Menjadi Karyawan Tetap Pada Sebuah Perusahaan

karyawan tetap

Karyawan tetap tentu menjadi sebuah keinginan bagi setiap pekerja yang telah memberikan jasanya untuk bekerja di perusahaan sektor manapun. Sebab berbagai keuntungan bisa didapatkan oleh karyawan tetap. Namun proses untuk menjadi pegawai tetap perusahaan sudah tentu tidaklah semudah yang dipikirkan. Berbagai hal harus dilakukan dan berbagai tahap haris dilalui oleh seorang pekerja di perusahaan agar statusnya bisa berubah menjadi pegawai tetap.

Tips Menjadi Karyawan Tetap

Menunjukkan kualitas diri

Seorang karyawan atau pegawai yang berkualitas tentunya dianggap memiliki potensi lebih. Dalam hal ini pegawai yang berkualitas dinilai memiliki keahlian ataupun kemampuan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan. Berbagai hal tentunya bisa silakukan untuk meningkatkan kualitas diri sehingga kualitas diri ini nantinya bisa ditunjukkan pada perusahaan. Dengan adanya kualitas diri ini maka bukan tidak mungkin Anda diangkat menjadi pegawai tetap perusahaan.

Meningkatkan kerja keras

Tips kedua untuk mempercepat proses agar bisa menjadi pegawai tetap di perusahaan adalah bekerja keras. Namun tentunya kerja keras ini disertai dengan adanya keahlian dan kemampuan di bidangnya. Kerja keras juga harus disertai dengan kecermatan atau ketelitian dalam mengerjaka  segala tugas yang ada agar hasilnya benar dan tepat.

Mengungkapkan minat terhadap perusahaan

Seorang pegawai yang loyal terhadap perusahaan tentunya pantas untuk dijadikan sebagai karyawan tetap di suatu perusahaan. Loyalitas ini mungkin bisa dilihat dari kerja keras pegawai selama ini. Loyalitas juga bisa dilihat dari kontribusi yang diberikan oleh pegawai selama bekerja di perusahaan. Namun seorang pegawai juga perlu memperlihatkan minatnya terhadap perusahaan. Misalnya dengan mencintai pekerjaannya dan melakukan pekerjaan untuk kepentingan perusahaan.

Membangun hubungan baik

Hubungan yang baik akan membuat suasana dan lingkungan kerja menjadi konfusif. Suatu hubungan kerja yang baik juga perlu untuk ditingkatkan terutama antara pegawai dengan jajaran atasan perusahaan. Maka ke depannya dari hubungan yang baik inilah jajaran atasan akan mengenal pegawainya beserta kinerjanya. Jika kinerja memang baik dan kontribusi yang diberikan pada perusahaan dinilai baik maka bisa saja pegawai dinaikkan menjadi pegawai tetap.

Mampu bekerja dalam tim

Kerja sama dengan tim yang baik juga akan memberikan nilai tambah pada seorang pegawai. Sebab kerja sama yang baik biasanya diliputi oleh adanya karakter yang baik dari masing-masing pegawai. Dengan karakter yang baik inilah maka perusahaan akan mempertimbangkan pegawainya untuk dijadikan sebagai karyawan tetap yang diyakini ke depannya dapat memberika  kontribusi lebih bagi perusahaan.

Memahami keinginan perusahaan

Jika memang ingin me jadi karywan tetap maka tips selanjutnya untuk Anda adalah pahamilah apa yang menjadi keinginan bagi perusahaan. Maka nantinya adaptasi dengan lingkungan kerja bisa dilakukan secara lebih baik sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih maksimal.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tahapan Menuju Karyawan Tetap

Masa percobaan

Tahapan pertama yang harus dilalui oleh seseorang saat menjadi pegawai baru di suatu perusahaan adalah tahap masa percobaan. Biasanya masa percobaan berlangsung selama 3 bulan atau mingkin 6 bulan dan bahkan 1 tahun. Masa percobaan ini akan dilangsungkan sesuai dengan aturan atau kebijakan dari setiap perusahaan.

Setelah masa percobaan

Jika seorang pegawai telah menyelesaikan masa percobaan maka selanjutnya bisa masuk ke tahapan masa setelah percobaan. Masa setelah percobaan ini juga bergantung oada kebijakan dari perusahaan. Selain itu hal ini juga bergantung pada minat pegawai apakah pegawai akan terus melanjutkan pekerjaannya di perusahaan tersebut ataukah tidak. Jika ya maka pegawai bisa saja diangkat menjadi karyawan tetap atau mungkin hanya menjadi karyawan kontrak saja. Biasanya masa kerja inj berlangsung selama 1 hi gga 2 tahun fan akhirnya pegawai diangkat menjadi karyawan tetap.

Ditetapkan sebagai karyawan tetap

Seorang pegawai yang memutuskan untuk melanjutkan pekerjaannya dan memang dirasa layak untuk fiangkat menjadi karyawan tetap maka ia akan mendapatkannya. Dengan menjadi karyawan tetap maka segala tunjangan akan diperoleh. Selain itu jabatan sebagai karyawan tetap juga akan membuat seorang pegawai bisa terus bekerja di perusahaan tersebut tanpa batasan waktu.

Keuntungan Menjadi Karyawan Tetap

Mendapat tunjangan

Menjadi karyawan tetap perusahaan tentu saja menguntungkan. Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh adalah adanya tunjangan yang akan diterima. Baik tunjangan kesehatan maupun transportasi atau bahkan tunjangan kesejahteraan lainnya yang memang biasanya diberikan pada para karyawan tetap. Bahkan tunjangan untuk keluarga juga bisa diperoleh karyawan tetap.

Gaji konsisten

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari seorang karyawan atau pegawai tetap perusahaan adalah adanya gaji yang diterima secara konsisten. Gaji yang diterima tiap bulan bersifat tetap sehingga pagawai tidak perlu khawatir mengenai besar gajinya di tiap bulan. Hal ini berbeda dengan karyawan kontrak ataupun karyawan tidak tetap yang mungkin perolehan gajinya dihitung secara harian atau mingguan.

Jadwal reguler

Selain itu pegawai tetap di suatu perusahaan juga akan memperoleh jadwal reguler. Artinya pegawai bisa hadir di tempat kerja setiap hari. Tentu hal ini menjadi kesempatan baik bagi para pegawai untuk bisa menyelesaikan pekerjaannya. Di samping itu kehadiran di tiap harinya juga dapat menambah tunjangan uang transport yang mungkin saja dihitung jika pegawai hadir di tempat kerja.

Kesempatan berkembang

Tak jarang perusahaan memberikan beberapa pelatihan pada para pegawai tetap. Pelatihan ini diberikan untuk melatih dan memgembangkan kemampuan pegawai. Maka pegawai yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan ilmu dan pengalaman secara lebih lagi. Kesempatan untuk memgembangkan diri tentunya menjadi salah satu kesempatan yang menguntungkan bagi para pegawai.

Pengangkatan Karyawan Tetap

Karyawan tetap umumnya diangkat setelah pekerja memenuhi beberapa kriteria yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Pengangkatan karyawan ini biasanya disertai dengan surat ketersngan yang bisa menjadi sebuah dokumen atau arsip bagi kedua belah pihak yaitu pihak pekerja dan perusahaan. Jika memang seorang karyawan telah diangkat menjadi pegawai tetap maka berarti masa kerjanya bisa berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama. Tidka hanya itu saja tetapi pegawai tetap juga berhak memperoleh tunjangan dari perusahaan.

Tentu saja dalam pengelolaan karyawan tetap pada perusahaan dibutuhkan sarana yang memadai. Terutama dalam hal pembayaran payroll karyawan. Sebaiknya gunakan sistem yang telah teruji dan terbukti membantu hal tersebut. Misalnya dengan menggunakan produk dari JojoPayroll.

Sebagai salah satu produk pendukung pembayaran payroll dari Jojonomic, tentunya produk ini memberikan manfaat seperti misalnya sistem payroll yang lebih efektif. Belum lagi juga dapat disetting secara otomatis sehingga memudahkan tim keuangan membayarkan payroll setiap bulannya.

Hal ini berkat adanya fitur menarik yang disematkan dalam produk besutan Jojonomic ini. Misalnya saja fitur penggajian otomatis dan cetak slip gaji otomatis, maupun fitur integrasi yang mudah dengan sistem HRIS yang digunakan perusahaan. Maka dari itu tidak perlu ragu untuk mencobanya. Yuk pakai aplikasi payroll dari Jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!