15 Kerja Sampingan Tanpa Modal yang Patut Kamu Coba

Kerja sampingan atau biasa disebut side job merupakan kesempatan bagi kamu yang ingin menambah pundi-pundi uangmu. Mengerjakan tugas-tugas dari kerja sampingan tentu akan membuatmu berpenghasilan lebih banyak daripada orang lain.

Meski kamu harus menghadapi konsekuensinya, bahwa waktu luangmu akan banyak tersita karena side job ini. Bukankah setiap keputusan ada konsekuensinya?

Sebenarnya masalah waktu luang yang berkurang bisa diatasi dengan mudah jika kamu pandai mengatur waktu dan komitmen terhadap to do list yang sudah kamu buat sebelumnya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HR Suites hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Jika kamu tertarik untuk menjalani kerja sampingan, namun terhambat oleh modal, kamu wajib membaca artikel ini.

Tenang saja, kamu tidak perlu khawatir dengan modal karena artikel di bawah ini akan mengulas beberapa pilihan kerja sampingan tanpa modal yang patut kamu coba. Yuk simak artikel berikut ini!

Kerja Sampingan Tanpa Modal

Kerja sampingan sebenarnya tidak selalu untuk menambah pendapatan karena gaji yang diterima oleh kamu setiap bulannya dirasa kurang.

Namun bisa juga karena kamu ingin menyalurkan hobi lain dengan melakukan side job. Tentu saja, setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda bukan?

Kamu pasti sudah penasaran kan, kerja sampingan apa saja yang tidak membutuhkan modal? Sebentar lagi kita akan menjawab rasa penasaranmu dengan memberikan beberapa opsi side job yang bisa kamu lakukan untuk menambah pendapatanmu.

Sehingga kamu bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik atau sekedar menyalurkan hobimu. Beberapa pilihan kerja sampingan atau side job yang patut kamu coba:

Penulis Artikel

Buat kamu yang hobi menulis dan mempunyai kemampuan untuk membuat konten yang menarik, kerja sampingan menjadi penulis artikel bisa kamu coba.  

Biasanya artikel yang perlu kamu tulis berkisar 400-1500 kata per artikel, semua tergantung dengan kebutuhan klien yang membutuhkan jasamu.

Harga yang ditawarkan pun berbeda, tergantung dari panjang artikel dan tingkat kesulitan konten yang kamu tulis. Dalam penulisan artikel kamu harus memperhatikan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), tapi ini jika menulis artikel Bahasa Indonesia.

Kamu juga harus memperhatikan tenses yang digunakan  dan penulisan kata yang benar karena beda penulisan beda arti misalkan pet dan met.

Di samping itu, kamu juga harus pandai memilih diksi untuk memperkaya tulisanmu dan bahasa yang kamu pakai apakah bahasa sehari-hari atau bahasa yang lebih formal.

Perangkai Kata

Tidak jauh berbeda dengan menulis artikel, jasa perangkai kata juga salah satu kerja sampingan yang patut diperhitungkan. Mungkin bisnis ini terbilang masih jarang di Indonesia, namun nyatanya seorang Zarry Hendrik berhasil merealisasikannya dengan membuat Kapitulis.

Kapitulis merupakan jasa perangkai kata yang meluas menjadi jasa pembuat gambar juga. Kamu bisa menemukan Kapitulis di laman media sosialnya untuk menggunakan jasa perangkai kata ini.

Jasa Membuat Design

Untuk kamu yang tidak terlalu pandai merangkai kata namun jago dalam bidang design kamu bisa membuka jasa pembuat design untuk kerja sampinganmu.

Di dunia digital ini, jasa pembuat design sangat dicari terutama oleh lembaga, perusahaan, atau pun perorangan yang memiliki keterbatasan waktu atau pun kemampuan dalam mendesign sesuatu.  

Kamu bisa menawarkan jasa design membuat format instagram stories, feed content, undangan, atau pun design untuk hadiah pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lainnya.

Interpreter

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah dipakai oleh berbagai negara di dunia. Meski begitu, masih banyak orang Indonesia yang belum fasih berbicara Bahasa Inggris.

Nah, hal itu bisa kamu jadikan kesempatan untuk menjadi interpreter jika kamu fasih berbicara Bahasa Inggris.

Sebenarnya bukan hanya interpreter yang bisa berbicara Bahasa Inggirs saja yang dibutuhkan,  namun yang bisa bicara bahasa  Bahasa Jerman, Mandarin, Jepang, Arab, Belanda, Portugis, dan lain sebagainya. Semua itu tergantung dari kebutuhan di lapangan bahasa apa yang diperlukan.

Translator

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian interpreter, kebutuhan akan jasa translator juga masih banyak. Kamu tidak mesti memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris yang penting kamu memiliki kemampuan untuk menerjemahkan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Kerja sampingan ini cocok untuk kamu yang agak pemalu atau tidak terlalu percaya diri jika berbicara di depan banyak orang. Kamu hanya perlu membaca setiap kalimat lalu menerjemahkannya di depan laptopmu tanpa berinteraksi secara lansgung dengan orang lain. Sungguh mudah ya?

Subtitle Film

Kamu penyuka film? Jika ya, mungkin kamu cocok menjadi orang yang melakukan pekerjaan untuk subtitle film. Kamu bisa memilih genre yang memang kamu sukai sehingga tidak mengalami kesulitan dalam melakukan pekerjaan ini.

Namun jika kamu ingin kamu menguasai semua genre pun tidak masalah. Justru itu akan membuat kamu memiliki jam terbang yang tinggi sehingga kamu semakin dipercaya untuk membuat subtitle film.

Admin Online Shop untuk Media Sosial

Maraknya bisnis online shop akibat digitalisasi yang terjadi di Indonesia menyebabkan banyak akun pengusaha yang membutuhkan jasa admin media sosial yang mereka miliki. Admin media sosial bertugas membuat konten yang menarik untuk meningkatkan penjualan produk.

Selain itu, ia juga betanggungjawab untuk membalas pesan atau komentar pada setiap postingan. Media sosial yang dikelola oleh admin pun tergantung dengan kebutuhan pengusaha yang memperkerjakannya apakah hanya mengelola satu akun saja atau banyak akun.

Contohnya seorang admin online shop hanya perlu mengelola akun instagram saja atau seorang admin media sosial harus mengelola akun Instagram, Facebook, Line, Twitter, dan lain-lain.

Oops! We could not locate your form.

Semua tergantung kebijakan pemilik online shop, jadi sebelum kamu menerima pekerjaan ini kamu harus menanyakan terkait hal ini ya!

Admin E-commerce

Bukan hanya admin online shop untuk media sosial saja yang dibutuhkan, namun admin untuk e-commerce juga sangat dicari. Kecepatan admin dalam membalas pesanan customer sangat mempengaruhi tingkat penjualan produk.

Belum lagi jika admin e-commerce rajin membalas komentar customer tentu saja hal itu akan membuat customer bahagia.

Nah jika ada customer yang bertanya terkait produk, admin e-commerce harus sabar dan tetap ramah menghadapinya karena hal itu merupakan bagian dari service excellent untuk kepuasan pelanggan.

Sehingga, orang yang membeli produk di tokomu akan membeli lagi karena puas terhadap pelayanan dan kualitas barangmu.

Jual Barang Preloved

Menjamurnya online shop dan e-commerce menyebabkan masyarakat Indonesia menjadi lebih konsumtif. Hal ini pun menyebabkan mereka sering membeli barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

Contohnya saja baju yang bertumpuk di lemari padahal tidak pernah di pakai karena dibeli hanya untuk mengikuti trend yang ada. Trend berganti, baju pun diganti.

Kamu bisa menjadi perantara sebagai orang yang menjual barang preloved, bisa dimulai dari teman-teman dekatmu kemudian followersmu di media sosial.

Hingga bisnismu semakin meluas. Bukannya mengeluarkan modal, kamu justru berkesempatan mendapatkan keuntungan yang besar dari kerja sampingan ini. Wah sungguh menarik ya?

Selain baju, bisnis jam preloved juga bisa kamu coba. Misalkan kamu membeli jam tangan di tukang loak dengan harga 10-50 ribu lalu kamu poles sedikit dan dijual lagi dengan harga 100-500 ribu. Atau pun bisnis preloved lainnya seperti sepatu, tas, gadget, dan lain-lain.

Master of Ceremony

Kemampuan public speaking yang bagus wajib dimiliki oleh kamu yang tertarik menjadi Master of Ceremony untuk kerja sampingan. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang pandai bicara dan bisa menempatkan diri.

Kamu harus pandai membangun suasana yang baik dengan penonton. Entah itu pada acara formal maupun semi formal. Beberapa acara yang biasanya mmebutuhkan jasa MC adalah acara sekolah, kampus, kantor, pernikahan, ulang tahun, kelahiran anak dan lain-lain.

Penyiar Radio

MC bicara di depan orang banyak, tentu saja penyiar radio juga begitu. Namun yang membedakan Mc berinteraksi langsung dengan penonton sedangkan penyiar radio tidak berinteraksi langsung dengan pendengarnya.

Jika kamu memiliki suara yang khas dan bagus kamu bisa menjadi penyiar radio untuk dijadikan pekerjaan sampinganmu.

Menjual Custom Sticker Hologram Artis Korea

Jumlah K-Poppers yang ada di Indonesia sangat banyak. Para artis Korea ini pun, sering mengadakan konser di Indonesia.  Momentum konser inilah yang bisa kamu jadikan peluang untuk menjual Custom Sticker Hologram artis Korea.

Target marketmu tentu saja adalah para K-Popers fanatik yang biasa membeli pernak-pernik yang berhubungan dengan idolanya.

Jual Custom Amplop

Pada momen-momen tertentu seperti hari raya keagamaan biasanya ada tradisi yang bernama salam tempel. Biasanya orang yang berusia lebih tua akan memberi amplop yang berisi uang untuk diberikan kepada orang yang lebih muda.

Di era yang semakin modern ini, design amplop lebaran ini makin bermacam-macam. Melihat keberagaman ini, kamu bisa menawarkan jasa custom amplop lebaran mendekati momen-momen tersebut. Menarik bukan?

Jual Produk Kecantikan dengan Cara Share in Jar

Istilah share in jar mungkin sudah umum diketahui oleh kaum hawa yang sering belanja produk kecantikan mahal. Hal ini biasanya dilakukan untuk menghemat budget atau mencoba sedikit produk yang diinginkan terlebih dahulu sebelum membeli dalam jumlah banyak.

Bukankah kita semua sudah tahu jika produk kecantikan tidak selalu cocok untuk setiap orang? Fenomena ini pun mulai dilirik untuk dijadikan bisnis, dari semula share in jare hanya antar teman menjadi lebih meluas.

Contoh share in jar yang bisa dilakukan misalnya membeli bedak merk Chanel kemudian dibagi beberapa orang di mana per orang mendapatkan sekian gram, tergantung dari kesepakatan awal yang telah dibuat sebelumnya.

Guru Les Private

Pendidikan yang baik untuk anak merupakan salah satu komponen yang penting untuk menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Banyak orangtua yang menggunakan jasa guru les private agar anak-anaknya bisa lebih unggul dari anak lainnya pada bidang akademik.

Nah, jika kamu orang yang cerdas atau pintar kamu bisa jadi guru les private sebagai kerja sampinganmu. Selain mendapatkan uang kamu juga berperan dalam membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di masa depan.

Wah ternyata banyak juga ya kerja sampingan yang tidak memerlukan modal sama sekali? Yang diperlukan hanya komitmen dan kemampuan dalam setiap bidang yang kamu pilih. Jadi kamu tertarik untuk kerja sampingan di bidang apa nih?

Jika kamu mempunyai perusahaan atau bisnis lalu memakai jasa orang yang melakukan kerja smapingan atau side job kamu tetap harus membayar mereka tepat waktu dengan nominal yang sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat sebelumnya.

JojoPayrollUntuk memudahkan kamu melakukan penggajian di mana saja dan kapan saja, kamu bisa menggunakan aplikasi JojoPayroll. JojoPayroll akan membantumu menghitung gaji secara otomatis, memudahkanmu mengirim slip gaji digital, dan berbagai kemudahan lainnya. Ayo segera coba demo gratisnya!