Lakukan Cara Ini Agar Mempunyai Komitmen Lebih Terhadap Pekerjaan

Apakah Anda sering mendengar tentang kata komitmen? Ya, komitmen memang identik dengan suatu hubungan dalam kehidupan. Komitmen adalah suatu janji, baik dengan orang lain maupun dengan diri sendiri. Namun, di dalam dunia kerja atau pekerjaan, komitmen juga sangat diperlukan karena mempengaruhi kualitas Anda sebagai karyawan.

Sudah berapa lama Anda bekerja di suatu perusahaan? Komitmen sangat berkaitan erat dengan dedikasi yang Anda berikan untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda sudah bekerja selama bertahun-tahun di satu perusahaan, maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda memiliki komitmen yang sangat kuat. Komitmen tersebut bisa dilandaskan oleh kepentingan pribadi atau memang kepentingan perusahaan itu sendiri.

Description: Man Sitting in Front of Computer

Biasanya orang-orang akan berkomitmen terhadap pekerjaannya, karena mereka mencintai pekerjaan tersebut dan juga membutuhkannya. Ada berbagai alasan yang mendasari kenapa komitmen dalam dunia kerja sangat dibutuhkan. Misalnya saja jika tidak berkomitmen, maka akan kehilangan pekerjaan.

Memahami Lebih Jauh Mengenai Arti Komitmen

Description: Woman Holding Macbook

Mungkin ada diantara Anda yang belum mengetahui atau memahami apa arti dari komitmen. Komitmen sebenarnya sangat berpengaruh terhadap hubungan kerja yang positif. Dilansir dari buku Human Resource Management Review, terdapat tiga tema yang memang berbeda untuk mendefinisikan sebuah komitmen, antara lain:

Sebagai Suatu Keterikatan Afektif pada Organisasi

Komitmen ini juga disebut sebagai aeffective commitment yang memang tumbuh dan muncul akibat adanya suatu kenyamanan, benefit dan keamanan yang dirasakan oleh seseorang. dan ia percaya bahwa ketiga hal tersebut tidak bisa diperoleh di tempat lain.

Komitmen ini dapat kita ketahui dengan menggunakan suatu indikator, yaitu kenyamanan staff atau karyawan organisasi di perusahaan tersebut. Jadi semakin karyawan nyaman dan mendapatkan banyak manfaat, komitmen karyawan terhadap pekerjaannya pun akan semakin kuat.

Rasa sayang terhadap suatu pekerjaan juga bisa terjadi karena kita dan perusahaan memiliki ikatan emosional yang kuat.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebagai Suatu Bentuk Untung dan Rugi Jika Meninggalkan Perusahaan

Poin ini bisa didefinisikan sebagai suatu ikatan secara psikologis antara karyawan organisasi dengan perusahaan, karena adanya biaya yang harus ditanggung jika karyawan memutuskan untuk keluar dari perusahaan.

Arti dari komitmen ini yaitu perlunya setiap karyawan untuk mengkalkulasi apa saja manfaat serta pengorbanan di perusahaan tersebut.

Jika kita melihat komitmen ini, maka bisa dipastikan seseorang memiliki komitmen yang tinggi. Seperti yang kita ketahui, seseorang akan mengurungkan niatnya untuk mundur dari perusahaan jika kerugian yang dia dapatkan semakin besar.

Sebagai Bentuk Kewajiban Terhadap Suatu Perusahaan

Dan yang ketiga ini memiliki arti bahwa adanya keterikatan secara psikologis karena karyawan organisasi memiliki kewajiban moral untuk menjaga hubungan baik dengan organisasi. Inilah faktor yang membuat karyawan harus tetap berada di perusahaan dan juga memberikan “sumbangan” pada perusahaan tersebut (baik dalam bentuk materi ataupun non materi). Selain itu, jika karyawan tidak melakukan sesuatu untuk merusahaan maka karyawan akan merasa bersalah.

Cara Berkomitmen Terhadap Pekerjaan

Description: Photo of Woman Writing on Tablet Computer While Using Laptop

Jika Anda belum mengetahui bagaimana caranya berkomitmen terhadap pekerjaan, mari simak cara-caranya di bawah ini.

Bahagia dengan Pekerjaan

Agar bisa berkomitmen dengan pekerjaan, tentu kita perlu bahagia dengan pekerjaan kita saat ini. Anda juga perlu melihat sisi positif dari suatu pekerjaan, sehingga tidak mudah merasa bosan dan malah bersemangat untuk mengerjakannya. Karena tidak dipungkiri bahwa kita bisa aja merasa bosan jika sudah terlalu lama mengerjakan pekerjaan yang monoton dan dengan lingkungan kerja yang sama.

Cintai Pekerjaan

Rasa cinta terhadap pekerjaan akan membuat kita senantiasa bahagia dengan pekerjaan, bukan? Rasa cinta bukan hanya bisa kita berikan ke seseorang atau ke makhluk hidup, karena rasa cinta bisa diberikan juga ke pekerjaan atau ke perusahaan. Disaat kita sudah merasa cinta dengan pekerjaan atau perusahaan, maka akan tercipta rasa puas dan menambahkan ikatan emosional terhadap pekerjaan.

Ciptakanlah Lingkungan Kerja yang Harmonis

Meskipun secara pribadi karyawan memiliki komitmen dalam bekerja, tapi jika lingkungan kerja tidak harmonis ya tetap saja komitmen tersebut akan hilang dengan sendirinya. Energi positif akan didapatkan oleh karyawan jika lingkungan kerja harmonis. Selain itu, dengan lingkungan yang harmonis juga akan membuat karyawan lebih bersemangat, nyaman dan juga memiliki energi positif dalam menyikapi berbagai masalah yang ada.

Berikan Reward untuk Diri Sendiri

Reward bukan hanya bisa diberikan dari atasan ke bawahan, tetapi Anda sendiri pun bisa memberi reward untuk diri sendiri. Berikanlah reward ini sebagai bentuk penghargaan karena Anda telah menyelesaikan pekerjaan dan tetap berkomitmen terhadap pekerjaan juga perusahaan.

Tingkatkan Motivasi Kerja

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rasa jenuh dan juga bosan memang bisa melanda karyawan kapan sana dan dimana saja, apalagi jika lingkungan kerja kurang harmonis. Rasa ingin meninggalkan pekerjaan tentunya akan semakin besar. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan cara meningkatkan motivasi kerja di dalam diri Anda.

Wajar memang jika seorang karyawan memiliki mood yang turun naik pada saat bekerja, karena Anda bukanlah robot yang harus selalu bekerja dengan baik. Namun jika mood dibiarkan saja dan tidak ada motivasi kerja di dalam diri Anda, tentu akan berakibat fatal, bahkan Anda bisa kehilangan pekerjaan yang berharga ini. Motivasi bisa datang di dalam diri sendiri, caranya katakanlah dalam hati bahwa Anda sangat membutuhkan pekerjaan ini dan berjanjilah bahwa Anda akan bekerja dengan lebih baik lagi.

Sampaikan Tujuan Bersama Karyawan yang Lain

Tujuan bersama harus diungkapkan agar para karyawan saling membantu jika ada beberapa pekerjaan yang belum tercapai atau selesai. Dengan begitu komitmen karyawan terhadap perusahaan juga akan meningkat. Jika tujuan sudah tercapai, bisa saja perusahaan akan memberikan reward kepada Anda, bukan?

Setelah mengetahui pentingnya komitmen dalam pekerjaan, maka Anda bisa melakukan cara-cara diatas agar bisa lebih berkomitmen lagi terhadap pekerjaan Anda saat ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba ya!

Sebagai pimpinan harus ditanamkan jiwa mengayomi dan perhatian pada setiap hal yang ada di perusahaan. itu merupakan kunci yang bisa membuat perusahaan semakin berkembang dan terus berkembang.

Memberikan gaji yang sepadan dengan apa yang sudah dikerjakan oleh karyawan juga salah satu yang bisa memotivasi karyawan. Penggajian yang benar dan akurat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan oleh jajaran pimpinan.

Sebagai hal yang sangat penting proses penggajian harus dilakukan dengan tepat dan akurat, Jojonomic bisa menjadi solusi permasalahan perusahaan anda. Aplikasi JojoPayroll pada Jojonomic bisa memberikan solusi atas kesulitan dalam penggajian karyawan.

So tunggu apalagi, coba gratis JojoPayroll sekarang, dan rasakan kemudahan mengelola bisnis Anda secara otomatis!