Keuntungan Saham : Cara Hitung dan Apa saja yang jadi keuntungannya

Keuntungan Saham

Dikatakan bahwa keuntungan saham lebih menarik dibandingkan hasil investasi lainnya. Sekarang, banyak orang ingin berinvestasi di saham, karena meski risikonya tinggi, mereka bisa menambah banyak kekayaan. Oleh karena itu, sebenarnya tidak disarankan bagi pemula untuk menggunakan jenis investasi ini.

Alasannya adalah jika Anda tidak tahu cara kerjanya, itu bukan keuntungan, tetapi Anda dalam masalah. Inilah mengapa jika Anda membeli asuransi jiwa dan investasi (disebut juga pasak unit), akan ada pengelola dana investasi.

Namun, ini tidak berarti Anda tidak bisa berinvestasi di saham. Parto Kawito, Direktur PT Infovesta Utama, memberikan beberapa tips bagi investor saham pemula, seperti:

  • Bagi yang khawatir dengan risiko sebaiknya memilih saham BUMN atau blue chip, karena saham tersebut lebih stabil sehingga tidak terlalu berisiko.
  • Jangan bermain saham jangka pendek.
  • Beli saham sebelum September dan Oktober.
  • Lima persen dari total investasi.
  • Analisis laporan keuangan atau dasar perusahaan yang ingin Anda beli sahamnya.
  • Pahami pergerakan naik turun saham.
  • Mintalah nasihat dari pialang atau pialang untuk melihat apakah prospek saham bagus.

Pastikan Anda memahami teknik melakukan investasi saham dan tertarik untuk berpartisipasi dalam jenis investasi ini. Setelah paham tentunya ingin tahu apa saja sih manfaat dan resikonya? Yuk, silahkan cek konten lengkapnya di kolom komentar di bawah.

Bagaimana menghitung Keuntungan saham?

Keuntungan Saham

Singkatnya, keuntungan saham dihitung dengan mengurangkan harga jual saham dari harga saham yang dibeli. Namun, saat membeli dan menjual saham, biaya perdagangan yang ditetapkan oleh perusahaan sekuritas harus diperhitungkan.

Keuntungan dari penjualan saham biasa disebut capital gain. Ini adalah contoh sederhana untuk menghitung capital gain. Minah membeli saham ABC dengan harga Rp2.000 per saham pada tahun 2020. Kini, Minah ingin menjual saham tersebut karena harganya sudah naik menjadi Rp2.600 per saham. Minah memiliki 10 saham ABC.

Persentase keuntungan harga saham ABC yang dimiliki Minah adalah (Rp2.600-Rp2.000): Rp. 2.000, yaitu 0,3 x 100 = 30%. Untuk menghitung keuntungan dan kerugian modal nominal, rumusnya adalah harga jual-harga beli x jumlah saham. Artinya keuntungan modal nominal Minah adalah:

  • 1 lot = 100 saham
  • 10 lot saham ABC = 1000 saham
  • 2.600-2.000 x 1.000 saham = 600.000

Dengan demikian, nilai tunai yang diterima Minah dari penjualan saham ABC adalah Rp 2.000 x 1.000 + Rp 600.000 = Rp 2.600.000. Pertanyaannya, apakah Minah menerima capital gain? Jawabannya belum tentu. Minah Rp. 600.000 laba adalah laba kotor.

Harap diingat bahwa investor harus membayar biaya perdagangan dalam transaksi saham kepada perusahaan sekuritas. Biaya penjualan biasanya lebih besar daripada biaya pembelian. Jika biaya penjualan 0,25% dan biaya pembelian 0,15% maka nilai nominal Rp 2,6 juta akan berkurang 0,25% yaitu:

2.600.000 x 0,25: 100 = 6.500, –

Kemudian keuntungan modal nominal bersih Minah dari penjualan 10 lot saham ABC adalah Rp2.600.000-Rp6.500 = Rp2.593.500

Pendapatan dari Keuntungan saham saham

Keuntungan Saham

Investor menikmati berbagai keuntungan saham. Berikut ini adalah daftar keuntungan bersama yang telah dirangkum oleh Jojonomic:

  • Dividen.
  • Keuntungan modal.
  • Hak untuk mengikuti RUPS karena mereka adalah bagian dari pemilik perusahaan.
  • Sedikit modal, tapi untung besar.
  • Investasi fleksibel.
  • Pajak kecil.
  • Aman dan transparan.

Dividen

Bagian laba pertama adalah dividen, yaitu pembagian keuntungan yang akan dibagikan perusahaan kepada pemegang saham. Nah, dividen itu sendiri berasal dari keuntungan yang didapat perusahaan. Dividen dibagi menjadi uang tunai dan saham.

Jika dividen tunai dibagikan, artinya perusahaan akan membagikan uang tunai untuk setiap kas yang dimiliki pemegang saham. Di saat yang sama, deviden saham berarti perusahaan membayar deviden dalam bentuk saham. Sebab, jumlah saham yang dimiliki investor akan bertambah.

Namun, beberapa perusahaan tidak membagikan dividen kepada pemegang saham meskipun mereka mendapat untung. Biasanya perusahaan-perusahaan tersebut ingin memperluas atau mengembangkan usahanya. Namun biasanya hal ini dilakukan oleh perusahaan dalam tahap pengembangan.

Hak untuk mengikuti RUPS karena mereka adalah bagian dari pemilik perusahaan

Keunggulan saham lainnya adalah dapat mengikuti rapat umum (RUPS). Pada rapat umum tahunan, kita dapat menemukan gambaran tentang rencana kedepan perusahaan, pembagian dividen, dan informasi mengenai laporan tahunan atau laporan keuangan perseroan.

Pajak yang relatif kecil

Dibandingkan dengan sarana investasi lainnya, tarif pajak atas saham relatif rendah. Karena hanya 0,1% dari keuntungan akhir masuk ke investor. Ini adalah keuntungan saham keenam yang perlu dipertimbangkan

Selain itu, pajak saham bersifat final. Artinya investor tidak perlu lagi khawatir membayar pajak saat melaporkan SPT tahunan, karena pialang saham secara otomatis akan memotong pajak tersebut setelah transaksi saham lunas.

Aman dan transparan

Investasi saham adalah perusahaan yang aman dan sangat transparan. Karena semua aktivitas perdagangan dilakukan dalam satu ruang lingkup yaitu bursa. Ini adalah keuntungan bersama yang perlu Anda pertimbangkan. Dengan kata lain, semua transaksi yang dilakukan di sana dapat menjamin keamanan dan transparansi. Oleh karena itu, sebagai investor tidak perlu khawatir kehilangan uang, karena investasi saham sangat aman.

Keuntungan modal (kenaikan harga saham)

Keuntungan Saham

Dividen kedua adalah capital gain, capital gain merupakan keuntungan yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham dari selisih harga beli dan harga jual saham. Oleh karena itu, harga jual harus lebih tinggi dari harga beli.

Nah, capital gain biasanya terbentuk sebagai hasil dari aktivitas perdagangan di bursa saham. Misalnya, Anda membeli saham A dengan harga Rp3.000. Kemudian Anda menjualnya dengan harga Rp 4.000 per lembar. Nah, artinya Anda akan mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.000 per lembar.

Lebih sedikit dana, untung besar

Keuntungan keempat saham adalah modalnya cenderung kecil. Banyak orang suka berinvestasi di saham karena mereka hanya perlu menyediakan modal yang relatif lebih sedikit daripada kebanyakan perusahaan lain.

Padahal, persentase keuntungan yang didapat dari investasi saham sangat menjanjikan. Hanya dengan Rp 100.000, Anda sudah bisa mendapatkan saham yang penghasilannya bisa digandakan kedepannya. Faktanya, tingkat keuntungan yang bisa dicapai mencapai 100%.

Investasi fleksibel

Investasi saham adalah kegiatan yang sangat fleksibel. Nyatanya, Anda bisa melakukan ini tanpa mengorbankan waktu kerja utama Anda. Selain itu, kemajuan teknologi memungkinkan Anda untuk memantau aktivitas bursa melalui smartphone atau laptop Anda kapan pun dan di mana pun. Dengan cara ini, Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan dari investasi Anda sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

Kesimpulan

Keuntungan bersama memang menggoda. Karena saking menariknya, hanya sedikit orang yang lupa bahwa berinvestasi di saham itu berisiko, bahkan lebih berisiko dibandingkan alat investasi lainnya. Inilah pentingnya menemukan profil risiko investasi yang membantu Anda memilih alat investasi yang tepat.

JojoPayroll Membantu Anda Mengelola Payroll Perusahaan dengan Cara Baru yang Lebih Baik. Organisir perusahaan Anda dengan lebih baik, tingkatkan produktivitas karyawan dan pertumbuhan perusahaan Anda. Semua hanya dengan satu kumpulan aplikasi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas yang konvensional, dan ucapkan selamat datang pada manajemen efisien, hanya dengan menggunakan satu rangkai alat-alat yang terintegrasi dengan satu sama lain untuk membantu meningkatkan produktivitas dan kepraktisan.

Serahkan kebutuhan administratif Anda pada proses-proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas-tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!