Langkah Mudah Membuat Konten Evergreen Yang Optimal

konten evergreen

Konten evergreen merupakan suatu konten yang di dalamnya terdapat sebuah topik dengan adanya informasi yang relevan. Jadi topik pada konten ini selalu up to date dari waktu ke waktu. Konten evergreen bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan pada sebuah website ataupun blog. Sebab biasanya konten ini cenderung dapat meningkatkan traffic. Mungkin secara sepintas terlihat bahwa meningkatkan traffic website atau blog tidak dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan diperlukan berbagai macam strategi untuk bisa membuat user internet agar bisa masuk ke halaman pertama di bagian mesin pencarian.

Oleh sebab itu menyajikan konten evergreen atau evergreen content bisa menjadi salah satu strategi agar dapat meningkatkan traffic. Maka jika Anda ingin menyajikan suatu konten yang sesuai dengan tren saat ini tentunya Anda bisa mencoba untuk membuat evergreen content. Tentunya website atau blog yang di dalamnya terdapat konten Anda tersebut akan mendapatkan banyak traffic.

Langkah Membuat Konten Evergreen

Menarget para pemula

Umumnya setiap user internet akan mencari informasi mengenai suatu hal yang tidak ia ketahui. Orang yang mencari informasi seperti ini bisa disebut sebagai pemula. Tentunya Anda bisa membuat target untuk konten Anda yaitu dengan sasaran para pemula tersebut. Maka tentunya traffic konten akan semakin meningkat karena para user pemula membutuhkan informasi yang ada pada konten Anda.

Memilih topik  universal

Adabanyak topik di dunia ini yang sekiranya dapat Anda pilih dan dijadikan sebagai topik konten. Berbagai topik yang sednag menjadi tren juga bisa menjadi pilihan Anda. Namun sebaiknya untuk membuat evergreen content Anda menggunakan topik umum. Konten bisa berupa pembahasan mengenai pembahasan dari sebuah permasalahan umum.

Membuat konten evergreen dengan tepat

Membuat konten pada dasarnya tidakboleh dilakukan secara sembarangan. Membuat konten seharusnya dilakukan dengan memenuhi aturan 5W 1H. Yang dimaksud dengan 5W 1H ini adalah konten Anda mengandung unsur what dan who serta when dan where dan juga why. Sedangkan 1H yang dimaksud adalah how. Maka artikel yang ditulis tidak akan timpang.

Memilih format yang sesuai

Bisa saja artikel yang ditulis dengan format esai membuat user internet merasa bosan untuk membacanya. Maka user hanya melakukan fast reading saja terhadap artikel yang Anda buat. Untuk mengatasinya maka Anda bisa membuat artikel dengan format yang sesuai. Misalnya Anda bisa menggunakan beberapa kata yang sering dicari orang sebagai kata pertama untuk artikel Anda.

Reupdate dan retouch konten evergreen

Reupdate artikel bisa dilakukan jika memang Anda ingin menambahkan informasi sesuai dengan perkembangan zaman. Anda juga bisa membuat konten yang baru. Namun sebaiknya artikel yang lama juga diupdate sehingga setiap artikel yang dibuat selalu update. Maka pembaca artikel Anda juga tentu akan selalu update dengan berbagai kondisi di sekitarnya.

Tips Membuat Konten Evergreen

Cari referensi

Mencari referensi ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya saja dengan menggunakan pengalaman pribadi atau lainnya. Jika Anda menemukan bahan referensi maka Anda bisa menyertakan link sumber agar artikel Anda menjadi semakin kuat.

Tulis secara lengkap

Beberapa evergreen content biasanya memiliki jumlah kata yang cukup banyak yaitu sekitar 1.500 sampai 4.000 karakter kata. Dengan banyaknya kata tersebut maka tentu saja konten menjadi tampak menarik. Sebab konten biasanya mengandung informasi yang disajikan secara lengkap. Tentusaja kelengkapan informasi ini membuatnya semakin disuka oleh para pembca konten.

Gunakan gambar akurat

Gambar yang akurat juga bsia saja menjadi bagian penting dalam konten Anda. Gambar bisa saja menjadi pengait informasi sehingga orang yang membaca konten bisa menjadi lebih jelas. Di samping itu gambarjuga bisa semakin memperjelas keberadaan artikel yang dimuat. Jadi untuk melengkapi sebuah konten maka bisa digunakan gambar. Namun gunakan gambar yang akurat dan sesuai dengan isi konten. 

Gunakan navigasi konten evergreen

Navigasi yang dimaksud dalam hal ini adalah penggunaan sebuah paragraf yang jelas. Kemudian paragraf yang ada tersebut dapat memberikan perbedaan antara artikel yang satu dengan lainnya. Biasanya penggunaan navigasi ini dilakukan pada artikel yang cenderung panjang. Jadi pembaca konten bisa mengerti maksud dari tiap paragraf yang ada.

Update artikel

Bisa saja informasi yang berkaitan dengan artikel yang telah Anda buat berubah. Atau mungkin Anda ingin menambahkan informasi lainnya dan mengadakan pembaharuan. Maka Anda perlu update artikel. Maka artikel yang dibuat akan menjadi lebih sempurna yaitu setelah dibaharui. Pembaca konten tentu akan mendapatkan informasi update darikonten yang Anda buat tersebut.

Pengelolaan Konten Evergreen

Buat pengelompokan konten evergreen

Agar Anda bisa membedakan beberapa konten evergreen yang Anda buat maka sebaiknya Anda membuat sebuah pengelompokan. Tentunya pengelompokan ini dibuat dengan maksud agar dapat mempermudah baik Anda maupun pembaca. Namun pengelompokan ini sebaiknya dibuat dengan tepat agar bisa berfungsi dengan baik.

Jadikan referensi

Mungkin artikel yang Anda buat memiliki informasi penting yang dibutuhkan oleh user internet atau para pembaca. Maka Anda bisa menjadikan konten yang Anda buat ini sebagai referensi. Bisa saja konten Anda ini menjadi referensi bagi penulis konten lainnya. Maka tentu hal ini dapat meningkatkan traffic sebab konten Anda akan semakin banyak dicari oleh user internet. Tidak hanya dicari saja tetapi konten juga akan dibaca.

Mainkan kategorisasi konten evergreen

Memberikan kategori pada konten Anda juga bisamenjadicara tepat dalam melakukan pengelolaan konten evergreen yang telah Anda buat. Pemberian kategori akan menguntungkan terutama bagi Anda karena akan mempermudah Anda. Terlebih lagi jika Anda suka mengupdate konten. Maka Anda bisa mencari konten dengan lebih mudah.

Manfaat Konten Evergreen

Konten evergreen pada dasarnya memiliki manfaat yang bersifat jangka panjang. Sebab isi konten biasanya tetap relevan sampai kapanpun. Isi konten akan selalu tetap menarik sehingga bisa mendatangkan banyak traffic. Bahkan hal ini bisa terjadi sampai kapanpun dan dalam waktu yang tidak terbatas. Evergreen content juga memiliki manfaat lainnya tepatnya untuk para pembaca konten. Tentunya konten ini dapat memberikan informasi penting pada para pembaca mengenai berbagai hal yang aktual.

Sebenarnya konten evergreen tidak jauh bedanya dengan kebutuhan dalam pengelolaan absensi karyawan perusahaan. Membutuhkan sistem serta pemilihan langkah yang tepat. Misalnya dalam hal absensi perusahaan dengan menggunakan JojoTimes. Produk ini dapat membantu sistem absensi yang lebih efektif serta lebih efisien. Sehingga mempermudah perusahaan dalam melakukan pemantauan absensi.

Hal ini berkat beberapa fitur yang tersedia dalam JojoTimes. Misalnya saja fitur geo-tagging lokasi absensi hingga fitur integrasi absensi dengan sistem payroll perusahaan. Oleh sebab itu tentu tidak perlu ragu jika ingin beralih pada produk yang satu ini. Dijamin akan memberikan manfaat yang maksimal serta mempermudah sistem absensi perusahaan sepenuhnya. Jadi, jangan tunggu lagi, segera dapatkan coba gratis 14 hari sekarang juga dengan mendaftarkan perusahaan Anda. Yuk, buruan!