7 Kemampuan Dasar HRD Yang Wajib Dimiliki Untuk Diaplikasikan Pada Perusahaan

kemampuan dasar HRD

Memiliki kemampuan dasar HRD tentunya merupakan hal penting bagi mereka yang menjadi anggota maupun staff HRD sebuah perusahaan. Hal ini sangat penting karena tidak banyak yang memiliki kemampuan dasar untuk dapat menduduki posisi tersebut. Oleh sebab itu diperlukan kemampuan atau keahlian khusus saat memutuskan untuk mengambil peran sebagai tenaga yang mengatur sumber daya manusia di dalam sebuah perusahaan. Jika kalian ingin tahu lebih lanjut apa saja bentuk kemampuan dasar HRD yang perlu untuk dimiliki, berikut ini beberapa poin penting yang harus diasah dan diperhatikan sebagai bagian dari staf HRD perusahaan.

Kemampuan Dasar HRD Dalam Pengenalan Masalah

Salah satu kemampuan dasar HRD yang diperlukan bagi seluruh tim yang tergabung di dalamnya yaitu intuisi serta ketepatan berpikir berkaitan dengan masalah yang terjadi di seputar lingkungan kantor. Terutama jika berkaitan dengan kinerja serta kedisiplinan karyawan. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika seorang HRD umumnya merupakan lulusan dari jurusan psikologi, yang sedikit banyak mempelajari karakter orang lain termasuk pengenalan masalah yang terjadi di lingkungannya. Sebaiknya dalam tim HRD selalu miliki anggota yang demikian untuk mempermudah penyelesaian dan solusi dari tiap permasalahan karyawan perusahaan. Sehingga bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, secara tidak langsung tim HRD telah terlatih untuk menangani hal tersebut.

Kemampuan Pengolahan Data Karyawan

Tim HRD tentu mau tidak mau juga harus berurusan dengan pengolahan data karyawan dalam perusahaan. Mulai dari informasi seperti biodata pribadi, pengalaman kerja karyawan secara khusus hingga pengaturan data informasi yang bersifat rahasia. Tentu ada banyaknya jumlah karyawan dalam sebuah perusahaan tentu membutuhkan sistem yang memadai untuk melakukan pencatatan hal tersebut. Oleh karena itu setiap anggota tim HRD sebaiknya memiliki kemampuan dasar HRD untuk mengolah data-data tersebut secara sistematis sehingga mudah untuk diakses apabila diperlukan sewaktu-waktu. Tentunya berkat teknologi yang makin berkembang hal tersebut dapat didukung oleh berbagai macam alat bantu. Oleh sebab itu sebaiknya pastikan untuk mengikuti perkembangan teknologi dalam hal pengolahan data karyawan tersebut.

Kemampuan Dasar HRD Dalam Proses Interview

Salah satu tugas utama tim HRD perusahaan yaitu memastikan sistem perekrutan yang optimal serta efektif. Sehingga nantinya dapat ditemukan bibit serta calon karyawan yang sesuai dengan misi dan visi perusahaan maupun sesuai dengan kebutuhan perusahaan saat itu. Tentu saja dalam prosesnya dibutuhkan keahlian yang memadai terutama dalam proses interview itu sendiri. Oleh karena itu sebaiknya tim HRD memiliki keahlian dalam melihat calon karyawan yang ingin bergabung dengan perusahaan. Sehingga nantinya perusahaan sendiri dapat memperoleh karyawan yang terbaik serta mampu mendukung seluruh aktivitas kegiatan perusahaan secara optimal.

Kemampuan Dalam Evaluasi Karyawan

Tim HRD juga sedikit banyak bertanggung jawab dalam memantau evaluasi karyawannya setiap tahun. Terutama untuk melakukan penilaian apakah karyawan yang bersangkutan memiliki kemajuan dan keahlian yang meningkat atau tidak. Oleh sebab itu sebaiknya tim HRD memiliki kapasitas untuk melakukan evaluasi pada seluruh karyawan perusahaan dengan tepat. Mulai dari evaluasi kehadiran, kinerja karyawan setiap hari, serta progress peningkatan keahlian karyawan secara keseluruhan. Umumnya hal ini dilakukan secara tahunan, sehingga setiap tahunnya tim HRD akan memiliki tugas penting untuk melakukan evaluasi tersebut pada seluruh karyawan perusahaan. Mulai dari persiapan kriteria evaluasi hingga nantinya pengolahan hasil evaluasi yang dilakukan pada karyawan.

Kemampuan Dasar HRD Dalam Pemberian Pelatihan Karyawan

Umumnya perusahaan pastinya menginginkan kualitas karyawannya meningkat dari waktu ke waktu. Oleh sebab itu pemberian pelatihan yang berkaitan merupakan salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh tim HRD pada seluruh jenjang karyawan pada perusahaan. Hal ini meliputi perencanaan pelatihan yang sesuai untuk setiap karyawan. Terutama karena karyawan memiliki peran dan tugas masing-masing yang bisa saja cukup spesifik dan berbeda-beda. Oleh sebab itu peran tim HRD perusahaan umumnya meliputi kemampuan untuk memilih mana pelatihan yang sesuai untuk diberikan serta apa saja bentuk pelatihan tersebut. Baik pelatihan yang akan dilakukan secara internal ataupun jenis pelatihan yang dilakukan secara eksternal. Dengan demikian maka kualitas karyawan perusahaan dari tahun ke tahun jauh lebih berkembang.

Kemampuan Kontrol Karyawan

Seorang HRD harus mampu bertindak tegas terhadap perilaku karyawan yang dianggap melanggar tata tertib perusahaan. Oleh sebab itu secara dasar umumnya tim HRD harus dapat melakukan kontrol terhadap karyawan perusahaan secara efektif dan optimal. Terlebih lagi tim HRD juga harus dapat menjadi contoh terbaik bagi seluruh karyawan yang ada di dalam perusahaan. Dalam hal ini berkaitan dengan sistem kehadiran yang menjadi tolok ukur performa karyawan pada perusahaan. Oleh sebab itu sebaiknya selalu miliki karakter yang disiplin dan tegas. Karena karakter inilah yang mampu menjadi pendukung terbaik untuk dapat menjadi tim HRD yang mengontrol karyawan secara penuh dan optimal.

Kemampuan Penggunaan Teknologi Terkait

Menjadi HRD bukan berarti tidak perlu untuk menguasai teknologi terkini. Terutama bila berkaitan dengan teknologi yang bersangkutan dengan mesin dan komputer. Tentu salah besar jika hal ini ada dalam pikiran seorang HRD. Padahal dalam perkembangannya justru hal ini sangat penting untuk dimiliki oleh seorang HRD. Kemajuan jaman yang makin melesat menuntut setiap karyawan, termasuk tim HRD, untuk menguasai teknologi terbaru yang mumpuni. Mulai dari teknologi untuk menghitung absensi, menghitung payroll karyawan, hingga mengolah data karyawan secara lebih sistematis dan efektif. Oleh sebab itu sebaiknya tim HRD harus mampu mengoperasikan beberapa software umum baik itu Microsoft Office ataupun software untuk keperluan HRD lainnya.

Tentu saja kemampuan dasar HRD ini cukup penting untuk dimiliki sekaligus diaplikasikan pada pekerjaan sehari-hari dalam perusahaan. Sama halnya dalam memutuskan untuk menggunakan sistem payroll yang paling tepat bagi perusahaan. Contohnya melalui penggunaan JojoPayroll. Dengan memutuskan untuk menggunakan produk yang satu ini, tentu saja ada beberapa manfaat penting yang bisa didapatkan. Mulai dari pembayaran payroll karyawan secara otomatis, hingga perhitungan otomatis serta cetak slip gaji karyawan secara otomatis pula.

Tentunya semua manfaat yang menarik dari JojoPayroll ini berkat berbagai macam fitur andalan dari produk tersebut. Beberapa fiturnya yang cukup hebat di antaranya sebagai berikut:

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu sebaiknya jangan ragu jika ingin beralih pada produk yang satu ini. Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan kesempatan untuk coba gratis selama 14 hari. Lihat serta buktikan sendiri bagaimana produk ini bekerja secara efektif dalam membantu sistem payroll perusahaan Anda. Selamat mencobanya!