Ketahui Mengenai psikologi tanda tangan Tentang Kepribadianmu?

6 Cara Membubuhkan Tanda Tangan di PDF

Apakah tulisan tangan kita mengatakan sesuatu tentang siapa kita? Grafologi, seperti yang dikenal secara teknis, bersandar pada gagasan bahwa gaya tulisan tangan seseorang itu unik dan mencerminkan kepribadian masing-masing pada psikologi tanda tangan.

Mungkin tidak mengherankan, bidang studi ini secara umum dianggap, yah, samar. Memang, hanya ada sedikit jika ada dukungan ilmiah untuk hubungan prediktif antara tulisan tangan dan ciri-ciri kepribadian.

Mari kita analisis! Analisis tanda tangan Kamu mungkin memiliki banyak hal untuk dikatakan tentang kepribadian psikologi tanda tangan. Sebagai peneliti utama di Orang IPTEK, saya selalu mencari sains yang unik, penelitian yang menyenangkan, dan petunjuk perilaku yang menarik.

Ketika saya menemukan beberapa penelitian tentang tanda tangan, saya tahu saya harus membaginya dengan psikologi tanda tangan. Jika bisa, mintalah beberapa tanda tangan dari teman atau kolega Kamu untuk berlatih menganalisis bersama dengan artikel ini.

psikologi tanda tangan

Ilmu Tanda Tangan

Kita perlu melihat beberapa petunjuk dalam koleksi tanda tangan Kamu. Petunjuk-petunjuk ini adalah simbol dari ciri-ciri kepribadian. Sekarang, untuk memperjelas, ilmu tentang tanda tangan agak meragukan.

Beberapa penelitian mengatakan itu lebih dapat dikamulkan daripada yang lain. Jadi, ambil video ini dengan sebutir garam dan bersenang-senanglah dengannya.

Masih banyak penelitian yang perlu dilakukan di bidang ini, tetapi saya pikir beberapa petunjuk ini menarik. Saya menemukan analisis tanda tangan saya sangat akurat. Berikut beberapa polanya.

psikologi tanda tangan

Petunjuk #1: Sudut

Sudut tanda tangan Kamu memberi tahu. Ketika Kamu menandatangani selembar kertas yang benar-benar kosong, apakah Kamu mengikuti garis yang tidak terlihat?

  • Apakah Kamu memiliki tanda tangan menaik

artinya naik menjelang akhir?

Ini adalah tanda ambisi, optimisme, kreativitas, dan vitalitas. Ini masuk akal, bukan? Jika Kamu merasa baik, Kamu miring ke atas.

  • Atau apakah Kamu memiliki tanda tangan yang menurun

artinya tanda tangan itu turun menjelang akhir?

  • Tanda tangan yang menurun adalah tanda skeptis

apakah Kamu sedikit lebih pesimis? Apakah Kamu sedang berjuang saat ini? Terkadang perasaan sedih ini bisa muncul dalam tanda tangan Kamu.

  • Atau apakah tanda tangan Kamu lurus seperti anak panah?

Tanda tangan lurus pada selembar kertas kosong adalah tanda keseimbangan dan kontrol. Pada dasarnya, meskipun kertas Kamu tidak memiliki garis, Kamu membuatnya di kepala Kamu. Kamu mungkin sangat terorganisir dan mandiri.

Berikut adalah contoh terkenal dari tanda tangan Steve Jobs. Perhatikan bagaimana itu pada sudut ke atas? Tentu saja, Steve Jobs dikenal dengan kreativitasnya yang berpikiran maju, dan ini tercermin dalam tanda tangannya.

psikologi tanda tangan

Petunjuk #2: Ukuran

Ada beberapa penelitian menarik tentang ukuran tanda tangan. Satu studi melihat tanda tangan dari 500 kepala petugas keuangan. Mereka menemukan bahwa CFO dengan tanda tangan terbesar lebih cenderung membengkokkan kebenaran. Secara khusus, mereka lebih cenderung salah melaporkan pendapatan perusahaan atau melonggarkan kontrol internal.

Dr Charles Ham, salah satu penulis studi tersebut, mengatakan bahwa penelitian ini menetapkan hubungan antara ukuran tanda tangan dan narsisme.

Nah, jika Kamu memiliki tanda tangan yang besar, ini bukan tanda pasti Kamu seorang narsisis, tetapi ada kaitan antara ukuran tanda tangan dan kepercayaan diri.

Semakin besar tanda tangan, semakin percaya diri . Jika Kamu memiliki tanda tangan besar yang memenuhi seluruh halaman Kamu, Kamu memiliki BANYAK kepercayaan diri, mungkin terlalu banyak untuk berkeliling.

Jika Kamu memiliki tanda tangan kecil, Kamu mungkin perlu berusaha mengklaim ruang Kamu sedikit lebih banyak, dan meningkatkan diri Kamu . Jangan memasukkan diri Kamu ke dalam kotak kecil jika tidak perlu!

Eksperimen : Coba tanda tangani nama Kamu lagi dengan ukuran yang berlawanan dengan yang biasa Kamu lakukan. Jika Kamu menandatanganinya jauh lebih kecil, apakah itu terasa aneh? Sedikit membatasi? Itu artinya Kamu bertinju.

Coba tanda tangani dengan cara yang lebih besar. Apakah itu terasa di luar kendali? Di atas? Itu Kamu mencoba untuk menjadi lebih besar dari Kamu!

Petunjuk #3: Keterbacaan

Apakah tanda tangan Kamu mudah dibaca? Atau apakah itu campuran garis?

Tanda tangan yang tidak terbaca cenderung menkamukan pikiran yang cepat. Mereka juga cenderung berarti Kamu tidak terjebak oleh detail dan merasa tindakan Kamu akan berbicara sendiri, jadi tanda tangan Kamu tidak harus melakukannya.

Jika Kamu memiliki tanda tangan yang tepat dan sangat mudah dibaca, itu adalah tanda keterbukaan yang terbuka. Misalnya, lihat tanda tangan Bill Gates. Huruf kapital besar menunjukkan kepercayaan diri, dan kejelasan tulisan menunjukkan keseimbangan.

Petunjuk #4: Tidak lengkap

Apakah Kamu menandatangani hanya dengan inisial Kamu? Atau hanya nama depan Kamu? Atau hanya nama panggilan? Ini adalah tanda dari sifat mandiri Kamu.

Misalnya, Mark Zuckerberg menandatangani hanya dengan inisialnya. Ini terlihat seperti ini. Para ahli mengatakan ini adalah tanda efisiensi, dan merupakan bukti betapa pribadi Zuckerberg. Dia bahkan tidak menandatangani nama lengkapnya.

Contoh menarik lainnya adalah dari Sudirman yang baru saja menandatangani semuanya “Woz”. Kuat, huruf besar dan hanya nama panggilannya yang menunjukkan sifat independen yang kuat.

Petunjuk #5: Hiasan

Orang dapat menambahkan semua jenis hiasan ke tanda tangan mereka. Dari lengkungan ke hati hingga garis bawah hingga garis putus-putus. Berikut adalah beberapa contoh umum:

Meg Whitman dari Hewlett-Packard menambahkan garis panjang di akhir tanda tangannya. Para ahli mengatakan ini adalah tanda tekad, dorongan, dan ketekunan.

Satya Nadella dari Microsoft menambahkan titik di akhir tanda tangannya. Ini adalah tanda rasa diri yang kuat, dan keseriusan. 

Aturan praktis di sini adalah bahwa ahli grafologi atau peneliti bahasa tertulis mengatakan semakin banyak hiasan, semakin rumit orangnya; semakin sederhana tanda tangannya, semakin lugas orang tersebut.

Apakah petunjuk ini berlaku untuk Kamu? Bagi saya, juri masih belum mengetahui apakah ilmu tanda tangan 100 persen akurat, tsapi saya pikir ini adalah titik awal yang menarik.

Yang benar-benar menyenangkan adalah mengumpulkan tanda tangan teman di makan malam atau pesta, lalu bermain sebagai analis untuk mereka. Kamu tidak pernah tahu apa yang mungkin Kamu temukan!

Untuk kesuksesan Kamu,

Sehingga perusahaan perlu menyimpan dan memastikan dokumen tersebut dengan baik dan benar. Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mampu meningkatkan performa perusahaan. Seperti contohnya fitur Mobile Leave Request and Approval, Secured Cloud Based Storage, maupun Import and Export Employee Data.

Dengan aplikasi ini akan mempermudah perusahaan menyimpan dan mengatur data-data karyawan. Dimana akses terhadap data-data tersebut dapat dicek kapan dan dimana saja. Sehingga perusahaan kinera akan lebih efektif, efisien dan rapi. Percayakan permasalahan ini dengan JojoTimes. Ayo segera coba dan buktikan manfaatnya!!!