Kepuasan Karyawan Mempengaruhi Performa Perusahaan

kepuasan karyawan

Kepuasan karyawan adalah perasaan positif tentang pekerjaan dan lingkungan pekerjaan seseorang yang merupakan hasiSiapa diantara kalian yang sedang mencari cara agar karyawan  nyaman dengan pekerjaanya? Artikel berikut ini akan menjabarkan apa itu kepuasan karyawan, bagaimana mendapatkannya, dan hubungannya dengan kinerja. Kepuasan dalam bekerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Oleh karena itu para karyawan harus mendapatkan kepuasan dalam melakukan setiap pekerjaannya.

Perasaan senang atau tidaknya seorang karyawan dalam menjalankan pekerjaannya adalah indikator seorang karyawan memiliki sikap kepuasan terhadap pekerjaannya. Selain perasaan senang, kepuasan kerja juga dapat diartikan harapan karyawan sesuai dengan keuntungan yang ia dapatkan dari pekerjannya tersebut.

Sebelum membahas lebih detail seputar kepuasan karyawan, mari kita ketahui dulu apa itu kepuasan kerja. Karena salah satu faktor penting yang membuat karyawan merasa puas adalah pekerjaannya itu sendiri. Kepuasan kerja seorang karyawan merupakan salah satu faktor penting yang memperngaruhi kepuasan hidup seseorang yang sebagian waktunya dihabiskan di tempat kerja. Beberapa indikator yang dapat memengaruhi kepuasan kerja karyawan, diantaranya:

Indikator Kepuasan Karyawan

mengganti status karyawan
  1. Kepuasan Terhadap Rekan Kerja, teman sekantor merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi kinerja karyawan. Salah satu hal penting dalam menjaga hubungan pertemanan adalah dengan komunikasi yang baik. Komunikasi yang berjalan baik antar rekan kerja akan menciptakan suasana kerja yang menyenangkan. Perasaan senang yang timbul akan berkaitan dengan kepuasan kerja karyawan.
  2. Kepuasan Terhadap Atasan, gaya kepemimpinan atasan memberikan pengaruh yang besar terhadap kepuasan kerja karyawan. Dari banyaknya gaya kepemimpinan seorang atasan, atasan yang berorientasi terhadap kinerja karyawan dan atasan yang mengutamakan partisipasi karyawannya menjadi jenis atasan yang disukai oleh karyawan. Karena atasan yang mengutamakan kinerja karyawannya artinya sering memberikan perhatian kepada karyawannya. Bentuk perhatian bisa berupa rutin memberikan arahan dan nasehat secara personal terhadap karyawan yang memiliki kesulitan  dalam pekerjaan. Sedangkan atasan yang mengutamakan partisipasi karyawan disukai karena karyawan diberikan kesempatan yang besar untuk mendiskusikan dan menyelesaikan masalah pekerjaan yang ada.
  3. Promosi Karyawan, ketika seorang karyawan diapresiasi kerjanya dengan diberikan promosi maka karyawan akan merasa kinerjanya selama ini dihargai. Ketika karyawan merasa dihargai dan diapresiasi maka kedepannya kinerjanya akan semakin baik.
  4. Gaji Yang Didapat, kepuasan karyawan akan bertambah ketika mereka tidak hanya mendapat gaji pokok, tetapi ada tunjangan lainnya. Tunjangan diluar gaji pokok ada banyak jenisnya, tunjangan kesehatan, mobil, atau bahkan tunjangan untuk keluarga.
  5. Poin terakhir dan yang terpenting adalah kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya sendiri. Setiap jenis pekerjaan yang dilakukan akan membuat seorang karyawan mempunyai motivasi untuk terus memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Jenis pekerjaan yang memungkinkan karyawan untuk memaksimalkan kemampuan dan kecakapannya, memberikan pilihan tugas dan memberikan feedback yang sesuai dengan harapan yang dimiliki oleh karyawan adalah faktor-faktor agar karyawan merasa senang dengan pekerjaannya.

Setelah kita membahas tentang kepuasan karyawan, mari kita bahas tentang apa hubungannya kepuasan karyawan dengan kinerja karyawan.

Tujuan Meningkatkan Kinerja Karyawan

Disaat bisnis semakin berkembang seperti saat ini, saingan perusahaan anda juga semakin banyak saingannya. Akibat dari banyaknya saingan yang bermunculan, timbul persaingan tinggi. Setiap perusahaan berusaha untuk lebih unggul dari para pesaingnya.

Banyak faktor yang harus diperbaiki jika ingin memperbaiki kinerja perusahaan, salah satunya kinerja karyawan perusahaan. Kinerja sumber saya manusia adalah hal penting yang perlu diperhatikan jika ingin meningkatkan persaingan perusahaan kalian. Dimana sumber daya manusia disuatu perusahaan memegang peranan yang cukup penting terhadap performa perusahaan.

Karyawan merupakan bagian penting dalam suatu perusahaan agar performa perusahaan tetap unggul diantara para pesaing. Tentunya perusahaan ingin kinerja yang baik dari tiap karyawan dalam menjalankan pekerjaan mereka. Namun kualitas performa karyawan tidak dapat dilakukan secara searah. Pihak perusahaan juga perlu memperhatikan mental karyawan agar kinerjanya menjadi optimal.

Berdasarkan sebuah studi, salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan adalah segi kepuasan yang karyawan itu dapatkan dari perusahaan tersebut. Telah banyak studi yang mengkaji dampak dari ketidakpuasan kerja karyawan. Para ahli setuju bahwa performa kinerja karyawan harus setara dengan kepuasan kerja. Berdasarkan banyak penelitian, pengaruh kepuasan kerja terhadap performa kerja dapat dijelaskan dengan beberapa faktor. Faktor paling besar adalah jumlah gaji yang diterima.

Dampak Ketidakpuasan Kerja

home buying assistance

Seperti yang sudah dibahas diatas, performa karyawan tidak dapat dilakukan secara searah. Pihak perusahaan juga perlu memperhatikan faktor-faktor yang membuat karyawan merasa tidak nyaman bekerja. Dampak negatif dari seorang karyawan yang merasa tidak puas dengan pekerjaannya adalah muncul perilaku yang tidak sesuai dengan ekspektasi anda sebagai atasan, atau ekspektasi dari perusahaan tersebut.

Menurut Robbins (2003) ada beberapa cara untuk karyawan menunjukan ketidak puasan terhadap pekerjaannya, yaitu:

  1. Keluar/ resign, karyawan memilih untuk bekerja ditempat lain. Jika traffic keluar-masuk karyawan terlalu banyak, akan berdampak pada performa kerja perusahaan. Karena karyawan belum bisa langsung bekerja secara normal, ada masa adaptasi dan probation.
  2. Menyuarakan, karyawan akan konsultasi terlebih dahulu atas masalah yang dihadapi kemudian memberi saran.
  3. Mengabaikan, karyawan membiarkan keadaan menjadi lebih buruk dengan cara sering absen atau sering membuat kesalahan.
  4. Kesetiaan, tipe ini cenderung untuk setia kepada perusahaan dan menunggu hingga keadaan membaik.

Cara efektif untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan

Pegawai perusahaan merupakan sumber daya terpenting yang mendukung perwujudan visi dan misi. Oleh karena itu, kepuasan kerja karyawan akan menjadi fokus sumber daya manusia perusahaan. Semakin tinggi seorang karyawan merasa nyaman dan puas dengan pekerjaannya, semakin dia bisa bekerja dan berpikir kreatif tentang perkembangan perusahaan.

Oleh karena itu, pengelolaan sumber daya manusia di dalam perusahaan sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan:

Menyediakan lingkungan terbaik bagi karyawan

Lingkungan merupakan salah satu faktor yang mendukung produktivitas karyawan perusahaan. Jika karyawan merasa tidak nyaman, semangat kerja dalam bekerja justru akan menurun dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, perusahaan harus mampu menciptakan suasana yang lebih santai dan mampu mendukung kinerja karyawan agar merasa puas dengan pekerjaannya.

Memberikan pelatihan bagi karyawan

Sangat disarankan untuk memberikan pelatihan kepada karyawan untuk mendukung kepuasan kerja mereka. Ini dapat membantu departemen sumber daya manusia untuk memecahkan masalah tersebut. Selain itu, melalui pelatihan, karyawan perusahaan juga dapat bekerja lebih profesional.

Menyediakan fasilitas pendukung

Selain memberikan pelatihan kepada karyawan perusahaan, fasilitas yang memadai juga harus disediakan. Pemberian fasilitas ini juga dapat memuaskan karyawan, selain itu dapat meningkatkan produktivitasnya tanpa hambatan dalam bekerja. Misalnya fasilitas yang disediakan berupa komputer atau laptop. Sebaiknya jangan meminta karyawan untuk memberi tahu mengapa komputer mereka sangat lambat sehingga mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

Memberikan target dan indikator berdasarkan kemampuan

Tentunya setiap karyawan memiliki tujuan yang besar. Namun, tidak bisa dilakukan hanya dengan satu karyawan, bukan? Perusahaan membutuhkan tim, dan perusahaan harus dapat memberikan tugas sesuai dengan kemampuan masing-masing karyawan. Jangan sampai Anda menyerahkan tanggung jawab kepada mereka yang tidak kompeten di bidangnya. Padahal, tujuan perusahaan akan sulit tercapai.

Penghargaan untuk pekerjaan yang sukses

Imbalan ketika karyawan Anda mencapai angka penjualan, menyelesaikan proyek tepat waktu, atau mendapatkan kesuksesan lainnya akan membuat karyawan merasa lebih berharga. Ada banyak cara untuk mendatangkan lebih banyak reward, seperti menyapa di kantor, mengeluarkan tiket liburan, dan memberikan libur ekstra.

Solusi Meningkatkan Kepuasan Karyawan

JojoTImes

Oleh karena itu peningkatan kepuasan kerja dapat dilakukan dengan cara:

  1. Mengadakan program yang mendukung untuk karyawan, misalnya dengan cara memberikan tunjangan diluar gaji pokok. Sepertu tunjangan kesehatan karyawan beserta keluarganya.
  2. Melakukan perubahan sistem pembayaran berdasarkan keahlian karyawan, atau berdasarkan jasanya.
  3. Jadwal kerja yang fleksibel juga bisa diterapkan dengan cara work from home atau remote. Pastikan anda atau atasan karyawan tetap bisa memantau pekerjaan karyawan.
  4. Perubahan struktur kerja, misalnya dengan melakukan rolling pekerjaan sehingga karyawan tidak jenuh dengan pekerjaannya.

Poin-poin diatas bukan tidak mungkin dilakukan, dengan hadirnya Jojotimes. Jojotimes adalah sebuah produk dari Jojonomic yang memungkinkan karyawan untuk bekerja remote atau work from home tetapi tetap dalam pengawasan perusahaan. Tentunya perusahaan tidak mau rugi karena karyawannya bekerja asal-asalan karena tidak dikantor.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Jojotimes antara lain adalah real time monitoring, sehingga karyawan yang bekerja dirumah masih tetap bisa dipantau oleh perusahaan. Sistem ini tidak dapat dimanipulasi karena adanya fitur face recognition & finger print verivication, karyawan harus foto wajahnya untuk absen sehingga tidak dapat dipalsukan atau dimanipulasi.

Jojotimes juga mempunyai fitur accurate GPS location, sehingga lokasi karyawan ketika bekerja dirumah tetap bisa dipantau keberadaannya oleh perusahaan. Karyawan tidak bisa berbohong ketika minta izin untuk bekerja dirumah. Fitur activity reporting juga membantu atasan dan perusahaan mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh karyawan secara real time.

Semua fitur Jojotimes terhubung dengan produk Jojopayroll, yang mana nantinya otomatis mengkalkulasi gaji karyawan sesuai dengan jam kerjanya. Sehingga dari sisi perusahaan tidak rugi jika ada karyawan yang malas-malasan.

Jojotimes merupakan solusi untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan yang sekaligus menguntungkan perusahaan.