Keunggulan Kompetitif Untuk Peningkatan Perkembangan Bisnis

keunggulankompetitif

Keunggulan kompetitif tampaknya bisa menjadi motivasi bagi Anda sebagai pelaku bisnis dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis milik Anda. Dengan adanya hal ini maka tentunya diharapkan agar bisnis bisa selalu berjalan lancar dan bahkan tidak sampai berhenti di tengah jalan melainkan bisa mencapai kesuksesan. Saat ini rupanya semakin banyak perusahaan yang mengembangkan bisnisnya dengan cara menciptakan keunggulan kompetitif. Hal ini pada dasarnya mengacu pada keunggulan yang dimiliki oleh suatu bisnis bila dibandingkan dengan perusahaan pesaing lainnya. Jadi keunggulan inilah yang nantinya bisa menjadi ciri khas dari suatu bisnis atau perusahaan. Adanya keunggulan pada suatu bisnis atau perusahaan ini nantinya bisa saja semakin meningkatkan loyalitas dari para konsumen ataupun pelanggan.

Menciptakan Keunggulan Kompetitif

Meninjau keunggulan kompetitif

Untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif maka salah satu hal yang dapat dilakukan adalah meninjau kembali kekuatan dari bisnis Anda. Dengan melakukan peninjauan ini maka Anda bisa membuat dan menciptkan berbagai produk yang unik. Tentu produk Anda akan berbeda dengan produk lainnya. Keunikan inilah yang akan menjadi keunggulan bagi bisnis Anda.

Mengurangi biaya

Hal lain yang juga bisa dilakukan untuk menciptakan sebuah keunggulan bagi suatu bisnis adalah mengurangi biaya. Pengurangan biaya pada akhirnya akan membuat produk Anda bisa ditawarkan pada konsumen dengan harga yang lebih rendah. Maka harga yang relatif lebih rendah ini akan menciptakan nilai tersendiri bagi para pelanggan.

Meningkatkan layanan

Tidak hanya keunikan dan harga produk saja yang bisa menimbulkan kesan dan penilaian tersendiri bagi konsumen. Tetapi layanan yang diberikan oleh perusahaan juga bisa mendukung keunggulan pada bisnis Anda. Dengan adanya kualitas layanan yang baik maka konsumen akan tetap loyal pada perusahaan Anda dan terus menunggu varian baru dari produk Anda.

Meningkatkan kualitas

Menciptakan keunggulan kompetitif pada bisnis sebenarnya bukan hanya berfokus pada peningkatan layanan saja melainkan juga pada kualitas produk. Tentunya kualitas produk akan membuat pelanggan Anda menjadi puas sehingga selalu mempertahankan loyalitasnya pada perusahaan Anda. Peningkatan kualitas produk bahkan bisa menjadi hal utama dalam menjalankan bisnis agar dapat memperluas pasar dan mendapatkan customer loyal.

Mencari atribut keunggulan kompetitif

Perusahaan atau bisnis Anda bisa berjalan dan berkembang lebih baik lagi bila Anda bisa mencari dan menemukan beberapa atribut unggulan di pasar. Berbagai atribut ini akan membuat produk Anda semakin berbeda dengan produk kompetitor. Dengan adanya atribut tersebut maka produk Anda akan menjadi semakin khas dan menarik minat konsumen.

Manfaat Keunggulan Kompetitif

Market leader

Sebuah bisnis atau perusahaan yang dikembangkan dengan adanya keunggulan kompetitif tentu dapat terus bertahan. Bahkan bukan tidak mungkin bisnis atau perusahaan bisa menjadi market leader karena adanya ciri khas atau karakter yang dimilikinya.

Mewujudkan kesuksesan

Pada dasarnya ciri khas atau karakter ayng menjadi keunggulan kompetitif bagi suatu bisnis atau perusahaan tidak dapat ditiru oleh para pesaing. Bahkan mungkin saja keunggulan ini justru bisa menjadi inisiatif dan motivasi bagi bisnis pesaing lainnya. Oleh karena itu ciri khas bisnis Anda bisa saja membuat perusahaan Anda semakin diburu oleh konsumen. Bahkan perusahaan bisa terus berkembang sehingga mencapai kesuksesan.

Mengelola UKM

Pada dasarnya UKM merupakan suatu bisnis yang bisa berkembang hingga menjadi lebih besar. Sebuah UKM memang bisa semakin berkembang terutama jika pengelolaan dilakukan dengan berbagai upaya atau langkah yang tepat. Pengelolaan yang tepat ini bisa dilakukan jika keunggulan pada bisnis Anda bisa diidentifikasi dan dikembangkan pula. Maka UKM akan terus berkembang dan mencapai kesuksesan.

Meningkatkan kinerja

Adanya keunggulan yang menjadi ciri khas pada suatu bisnis atau perusahaan bisa meningkatkan kinerja perusahaan. Sebab perusahaan tentu akan selalu berusaha untuk mempertahankan keunggulan tersebut. Maka kemudian hal ini akan semakin meningkatkan upaya yang dilakukan oleh pengelola dan pelaksana bisnis. Tentu saja hal ini akan berdampakpositif bagi meningkatnya kinerjaan perusahaan.

Menciptakan produk

Suatu produk seharusnya diciptakan oleh perusahaan dengan tepat. Sebaiknya produk bisa diterima oleh masyarakat dan yang terutama produk tersebut dibutuhkan oleh para konsumen. Oleh karena itu keunggulan yang menjadi ciri khas bagi suatu perusahaan diperlukan agar penciptaan produk bisa terus dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen dan pelanggan.

Strategi Mempertahankan Keunggulan Kompetitif

Melakukan riset

Proses menciptakan keunggulan kompetitif sebaiknya dilakukan dengan melakukan riset. Tentunya riset ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan apa yang sekiranya sedang dibutuhkan atau diperlukan oleh para pelanggan. Selain itu Anda juga bisa mencari tahu mengenai apa yang sedang trend atau populer di kalangan masyarakat. Melalui riset inilah maka nantinya Anda bisa menciptakan keunggulan bisnis yang bersifat kompetitif.

Mengembangkan pasar

Jika Anda memang sudah melakukan riset pada pasar maka Anda bisa melakukan tahapan selanjutnya. Tahapan selanjutnya adalah mengembangkan pasar terutama pasar khusus untuk produk yang Anda luncurkan. Anda mungkin bisa menciptakan beberapa karakteristik atau kategori untuk target pasar bagi bisnis Anda. Tentunya hal ini haruslah dilakukan dengan tepat agar penciptaan produk nantinya bisa tepat sasaran.

Merancang alat

Ada berbagai alat yang bisa digunakan untuk dapat mengembangkan bisnis Anda. Alat yang digunakan ini nantinya juga bisa membantu bisnis yang sedang Anda jalankan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif yang sudah diciptakan. Dengan adanya perancangan alat maka Anda bisa mengembangkan metode misalnya metode pemasaran produk. Maka keunggulan bisnis bisa terus dipertahankan dan bahkan bisa saja semakin berkembang.

Menjalin kemitraan

Kemitraan atau yang biasa pula disebut dengan kerja sama juga bisa menjadi cara untuk mempertahankan keunggulan pada bisnis. Tentunya Anda perlu menjalin hubungan kerja sama atau bermitra dengan perusahaan lain yang dapat memberi pasokan pada bisnis Anda. Melalui hubungan mitra tersebut maka bisnis diharapkan agar dapat tetapberlangsung dengan adanya ciri khas yang dipertahankan.

Penerapan Keunggulan Kompetitif

Keunggulan kompetitif yang umumnya dimiliki oleh setiap bisnis atau perusahaan rupanya bisa menjadi metode untuk meningkatkan omset penjualan. Namun tampaknya hal ini belum terjadi secara maksimal terutama di beberapa perusahaan di tanah air. Sebab pada dasarnya penciptaan keunggulan yang bisa meningkatkan kompetitif perusahaan ini terhambat oleh kurangnya fokus dari pihak pengelola perusahaan. Selain itu pengembangan keunggulan ini juga umumnya terhambat oleh adanya modal. Beberapa perusahaan mungkin saja tidak memiliki cukup modal untuk mengembangkan usahanya sehingga tidak dapat berkompetitif secara maksimal. Tidak hanya modal saja tetapi ketebatasan tenaga kerja juga bisa menghambat proses penciotaan keunggulan dan membuat perusahaan tidak dapat berkompetisi dengan usaha lainnya.

keunggulan kompetitif

8 Tips Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Setiap perusahaan yang menjual barang atau jasa diharuskan untuk memiliki sudut pandang yang baru atau unik dalam melihat suatu peluang bisnis yang ada. Dimana keunikan tersebut harus mampu membuat produk yang dihasilkan mampu bersaing dengan produk brand lainnya. Pun, hal ini merupakan salah satu cara bagi seorang produsen untuk menawarkan jasa pilihan lain yang menggiurkan dan ‘irresistible’ bagi pembeli.

Perlu diingat bahwa kelebihan atau keunikan yang dimaksut tidak harus selalu dalam bentuk uang atau potongan harga. Seorang pengusaha harus tahu saat yang tepat dalam menunjukkan keunggulan kompetitif produk anda dibanding dengan produk lainnya.

Dalam sebuah buku yang berjudul ‘The Balance’ karya Kimberly Amadeo menyebutkan bahwa, “keuntungan kompetitiflah yang membuat produk anda lebih menarik dibandingkan dengan merk lain bagi pembeli”.

Ambil contoh pada produk – produk yang selalu anda ikuti atau produk yang hanya dibeli dari produsen yang sama setiap kali produk tersebut habis. Pasti ada alasan mengapa anda selalu memilih produk tersebut dibandingkan dengan merk lain bukan?

Bahkan hal yang paling remeh sekalipun seperti harga produk tersebut lebih murah, atau yang lebih kompleks seperti keinginan untuk bersikap prestisius dalam membeli barang bermerk, merupakan dua alas an dasar kenapa seseorang membeli produk tertentu.

Perusahaan harus memiliki landasan yang sama sesuai dengan contoh yang telah disebutkan. Ulasan kali ini akan membahas lebih dalam mengenai apa saja strategi yang bisa digunakan oleh seseorang untuk meningkatkan keungulan kompetitif suatu produk atau perusahaan.

keunggulan kompetitif

Menerapkan Potongan Biaya yang Lebih Besar

Beberapa produsen atau vendor biasanya menarik pelanggan dengan memberikan potongan harga besar – besaran untuk menarik pelanggan. Pernahkah mendengar sebuah pepatah yang mengatkan bahwa ‘You Don’t Buy a Rolex to tell time”

Produk atau vendor yang menggunakan prinsip ‘pemikat’ harga biasanya lebih mengedepankan fungsi dari barang atau produk itu sendiri. Harga miring hanyalah satu strategi bisnis yang diterapkan untuk lebih menonjol dibandingkan dengan brand lainnya.

Perusahaan atau vendor yang menggunakan tipe ‘prestige’ untuk menggaet pelanggan biasanya tidak mempedulikan total harga barang yang dijualnya. Bahkan terkadang harga yang ditawarkan jauh dari kata kecil namun pasar peminatnya tetap berkembang.

Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan oleh nilai ‘prestige’ yang dijual dari brand tersebut. Pola tersebut digunakan untuk meningkatkan margin dan citra merk untuk menarik pembeli.

Modal pengembangan ‘brand’ sangat diperlukan. Dimana penjual harus mampu menanamkan ide bahwa produk tersebut akan membuat pembeli merasa barang yang dijual merupakan barang berkualitas serta jauh diatas barang lain sejenisnya.

Satu – satunya hambatan yang harus diwaspadai adalah bahwa produk atau brand tersbeut harus selalu dapat menyesuaikan dengan keadaan sekitar. Jangan hanya mengandalkan nama namun memberikan barang yang biasa saja.

keunngulan kompetitif

Mengusai Digital Marketing

Influencer merupakan kata yang paling sering didengar akhir – akhir ini. Karena dianggap memiliki fungsi sebagai pilihan peningkatan keunggulan kompetitif suatu produk atau jasa dengan cepat tanpa repot.

Dimana influencer biasanya disewa untuk menyebarkan awareness terhadap suatu produk yang akan dijual. Tidak sedikit pengusaha yang menggunakan jasa influencer sebagai penarik keinginan public terhadap suatu perusahaan.

Semakin banyak orang yang mengetahui perusahaan anda akan semakin banyak pula pelanggan yang membeli produk tersebut. Hal inilah yang mendasari pentingnya pengetahuan digital marketing bagi suatu perusahaan.

Menghadiri Event – Event Bergengsi

Ketika perusahaan menyediakan sarana komunikasi dua arah dengan menghadiri konferensi atau rapat, hal tersebut akan berdampak besar dalam memperluas jaringan otoritas dari perusahaan itu sendiri.

Selain menyebarkan awareness yang sangat baik bagi perkembangan suatu perusahaan, menghadiri event atau rapat antar akan membantu anda dalam mengenali pola kostumer yang ada, atau bagaimana market disekitar tempat usaha anda bekerja.

Membuat Data Pribadi

Data dan statistic merupakan elemen penting dalam menciptakan pengembangan bisnis itu sendiri. Dimana bukti yang didapat dari statistic atau penelitian akan menjadi dasar dalam membuktikan kredibilitas suatu produk.

Meski beberapa perusahaan memang menggunakan cara statistic dengan protocol serta sample yang tepat, hal ini biasanya tetap memerlukan upaya lebih dalam mengenali pola pasar itu sendiri. Survey yang disebar dan benar – benar terfokus pada nasabah yang tepat harus dilakukan dengan teliti, tidak boleh asal – asalan.

Mengemas hasil data dalam bentuk yang rapih serta mudah dimengerti merupakan salah satu hal yang akan memudahkan proses Analisa statistic setelah pengumpulan data dilakukan.

keunggulan kompetitif

Kenali Bisnis Anda

Sebuah kesalahan besar apabila satu perusahaan menerapkan ide untuk menjadi ‘segalanya’ demi mendapatkan pembeli dari berbagai usia dan jenis kelamin. Hal ini justru akan menjadi senjata makan tuan karna dianggap sangat merugikan.

Kenali pekerjaan anada atau tujuan utama dari perusahaan tersebut. Upayakan sudah mampu mengambil margin yang sesuai hingga target tercapai secara stabil. Apabila hal tersebut telah berlaku di perusahaan anda, anda bisa memulai untuk merambah bisnis model baru atau mengembangkan yang sudah ada.

Menggunakan Teknologi Terbaru

Seperti yang telah dibahas pada beberapa artikel sebelumnya, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk selalu maju dalam penggunaan teknologi. Hal ini dikarenakan perkembangan jaman yang tidak bisa dilawan.

Apabila perusahaan atau organisasi anda ‘gagu’ dan hanya terpaku pada satu jenis teknologi tanpa ingin berkembang, yakinlah bahwa saingan anda akan menggunakan teknologi terbaru tersebut untuk menggilas bisnis yang sedang anda jalankan.

Selain itu, menggunakan teknologi terbaru juga dapat menjadi salah satu keunggulan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Dengan memberi kemudahan teknologi terbarukan, anda bisa menunjukkan kepada pelanggan bahwa bisnis andalah yang jauh lebih baik daripada yang lainnya.

Menjaga Pelanggan Setia

Semua pelanggan pada dasarnya memiliki prinsip yang sama, yaitu mencari perusahaan atau brand yang mampu memberikan barang serta produk terbaik sesuai yang mereka butuhkan.

Buatlah pelanggan untuk menyukai produk yang anda tawarkan, gunakan keunggulan kompetitif atau competitive advantage yang perusahaan anda miliki demi menggaet pembeli.

Melakukan Investasi Untuk Costumer Relationship

Baru – baru ini dikenal istilah advocacy marketing yang sedang diminati oleh banyak perusahaan atau pengusaha bisnis. Namun hal tersbeut hanya berhasil membawa perusahaan anda sampai pada tahap mendapatkan kostumer dari para kalangan atas.

Pernahkah anda berpikir mengunakan tumpuan tersebut untuk maju selangkah atau dua Langkah lebih jauh lagi?

Menginvestasikan waktu serta tenaga dalam membentuk hubungan dengan kostumer merupakan hal yang sangat menjanjikan dalam dunia bisnis. Anda bisa sekedar mengobrol atau berbincang dengan klien anda untuk membangun ‘relationship’ yang lebih dalam dan dekat.

Hubungan yang baik antara pembeli dengan penjual akan memperkuat keunggulan kompetitif anda di pasar bisnis. Hal inipun terbukti mampu menguatkan posisi anda sebagai salah satu brand atau merk yang tidak bisa diremehkan. Intinya, dengan hubungan yang baik antara penjual dan pembeli akan membuat anda mampu diperhitungkan sebagai lawan yang sepadan di dalam dunia bisnis itu sendiri.

Dalam hal menerapkan keunggulan kompetitif tentu tidak jauh berbeda dengan penerapan sistem absensi karyawan yang paling tepat. Misalnya melalui penggunaan JojoTimes. Dengan produk tersebut maka sistem absen karyawan dapat berjalan otomatis dan lebih efektif. Yang mana hal ini berkat fitur-ftur andalan yang diberikan oleh JojoTimes seperti misalnya fitur geo-tagging maupun fitur integrasi dengan payroll perusahaan.

Karena itu jangan ragu jika ingin beralih ke JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari ke depan. Rasakan manfaat maksimal dengan penggunaan produk yang satu ini untuk sistem absensi perusahaan Anda secepatnya.