Definisi Kompilasi Laporan Keuangan dan Manfaat Bagi Perusahaan

Kompilasi Laporan Keuangan

Istilah kompilasi laporan keuangan mungkin terdengar asing bagi sebagian orang. Namun bagi mereka yang menekuni dunia akuntansi serta bisnis, istilah ini menjadi salah satu yang paling sering didengar.

Financial Statement Compilation atau yang lebih sering disebut dengan Kompilasi Laporan Keuangan merupakan sebuah susunan laporan yang dibuat oleh seorang akuntan dengan bermodalkan dokumen dari transaksi sebuah perusahaan lengkap juga dengan dokumen keuangan yang lain. Nantinya, dokumen tersebut akan dibuat menjadi sebuah kumpulan laporan keuangan dan berlandaskan pada standar akuntansi yang berlaku.

Komponen laporan keuangan ynag satu ini harus dibuat sesuai dengan pembukuan yang sudah ditentukan oleh perusahaan, dan sebagai akuntan publik harus menyajikan laporan sesuai dengan standar yang sudah ada. 

Lewat penjelasan singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa kompilasi laporan keuangan ini memegang peran yang cukup penting dalam sebuah perusahaan. Terutama bagi perusahaan yang kurang memperhatikan kondisi keuangan mereka atau bahkan yang tidak memiliki tenaga akuntan dalam operasionalnya.

Nah, pada artikel kali ini, Jojonomic akan mengajak Anda untuk membahas lebih lanjut mengenai kompilasi laporan keuangan yang satu ini. Lengkap mulai dari definisi hingga manfaat dari pengimplementasiannya.

Definisi Kompilasi Laporan Keuangan

Definisi Kompilasi Laporan Keuangan

Kompilasi laporan keuangan merupakan salah satu jasa yang ditawarkan oleh seorang akuntan publik dalam penyajian laporan keuangan dengan porsi yang lebih mudah untuk dipahami. Nantinya, data yang akan digunakan untuk membuat laporan ini diperoleh dari perusahaan yang membutuhkan jasanya sekaligus keterangan dari pihak manajemen perusahaan yang terkait.

Banyak pelaku usaha kecil dan menengah yang mengandalkan jasa dari akuntan publik ini untuk menyiapkan laporan keuangan perusahaan mereka. Hal ini digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membuat keputusan internal dalam perusahaan sekaligus untuk melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan tersebut. Apakah sudah cukup sehat atau malah sebaliknya?

Selain itu, kompnen laporan keuangan ini juga dapat dijadikan modal untuk mencari suntikan dana dari investor ataupun mendapatkan pinjaman dana dari lembaga perbankan. Dengan demikian, jika laporan keuangan tersebut menunjukkan angka yang positif, maka peluang untuk mendapatkan kemudahan akses dalam mengajukan pinjaman terbuka lebar.

Satu hal yang perlu Anda ketahui, bahwa kompilasi laporan keuangan berbeda dengan laporan audit. Laporan audit merupakan laporan yang diperoleh melalui proses sistematis untuk memperoleh bukti kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi perusahaan. Hal ini dilakukan guna menetapkan kesesuaian yang akan disampaikan kepada pihak yang berkepentingan. 

Karena hal inilah, dalam penyusunan kompilasi laporan keuangan, para akuntan menggunakan tanda “unaudited” agar terhindar dari kesalahan pemahaman yang dilakukan oleh orang-orang yang membacanya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Data kompilasi laporan keuangan ini dibuat dengan berlandaskan pada pembukuan keuangan perusahaan. Nantinya tanggung jawab kebenaran penyajian laporan dipegang oleh pihak manajemen dan tentu saja berisi data laporan keuangan perusahaan dalam satu periode waktu tertentu. 

Akuntan hanya melakukan beberapa penilaian seperti prinsip akuntansi yang diterima oleh umum, pembukuan dan konsultasi dengan pihak manajemen terkait. Kemudian penilaian terhadap proses pembukuan yang berasal dari aplikasi atau sistem akuntansi serta mempertimbangkan adjustment yang diperlukan dalam membuat pembukuan klien yang baik.

Manfaat Kompilasi Laporan Keuangan Bagi Perusahaan

Manfaat Kompilasi Laporan Keuangan

Setelah perjanjian sudah dilakukan dengan akuntan terbatas, segala pembukuan dan laporan keuangan lain akan dijadikan satu. Tentu saja kompilasi laporan keuangan ini didapatkan dari pembukuan yang sudah dibuat oleh perusahaan. 

Dari laporan yang didapatkan oleh akuntan, laporan akan dibuat dibuat, dan apabila terjadi kesalahan perhitungan, ketiadaan pengungkapan yang relevan, maupun adanya ketidakpatuhan terhadap prinsip akuntansi serta hasil laporan ini tidak selengkap audit, laporan ini masih bisa digunakan sebagai acuan untuk kebutuhan finansial perusahaan. Selain itu, dibawah ini ada beberapa manfaat lain dari pembuatan kompilasi laporan finansial atau keuangan bagi suatu perusahaan, yaitu :

1. Salah satu manfaat dari kompilasi laporan keuangan bagi perusahaan adalah tersedianya laporan keuangan yang telah sesuai dengan pelaporan dan penyajian informasi yang di sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan.

2. Dengan membuat laporan keuangan ini, perusahaan bisa memperoleh pengungkapan yang relevan atau sesuai dengan Prinsip Akuntansi yang relevan dengan laporan keuangan yang telah memadai.

3. Kompilasi keuangan membuat laporan keuangan menjadi laporan yang telah memenuhi seluruh persyaratan sehingga layak audit.

Hal- hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Kompilasi Laporan Keuangan

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Kompilasi Laporan Keuangan

Dalam proses pembuatan komponen laporan keuangan yang satu ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pertama sekali, kita harus mengetahui tentang prinsip dan praktik akuntansi industri klien. Di Indonesia sendiri, standar profesional yang dijadikan acuan untuk jasa kompilasi laporan keuangan berasal dari International Federations of Accountant (IFAC). Perusahaan-perusahaan yang meminta jasa tersebut tentunya sudah mengenal Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 25 tahun 2014 selain dari KAP yang sudah ada sebelumnya.

2. Sebagai akuntan, harus memahami proses bisnis dan transaksi dengan klien.

3. Terakhir harus memahami bentuk catatan akuntansi , basis akuntansi yang digunakan, bentuk laporan keuangan dan kualifikasi petugas pembukuan.

Ketiga hal diatas dapat dilakukan dengan mempelajari dan memahami publikasi mengenai akuntansi industry, terbitan dan literatur. Dan akuntan bisa mengajukan pertanyaan kepada klien agar data yang didapat sesuai dengan permintaan klien.

Pelaporan Kompilasi

Para akuntan bisa melaksanakan lebih dari satu macam jasa seperti  kompilasi dan audit. Apabila ini terjadi maka sang akuntan wajib menampilkan laporan dan menerbitkannya berdasarkan tingkat jasa tertinggi yang telah diberikan.  

Nantinya laporan keuangan yang ditulis oleh akuntan harus memuat informasi bahwa proses kompilasi telah dilakukan. Berikutnya, hal ini hanya terbatas pada penyajian informasi dalam bentuk laporan keuangan yang merupakan representasi manajemen. Terakhir, laporan keuangan tidak diaudit atau di review dan dengan demikian akuntan tidak menyatakan keyakinan dan pendapat dalam bentuk lain.

Penutup

Jojo Expense

Nah dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kompilasi laporan keuangan merupakan salah satu komponen penting dalam operasional perusahaan. Terlebih jika Anda adalah seorang yang tak begitu paham dengan istilah dalam bidang akuntansi. 

Selain itu, lewat laporan keuangan ini nantinya Anda dapat memiliki gambaran mengenai apa saja langkah yang harus Anda lakukan dalam bisnis ke depannya. Apakah akan membuka cabang, menambah aset, melakukan pengadaan barang lebih banyak dan lain-lain.

Bagi Anda yang masih sering mengalami kesulitan dalam mengelola manajemen keuangan perusahaan. Jojo Expense dapat dijadikan salah satu solusi jitu untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Aplikasi ini merupakan software yang didesain khusus untuk mengelola keuangan perusahaan dengan cara yang lebih efektif dan efisien bahkan hingga 76 persen. Selain itu, Jojo Expense juga dilengkapi berbagai macam fitur lain seperti Budget Controlling, Cash Advance, Reimbursement Online, Mobile Approval dan lain-lain.

Software ini juga dibekali dengan teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan Anda dapat terhindar dari risiko fraud financial atau penipuan keuangan yang dilakukan oleh karyawan tak bertanggung jawab. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda dalam mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!s