Kata-Kata Perpisahan Kerja Untuk Atasan Maupun Rekan Kerja

Semua hal yang dimulai pasti akan berakhir juga kan? Begitu pula dengan hidup sebagai seorang karyawan di suatu kantor. Ada kalanya kita ingin pindah ke kantor lain, mengejar sesuatu yang berbeda. Pasti kalau kita mau pindah kerja atau memutuskan resign, kita pastinya akan menyiapkan kata-kata perpisahan kerja bagi rekan sejawat atau atasan kita—begitupula sebaliknya. Memang, berat rasanya, apalagi kalau kita sudah lama bekerja di kantor yang sekarang. Bagaimana kita menyampaikan kata-kata perpisahan tersebut? Kita simak, yuk, artikel di bawah ini!

Kata-kata Perpisahan Untuk Teman Sejawat yang Mengundurkan Diri

Rekan Kerja yang Hebat

“Kamu adalah kritikus terbaikku, teman yang jujur, rekan setim yang handal, dan juga bisa diandalkan. Semoga kita tetap berhubungan.”

Saat memasuki dunia kerja, kamu harus tahu bahwa tidak semua teman sejawatmu akan memiliki kepribadian yang menyenangkan. Namun, jika kamu menemukan teman kerja yang menyenangkan, sekaligus mendorongmu untuk maju, rasanya rutinitas kerjamu akan terasa lebih ringan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Tapi, tidak selamanya temanmu itu akan bekerja di perusahaan yang sama denganmu. Bila dia menerima tawaran kerja yang lebih baik, mau tidak mau dia akan mengundurkan diri dan tidak lagi menjadi teman kantormu. Ucapkan rasa terima kasihmu kepadanya dengan kata-kata perpisahan untuk rekan kerja di atas. Walaupun tidak sekantor lagi, mungkin kalian masih tetap bisa saling berhubungan.

Mendoakan Kesuksesan

“Aku mempelajari banyak hal selama bekerja denganmu. Semoga kamu sukses di perusahaanmu yang baru dan bertemu dengan rekan kerja yang menyenangkan.”

Memiliki teman sejawat yang tidak pelit memberikan ilmu adalah kebahagiaan tersendiri. Selain menambah wawasan, kamu jadi bisa tahu sikap apa yang mesti diambil ketika menghadapi suatu masalah dalam pekerjaan.

Maka dari itu, rasa kehilangan yang kamu rasakan bila teman kantormu itu mengundurkan diri adalah hal yang wajar. Namun, sebagai teman yang baik, kamu hanya bisa mendoakan kesuksesan kariernya di tempat kerja yang baru.

Akan Dirindukan

“Kamu akan benar-benar dirindukan di sini. Semoga sukses dengan pekerjaan barumu.”

Dikelilingi oleh teman sejawat yang siap membantumu bila menghadapi kesulitan adalah salah satu alasan kamu bisa nyaman bekerja di suatu tempat. Maka dari itu, berat rasanya melihat kepergian teman kerja yang telah berjasa untukmu.

Meski begitu, kamu tidak boleh menghalang-halangi keinginan teman sejawatmu itu. Yang bisa kamu lakukan adalah mendoakan yang terbaik untuknya. Kamu juga bisa menyampaikan kerinduanmu akan kehadirannya dengan kata-kata perpisahan untuk rekan kerja di atas.

Tetap Menjadi Teman

“Kamu memang bukan lagi rekan kerjaku, tapi kamu masih jadi teman yang berarti untukku. Semoga sukses dengan karier barumu!”

Ada beberapa orang yang membatasi hubungan dengan teman kantor. Bagi mereka, hubungan itu sebatas profesionalitas semata. Tapi, tak jarang orang juga menjalin pertemanan yang berarti di dunia kerja.

Bila teman sejawat sekaligus teman sejatimu dipindahtugaskan atau resign, kamu bisa menyampaikan kehilanganmu dengan kutipan perpisahan di atas. Sampaikan padanya bahwa kamu masih menganggapnya sebagai teman sejati, meski tidak lagi menjadi rekan kerjamu.

Terus Melakukan Sesuatu Yang Hebat

“Selama ini kamu sudah suportif, jujur, dan selalu mendukung pekerjaan di kantor ini. Teruslah melakukan hal-hal hebat dalam hidupmu. Selamat tinggal.”

Melepas kepergian teman sejawat yang telah memberikan kontribusi besar dalam perusahaan tidaklah mudah. Apalagi, kamu tahu bahwa tidak semua orang memiliki kapabilitas seperti teman kerjamu itu.

Sebagai teman kantor yang baik, kamu tentu tidak bisa menghalangi keinginannya itu. Kamu bisa menyampaikan harapanmu agar kariernya sukses dengan kata-kata perpisahan di atas.

Kata-Kata Perpisahan Untuk Atasan yang Mengundurkan Diri

Cara Mendapatkan Kesuksesan

“Anda bukanlah atasan yang hanya memerintah saja, tapi juga menunjukkan bagaimana caranya mendapatkan kesuksesan. Selamat jalan, Bos.”

Dalam sebuah tim, keberadaan seorang pemimpin memang dibutuhkan. Pemimpin ini akan menentukan langkah apa yang perlu diambil agar tim bisa mencapai kesuksesan. Dalam perusahaan, posisi pemimpin tim biasanya diisi oleh atasan.

Jika kamu merasakan kehilangan karena atasanmu yang telah memberikan kesuksesan kepada tim kerja mengundurkan diri, sampaikan rasa terima kasihmu kepadanya dengan kutipan di atas. Meski atasanmu sudah tidak lagi menjadi pemimpin tim kerjamu, tapi ilmu yang telah beliau berikan akan selalu kamu terapkan.

Akan Selalu Dikenang

“Kesuksesan dan kegagalan adalah bagian dari siklus kehidupan kerja. Tapi kenangan bekerja bersama bos yang terus menginspirasi seperti Anda tidak akan pernah dilupakan. Selamat jalan.”

Kadang saat melakukan pekerjaan, kamu bisa menemui kegagalan dan kesuksesan. Jika gagal, kamu akan dinasehati oleh atasan, tapi kalau sukses kamu akan mendapat pujian atau bahkan diberi bonus olehnya. Kedua hal itu sudah wajar dalam dunia kerja.

Atasan yang memotivasi karyawannya memang lebih dihormati daripada seorang bos yang bisanya hanya memarahi. Makanya, banyak karyawan yang akan merasa kehilangan bila atasan yang mendorong mereka untuk maju harus dipindahtugaskan atau mengundurkan diri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Siapa yang mengemudikan kapal ini?

“Karena Anda sudah tidak menjadi kapten dari kapal perusahaan ini, lalu siapa yang akan memandu kami menghadapi terjangan ombak nanti? Selamat tinggal, Bos.”

Bos dalam sebuah perusahaan diibaratkan sebagai nakhoda yang memimpin perjalanan sebuah kapal. Beragam masalah yang harus dihadapi oleh perusahaan dianalogikan seperti terjangan ombak di lautan. Maka dari itu, kepiawaian sang atasan untuk menyelesaikan masalah menentukan kelangsungan hidup perusahaan.

Kalau kamu merasa kehilangan karena atasanmu telah berhenti dari perusahaan, ucapkan kata-kata perpisahan untuk rekan kerja di atas kepada beliau. Beritahulah padanya, bahwa beliau telah menjadi pimpinan yang hebat dan mungkin tidak akan tergantikan.

Kepergian Sebagai Teman

“Kedatangan Anda di kantor memang sebagai bos. Tapi, kepergian Anda dari kantor akan menjadi seperti seorang teman. Terima kasih, Bos.”

Bila mendengar kata “bos”, gambaran yang mungkin terbersit di pikiranmu adalah sosok yang keras dan sering ditakuti. Meski begitu, ada juga bos yang pembawaannya ramah dan tidak canggung untuk berbaur dengan karyawan.

Kata-kata perpisahan di atas bisa kamu sampaikan kepada atasanmu yang ramah itu. Walaupun awalnya beliau datang sebagai bos, tapi kamu dan karyawan lain sudah mengganggap beliau sebagai teman sendiri karena kesupelannya.

Menjadi Luar Biasa

“Karyawan biasa seperti saya menjadi karyawan yang luar biasa karena dibimbing oleh bos yang mengagumkan seperti Anda. Terima kasih.”

Beragam jenis karyawan bisa ditemukan dalam dunia kerja. Dari yang rajin, mau belajar, keras kepala, sampai yang malas pun ada. Oleh karena itu, kehadiran bos sebagai pemimpin sangatlah penting.

Kamu bisa menyampaikan kata-kata perpisahan untuk rekan kerja di atas kepada atasanmu. Kamu juga sekaligus mengutarakan rasa terima kasih atas bimbingan beliau yang telah membuatmu menjadi karyawan yang luar biasa.

Kata-Kata Perpisahan Saat Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan

Pertemuan Diakhiri Perpisahan

“Suka duka dalam kerja tim yang kita alami membuatku banyak belajar. Aku senang bisa bertemu dengan kalian. Tapi, setiap pertemuan akan berujung perpisahan. Terima kasih atas segalanya.”

Mengundurkan diri dari perusahaan yang sudah memberikanmu kesempatan bekerja bukan hal yang gampang. Apalagi, bila kamu sudah melalui banyak hal dalam pekerjaan dengan teman kerjamu. Rasanya memang sulit untuk berpisah.

Namun, dalam hidup kamu memang harus menentukan pilihan. Jika mengundurkan diri adalah keputusan terbaik, maka lakukanlah. Sampaikan rasa terima kasihmu kepada rekan kerja dan perusahaan yang akan kamu tinggalkan dengan kata-kata perpisahan di atas.

Menjadi Penghangat Ruang Meeting

“Kamu telah menjadi penghangat dinginnya ruang meeting selama menjadi rekan kerjaku. Terima kasih sudah menjadi partner yang suportif.”

Pemasangan AC di ruang meeting biasa dilakukan oleh perusahaan agar para karyawan yang sedang melakukan rapat tidak merasa gerah. Sayangnya, kadang dinginnya AC di ruang meeting malah membuat suasana meeting menjadi semakin menegangkan.

Kehadiran teman sejawat yang menjadi penghangat suasana meeting bisa jadi lebih manjur dari minum secangkir kopi panas. Tapi, karena suatu hal, kamu ternyata harus mengundurkan diri dan meninggalkan teman kantormu itu. Sampaikan rasa kehilanganmu dengan kutipan di atas agar dia tahu betapa berartinya dia sebagai teman sejawatmu.

Pengalaman Yang Berarti

“Bekerja denganmu adalah pengalaman yang berarti untukku. Tapi, aku harus mengambil jalan yang baru. Dari lubuk hati kudoakan yang terbaik untukmu.”

Pengalaman kerja akan memberikan kesan yang mungkin tidak terlupakan. Kegagalan maupun keberhasilan yang pernah kamu rasakan memberimu pelajaran tersendiri. Maka dari itu, resign dari perusahaan yang telah memberikan kesempatan untukmu bekerja bukanlah hal yang mudah.

Namun, demi mewujudkan impian yang mungkin tidak akan tercapai di perusahaan yang sekarang, kamu memilih untuk menerima tawaran kerja dari perusahaan lain. Kamu bisa menyampaikan kata-kata perpisahan di atas sebagai rasa terima kasih atas bimbingan teman kantormu selama di perusahaan itu.

Tidak Akan Terlupakan

“Target bulanan dan penilaian kinerja akan datang dan pergi. Tapi kenangan bekerja dengan rekan sepertimu tidak akan terlupakan.”

Untuk memastikan kinerja karyawan terus produktif, sebuah perusahaan biasanya memasang target bulanan dan melakukan penilaian performa kerja pada para karyawan. Tak jarang, target dan penilaian tersebut pun terus berubah-ubah.

Maka dari itu, kutipan di atas menceritakan bagaimana kenangan bekerja dengan seseorang tidak akan berubah meski target bulanan dan penilaian kinerja datang dan pergi. Kamu bisa menggunakan contoh di atas sebagai salam perpisahan untuk rekan kerjamu.

Menjadi Seperti Yang Sekarang

“Terima kasih sudah menjadi rekan kerjaku selama ini. Tanpa bantuan dan bimbingan kalian, aku tidak mungkin bisa menjadi seperti yang sekarang.”

Awal masuk kerja, apalagi bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, perbedaan pengalaman mungkin akan membuatmu sempat ketinggalan dengan teman sejawat lainnya. Tapi berkat bimbingan teman-teman kerjamu, akhirnya kamu bisa mengejar ketertinggalan itu.

Maka dari itu, kamu bisa menyampaikan rasa terima kasihmu dengan kutipan di atas ketika berpamitan dengan teman-teman kantormu. Dengan begitu, mereka akan tahu kalau kamu menghargai apa yang sudah mereka lakukan untukmu selama kamu menjadi karyawan di tempat tersebut.

Kata-kata perpisahan kerja di atas tentunya pernah diucapkan oleh setiap orang terutama saat meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja. Sama dengan perpisahan pada umumnya maka kata perpisahan akan diucapkan dengan maksud untuk mengakhiri kerja sama yang selama ini telah dibina dengan beberapa rekan kerja lainnya dan juga dengan pihak atasan.

Jadi bila seseorang resign atau mengundurkan diri dari sebuah perusahaan maka ada baiknya orang tersebut menyiapkan serangkaian kata perpisahan. Sehingga hubungan yang baik akan selalu terbina di antara setiap mereka.

Media untuk Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan

Tentu saja untuk menyampaikan kata-kata perpisahan di atas ada beberapa media yang bisa digunakan, contohnya yaitu seperti yang tertera di bawah ini.

Kartu ucapan

Jika kamu  memang hendak memberikan serangkaian kata perpisahan maka salah satu media yang bisa digunakan adalah kartu ucapan. Di kartu ucapan inilah tentunya kamu  bisa menuliskan berbagai kata yang mewakili perasaan kamu . Tentunya kamu  juga bisa memberikan beberapa hiasan pada kartu ucapan ini. Maka kartu ucapan akan semakin nampak indah dan akan membuat orang yang membacanya menjadi lebih senang.

Keuntungan lain dari penggunaan kartu ucapan adalah bahwa kartu ucapan bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan. Selain itu melalui kartu ucapan maka kamu  bisa mengutarakan dan menuliskan berbagai kata indah untuk mewakili perasaan kamu . Mungkin saja kamu tidak bisa berkata-kata dengan baik jadi kartu ucapan bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu .

Email

Media lain yang juga bisa digunakan untuk menyampaikan serangkaian kata perpisahan adalah email. Kamu  bisa menyebutnya pula sebagai email perpisahan. Mengirim email perpisahan di hari terakhir kerja juga sangat direkomendasikan bagi kamu sekalian yang ingin mengucapkan perpisahan tanpa mengatakannya secara langsung. Jadi kamu  bisa menuliskan apa saja yang sekiranya ingin disampaikan sebagai ucapan perpisahan.

Mengucapkan perpisahan dengan menggunakan email tentu merupakan hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Terutama di zaman canggih yang didominasi dengan adanya sistem komputasi dan internet seperti sekarang ini. Apa saja bisa kamu  sampaikan melalui email termasuk pula berbagai kata perpisahan.

Smartphone

Smartphone tampaknya kini juga semakin banyak dijadikan sebagai media untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan tidak jarang orang mengucapkan perpisahan dengan menggunakan media smartphone. Kamu  bisa melakukan apa saja yang kamu  mau melalui smartphone. Misalnya mengucapkan salam perpisahan melalui telepon. Melalui media telepon ini maka kamu  bisa mengucapkan kata perpisahan walaupun tanpa melakukan tatap muka.

Namun sekalipun Kamu  ingin melakukan tatap muka maka kamu  juga bisa melakukannya melalui smartphone. Untuk bertatap muka dengan orang lain juga kamu  bisa menggunakan media smartphone. Misalnya dengan menggunakan layanan video call yang saat ini tersedia di jaringan internet dan kamu  bisa mengaksesnya dengan mudah.

Tatap muka terakhir

Penyampaian ucapan perpisahan atau serangkaian kata perpisahan juga bisa diucapkan secara langsung pada orang yang bersangkutan. Tatap muka ini bisa disampaikan pada hari terakhir beretemu dengan rekan kerja sejawat serta jajaran atasan. Jadi pada tatap muka terakhir ini setiap orang yang memutuskan resign bisa memberikan ucapan perpisahan pada seluruh anggota perusahaan. Demikian pula setiap orang yang akan ditinggal oleh rekan kerjanya juga dapat menyampaikan kata perpisahan pada rekan tersebut.

Kata perpisahan ini tidak hanya disampaikan oleh rekan sejawat saja tetapi juga oleh jajaran atasan atau bahkan pemilik perusahaan. Melalui pertemuan ini maka siapa saja bisa mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang selama ini dibina di perusahaan. Kamu  sekalian juga bisa mengucapkan berbagai harapan untuk setiaprekan yang akan berpisah.

Pesta perpisahan

Ucapan perpisahan juga bisa disampaikan pada saat pesta perpisahan. Tidak jarang perusahaan memberikan pesta perpisahan untuk setiap pegawai yang melakukan resign pada suatu waktu tertetentu. Terlebih lagi bila pihak atasan yang resign dan hendak keluar dari perusahaan. Maka pesta perpisahan akan diusahakan untuk bisa dilakukan dengan konsep yang terbaik. Maka setiap perkataan yang diperoleh tersebut akan selalu terkenang. pestaperpisahaan yang dialami juga akan selalu dikenang dan menjadi suatu pengalaman yang berkesan.

Tips Membuat Kata-Kata Perpisahan

Adanya ucapan terima kasih

Ucapan perpisahan yang diberikan pada seseorang hendaknya mengandung beberapa kata penting. Kata penting yang pertama adalah kata-kata yang menunjukkan ucapan terima kasih. Bekerja sama dengan seseorang selama beberapa lama tentu akan menjadi pengalaman bagi kamu  sekalian. Mungkin ada saja suatu kesalahan yang pernah dilakukan oleh seorang pekerja. Namun tiap kesalahan pastinya terjadi tanpa disengaja. Kesalahan yang terjadi juga merupakan suatu hal yang wajar.

Namun tetap saja setiap pekerja selalu memberikan usaha yang terbaik dalam melakukan segala pekerjaannya. Oleh akrena itu setiap pekerja berhak mendapatkan ucapan terima kasih baik dari rekan sejawat maupun dari jajaran atasan sekaligus dari pemilik perusahaan. Setidaknya seorang pekerja sudah pernah memberikan tenaganya untuk perusahaan dan telah memberikan kontribusi bagi perusahaan.

Singkat atau ringkas

Menyampaikan kata-kata perpisahan juga sebaiknya dilakukan dengan singkat. Jangan membuat kalimat yang bertele-tele sehingga bisa menimbulkan kebosanan bagi pihak yang mendengarkan. Jadi saat menyampaikan ucapan perpisahan sebaiknya kamu  mengutarakan beberapa hal penting saja.

Beberapa hal penting yang perlu disampaikan selain ucapan terima kasih yaitu harapan ke depan. Utarakan harapan pada tiaporang yang melakukan resign agar orang tersebut bisa tetap berkarya dan tetap melakukan hal terbaik dalam hidupnya serta selalu memperoleh kesuksesan. Selain itu ucapkan pula berbagai motivasi untuk orang yang akan bekerja di tempat lain.

Beri kesempatan untuk respon

Sebaiknya kata-kata perpisahan tidak hanya disampaikan secara sepihak saja. Tetapi alangkah lebih baiknya jika setiap ucapan perpisahan yang disampaikan bisa diakhiri dengan pemberian kesempatan untuk respon. Kesempatan ini diberikan pada orang yang akan resign sehingga ia juga bisa menyampaikan segala pemikirannya selama bekerja di perusahaan.

Selain itu orang yang resign juga diharapkan agar bisa mengucapkan terima kasih pada perusahaan atas apa yang diberikan oleh perusahaan selama ini. Seluruh kata perpisahaan tentu akan menjadi lebih bermakna jika dilakukan dengan baik dan ada timbal balik. Respon yang diberikan oleh pekerja yang resign setidaknya juga dapat menjadi masukan dan saran terbaik bagi perusahaan untuk bisa lebih berkembang.

Kata-Kata Perpisahan Terbaik

Kata-kata perpisahan tentunya bisa menjadi ucapan yang terbaik untuk setiap orang yang akan berpisah dan tidak bekerja sama lagi di suatu perusahaan. Dengan adanya ucapan perpisahan maka hubungan tiap orang ke depannya akan tetap baik dan harmonis sekalipun sudah tidak bekerja sama lagi pada satu perusahaan. Berikan ucapan perpisahan yang terbaik untuk acara perpisahan sehingga acara perpisahan tersebut akan memberikan kesan tersendiri bagi kamu sekalian.

Memang ada banyak faktor yang membuat seorang karyawan ingin pindah ke perusahaan lain. Namun, tidak bisa dipungkiri, uang atau gaji adalah salah satu faktor terbesar. Terkadang hal ini memang dikarenakan kemampuan perusahaan untuk membayar karyawan yang terbatas. Terkadang hal ini disebabkan oleh sistem penggajian yang tidak dikelola dengan baik.

Untuk memudahkan perusahaanmu dalam melakukan hal ini, sekarang sudah ada aplikasi seperti JojoPayroll lho! Selain bisa melakukan penghitungan gaji dan prorate secara otomatis, aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan PPH 21, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, sudah tidak perlu lagi melakukan semuanya secara manual dan beresiko kehilangan karyawan karena gajinya terlewat.