Keuntungan Reksadana : Bentuk, Keunggulan dan Jenis-jenisnya

Keuntungan reksadana

Reksa dana merupakan sarana investasi yang menghimpun dana dari masyarakat dan memasukkannya ke dalam portofolio investasi efek oleh manajer investasi. Selain itu, keuntungan reksadana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi untuk berinvestasi di saham, obligasi, dan pasar mata uang.

Reksa dana dibagi menjadi reksa dana terbuka dan reksa dana tertutup. Reksa dana terbuka merupakan reksa dana yang dapat dijual kembali kepada perusahaan pengelola investasi tanpa melalui mekanisme perdagangan di Bursa.

Dalam reksa dana, departemen manajemen investasi mengelola dana yang ditempatkan di sekuritas, merealisasikan laba rugi dan menerima dividen atau bunga yang dicatat dalam nilai aktiva bersih (NAB). Tidak seperti reksa dana terbuka, reksa dana tertutup tidak dapat dijual kembali ke perusahaan pengelola investasi.

Reksa dana tertutup hanya dapat dijual kembali kepada investor lain melalui bursa saham. Untuk harga jual bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari nilai kekayaan bersih. Sebelum memahami manfaat reksa dana, silakan simak uraian lebih lanjut tentang reksa dana.

Bentuk Keuntungan Reksadana

Manfaat reksa dana bisa ditemukan setiap tahun. Mempertimbangkan risiko yang mungkin timbul dari investasi, sebelum memulai reksa dana dan memilihnya sebagai rencana investasi, Anda perlu memperhatikan beberapa hal, antara lain:

  • Investasikan di reksa dana minimal 3 tahun agar investor bisa mendapatkan return yang lebih baik. Jika Anda ingin mendapatkan return dalam 3 tahun, sebaiknya pilih opsi investasi lain, seperti reksa dana pendapatan tetap atau investasi deposito tetap.
  • Tanyakan tentang kemungkinan biaya produk terkait. Setiap produk biasanya menawarkan rasio pengeluaran yang berbeda, mulai dari 0-2%.
  • Pilih reksa dana terbaik untuk mendapatkan hasil reksa dana terbaik.
  • Saat memilih reksa dana, pertimbangkan risiko dan potensi keuntungan reksa dana.

Keunggulan dari Keuntungan Reksadana

Sebagai salah satu jenis investasi yang paling menarik, reksa dana memiliki banyak keunggulan, yaitu:

  1. Biaya rendah
    Reksa dana adalah dana yang dikumpulkan dari banyak investor dan kemudian dikelola secara profesional, yang konsisten dengan kemampuan yang kuat untuk melakukan investasi tersebut dan menghasilkan pengembalian reksa dana (yaitu efisiensi biaya transaksi).
  2. Dikelola oleh manajer profesional
    Pengelolaan portofolio reksa dana dilakukan oleh manajer investasi yang memiliki spesialisasi di bidang pengelolaan dana. Mengingat investor perorangan biasanya memiliki waktu yang terbatas, maka peran manajer investasi sangat penting, sehingga tidak dapat secara langsung melakukan penelitian saat menganalisis harga sekuritas dan memperoleh informasi pasar modal.
  3. Transparansi informasi
    Setiap reksa dana harus menyediakan informasi berkelanjutan tentang portofolio investasinya dan pengembangan biaya sehingga unitholders yang berpartisipasi dapat memantau keuntungan, biaya, dan risiko reksa dana kapan saja. Manajer Reksa Dana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih (NAB) di surat kabar setiap hari, dan secara rutin menerbitkan laporan keuangan dan prospektus semesteran dan tahunan sehingga investor dapat memantau perkembangan investasinya secara berkala.
  4. Likuiditas tinggi
    Agar investasi berhasil, setiap alat investasi harus memiliki likuiditas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, investor dapat setiap saat menebus unit penyertaannya sesuai keputusan masing-masing reksa dana sehingga memudahkan investor dalam mengelola kas. Mewajibkan reksa dana terbuka untuk membeli kembali unit partisipasinya agar menjadi sangat likuid.
  5. Diversifikasi investasi
    Diversifikasi atau biasa disebut dengan selisih investasi yang terdapat dalam portofolio akan mengurangi risiko, karena mata uang atau kekayaan reksa dana diinvestasikan di berbagai jenis bursa, sehingga risikonya pun terdiversifikasi. Dengan kata lain, risikonya tidak setinggi seseorang membeli satu atau dua jenis saham atau bursa saham.

Jenis-jenis Reksa Dana

Ada beberapa jenis reksa dana yang perlu Anda pahami sebelum memutuskan untuk membuka reksa dana. Berikut ini adalah komentar-komentarnya.

  1. Reksa Dana Ekuitas
    Reksa dana saham adalah reksa dana yang kegiatannya menginvestasikan kurang dari 80% portofolio yang dikelolanya pada sekuritas saham. Peran saham adalah memberikan potensi imbal hasil tinggi melalui kenaikan harga saham. Manfaat reksa dana tersebut juga memberikan potensi terbesar bagi pertumbuhan nilai investasi sesuai dengan risiko yang mungkin diperoleh.
  2. Reksa dana pendapatan tetap
    Serupa dengan reksa dana saham, reksa dana pendapatan tetap juga berinvestasi setidaknya 80%. Namun, mengelola portofolio investasi yang masuk ke bursa pada dasarnya adalah utang. Keunggulan reksa dana jenis ini adalah risikonya lebih rendah dibandingkan reksa dana saham.
  3. Reksa dana hibrida
    Untuk reksa dana hibrida, investasi pada efek ekuitas dan efek hutang relatif dikecualikan dari kategori reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana ekuitas. Risiko dan keuntungan reksa dana hibrida bisa lebih besar dari reksa dana pendapatan tetap, tetapi lebih kecil dari reksa dana ekuitas.
  4. Reksa dana pasar uang
    Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang berinvestasi pada 80% sekuritas pasar uang (yaitu sekuritas hutang dengan simpanan yang berumur kurang dari satu tahun). Keuntungan dari reksa dana pasar uang adalah reksa dana dengan risiko terendah tetapi memberikan hasil pertumbuhan yang terbatas.
  5. Reksa dana indeks
    Berikutnya adalah reksa dana indeks. Reksa dana indeks adalah reksa dana yang isinya sebagian besar berasal dari indeks tertentu dan dikelola secara pasif. Dengan kata lain, kecuali ada langganan atau penebusan baru, dana indeks tidak akan diperdagangkan di bursa. Umumnya untung dan rugi reksa dana indeks adalah sama. Jika reksa dana indeks diperdagangkan di bursa dan harganya berfluktuasi setiap detik, itu disebut reksa dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Piagam reksa dana

Prospektus adalah pedoman untuk berinvestasi pada reksa dana. Semua informasi yang diperlukan untuk reksa dana, seperti perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya investasi, metode pembelian, penjualan reksa dana, dan pengembalian reksa dana, semuanya ada di sini.

Jika Anda serius ingin berinvestasi, Anda harus memahami setiap detail isinya secara detail. Jika Anda menemui kesulitan, jangan ragu untuk bertanya untuk informasi lebih lanjut. Ini penting karena Anda memahami dana investasi yang ada dalam prospektus.

Sistem layanan reksa dana online juga sangat penting, karena dengan sistem online, Anda bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang reksa dana. Dengan memahami prospektus reksa dana, Anda dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman.

Kesimpulan Keuntungan Reksadana

Jojonomic memiliki software pembayaran untuk produk reksa dana yang dapat Anda investasikan. Bersama kami, Anda akan menikmati kemudahan investasi reguler dengan risiko terukur, dan investasi yang dirancang untuk mengelola modal yang disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Keuntungan reksadana

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda. Semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!