Komunikasi Antar Karyawan : Tips dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

komunikasi antar karyawan

Komunikasi adalah aspek terpenting dari kerja tim. Apalagi dalam hal pekerjaan. Perlu ada komunikasi antar karyawan dan antara karyawan dengan perusahaan. Komunikasi karyawan adalah kunci dalam menjalankan perusahaan untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Komunikasi karyawan harus efektif, artinya kedua pihak yang berkomunikasi harus memiliki arti yang sama atas informasi yang disampaikan. Membuat proses pertukaran pesan menghasilkan masukan yang jelas.

Bagi perusahaan, komunikasi karyawan harus diperhatikan. Sebagai departemen sumber daya manusia, Anda bertanggung jawab untuk mencapai tujuan ini. Mengapa? Karena menjalin komunikasi karyawan yang baik merupakan salah satu tanggung jawab tim HRD. Mengingat komunikasi karyawan sangat bermanfaat bagi perusahaan. Jadi mari kita lihat beberapa manfaat komunikasi karyawan di bawah ini.

Membuat sebuah keputusan

komunikasi antar karyawan

Pentingnya komunikasi antar karyawan dan manfaat yang dibawanya bagi perusahaan Di dalam perusahaan banyak sekali pilihan kebijakan atau sikap yang harus diperhatikan secara matang, karena hal ini akan mempengaruhi masa depan perusahaan. Tidak jarang perusahaan meminta karyawan untuk memberikan pendapat dan saran, seperti melalui rapat kerja berskala besar yang dihadiri oleh seluruh karyawan.

Jika karyawan sudah memiliki tujuan, visi, dan misi yang sama, maka mereka pasti akan memiliki keputusan yang tepat untuk menguntungkan dirinya dan perusahaan. Selain itu masukan dari karyawan akan lebih tepat sasaran, karena mereka yang bekerja langsung di lapangan sehingga dapat memahami situasi di lapangan.

Komunikasi Antar Karyawan Capai tujuan perusahaan

Setelah menjalin komunikasi yang baik dengan karyawan, perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan tujuan dan target perusahaan kepada mereka. Karyawan juga memiliki 1 tujuan. Kemudian komunikasi antar karyawan akan dimulai dengan sendirinya. Saling mengoreksi dan mengingatkan tujuan perusahaan merupakan salah satu kunci kestabilan laba perusahaan.

Meningkatkan produktivitas perusahaan

komunikasi antar karyawan

Pentingnya komunikasi antar karyawan dan manfaatnya bagi perusahaan. Komunikasi karyawan yang efektif akan menjalin hubungan yang terkoordinasi dengan baik. Melalui koordinasi yang baik maka produktivitas perusahaan akan meningkat. Karena koordinasi yang baik berarti pembagian tugas yang jelas agar pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat. Dengan begitu, produktivitas perusahaan juga akan meningkat.

Komunikasi Antar Karyawan untuk Meningkatkan kinerja karyawan

Kepuasan kinerja karyawan merupakan tingkat kepuasan karyawan suatu departemen terhadap karyawan di departemen lain dalam perusahaan. Karena setiap departemen / departemen adalah pelanggan dari departemen lain. Bagian-bagiannya saling berhubungan, dan harus ada kerja tim.

Oleh karena itu, kualitas kinerja setiap tim harus ditentukan guna meningkatkan kepuasan kinerja karyawan. Tidak hanya kerja sama antar karyawan dalam satu bidang, tetapi juga kerja sama antar berbagai bidang di dalam perusahaan.

Kepuasan kinerja karyawan sangat penting bagi pembangunan berkelanjutan perusahaan. Selain itu, jika kepuasan kinerja pegawai meningkat maka tingkat turnover pegawai juga akan menurun. Perputaran karyawan yang rendah merupakan salah satu faktor keberhasilan perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hindari konflik

Pentingnya komunikasi antar karyawan dan manfaatnya bagi perusahaan Ketika karyawan menghadapi konflik, niscaya akan mempengaruhi kinerjanya. Baik itu konflik antar karyawan maupun konflik dengan perusahaan. Oleh karena itu, komunikasi khusus harus dilakukan untuk menyelesaikannya. Salah satunya melalui mediasi antara para pihak yang bersengketa. Konflik yang berlangsung terlalu lama dapat memperburuk hubungan inter-personal bahkan situasi dan kondisi kantor.

Pengiriman dan implementasi peraturan perusahaan

Perusahaan tentunya memiliki banyak regulasi yang harus diberlakukan bagi karyawannya. Bahkan jika aturan dibuat dengan benar, karyawan mungkin masih salah paham. Ada dua macam pemahaman antar karyawan. Jika karyawan menjaga komunikasi yang baik, kesalahpahaman tentang peraturan perusahaan dapat diminimalkan. Perusahaan tidak perlu menjelaskan peraturan ini selangkah demi selangkah.

Tips Meningkatkan Komunikasi Antar Karyawan

komunikasi antar karyawan

Berikut ini adalah teknik-teknik untuk meningkatkan komunikasi antar karyawan.

  • Tingkatkan Komunikasi. Meningkatkan komunikasi yang baik antar karyawan akan mengoptimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan.
  • Menerapkan kerja tim bergilir. Kadang-kadang, sebuah proyek akan menjadi tim yang lebih efektif. Gunakan keuntungan ini untuk menjalin komunikasi antar karyawan.
  • Berolahraga bersama. Buatlah jadwal untuk aktivitas olahraga bersama. Sebagai atasan, Anda dapat mengekspresikan martabat dan berkumpul dengan karyawan dengan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas.
  • Ciptakan lingkungan kerja yang tidak kaku. Lingkungan kerja yang kaku dapat menyebabkan penurunan komunikasi antar karyawan.
  • Aktivitas perjalanan untuk semua karyawan. Sebagai teknik untuk meningkatkan komunikasi antar karyawan, Anda dapat meminta atasan Anda untuk meminta sejumlah uang untuk membangun persatuan antar karyawan.

Komunikasi yang baik antar karyawan akan memudahkan mereka untuk bekerja sama dengan orang lain. Kerjasama yang baik seperti ini dapat meningkatkan produktivitas mereka dan pada akhirnya berdampak positif bagi perusahaan. Jangan lupa untuk menggunakan software Jojonomic, misalnya pengelolaan SDM dapat dilakukan dengan mudah, sehingga tercapainya komunikasi yang terbaik antar karyawan.

Kesimpulan

Sebagai makhluk sosial, manusia harus selalu berinteraksi dengan orang yang ada di sekitarnya. Namun terkadang dalam situasi tertentu, seperti di tempat kerja, seseorang tidak dapat berkomunikasi secara maksimal. Karena banyaknya pekerjaan atau lingkungan kantor yang tidak mendukung karyawan, hal ini membuat karyawan jarang berinteraksi.

Hal ini menyebabkan kurangnya persatuan dan keakraban antar karyawan. Sebagai departemen sumber daya manusia, tugas Anda adalah meningkatkan komunikasi antar karyawan. Jika terjalin komunikasi yang baik antar karyawan, inilah beberapa keuntungan yang akan didapat perusahaan.

Anda dapat mencari jenis komunikasi efektif ini dengan rencana sumber daya manusia yang Anda mulai. Alternatif yang bisa Anda coba adalah dengan melibatkan aktivitas karyawan hanya jika tidak ada pemimpin perusahaan.

Dengan cara ini, karyawan tidak akan merasa malu dan akan saling memahami. Mengenal satu sama lain dan mengetahui satu sama lain adalah langkah pertama dalam komunikasi yang efektif. Misalnya terkait dengan acara keintiman karyawan atau acara pengembangan keterampilan karyawan, tetapi harus fokus pada pendekatan lintas karyawan.

Peran Anda sebagai sumber daya manusia dalam urusan administrasi juga akan mempengaruhi keberhasilan komunikasi antar karyawan. Dengan pengelolaan data karyawan dan layanan manajemen yang baik, seluruh karyawan perusahaan akan merasa nyaman.

Dengan cara ini karyawan dapat bekerja sama dengan baik dan meningkatkan produktivitas perusahaan. Manajemen yang baik dan manajemen data karyawan dapat dimulai dengan menggunakan aplikasi SDM sebagai alat bantu. JojoTimes adalah salah satu aplikasi SDM tepercaya di Indonesia.

JojoTimes Membantu Anda Meningkatkan Kinerja Tim Hingga 100%.

Pantau kehadiran karyawan Anda di mana saja, JojoTimes memungkinkan karyawan Anda masuk dan keluar dari mana saja. Dilengkapi dengan pengenalan wajah biometrik, lokasi GPS yang akurat dan deteksi identitas palsu, tidak perlu khawatir tentang penipuan dan bermain bohong.
 
Karyawan Anda dapat diminta untuk melaporkan kegiatan mereka ketika mereka bekerja dari jarak jauh. Dengan cara ini Anda selalu dapat memastikan bahwa karyawan Anda benar-benar menggunakan jam kerja dengan seharusnya.
 
Jadwal dan shift kerja karyawan juga dapat dikelola dan diatur sesuai dengan kebutuhan masing-masing divisi untuk mengoptimalkan sinkronisasi antara pengusaha dan karyawan. Yuk pakai software hris dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!