Kebutuhan Primer ; Definisi, dan Contohnya bagi Kebutuhan Hidup

Setiap manusia tentu memiliki kebutuhan yang perlu dipenuhi, namun kebutuhan manusia tersebut ada yang bersifat wajib dan tidak wajib. Salah satu kebutuhan manusia yang tergolong wajib adalah Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang berkaitan dengan mempertahankan hidup secara layak.

Perkembangan kebutuhan manusia makin meningkat, seiring dengan makin pesatnya teknologi. Termasuk kebutuhan primer, makin tinggi kebutuhannya makin besar biaya yang harus dikeluarkan.

Nah, berkaitan dengan perkembangan zaman, sebenarnya apa saja kebutuhan primer itu ? sejauh mana manusia membutuhkan kebutuhan primer untuk bertahan hidup di era serba modern ini ? Kita akan bahas secara lengkap dibawah ini.

Apa yang dimaksud Kebutuhan Primer ?

Seiring dengan perkembangan zaman, kebutuhan manusia pun juga berkembang. Klasifikasi kebutuhan berdasarkan intensitas ini tidak bersifat mutlak. Kebutuhan primer antara manusia yang satu dengan yang lainnya jelas berbeda. Contohnya saja, bagi seorang petani, cangkul adalah kebutuhan primer. Namun bagi polisi cangkul tidak masuk menjadi kebutuhannya.

Kebutuhan primer adalah kebutuhan utama seperti terdiri dari sandang (pakaian), pangan (makan), dan papan (tempat tinggal). Tanpa pangan, manusia akan meninggal. Begitu pula tanpa sandang dan papan. Manusia akan tersiksa hidupnya dan rentan terserang penyakit. Selain itu penunjang kebutuhan utama seperti fasilitas untuk bekerja termasuk pada kebutuhan primer.

kebutuhan primer

Kebutuhan Primer di era Modern

Kembali kepada beberapa jenis kebutuhan manusia, mengingat masih banyak yang beranggapan “untuk memenuhi kebutuhan primer saja sudah sulit, apalagi untuk memenuhi kebutuhan yang lebih dari itu”, untuk itu mari kita coba telusuri kembali kebutuhan primer apa yang sering menggerogoti penghasilan kita saat ini ? kita akan bahas satu persatu berikut ini :

1. Kebutuhan Pangan (Makanan)

Makan sudah tentu adalah kebutuhan dasar manusia untuk dapat beraktivitas dan menghasilkan produktivitas. Lalu, makanan seperti apa yang dapat menunjang kebutuhan dasar manusia ini? Mengkonsumsi secara seimbang makanan yang bergizi dengan mengandung serat, karbohidrat, protein, serta dilengkapi asupan kalsium serta vitamin lah yang memang benar-benar dibutuhkan.

2. Pakaian Sebagai Penunjang Aktivitas

Pakaian yang layak adalah kebutuhan dasar semua orang. Bagi para pekerja, memiliki pakaian yang layak dan rapi tentu merupakan suatu keharusan. Dalam perencanaan keuangan, memenuhi kebutuhan jenis ini menjadi hal yang juga sangat penting. Tinggal kemampuan masing-masing orang yang menentukan sukses tidaknya dalam mengalokasikan penghasilannya.

3. Kebutuhan Tempat Tinggal

Kebutuhan jenis ini berpotensi menjadi perdebatan yang panjang, apakah definisinya harus memiliki atas nama sendiri atau yang penting sebatas ada tempat untuk ditinggali. Intinya setiap orang yang telah mandiri sudah sewajarnya dapat menetapkan tujuan untuk memiliki tempat tinggal atau properti sendiri.

Selama tujuan tersebut untuk memiliki tempat tinggal sendiri masih menjadi prioritas, maka pengeluaran pun akan dapat dialokasikan sebagian untuk tujuan kepemilikan tempat tinggal, apakah itu dalam bentuk rumah susun sederhana, apartemen, ataupun rumah tinggal pada umumnya.

kebutuhan primer

Contoh Kebutuhan Primer

Selain kebutuhan primer diatas yang sudah dibahas, berikut ini kami berikan contoh-contohnya apa saja.

1. Sandang (Pakaian)

Sandang merupakan kebutuhan manusia yang berupa pakaian yang digunakan untuk menutupi dan melindungi tubuh kita dari panas dan dingin. Contoh dari  sandang (pakaian) itu seperti baju dan celana.

Pada jaman dulu, pakaian ini dibuat dari kulit kayu dan hewan. Tapi, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, saat ini pakaian dibuat dari tenunan benang dengan berbagai macam jenis.

2. Pangan (Makanan)

Pangan merupakan kebutuhan manusia untuk makan dan minum sehingga manusia dapat memperoleh energi untuk beraktivitas. Makanan (termasuk minuman) ini merupakan kebutuhan pokok dan paling utama bagi setiap makhluk hidup.

Contoh dari pangan itu seperti sembako (sembilan bahan pokok), yaitu:

  1. Beras, jagung, dan sagu
  2. Daging
  3. Sayur-sayuran dan buah-buahan
  4. Susu
  5. Telur
  6. Gula Pasir
  7. Garam beriodium dan bernatrium
  8. Minyak goreng dan margarin
  9. Minyak tanah atau LPG

3. Papan (Rumah)

Papan (rumah/tempat tinggal) merupakan tempat yang dipakai manusia sebagai tempat tinggal dan tempat buat berlindung atau berteduh dari hujan atau panas. Seiring berjalannya waktu, rumah dipakai sebagai tempat buat berkumpul dengan keluarga.

4. Keluarga

Keluarga juga merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan oleh manusia. Berbagai macam hal yang pertama kali kita pelajari itu berawal dari keluarga seperti awal kita bisa berbicara, berjalan, dan sebagainya.

Karena, melalui keluarga banyak sekali pelajaran yang bisa diterima, sehingga keluarga juga jadi suatu kebutuhan psikologis yang cukup penting.

5. Teman

Manusia merupakan makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri sehingga kita saling membutuhkan dan saling tolong menolong untuk bisa bertahan hidup, dan melalui teman Anda bisa banyak belajar serta mendapatkan rasa kasih sayang dan berbagai pengalaman.

6. Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting yang tidak boleh diabaikan, karena dengan pendidikan sebuah negara bisa menjadi semakin maju. Untunk itu suatu negara juga mewajibkan seorang anak mendapatkan pendidikan yang layak dan juga sesuai dengan standar yang ditentukan.

7. Informasi

Dengan adanya informasi, maka Anda akan lebih mudah buat memenuhi kebutuhan lainnya.

8. Pengetahuan

Hampir sama dengan pendidikan, tapi pengetahuan mempunyai cakupan yang lebih luas. Pengetahuan mempunyai banyak jenis, seperti pengetahuan formal dan non formal serta skill hidup yang menjadi pengetahuan untuk bertahan hidup.

9. Pekerjaan

Pekerjaan merupakan kebutuhan primer, dimana dengan kita bekerja maka kita akan memperoleh penghasilan. Penghasilan atau uang yang didapatkan tersebut, bisa dipakai buat memenuhi kebutuhan dalam sehari-hari.

10. Kasih Sayang

Sebagai individu kita juga membutuhkan kasih sayang, baik itu dari keluarga, teman, atau orang lain yang ada di sekitarnya. Dengan adanya kasih sayang, maka manusia bisa lebih peduli dengan sesama dan peduli dengan hal lainnya yang ada di sekitar mereka.

11. Hubungan

Kita sebagai manusia akan membutuhkan suatu hubungan, seperti hubungan kekeluargaan, pertemanan, atau berbagai macam hubungan yang bisa memenuhi kebutuhan pokok kita.

12. Menunjukkan Prestasi/Kemampuan

Manusia juga butuh buat menunjukkan prestasinya, karena orang lain akan memperhitungkan keberadaannya dan mendapat pengalaman hidup.

kebutuhan primer

13. Identitas

Setiap manusia pasti ingin dikenal di dalam lingkungannya yang mereka tinggali saat ini. Jadi, orang lain bisa mengenali dan bisa berinteraksi satu sama lain yang kemudian akan terjalin ikatan pertemanan yang sangat menyenangkan.

14. Privasi

Setiap orang pasti sangat membutuhkan privasi, karena ada beberapa hal yang sensitif yang cuma boleh diketahui oleh dirinya sendiri.

15. Keamanan

Setiap manusia pasti mempunyai harapan buat tinggal di tempat yang aman dan juga nyaman. Tidak cuma di tempat tinggalnya aja, tapi juga di sekitarnya jadi kita akan merasa aman dan gak merasa was-was atau curiga dengan hal negatif yang bisa menolaknya.

16. Kesehatan

Dengan kondisi tubuh yang sehat, maka seseorang bisa dengan mudah melakukan segala hal, jadi kebutuhan primernya bisa terpenuhi.

Kalo kondisi tubuh seseorang tidak sehat, maka dia akan kesulitan buat memenuhi kebutuhannya yang lain dan kelangsungan hidupnya akan terganggu. Jadi, dengan begitu pemerintah mulai memberikan jaminan kesehatan buat masyarakatnya.

17. Ketentraman

Dengan adanya ketentraman, maka hidup kita akan lebih damai dan gak merasa terganggu. Jadi, setiap individu juga akan membutuhkan lingkungan yang aman, kesehatan yang baik, dan juga terpenuhi kebutuhan lainnya, jadi hidupnya akan terasa lebih tentram.

18. Menghargai dan Dihargai

Setiap orang pasti ingin dihargai, tapi kalau ingin dihargai maka Anda juga harus bisa menghargai orang lain dulu.

19. Mencintai dan Dicintai

Sebagai manusia pasti mencintai keluarga ataupun temannya. Selain mencintai, kita juga berharap buat bisa dicintai oleh orang lain. Makanya, rasa mencintai dan dicintai tersebut bisa digolongkan menjadi kebutuhan primer.

20. Keselamatan

Setiap orang juga memerlukan jaminan keselamatan, misalnya saja saat mendapatkan suatu pekerjaan sebelum menerimanya. Maka, dia akan memperhitungkan faktor keselamatan dan jaminan keselamatan yang akan didapat.

Semua kebutuhan primer tersebut bisa bisa didapatkan jika kita memiliki mata pencaharian atau sumber penghasilan. Selain itu kita harus mampu mengelola keuangan dengan baik.

Salah satu contoh mengelola keuangan dengan baik adalah memiliki tabungan, selain itu menggunakan sistem manajemen keuangan yang terintegrasi dengan laporan keuangan jika Anda seorang pelaku usaha, agar semua pemasukan bisa dikelola dengan baik dan dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. Anda bisa menggunakan Software Jojonomic yang berbasis cloud dengan aplikasinya JojoExpense.

kebutuhan primer

Produk populer aplikasi JojoExpense dipakai untuk meningkatkan produktivitas perusahaan. APlikasi yang hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

Aplikasi JojoExpense adalah Solusi Manajemen Pengeluaran Perusahaan yang Fleksibel, JojoExpense memudahkan staf keuangan untuk memantau disbursement perusahaan secara real-time dan akurat. Hemat waktu hingga 77% dengan proses pelaporan pengeluaran otomatis!

Segera pakai aplikasi demo dan buktikan kinerjanya klik Demo Gratis Sekarang