Ketahui Fungsi Management Trainee Bagi Perusahaan

dasar_manajemen_bisnis

Management Trainee atau yang biasa disebut sebagai istilah MT memang sudah tidak asing lagi dalam dunia kerja. Meski begitu, beberapa orang hanya mengetahui posisi Management Trainee yang biasa terdapat di lowongan pekerjaan yang perusahaan butuhkan. Namun, tahukah Anda fungsi management trainee bagi perusahaan?

Biasanya banyak fresh graduate yang memilih masuk ke dunia Management Trainee sebagai batu loncatan karir mereka. Karena di MT, peserta akan mendapatkan banyak pelatihan dan pengetahuan. Skill yang akan dipelajari nanti seperti skill customer service, menangani komplain customer, melakukan uji coba bekerja di beberapa departemen, mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan perusahan, bahkan menyediakan saran serta solusi.

Dengan mengikuti program Management Trainee atau MT, Anda akan belajar banyak hal yang tidak hanya soft skill, tapi hard skill, serta interpersonal skill Anda akan dibentuk semakin terasah. Dengan pelatihan sebanyak ini, sebenarnya apa saja tanggung jawab dari management trainee? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa Itu Management Trainee

komunikasi eksternal adalah

Sebelum membahas lebih lanjut fungsi management trainee bagi perusahaan, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu management trainee.

Management Trainee adalah orang yang bekerja bersama dengan para manager dan juga eksekutif perusahaan lainnya. Nantinya MT akan dilatih sesuai jangka waktu yang telah ditentukan perusahaan. Dan nantinya, para lulusan MT diharapkan akan mengurus segala urusan perusahaan yaitu menjadi manager yang akan datang.

Dalam proses pengajarannya juga melibatkan langsung manager dan eksekutif yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta management trainee. Training kemudian dilakukan beramai-ramai dan kemudian akan diseleksi kembali menjadi kelompok kecil.

Oleh karena itu, training oleh MT dilakukan bukan hanya sekedar pelatihan langsung namun juga terdapat ujia tertulis, seperti psikotes atau juga tes berbentuk evaluasi lainnya.

Biasanya perusahaan yang mengadakan MT adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang retail, marketing, sales, dan keuangan.

Manfaat Management Trainee

fungsi management trainee

Dengan banyaknya pelatihan yang lama yang harus dilalui dalam program management trainee. Bukan hanya memperdalam hard skill saja, Adapun manfaat-manfaat lain dari management trainee yang sejalan dengan tugas dan tanggung jawabnya adalah sebagai berikut :

  • Dapat menilai, mengevaluasi, dan menyaring calon management yang kompeten dan berkualitas
  • Menjamin ketersediaan sumber daya manusia yang terampil yang akan di promosikan ke jenjang eksekutif perusahaan.
  • Memberikan wawasan  bagi calon manajerial
  • Memberikan pelatihan tentang standar operasional prosedur perusahaan yang baku.
  • Pelatihan dan pengelolaan Sumber Daya Manusia di perusahaan.
  • Meningkatkan kemampuan manajemen.
  • Peningkatan produktivitas perusahaan.

Tugas dan Tanggung Jawab Management Trainee

Mengenal 3 Tipe Kepribadian: Introvert, Ekstrovert dan Ambivert

Untuk menjalani program manajemen trainee, maka diperlukan keterampilan dan kompetensi yang baik. Karena diharapkan peserta MT ini kedepannya dapat meningkatkan kemampuan manajerial bagi perusahaan.

Adapun tugas dan tanggung jawab dari management trainee di antaranya yaitu :

  1. Menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan eksekutif perusahaan
  2. Berpartisipasi saat ada meeting, workshop, dan pelatihan-pelatihan lainnya
  3. Belajar dan mengamati senior eksekutif sebagai mentor mereka
  4. Menyerap informasi dan pengetahuan tentang SOP yang berlaku di perusahaan, proses kerja, peraturan perusahaan, dan seluruhnya tentang perusahaan
  5. Mendengarkan dengan rinci masukan-masukan yang diberikan oleh supervisor, manajer, dan senior lainnya di perusahaan
  6. Memenuhi semua persyaratan dan mengikuti seluruh meeting dalam training
  7. Mengikuti semua peraturan perusahaan serta protokol kesehatan yang berlaku di perusahaan
  8. Menyiapkan dokumen dan membuat laporan
  9. Belajar cara menangani sebuah permasalahan di dalam perusahaan dan mendengarkan dengan baik segala pembahasan yang di bahas dalam training dan meeting.
  10. Bersedia pergi ke kantor cabang perusahaan dan ikut serta untuk terjun langsung dalam proses latihan
  11. Mengikuti ujian dan evaluasi di akhir sesi training

Keuntungan Mengikuti Management Trainee

tunjangan kehadiran

Beberapa orang masih banyak yang meragukan untuk masuk ke dalam program MT. beberapa diantaranya beralasan bahwa masa pelatihan yang cukup lama, ada pula yang beranggapan bahwa MT tidak serta menjadi manager. Jangan salah, ikut MT itu banyak sekali manfaat yang bisa Anda ambil khususnya untuk para fresh graduate. Apa saja sih keuntungannya mengikuti program management trainee?

1. Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama

Untuk menjadi seorang manager, tentu kita akan dituntut untuk memiliki kemampuan amnajerial yang baik dalam hal ini mengatur. Untuk itu, kita dituntut untuk bisa bekerja sama dengan baik. Bukan hanya bekerja sama dengan rekan kerja, namun juga dengan para customer.

Dengan mengikuti pelatihan MT ini, kemampuan untuk bekerja sama akan terus dilatih sampai Anda bisa di lepas, dan lulus dari pelatihan. Cara melatih kemampuan bekerjasama dalam MT adalah para senior akan membagi peserta dalam beberapa kelompok selama beberapa bulan ke depan. Kemudian para peserta harus bisa menyelesaikan ujian yang diberikan serta menyelesaikan masalah-masalah yang diberikan.

2. Mengajarkan Kepemimpinan

Salah satu fungsi management trainee bagi perusahaan adalah kepemimpinan. Maka dari itu, dlam pelatihan ini, semua peserta MT dilatih untuk menjadi manager yang baik dan bertanggung jawab.

3. Bekerja Sesuai Dengan Minat dan Bakat

Kebanyakan, perusahaan memakai sistem generalisasi dalam proses MT. Jadi nantinya MT akan diajarkan dan dibagi sesuai dengan divisi pekerjaan. Contohnya ada Management Trainee Finance, MT Marketing, sampai Supply Chain.

Dengan begitu, supervisor juga mengetahui dimana kemampuan yang Anda kuasai. Dan Anda juga bisa ikut berdiskusi sesuai bidang yang Anda kuasai. Namun, dalam hal ini beberapa perusahaan biasanya sudah memberikan keterangan lowongan kerja management trainee per bidangnya. Jadi, Anda tinggal apply MT sesuai bidang yang Anda kuasai.

Kisaran Gaji Managament Trainee

Berbicara mengenai gaji management trainee, tentu menerapkan angka gaji yang berbeda-beda. Namun, strandar yang diberikan kepada karyawan baru biasanya rata-rata mencapai angka 4 juta rupiah.

Oleh karena itu, posisi MT masih menjadi favorit bagi fresh graduate yang ingin berkarir. Gaji tersebut juga biasanya disesuikan oleh kemampuan perusahaan dan juga tingkat produktivitas. Setiap daerah memiliki rata-rata gaji management trainee yang berbeda. Seperti di Yogyakarta, gaji MT rata-rata hanya sekitar 2 juta sedangkan di Medan mencapai 4 juta.

Perlu diketahui, bahwa jumlah gaji merupakan perkiraan pihak ketiga, dan Anda bisa berkonsultasi kembali kepada pihak perusahaan untuk memastikan gaji yang didapatkan. Untuk menempati posisi sebagai managmenet trainee juga tidak mudah seperti yang dibayangkan. Ada beberapa proses seleksi yang harus dilakukan yaitu diantaranya :

  • Pemberkasan atau Administrasi
  • Psikotes
  • Asesman dan juga kemahiran Bahasa Asing (Bahasa Inggris)
  • FGD (Fokus Group Discussion)
  • Interview HRD
  • InterView User
  • Tes Kesehatan atau Medical Check-Up
  • Offeting.

Nah, setelah mengetahui informasi fungsi management trainee bagi perusahaan, bagaimana apakah Anda tertarik untuk berkarir sebagai Management Trainee? Mulai dari sekarang Anda harus mulai mempersiapkannya. Semoga berhasil.

Salah satu perangkat terbaik yang dapat Anda atau perusahaan gunakan untuk memudahkan kinerja HR dalam perusahaan adalah Aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi berbasis cloud tersebut dapat memungkinkan Anda atau organisasi mengelola sistem keuangan perusahaan dengan cara yang jauh lebih efektif. Bahkan hingga meningkatkan efisien sebesar 76 persen.

Aplikasi JojoExpense dari Jojonomic juga telah dilengkapi berbagai macam fitur unggulan lainnya mulai dari fitur Reimbursement Online, Cash Advance, Mobile Approval, Control Budgeting serta masih banyak lagi yang lainnya. Tak hanya sampai disitu saja, aplikasi yang satu ini juga telah dibekali dengan teknologi paling mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda atau perusahaan serta organisasi untuk selalu terhindar dari yang namanya risiko penipuan keuangan atau financial fraud. Tunggu Apalagi! Gunakan Free Trialnya sekarang!