Kelemahan Kredit : Cara Pinjam, Tips, dan Contoh Kelemahan

kelemahan kredit

Ketika ekonomi begitu sulit dan kebutuhan hidup harus terus berlanjut, ada banyak solusi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mulai dari menabung, mencari penghasilan tambahan, dan terakhir mencari pinjaman, meskipun memiliki kelemahan kredit itu sendiri.

Saat Anda sangat membutuhkan dana untuk hal yang sangat penting atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan dana, tentunya Anda membutuhkan opsi ini. Ada banyak pilihan pinjaman, antara lain pinjaman online, kredit aman, dan kredit tanpa agunan atau KTA.

Padahal, KTA merupakan salah satu produk unggulan yang diberikan bank kepada nasabahnya dengan kemudahan kredit bank. Kemudahan dari produk ini adalah kredit bisa didapatkan tanpa agunan. Produk ini awalnya diluncurkan oleh Standard Chartered Bank, sebuah lembaga perbankan multinasional Inggris.

Dalam perkembangan selanjutnya, KTA diadopsi oleh banyak lembaga perbankan di Indonesia. KTA atau Personal Loan (PL) menarik minat nasabah, mulai dari permintaan konsumen hingga perkembangan bisnis. Apakah Anda tertarik untuk menerima kehormatan ini? Eits, yuk simak beberapa kekurangan KTA, biar nggak terlilit utang!

Di mana dan bagaimana cara untuk melakukan pinjaman?

kelemahan kredit

Lembaga paling terpercaya yang memberikan kredit tanpa agunan adalah bank. Saat ini hampir setiap bank memiliki layanan kredit tanpa agunan. Kita hanya perlu membandingkan fasilitas masing-masing bank untuk memilih yang terbaik.

Selain bank, ada lembaga atau pihak lain yang memberikan kredit tanpa agunan. Namun lembaga tersebut tidak memiliki dasar hukum. Di masyarakat, mereka disebut rentenir atau rentenir.

Tidak disarankan untuk meminjam uang dari rentenir. Karena tidak ada prosedur hukum untuk meminjam uang dari orang ini. Biasanya rentenir membebankan bunga yang tinggi, jika pembayaran cicilannya lambat, jangan ragu untuk melakukannya.

Dibandingkan dengan pinjaman yang dijamin, pinjaman tanpa jaminan relatif lebih mudah untuk dibayar. Yang penting dokumen yang diperlukan lengkap dan kami tidak akan memberikan data yang salah dalam formulir.

Persyaratan umum untuk mengajukan KTA meliputi:

  1. KTP & KK
  2. NPWP/SPT
  3. Akun dalam 3 bulan terakhir
  4. Laporan gaji/penghasilan karyawan

Setelah menyiapkan dokumen, hubungi bank dengan penawaran KTA terbaik untuk penjelasan lebih lanjut.

Tips Meminjam

  1. Bersikaplah positif, jangan agresif

Terkadang, karena kebutuhan, orang yang mengajukan KTA begitu agresif sehingga permohonannya disetujui. Sikap ini tidak dianjurkan. Sebaliknya, kita harus santai dan tenang, jangan memaksakan, apalagi menyuap.

  1. Sesuaikan batas pinjaman

Setiap bank memiliki batas pinjaman yang berbeda. Biasanya kami bisa meminjam hingga 200 juta rupiah, tetapi kami berusaha untuk tidak meminjam sebanyak mungkin. Pastikan total utang bulanan, termasuk cicilan KTA, tidak melebihi 40% dari gaji kita.

Misalnya gaji kita Rp. 5000000. Artinya, pembayaran cicilan maksimal Rp 1,5 juta per bulan agar keuangan keluarga tidak terganggu. Jika bank berpendapat bahwa jumlah pinjaman tidak sesuai dengan pendapatan, maka permohonan ditolak.

  1. Ponsel harus selalu aktif

Kami akan menghubungi kami dari waktu ke waktu setelah menerima aplikasi. Oleh karena itu, pastikan ponsel Anda selalu aktif agar Anda dapat berbicara dengan staf bank.

  1. Tidak ada masalah dengan riwayat kredit

Pastikan juga bahwa kita tidak pernah memiliki masalah kredit. Misalnya, dengan kartu kredit, tagihan harus dibayar lunas tepat waktu. Jika Anda pernah memiliki kredit mobil, cicilan bulanan juga harus lancar.

Bank akan melihat data kredit kita di bank. Jika kita menemui kendala dalam melunasi cicilan, kita akan dianggap tidak mungkin memperoleh pinjaman karena kita juga takut menghadapi masalah. Berikut Kelemahannya:

Kelemahan Kredit dengan Suku bunga relatif tinggi (high risk)

kelemahan kredit

Selain kelebihan, kredit KTA juga memiliki kekurangan. Salah satu kelemahan KTA adalah tingkat bunga yang ditawarkan cukup tinggi. Anggap saja sebagai hasil dari penggantian agunan atau jaminan. Dari awal hingga akhir pelunasan, tingkat bunga yang diberikan biasanya bersifat tetap atau fixed. Mengenai suku bunga, setiap bank memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Namun, biasanya tingkat bunga bisa mencapai 2,5%.

Ingat, meskipun tidak ada agunan, Anda harus membayar cicilan kredit secara tertib sesuai waktu yang ditentukan. Meskipun bank tidak berhak untuk menyita aset milik nasabah dalam hal kredit macet, namun bank akan melaporkan nasabah bermasalah tersebut kepada Bank Indonesia (BI). Selain itu, BI akan memproses dan mengevaluasi. Jika terbukti telah terjadi kredit macet yang cukup serius, maka nasabah tersebut masuk dalam daftar negatif.

Plafon tenor terbatas yang menjadi Kelemahan Kredit

Batas maksimum atau jumlah pinjaman biasanya tidak melebihi Rp 300 juta. Karena plafon yang rendah, jangka waktu pelunasan atau pelunasan biasanya relatif singkat, berkisar antara satu hingga lima tahun tergantung jumlah pinjaman.

Pinjaman berdasarkan status profesional dan pendapatan

Hal terpenting untuk mengajukan KTA adalah status kepegawaian Anda untuk memastikan kelancaran pembayaran cicilan. Bank akan memprioritaskan pemberian pinjaman kepada karyawan tetap, profesional dan pengusaha yang memiliki pendapatan bulanan yang stabil. Bank hanya menyetujui orang-orang dengan pendapatan tetap bulanan minimal Rp 2 juta.

Jika Anda sedang dalam keadaan terdesak dan membutuhkan pinjaman, namun tidak ingin memberikan jaminan, KTA adalah pilihan yang bisa Anda pertimbangkan. Namun selain keunggulan proses cepat dan tanpa agunan, Anda juga harus memperhatikan tingginya suku bunga yang dikenakan kepada nasabah. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menerima pinjaman KTA, harap pertimbangkan baik-baik.

Kelemahan Kredit karena pinjaman yang bersifat jangka pendek

Sesuai dengan limit pinjaman yang kecil, jangka waktu pelunasan KTA juga terbatas. Waktu pelunasan ini tergantung pada jumlah pinjaman. Semakin besar pinjaman, semakin lama jangka waktu pelunasannya, hingga 5 tahun.

KTA sangat menarik karena kita bisa mendapatkan dana dengan cepat. Tapi ingat, dana tersebut merupakan utang yang harus dilunasi. Jika Anda tidak hati-hati, itu bisa menjadi bencana.

Kesimpulan Kelemahan Kredit

kelemahan kredit

Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi solusi tepat bagi masyarakat yang membutuhkan dana darurat namun tidak memiliki dana tabungan yang cukup. Namun bukan berarti kita bisa mengajukan KTA begitu kita membutuhkan dana.

Banyak orang yang ingin mengajukan pinjaman tanpa jaminan tanpa terlebih dahulu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pembayaran. Jika faktor-faktor ini tidak diperhatikan, keuangan bahkan bisa runtuh.

Sebelum mengajukan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal tentang pinjaman tanpa agunan. Salah satunya adalah tentang kelebihan dan kekurangan kredit tanpa agunan.

Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda—semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. “Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”!

Coba Gratis

Cobalah sebelum Anda membeli dengan uji coba gratis atau minta penawaran demo untuk menemukan opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Tersedia melalui berbagai macam opsi harga, JojoPayroll menyediakan benefit khusus yang dibutuhkan bisnis Anda: waktu implementasi yang lebih cepat, kemampuan rapid innovation, dan kelincahan bisnis yang luar biasa. Manfaatkan aplikasi terbaik yang dikembangkan melalui kemitraan dengan ribuan perusahaan terkemuka di setiap industri, di seluruh Indonesia