Keylogger Adalah Sekilas Tentang Alat Berbahaya Dan Berbahaya

Apa itu keylogger? Pada definisi yang paling dasar, keylogger adalah fungsi yang merekam atau penekanan tombol pada komputer. Diambil pada tingkat dasar ini, keylogger terlihat sama sekali tidak berbahaya.

Di tangan peretas atau penjahat dunia maya, keylogger adalah alat ampuh untuk mencuri informasi Kamu.

Kami akan berbicara tentang cara kerja keylogger, bagaimana penjahat dunia maya menginstalnya di komputer Kamu, dan apa yang dapat Kamu lakukan untuk menghindari menjadi korban. Kamu akan tahu apa itu keylogger setelah kita selesai.

Apakah itu disebut keylogger, spyware, atau perangkat lunak pemantauan, itu bisa setara dengan pengawasan digital, mengungkapkan setiap klik dan sentuhan, setiap unduhan dan percakapan.

Keylogger (kependekan dari keystroke logger) adalah perangkat lunak yang melacak atau mencatat tombol yang ditekan pada keyboard Kamu. Biasanya secara rahasia sehingga Kamu tidak tahu bahwa tindakan Kamu sedang dipantau.

Ini biasanya dilakukan dengan niat jahat untuk mengumpulkan informasi akun, nomor kartu kredit, nama pengguna, kata sandi, dan data pribadi lainnya.

Penggunaan yang sah memang ada untuk keylogger. Orang tua dapat memantau aktivitas online anak-anak mereka atau penegak hukum dapat menggunakannya untuk menganalisis dan melacak insiden yang terkait dengan penggunaan komputer pribadi, dan pemberi kerja dapat memastikan karyawan mereka bekerja alih-alih menjelajahi web sepanjang hari.

Namun demikian, keylogger dapat menimbulkan ancaman serius bagi pengguna. Karena dapat digunakan untuk mencegat kata sandi dan informasi rahasia lainnya yang dimasukkan melalui keyboard.

Akibatnya, penjahat dunia maya bisa mendapatkan kode PIN dan nomor akun untuk akun keuangan Kamu. Kata sandi ke email dan akun jejaring sosial Kamu dan kemudian menggunakan informasi ini untuk mengambil uang Kamu.

Mencuri identitas Kamu dan mungkin memeras informasi dan uang dari teman dan keluarga Kamu.

keylogger adalah

MENGAPA KEYLOGGER ADALAH ANCAMAN

Keylogger adalah ancaman serius bagi pengguna dan data pengguna. Karena mereka melacak penekanan tombol untuk mencegat kata sandi dan informasi sensitif lainnya yang diketik melalui keyboard. Ini memberi peretas manfaat akses ke kode PIN dan nomor akun, kata sandi ke situs belanja online, id email, login email, dan informasi rahasia lainnya, dll.

Ketika peretas mendapatkan akses ke informasi pribadi dan sensitif pengguna, mereka dapat memanfaatkan data yang diekstraksi untuk melakukan transaksi uang online di akun pengguna. Keylogger terkadang dapat digunakan sebagai alat mata-mata untuk mengkompromikan data bisnis dan perusahaan milik negara.

Tujuan utama dari keyloggers adalah untuk mengganggu rantai peristiwa yang terjadi ketika tombol ditekan dan ketika data ditampilkan di monitor sebagai akibat dari penekanan tombol. Keylogger dapat dilakukan dengan memasukkan kabel atau bug perangkat keras di keyboard, untuk mencapai pengawasan video; mengakhiri masukan dan/atau keluaran; atau dengan juga menerapkan penggunaan driver filter di tumpukan keyboard; dan menuntut data dari keyboard pengguna menggunakan metode terdokumentasi umum. Ada dua metode rootkit lain yang digunakan oleh peretas: penyamaran dalam mode kernel dan penyamaran dalam mode pengguna.

keylogger adalah

BAGAIMANA KEYLOGGER MENYEBAR

  • Keylogger dapat diinstal ketika pengguna mengklik tautan atau membuka lampiran/file dari email phishing
  • Keylogger dapat diinstal melalui skrip halaman web. Ini dilakukan dengan mengeksploitasi browser yang rentan dan keylogger diluncurkan ketika pengguna mengunjungi situs web berbahaya.
  • Apakah keylogger dapat diinstal ketika pengguna membuka file yang dilampirkan ke email
  • keylogger dapat diinstal melalui skrip halaman web yang mengeksploitasi kerentanan browser. Program akan secara otomatis diluncurkan ketika pengguna mengunjungi situs yang terinfeksi
  • keylogger dapat mengeksploitasi sistem yang terinfeksi dan terkadang mampu mengunduh dan menginstal malware lain ke sistem.

BAGAIMANA PERETAS MEMASANG KEYLOGGER

Seorang hacker menggunakan virus Trojan sebagai alat pengiriman untuk menginstal keylogger. Tetapi jauh sebelum satu diunduh ke sistem Kamu, seorang peretas akan menggunakan dua metode berbeda untuk memasukkannya ke komputer Kamu. Dan kedua cara melibatkan partisipasi Kamu.

Metode pertama melibatkan phishing. Phishing adalah tindakan memalsukan email dari perusahaan yang sah untuk mencari kata sandi dan nomor kartu kredit. Terkadang, email ini berisi lampiran yang mengunduh program secara diam-diam ke komputer Kamu setelah Kamu mengkliknya.

Untuk metode kedua, peretas meneliti korban yang dituju terlebih dahulu untuk menemukan kelemahan dalam kebiasaan online-nya. Katakanlah seorang peretas mengetahui bahwa korban biasanya mengunjungi situs porno.

Peretas mungkin membuat email dengan kupon palsu untuk keanggotaan ke situs web erotis eksklusif. Karena metode ini menargetkan kesukaan tertentu dari korban. Ada kemungkinan besar untuk berhasil bahwa dia akan mengunduh lampiran palsu, tanpa sadar memasang keylogger.

keylogger adalah

BAGAIMANA MELINDUNGI DIRI KAMU DARI KEYLOGGERS

Berhati-hatilah saat membuka lampiran: Keylogger dapat hadir dalam file yang diterima melalui email, obrolan, jaringan P2P, pesan teks, atau bahkan jejaring sosial. Jika seseorang mengirimi Kamu email karena kedinginan atau isi email tersebut meminta informasi pribadi Kamu. Kemungkinan ada keylogger di suatu tempat.

  • Terapkan Otentikasi Dua Faktor

Implementasi ketat dari Otentikasi dua faktor melalui kata sandi satu kali akan membantu pengguna melindungi kredensial sensitif mereka. Karena kata sandi satu kali bersifat sementara dan peretas tidak dapat menggunakan kata sandi yang terdeteksi sama di waktu berikutnya.

  • Penggunaan Keyboard Virtual

Keyboard Virtual membantu menghindari intersepsi data pribadi oleh peretas. Ini adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memungkinkan pengguna memasukkan karakter tanpa perlu kunci fisik.

  • Gunakan sistem keamanan yang komprehensif:

Instal Produk Antivirus yang bagus dengan definisi virus terbaru. Comodo membawa antivirus ke tingkat berikutnya melalui perlindungan Advanced Endpoint (AEP).

Comodo AEP didukung dengan kecerdasan buatan untuk menghadirkan mekanisme pendeteksian malware yang kuat.

Ini telah memperbarui database file BAIK dan file JELEK masing-masing melalui daftar putih dan daftar hitam. Ini juga menggunakan teknologi penahanan untuk mengisolasi FILE YANG TIDAK DIKETAHUI/Mencurigakan ke dalam wadah.

Terpisah dan menganalisis file melalui pemeriksaan statis dan perilaku oleh sistem putusan file online yang disebut Comodo Valkyrie. Comodo AEP juga menyertakan VirusScope untuk mengimplementasikan algoritma dan deteksi berbasis pembelajaran mesin.

Penutup

Jojo Times

Onboarding sendiri merupakan hal penting yang harus dilakukan perusahaan terutama untuk para karyawan baru. Karena dengan proses onboarding yang baik kaan menjadikan karyawan yang potensial dan berkualitas kedepannya. Salah satu yang dapat anda lakukan untuk memantau karyawan baru adalah menggunakan sistem absensi dari Jojo Times

Jojo Times merupakan aplikasi absensi online yang berbasis cloud sehingga sangat cocok sekali untuk digunakan pada perusahaan. Perangkat lunak yang satu ini mempermudah Anda dalam memantau absensi karyawan secara realtime kapan dan dimanapun.