Kolaborasi Adalah? Pengertian Dan Peranannya Dalam Sebuah Bisnis

Jika kamu ditanya tentang pertanyaan “kolaborasi adalah?” Maka apa yang akan kamu jawab? Pastinya kita memikirkan tentang sebuah kerja sama, bukan? Nah, kolaborasi ini sendiri berhubungan dengan interaksi antara individu dengan individu lainnya atau dengan kelompok dan bahkan sebuah organisasi besar. Jadi ada kerjasama, diskusi, menyamakan pendapat dan kompromi yang dilakukan untuk tujuan tertentu. Pasti istilah “kolaborasi tim yang baik membawa kesuksesan” sudah sangat sering didengar. Ya, karena memang begitulah adanya. Kolaborasi dalam dunia kerja atau bisnis sangat berpengaruh. Apalagi terhadap kesuksesan dan bertahannya bisnis tersebut. 

Kemampuan Kolaborasi Adalah?

Setelah sebelumnya kita membahas sedikit tentang pentingnya kolaborasi dalam dunia kerja. Maka, kita akan membahas lebih lanjut mengenai pertanyaan tentang kolaborasi adalah ini. Jika kita harus menerjemahkan apa itu kemampuan kolaborasi, maka akan berujung dengan kemampuan untuk berinteraksi. Kemampuan inilah yang nantinya mendorong seseorang agar bisa menjalin hubungan kerja sama dengan orang lain. Kemampuan ini juga yang nantinya membuat kamu bisa mewujudkan impian bersama. Baik dengan rekan bisnis atau dengan orang lain di bidang lainnya.

Kemampuan kolaborasi ini memang tidak akan langsung bagus sedari awal. Sebab, tidak semua orang memiliki insting alamiah untuk bekerja sama dengan orang lain. Namun, kemampuan kolaborasi ini tetap bisa dikembangkan atau ditingkatkan secara bertahap. Menjadi seorang pendengar yang baik, bisa berempati, bisa menjaga komunikasi dan saling menghargai merupakan kunci agar kolaborasi bisa berlangsung lama. Kemampuan inilah yang dicari oleh setiap perusahaan bagi karyawan yang mereka rekrut. 

Kenapa Kemampuan Kolaborasi Sangat Penting Dalam Dunia Kerja?

Nah, setelah kita mempelajari apa pengertian kolaborasi diatas, tentu juga timbul pertanyaan sepenting apa kemampuan ini di dunia kerja? Jawabannya sangatlah penting. Untuk membantu kamu memahami seberapa penting kemampuan kolaborasi dalam dunia bisnis dan kerja, berikut daftar alasan yang mendukungnya.

1. Tidak Mungkin Bekerja Sendirian

Tidak dipungkiri, memang banyak yang menyukai konsep bekerja sendirian ini. Namun, tidak semua pekerjaan bisa kamu lakukan sendirian. Semahir dan sehandal apapun kami dalam bekerja, pasti ada bidang pekerjaan yang tidak bisa kamu lakukan. Bahkan, jika kamu adalah wirausahawan yang memiliki sebuah bisnis yang masih dalam tahapan perkembangan. Mungkin awalnya memang kamu hanya perlu bekerja sendirian untuk menghemat biaya. Namun pada akhirnya, kamu juga akan sampai di satu titik dimana kamu tidak lagi bisa bekerja sendirian. Dan, masalah ketidakmampuan bekerja sendirian ini akan dirasakan oleh semua orang. Hal ini akan tetap ada di dalam dunia kerja.

2. Menambah Koneksi

Kemampuan kolaborasi ini juga bagus untuk penambahan koneksi. Didalam dunia kerja memperluas jaringan atau menambah koneksi sangatlah penting. Hal ini bisa memperbesar peluang untuk mendapatkan jenis pekerjaan yang lebih baik. Bahkan para pebisnis yang telah sukses sekalipun pasti akan bertemu banyak orang baru, kolega dan pebisnis lainnya yang tak kalah sukses. Nah, jika kamu tidak memiliki kemampuan kolaborasi yang baik. Maka peluang ini akan terlewatkan begitu saja. Sangat disayangkan pastinya. 

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Informasi dan Sumber Inspirasi

Memiliki zona nyaman memang membuat seseorang enggan untuk mencoba zona lainnya. Namun, jika kamu memiliki kemampuan yang baik untuk bekerja sama dengan orang lain, percayalah ada banyak hal baik yang bisa didapatkan. Misalnya saja mendapat informasi terkini dan tidak bisa kamu ketahui dari cara lain. Misalnya saja menanyakan bagaimana pengalaman tentang cara tertentu yang dilakukan dalam mengembangkan bisnis. Bukankah pengalaman adalah guru yang berharga? Nah, hal ini bisa kamu ketahui dari pengalaman orang lain jika kemampuan komunikasi yang kamu miliki tergolong bagus. Hal ini juga bisa menjadi sumber inspirasi. Dimana kita bisa berbagi wawasan, ilmu dan pengalaman.

4. Kolaborasi Menghasilkan Banyak Hal Positif

Dengan memperdalam kemampuan kolaborasi maka yakinlah hal pertama yang terasa sulit. Karena kamu harus melakukan sesuatu yang sedikit mainstream bersama orang lain. Namun, pada akhirnya, tidak sedikit yang berujung dengan kesuksesan jika kamu dan teman kolaborasi sama-sama berusaha dan memberikan hal terbaik. Sebab, berdua lebih baik daripada sendirian, bukan? Hal ini juga menghasilkan inovasi yang baru dan menguntungkan. Bahkan, jika memilih rekan kolaborasi dengan tepat maka kerja sama tersebut tidak hanya menguntungkan. Namun, juga mengasyikkan. 

Jadi, Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi? 

Nah, ketika kamu sudah mengetahui apa saja keuntungan dan alasan mengapa kolaborasi ini dibutuhkan di dunia kerja. Maka kamu pasti penasaran bagaimana cara meningkatkan kemampuanmu, bukan? Jangan khawatir, kamu yang kemampuan kolaborasinya masih buruk atau standar tetap bisa meningkatkannya, kok. Sehingga, kamu bisa menikmati hasilnya nanti. Caranya adalah:

  • Menjadi Pendengar Aktif : salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi adalah menjadi pendengar aktif yang baik. Cobalah untuk menjadi pendengar dan menghargai semua ide dan saran yang coba dilontarkan oleh rekan kerja. Walaupun kamu sendiri sudah memiliki beragam ide dan saran tersendiri. Tidak ada salahnya mendengarkan, bukan? Sebab langkah ini bisa menggabungkan ide-ide kreatif kalian dan menghasilkan kerja sama tim yang luar biasa.
  • Jangan Tertutup : salah satu sikap yang menghambat kolaborasi adalah sikap tertutup. Dimana kamu mungkin memiliki saran atau ide kreatif untuk mengembangkan pekerjaan atau bisnis kalian. Sayangnya kamu tidak pernah mengungkapkan hal tersebut. Padahal kolaborasi dihasilkan oleh dua atau lebih banyak pihak yang harus ikut aktif di dalamnya. Untuk itu, sangat diperlukan sikap terbuka. Menerima semua ide dan juga memberitahukan tanggapan yang kamu miliki. Atau mengungkapkan apa ide yang kamu pikirkan.
  • Komunikasi Harus Terjaga Dengan Baik : komunikasi adalah salah satu aspek penting dalam kolaborasi. Jika ingin menghasilkan sebuah kerja sama tim yang baik. Maka jangan lupa kamu dan tim harus bisa saling menjaga komunikasi yang baik.

Nah, jika kamu mampu menerapkan 3 poin diatas, percayalah kolaborasi yang terjalin akan berjalan dengan lancar. Bahkan sebagai bonus, kamu dan tim akan menghasilkan kinerja yang luar biasa.

Penutup

Dengan informasi ini maka kamu tidak ragu lagi untuk memulai sebuah kolaborasi dengan rekan kerja atau rekan bisnis. Jadikan kemampuan kolaborasi kamu sebagai pondasi untuk memaksimalkan hasil yang baik. Peningkatan kemampuan ini juga penting agar rekan bisnis menjadi lebih percaya dan bisa menghasilkan kerja sama yang baik. Nah, jika kamu berhasil membangun kerja sama, maka jangan lupa untuk menggunakan aplikasi untuk mendukung adanya kolaborasi tersebut.

Misalnya dengan penggunaan dari JojoTimes. Menggunakan layanan ini bisa membuat bisnis dan kinerja kerja anda meningkat drastis. Bagaimana tidak, layanan JojoTimes memberikan laporan jam kerja, perhitungan cuti, absensi dan daftar kehadiran karyawan dengan baik.

JojoTimes memungkinkan anda memantau karyawan dimana saja dan kapan saja. Bahkan, terintegrasi dengan daftar kehadiran dan menghitung waktu lembur dengan tepat.

Sangat bermanfaat bukan? Yuk gunakan JojoTimes sekarang agar kolaborasi kamu menjadi kerja sama yang saling menguntungkan!