Komoditas Sebagai Salah Satu Sumber Devisa Negara

Komoditas mungkin saja menjadi suatu kata yang sudah sering didengar. Walaupun tidak semua memahami arti dari istilah ini namun agaknya banyak orang yang mengerti gambaran mengenai istilah ini. Terlebih lagi bila Anda telah mendalami ilmu pengetahuan di bidang ekonomi dan bisnis. Sebab hal ini sebenarnya menjadi suatu bagian yang bisa dianggap penting dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Pada dasarnya komoditas melekat pada suatu barang yang diperdagangkan atau diperjualbelikan. Perdagangan atau proses jual beli ini bisa terjadi dalam wilayah lokal dan nasional hingga sampai ke wilayah internasional.

Barang yang diperdagangkan atau diperjualbelikan dalam hal ini dapat ditukarkan dengan produk lainnya yang memiliki nilai sama atau sepadan. Siapapun yang memproduksi barang tersebut tidak dipedulikan asalkan barang tersebut memiliki nilai tukar. Namun dalam bidang ekonomi rupanya berbagai barang yang dikelompokkan bisa disebut dengan istilah komoditas yang cenderung bersifat substansial. Di zaman yang kini semakin berkembang sehingga mengalami banyak perubahan ini tampaknya arti dari komoditas semakin meluas.

Kini istilah ini tidak hanya disematkan pada beberapa barang yang tampak mata seperti misalnya hasil pertanian atau perkebunan dan bahkan mungkin hasil pertambangan. Di masa yang sekarang ini rupanya istilah ini juga bisa mengacu pada berbagai macam produk keuangan yang sekarang ini semakin menjadi trend dan populer di kalangan masyarakat. Berbagai produk keuangan ini misalnya saja seperti valas atau valuta asing dan juga indeks. Ada pula hal lainnya seperti misalnya berbagai produk teknologi informasi yang juga bisa digolongkan sebagai komoditas. Bagaimanapun komoditas selalu diharapkan agar bisa mengalami peningkatan sehingga bisa memacu adanya pertumbuhan ekonomi di suatu wilayah.

Jenis-jenis Komoditas

Jika dilihat lebih lanjut, ada beberapa jenis komoditas yang bisa dikembangkan. Beberapa di antaranya yang banyak dicari antara lain yaitu sebagai berikut.

1. Logam

Jenis logam pada dasarnya mencakup berbagai macam produk hasil pertambangan. Jenis logam ini dibagi menjadi dua yang pertama yaitu logam berharga sedangkan yang kedua adalah logam industri. Logam berharga pada dasarnya meliputi emas dan perak serta palladium dan platinum. Sedangkan logam industri umumnya meliputi berbagai macam hasil tambang seperti tembaga dan timah serta nikel. Masih ada lagi logam lainnya yang termasuk ke dalam jenis logam industri seperti aluminium dan magnesium serta cobalt dan masih banyak lagi. Untuk logam berharga di dalam perdagangan internasional dihitung dalam satuan troy ons. Sedangkan emas secara khusus dihitung dalam satuan kilogram. Untuk jenis logam industri pada umumnya diperdagangkan dalam bentuk satuan metrik dan ton atau juga kilogram serta ons.

2. Energi

Yang termasuk ke dalam kategori energi yaitu beberapa produk tambang dan produk hasil eksplorasi. Biasanya hasil produk ini bisa difungsikan sebagai bahan bakar. Berbagai ragam produknya antara lain meliputi batu bara atau mungkin minyak bumi. Biasanya minyak bumi ini berupa bensin dan diesel serta light sweet crude oil dan brent crude oil. Berbagai macam produk hasil energi ini biasanya diperdagangkan dalam satuan barrel. Ada pula barang yang diperdagangkan dalam satuan metrik dan ton.

3. Pertanian

Berbagai macam hasil pertanian tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakat awam. Sebab produk hasil pertanian selalu dikonsumsi oleh masyarakat. Hasil pertanian umumnya dibagi menjadi dua jenis yaitu hasil pertanian dan hasil perhutanan. Hasil pertanian umumnya mencakup bahan makanan pokok masyarakat tanah air seperti beras dan jagung atau gandum dan lainnya. Selain itu ada pula hasil perkebunan seperti misalnya kopi dan gula serta lainnya. Sedangkan produk hasil perhutanan antara lain meliputi karet dan rotan atau juga bisa sawit dan kapas serta lainnya. Umumnya berbagai produk hasil pertanian dan kehutanan ini diperjualbelikan dalam satuan yang cukup bervarian. Seperti misalnya satuan kilogram dan ton bahkan ons.

4. Peternakan

Produk hasil peternakan tentu saja berkaitan dengan hasil dari ternak hidup. Berbagai hasil ternak hidup ini antara lain meliputi daging dan susu serta hasil lainnya yang sering kali dikonsumsi oleh manusia. Selain itu pakan ternak juga bisa digolongkan sebagai hasil peternakan. Beberapa hewan ternak yang sering kita jumpai di sekitar kita misalnya sapi dan ayam atau ada juga yang beternak babi. Seluruh hewan ini dijadikan sebagai hewan ternak untuk diambil hasilnya. Hasil dari hewan ternak ini umumnya bisa diperjualbelikan sehingga bisa memberikan hasil atau keuntungan bagi pemilik peternakan. Di dalam perdagangan internasional rupanya berbagai hasil peternakan ini diperjualbelikan dengan menggunakan satuan pon.

Perdagangan Komoditas

Dalam suatu perdagangan komoditas umumnya harga ditentukan oleh adanya penawaran dan permintaan. Jika dilihat sekarang ini perdagangan tidak hanya dilakukan di tingkat lokal dan nasional saja tetapi sudah meluas hingga ke lingkup internasional. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kegiatan ekspor dan impor yang rupanya semakin berkembang sehingga bisa memberikan kontribusi bahkan bagi negara.

Sebenarnya dalam hal ini harga ditentukan oleh adanya penawaran dan permintaan terhadap produk. Jadi harga bukanlah ditentukan oleh penjual barang. Umumnya permintaan akan sejumlah barang dalam hal ini dipicu oleh adanya peningkatan populasi yang mendorong terjadinya peningkatan permintaan akan barang.

Tidak hanya itu saja tetapi barang yang diperdagangkan juga bisa terjadi karena adanya tawaran. Berbagai tawaran bisa saja muncul karena adanya peningkatan kapasitas produksi seperti misalnya adanya musim yang baik sehingga hasil panen berlimpah. Atau tawaran bisa saja berkurang karena adanya bencana sehingga komoditas menjadi terdampak.

Jadi sebenarnya ada banyak hal yang rupanya begitu berpengaruh terhadap perdagangan komoditas. Banyak hal atau faktor yang rupanya tidak bisa diprediksi dan faktor tersebut berpengaruh pada perdagangan pada satu periode tertentu. Kini perdagangan komoditas juga merambah ke beberapa sistem kontrak seperti pada bursa saham yang identik dengan adanya pertukaran kontrak. Perdagangan komoditas kini memiliki makna yang semakin luas dan seolah tidak terbatas.

Memastikan perdagangan komoditas yang berjalan dengan baik dan optimal memang cukup penting untuk dipastikan oleh sebuah negara. Sama halnya dengan memastikan sistem keuangan perusahaan yang efektif dan efisien. Salah satunya melalui penggunaan produk JojoExpense. Dengan produk ini maka proses rembus maupun penyediaan kas perusahaan berjalan lebih mudah. Selain itu dapat pula membantu melihat pengeluaran dan pemasukan keuangan perusahaan lebih nyata dari mana saja.

Semua kemudahan ini berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoExpense. Sebut saja fitur Mobile Approval, Capture Expenses, Budget Controlling, Reimburse via App & Web, Cash Advanced, dan masih banyak fitur menarik lainnya. Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan produk tersebut. Dapatkan coba gratis pada perusahaan Anda sekarang juga. Lihatlah sendiri bagaimana JojoExpense bekerja secara luar biasa untuk membenahi dan mengarahkan sistem keuangan perusahaan Anda yang jauh lebih baik.