berkera sesuai dengan jadwal yang mereka susun sendiri dan sebanyak yang bisa dia lakukan. Keuntungan seorang freelancer lainnya yaitu dia dapat memasang tarif jasanya sesuai dengan keingan dia sendiri dan juga berkerja dalam tempat yang dia inginkan sendiri. Banyak sekali pekerjaan freelancer sekarang ini. Diantaranya yaitu jurnalis, seorang design grafis, atau tukang program web.

karyawan freelance

Kelebihan Dan Kekurangan Karyawan Freelance

Dalam suatu pekerjaan pasti ada postifi dan juga negatifnya. Tidak ada di dunia ini yang hanya memberikan kelebihan tanpa adanya kekurangan. Begitupun dengan pekerjaan sebagai karyawan freelance ini. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki orang pekerjaan freelance untuk anda ketahui sebagi berikut.

Kelebihan Karyawan Freelance

Banyak sekali kelebihan yang bisa didapatkan dari pekerjaan sebagai seorang freelancer. Kebanyakan orang akan mengatakan kelebihan freelancer yaitu gajinya yang besar. Hal ini dapat diketahui dari salah satu contohnya yaitu Bill Gates yang sukses besar dari pekerjaan sebagai freelancer. Namun lebih dair itu adanya beberapa kelebihan yang ada dapatkan dari pekerjaan freelance ini.

Quality Time Dengan Keluarga

Waktu termasuk hal penting dalam kerja. Bahkan dalam survei terakhir mengatakan pegawai kantoran menghabiskan 60% waktunya dalam sehari di tempat kerja. keuntungan yang didapatkan ketika menjadi seorang freelancer yaitu dapat berkerja atau melakukan kerja di rumah. Hal ini tentu saja akan berefek dengan kedekatan dengan keluarga yang terjalin semakin bagus ketimbang ketika seseorang menghabiskan kerja di perusahaan. Jika seorang investor mendapat uang hanya dengan tidak melakukan apa – apa di rumah. Bedanya dengan freelancer memang benar sama – sama berkerja dari rumah. Namun seorang freelancer harus mengeluarkan ide dan juga fikirannya untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Efisien Tempat dan Waktu

Kelebihan lainnya dari bekerja menjadi freelancer yaitu orang tersebut tidak terikat dengan tempat kerja. Dia dapat menyelesaikan pekerjaanya dimana dan kapannya saja selama dalam periode penyelesaian kerja. seorang freelancer dapat mengatur jadwal dan juga tempat pengeraan kerjanya tanpa ada yang membatasi.

Anda dapat membayangkan sendiri bahwa anda berkerja di tempat yang sekiranya anda sukai. Yang setiap kali anda merasa jenuh dengan tempat atau suasana tersebut anda dapat dengan mudah menggantinya atau mencari lain. Hanya dengan menggunakan laptop dan juga handphone misalnya, seorang freelancer dapat mendapatkan gaji.

Kompetisi Kerja yang Sehat

Sampai saat ini dunia freelance masih berada dalam kompetisi yang sehat. Semua yang berkaitan dnegan aplikasi sebelumnya sudah mendapatkan izin resmi pemerintah. Sehingga para pengguna merasa semakin nyaman.

karyawan freelance

Prospek Kerja yang Baik

Banyak orang yang sudah mengakui bahwa pekeraan freelance sangat prospektif. Pada kenyataannya di zaman yang semakin mau ini pekerja freelance sangat dibutuhkan dibanyak hal. Hal yang selama ini hanya kamu lihat dan nikmati di dunia maya lewat layar smartphone dan juga media sosial yang ada. Banyak sekali animasi, gambar dan juga tulisan yang di buat oleh para freelancer.

Kekurangan Karyawan Freelance

Disisi lain setelah anda mengetahui kelebihan dari pekerjaan freelance. Anda juga harus mengetahui kekurangan atau kelemahan dari pekerjaan freeelance ini. tidak sedikit bagi pekera freelance yang merakan stress saat memulai karis atau pekerjaan sebagai seorang freelancer. Mengapa demikian ? hal ini disebabkan oleh adanya gangguan dalam mental kerja dan juga kondisi kerja. Berikut ini adalah kekurangan yang dimiliki oleh pekerjaan freelance sebagai berikut.

Kehilangan Inspirasi

Tidak sedikit orang yang merasakan kekurangan dari pekerajan freelance ini. kehilangan inspirasi sering dirasakan ketika kita sudah terlalu penat dengan apa yang kita kerjakan. Terkadang pekerjaan sebagai seorang freelance bahkan berkutat seharian dengan pekerjaannya hingga melupakan waktu dan membuatnya menjadi jenuh. Hal ini akan berimbas dengan inspirasi yang kadang kala hilang.

Ketika seorang freelancer sudah mahir sekali pada bidang yang dia kerajakan, maka semakin banyak pula orang atau pelanggan yang menawarkan pekerjaan kepadanya. Secara tak sadar freelancer tersebut menyetujui banyak kerja. Hal ini menyebabkan kebosanan pada otak terjadi ketika  terlalu banyak jam kerja yang diterima. Hal ini menyebabkan freelancer akan semakin sulit mendapatkan inspirasi pada akhirnya.

Susah Bersosialisasi

Menjadi seorang freelancerakan cenderung memnauhkan dirinya dari orang lain. Hal ini selain disebabkan karena tempat kerjanya yang dapat dilakukan dimana pun. Walau sebagina besar melakukannya di rumah yang menyebabkan dia tidak bertemu orang lain layaknya bekerja kantoran. Alasan lainnya yaitu adanya tanggung jawab dalam suatu project yang menyebabkan freelancer memilih tempat sepi agar dia fokus dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Oleh karena itu freelancer biasanya melakukan sosialinya ya melalui sosial media. Dimana dalam media sosial tersebut dia akan lebih cenderung berteman dengan seseorang yang berkerja dalam bidang yang sama.

Gaji yang Macet

Dalam bertemu dengan orang lain tentu memiliki karakteristik yang berbeda. Yaitu misalnya ada yang baik hati, murah senyum, atau terkadang bertemu dengan orang yang menyedihkan. Begitu juga seorang freelancer yang bertemu dengan para customernya. Misalnya hal ini bisa saj terjadi karena customer merasa kurang puas dengan hasil pekeraan freelancer. Maka hal ini akan membuat gaji yang didapatkan freelancer berakhir ngaret.

Namun perlu diingat, tidak semua customer berpikira seperti itu. Selama anda melakukan tanggung jawab pekeraan anda sebaik mungkin. Maka hal ini akan berdampat dengan penggajian anda yang baik pula.

Hilangnya Kedisiplinan Diri

Dampak negatif lainnya dari kerja freelance yaitu hilangnya kedisiplinan diri. Tak hanya dalam dunia kerja biasa yang terdapat persaingan. Dalam dunia freelance juga sama. Karena tuntutan mengenai kepuasan customer yang utama, hal ini membuat para freelancer berlomba – lomba untuk belajar untuk menjadi lebih baik lagi dan lagi. Hal ini pada akhirnya akan semakin memkan waktu dari seorang freelancer itu sendiri.

Dalam melakukan perhitungan freelance juga perlu untuk diperhatikan dengan seksama. sama seperti pembayaran payroll karyawan yang membutuhkan fokus khusus. Ada baiknya anda mencoba menggunakan sistem yang lebih efektif seperti JojoPayroll. Dengan menggunkan sistem ini maka payroll dibayarkan secara otomatis dan cepat. Hal ini berkat keunggulan yang dimiliki oleh fitur JojoPayroll seperti misalnya saat digunakan untuk mencetak slip gaji otomatis. karena itu jangan ragu, ayo gunakan JojoPayroll dan dapatkan percobaan gratis selama 14 hari.