Teknik Dan Manfaat Bentuk Komunikasi Asertif Dalam Bisnis

komunikasi asertif

Jenis komunikasi dalam bisnis maupun sehari-hari ada beberapa. Namun dalam hal bisnis maupun pengelolaan komunikasi antara perusahaan dengan karyawan ada yang dinamakan dengan komunikasi asertif. Sebagai salah satu bentuk komunikasi tentu sedikit banyak ada efek serta manfaat yang bisa didapatkan dari hal tersebut. Oleh sebab itu mengetahui lebih jelas tentang hal yang satu ini bisa jadi diperlukan bagi para pelaku bisnis dalam menjaga situasi komunikasi yang tetap kondusif di dalam bisnisnya tersebut. Tentu banyak yang masih awam merasa bertanya-tanya dan penasaran tentang apa yang dimaksud dengan komunikasi asertif ini. Supaya lebih jelasnya berikut beberapa informasi menarik yang berkaitan dengan hal tersebut.

Pengertian Komunikasi Asertif

Pertama-tama tentu sangat penting memahami lebih dulu apa dan bagaimana komunikasi asertif tersebut. Terutama jika nantinya bertujuan untuk melaksanakan jenis komunikasi tersebut secara efektif dan optimal. Sehingga pemahaman tentang bentuk komunikasi tersebut cukup penting.

Adapun komunikasi asertif ini memiliki berbagai macam pengertian ditinjau dari berbagai macam aspek. Namun yang paling banyak dipahami yaitu sebagai salah satu bentuk komunikasi yang digunakan oleh seseorang dimana dalam komunikasi tersebut ada kemampuan dan keinginan untuk mendengarkan perspektif orang lain yang diajak berkomunikasi. Bukan hanya itu saja, tetapi dalam bentuk komunikasi tersebut juga ada ekspresi kejujuran maupun rasa hormat terhadap lawan bicara. Sehingga memberikan empati maupun tanggapan yang positif di antara kedua pihak yang berkomunikasi. Contohnya komunikasi antara pemilik usaha dengan karyawan, atau bisa juga komunikasi antara pebisnis dengan pelanggannya.

Teknik Pelaksanaan Komunikasi Asertif

Tentu saja dalam melaksanakan jenis komunikasi asertif memang ada beberapa teknik yang bisa dilakukan. Sehingga nantinya bisa mencapati tujuan dari bentuk komunikasi itu sendiri secara optimal. Pada dasarnya mereka yang melakukan bentuk komunikasi ini berfokus pada pernyataan serta ide-ide yang dikemukakan secara jelas. Tidak hanya itu saja namun dalam bentuk komunikasi ini ada langkah yang percaya diri dalam menyampaikan pesan penting sebagai inti komunikasi itu sendiri.

Dengan hal tersebut tentunya menggunakan bentuk komunikasi yang tepat ini mampu membuat lawan bicara lebih paham dan mengerti dari arah pembicaraan itu sendiri. Di satu sisi namun juga memastikan melihat bagaimana respon lawan bicara dalam hal perasaan, tujuan yang ingin didapatkan, serta lain sebagainya.

Sebagai salah satu metode komunikasi yang dianggap cukup efektif oleh kebanyakan orang, jenis komunikasi ini lebih fokus untuk melihat ke dalam diri orang yang terlibat di dalam pembicaraan itu sendiri. Misalnya melihat bagaimana perubahan perilaku ataupun melihat apa yang dirasakan oleh lawan bicara dalam komunikasi yang terjadi. Pelaku bicara merupakan pihak yang mengambil tanggung jawab untuk berlaku jujur melalui pesan yang diberikan secara verbal maupun non-verbal untuk mendapatkan respon yang tepat dari lawan bicara.

Dalam melakukan komunikasi aseretif juga diperlukan empati yang tinggi. Sehingga bisa berusaha dalam memahami lawan bicara semaksimal mungkin. Oleh karena itu dalam mempersiapkan metode komunikasi ini dibutuhkan kesanggupan emosional yang baik dan memadai untuk bisa memberikan empati pada lawan bicara.

Manfaat Melakukan Komunikasi Asertif

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan bentuk komunikasi asertif. Baik dalam komunikasi di perusahaan maupun dalam komunikasi di bisnis yang dijalankan. Beberapa manfaat tersebut antara lain yaitu sebagai berikut.

Memahami Perilaku Lawan Bicara

Melakukan bentuk komunikasi asertif membantu pelaku bicara untuk melihat dan memahami bagaimana perilaku lawan yang diajak untuk berkomunikasi. Sehingga dalam hal tersebut dapat mengetahui pemikiran maupun yang diinginkan oleh lawan bicara sepenuhnya. Karena itu efektif untuk mencari masukan serta informasi penting lainnya.

Mendapatkan Ide Pemikiran Lawan Bicara

Tidak terbatas hanya memahami saja, tetapi komunikasi semacam ini juga membantu untuk memberikan pemahaman ide apa saja yang ada di pikiran lawan bicara. Terutama karena bentuk komunikasi ini bertujuan untuk memahami dan mendengarkan orang lain yang diajak berkomunikasi. Sehingga

Membantu Melakukan Interpretasi Yang Tepat

Dengan bentuk komunikasi semacam ini maka dapat membantu pembicara dalam mendapatkan interpretasi yang tepat dari lawan bicaranya. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa apa yang dikomunikasikan juga sudah tersampaikan dengan baik.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Komponen Dalam Komunikasi Asertif

Dalam pelaksanaan komunikasi asertif juga terdapat beberapa komponen penting untuk dilakukan. Dimana secara mendasar terdapat tiga komponen dasar yang perlu diperhatikan. Komponen ini termasuk seperti yang ada di bawah ini.

Perilaku

Dalam hal ini sangat penting melihat perilaku yang terjadi dalam pelaksanaan komunikasi. Contohnya perilaku dari lawan bicara dalam bentuk komunikasi ini. Bagaimana gestur dan perubahan perilaku yang terjadi saat mendiskusikan sebuah hal.

Perasaan

Hal terpenting yang juga harus dipertimbangkan dalam melakukan komunikasi yaitu memastikan perasaan lawan bicara supaya tetap nyaman dan tidak merasa kecewa, tersinggung, ataupun emosi lain yang kurang baik. Perhatikan dengan tepat bagaimana kondisi emosi dari lawan bicara kita supaya mengetahui apa yang harus dilakukan dalam berkomunikasi sehingga menjadi jauh lebih optimal.

Efek

Hal ini berkaitan dengan efek perilaku dari lawan bicara ketika sebuah diskusi atau pembicaraan terjadi. Sehingga dapat mudah untuk menangkap apa yang ada di dalam pikiran lawan bicara kita.

Pentingnya Komunikasi Asertif Bagi Perkembangan Bisnis

Tentu saja tidak dapat dipungkiri bahwa penggunaan jenis komunikasi asertif ini memiliki efek yang cukup penting bila dilaksanakan dalam bisnis dan perusahaan. Sehingga ada baiknya mempertimbangkan penggunaan jenis komunikasi yang satu ini saat berdiskusi dan membahas mengenai perusahaan atau bisnis yang dijalankan. Bukan hanya secara internal antara pemilik usaha dengan para karyawan saja, tetapi juga bisa membuka komunikasi yang efektif ini antara pebisnis dengan para konsumen yang menggunakan produk maupun jasa yang ditawarkan. Sehingga dapat membantu meningkatkan perusahaan serta mengembangkan bisnis lebih baik sesuai keinginan para konsumen.

Sama halnya dalam menentukan sistem payroll perusahaan yang paling efektif dan efisien. Tentunya dibutuhkan produk yang paling tepat dan dapat menjadi solusi yang nyata, misalnya menggunakan produk JojoPayroll. Yang mana dengan produk ini maka dapat membantu untuk membayarkan payroll tepat waktu secara otomatis. Bukan hanya itu saja, tetapi produk ini juga membantu pencetakan slip gaji otomatis yang jauh lebih efisien bagi tim keuangan perusahaan.

Adapun manfaat tersebut di atas dapat diperoleh berkat beberapa fitur menarik yang diberikan oleh JojoPayroll, termasuk beberapa fitur-fitur berikut di bawah ini.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Oleh sebab itu jangan ragu untuk menggunakan JojoPayroll. Dapatkan sistem pembayaran payroll yang lebih efektif serta lebih optimal dengan menggunakan produk yang satu ini. Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga dan dapatkan coba gratis selama 14 hari secepatnya!