Komprehensif: Makna Kata dan Kaitannya dalam Dunia Pemasaran

comprehensive

Dalam kehidupan sehari-hari, Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah komprehensif. Anda tentu setidaknya pernah mendengar perkataan, seperti berpikir secara komprehensif, disajikan secara komprehensif, dan sebagainya. Istilah komprehensif ini memang umumnya digunakan dalam bidang keilmuan, seperti sains, filsafat, akuntansi, dan pemasaran. Kata komprehensif berasal dari istilah bahasa Inggris comprehensive yang berarti luas, teliti, lengkap, menyeluruh, dan mampu menangkap banyak detil.

Komprehensif adalah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi dimana suatu hal dapat dijelaskan atau dilakukan secara menyeluruh sehingga melahirkan wawasan baru. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa komprehensif adalah ungkapan yang menjelaskan bagaimana sebuah hal dilakukan secara menyeluruh dan terperinci.

Apakah Makna Kata Komprehensif?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian komprehensif adalah sebagai berikut:

  • Bersifat mampu menangkap atau menerima dengan baik
  • Luas dan lengkap (tentang ruang lingkup atau isi)
  • Mempunyai dan memperlihatkan wawasan yang luas

Berdasarkan pengertian tersebut, komprehensif adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan sifat (kata sifat) tertentu. Dalam bidang akuntansi, kata komprehensif sering dikaitkan dengan prinsip pembuatan laporan laba rugi yang menggambarkan kinerja perusahaan selama periode tertentu. Sedangkan pada bidang manajemen, penggunaan kata komprehensif dilekatkan pada penyusunan strategi pemasaran.

comprehensive

Kenali Strategi Pemasaran yang Komprehensif

Strategi pemasaran merupakan serangkaian rencana yang menjelaskan ekspektasi perusahaan mengenai dampak berbagai aktivitas pemasaran terhadap permintaan produk. Adapun aktivitas pemasaran meliputi penentuan harga, kampanye iklan, memilih saluran distribusi, dan kegiatan lainnya yang berdampak terhadap permintaan produk.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Strategi pemasaran yang komprehensif adalah strategi pemasaran yang disusun secara rinci mulai dari menentukan target konsumen, merencanakan biaya pemasaran, hingga penggunaan teknologi yang mendukung kegiatan pemasaran. Secara umum, strategi pemasaran yang disusun secara komprehensif dinilai lebih efektif dalam meningkatkan brand awareness sekaligus meningkatkan keuntungan perusahaan.

Merumuskan Strategi Pemasaran yang Komprehensif

Dalam rangka merumuskan suatu strategi, salah satunya strategi pemasaran, Anda perlu memiliki apa yang disebut dengan kerangka perumusan strategi komprehensif. Kerangka kerja tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam menyusun alternatif solusi berdasarkan informasi yang diperoleh perusahaan. Kerangka kerja perumusan strategi terdiri dari tiga tahapan, antara lain:

Tahap Input

Pada tahap pertama ini, Anda harus meringkas seluruh informasi yang dibutuhkan dalam perumusan strategi. Anda dapat menggunakan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan matriks EFE (External Factor Evaluation) sebagai teknik analisa. Sesuai namanya, matriks IFE digunakan untuk mengevaluasi faktor-faktor internal untuk melihat kekuatan dan kelemahan perusahaan. Sedangkan matriks EFE membantu tim perencanaan strategi untuk mengevaluasi faktor-faktor eksternal seperti ekonomi, politik, sosial, dan sebagainya.

Tahap Pencocokan

Setelah mengumpulkan seluruh informasi, kini saatnya Anda mencocokkan peluang dan ancaman dari faktor eksternal dengan kekuatan dan kelemahan dari internal perusahaan. Dengan demikian maka Anda dapat menciptakan suatu strategi yang efektif, baik strategi bertahan maupun menyerang. Teknik analisa yang dapat Anda gunakan untuk membantu dalam tahap ini yakni matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), SPACE (Strategic Position and Action Evaluation), dan Grand Strategy.

Tahap Keputusan

Kini Anda telah sampai pada tahap terakhir yaitu memutuskan pilihan strategi berdasarkan bahan pertimbangan yang sudah tersedia. Alat analisis yang digunakan dalam tahap ini ialah QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Perhitungan pada QSPM didasarkan pada input dari bobot matriks internal-eksternal, serta alternatif strategi pada tahap pencocokan. Output yang dihasilkan dari tahap ini ialah sebuah strategi yang efektif dan relevan dengan kebutuhan perusahaan.

comprehensive

Membangun Rencana Pemasaran yang Komprehensif

Strategi pemasaran menggambarkan secara menyeluruh tentang bagaimana upaya pemasaran akan membantu Anda dalam mencapai tujuan perusahaan. Sedangkan rencana pemasaran bertindak sebagai roadmap yang mengidentifikasi secara terperinci setiap rencana kegiatan dalam strategi yang telah Anda susun.

Pemilihan strategi pemasaran biasanya dilakukan untuk mencapai tujuan yang sifatnya lebih luas, misalnya meningkatkan keuntungan perusahaan. Sementara rencana pemasaran lebih berfokus pada tujuan pemasaran, seperti membangun brand awareness dan menciptakan basis pelanggan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka berikut ini merupakan langkah-langkah dalam membangun rencana pemasaran yang komprehensif:

Membuat Anggaran Pemasaran

Langkah pertama sekaligus yang paling mendasar dalam membangun rencana pemasaran yang komprehensif adalah membuat anggaran pemasaran. Besarnya anggaran yang Anda alokasikan untuk biaya pemasaran akan menentukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan guna memperkenalkan produk pada konsumen.

Umumnya, bisnis yang berusia satu hingga lima tahun perlu mengalokasikan anggaran pemasaran sekitar 12 hingga 20 persen dari pendapatan. Sedangkan bisnis yang berusia lebih dari lima tahun hanya mengalokasikan 6 hingga 12 persen dari pendapatan. Bisnis yang berusia lebih dari lima tahun mengalokasikan lebih sedikit karena mereka sudah lebih dahulu membangun basis konsumen dan brand awareness.

Menyusun Panduan Merek (Brand Guide)

Panduan merek (brand guide) merupakan bagaimana perusahaan merepresentasikan dirinya kepada pasar atau konsumen. Menyusun panduan merek (brand guide) merupakan suatu langkah penting yang membantu Anda dalam memperoleh kepercayaan konsumen. Guna memastikan bahwa panduan merek yang Anda susun telah merepresentasikan bisnis Anda secara tepat, maka pastikan Anda telah mencantumkan informasi seperti:

  • Karakter suatu produk
  • Nilai-nilai yang terkandung dalam produk
  • Visi dan misi perusahaan

Dalam panduan merek, Anda juga perlu menentukan aturan gaya pemasaran yang digunakan. Misalnya jenis font dan warna yang digunakan dalam media cetak dan digital, serta cara menggunakan logo perusahaan. Penyusunan panduan merek bertujuan untuk mempertahankan tampilan yang konsisten di seluruh platform pemasaran.

comprehensive

Memilih Target Audiens

Langkah berikutnya ialah memilih target audiens yang sesuai dengan karakteristik produk yang ditawarkan. Dalam memilih target audiens, Anda perlu mendeskripsikan konsumen Anda dan mengetahui mengapa mereka membeli produk Anda. Luangkan sebagian waktu Anda untuk membuat analisis manfaat atas barang atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Berdasarkan analisis yang telah Anda buat, buatlah daftar orang yang akan atau membutuhkan manfaat tersebut.

Pemilihan target audiens yang tepat akan membantu Anda dalam menentukan kegiatan pemasaran seperti apa yang dapat Anda lakukan untuk menjangkau mereka berdasarkan karakteristik audiens. Dengan demikian maka kegiatan pemasaran yang Anda lakukan akan menjadi lebih efektif dan efisien.

Membuat Perencanaan Kegiatan

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan ialah membuat perencanaan kegiatan pemasaran. Perencanaan kegiatan pemasaran yang komprehensif adalah rencana pemasaran yang disusun untuk menarik perhatian audiens yang ditargetkan. Di era perkembangan teknologi seperti saat ini, Anda dapat memanfaatkan berbagai platform untuk mempromosikan produk Anda. Misalnya melalui akun media sosial, website, hingga e-commerce marketplace.

Perencanaan kegiatan pemasaran sebaiknya disusun dengan menyesuaikan pada besar anggaran pemasaran yang dialokasikan. Agar lebih efektif dari segi biaya, maka Anda perlu fokus memasarkan produk pada target audiens yang dituju. Kegiatan pemasaran juga sebaiknya dilakukan sesuai dengan panduan merek yang telah disusun.

comprehensive

Adanya aplikasi keuangan akan sangat memudahkan Anda dalam menyusun anggaran pemasaran dan meninjau bagaimana efektivitas pengelolaan anggaran. Aplikasi JojoExpense merupakan aplikasi keuangan yang membantu Anda mengontrol penggunaan anggaran dimana saja agar pengeluaran perusahaan menjadi lebih efektif. JojoExpense juga memiliki fitur web untuk meminimalkan waktu yang diperlukan dalam pengajuan reimbursement dan cash advance.

Tak hanya itu, JojoExpense juga memiliki berbagai fitur andalan seperti:

  • Intelligence OCR dan Real-time Geotagging untuk mendeteksi penipuan
  • Penyimpanan berbasis cloud untuk mendokumentasikan setiap bukti transaksi Anda
  • Pelaporan secara komprehensif hanya dengan satu klik

Tertarik mencoba? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang dan dapatkan fasilitas coba gratis selama 14 hari!